cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Update
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN" : 20 Documents clear
PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS (Studi Pada Pengguna Sabun Cuci Sunlight di Pontianak) admin, Rachmawati B1023141073
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak     Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan manganalisis pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas. Jenis penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menggunakan sabun cuci Sunlight dengan sampel yang diteliti sebanyak 50 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik probability sampling. Teknik probability sampling adalah bahwa setiap sampel yang dipilih berdasarkan prosedur seleksi dan memiliki peluang yang sama untuk dipilih. Adapun responden yang diteliti memiliki kriteria masyarakat yang berada di kota Pontianak, minimal berumur 17 tahun dan sudah pernah menggunakan sabun cuci Sunlight. Data penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 16.0      Hasil analisis menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 16.0  menyimpulkan bahwa Citra Merek dan Kualitas Produk pada Sabun cuci Sunlight di Pontianak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Hasil lain menunjukkan bahwa Kepuasan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas.Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan, dan Loyalitas.DAFTAR PUSTAKA Agussalim, S.O., & Jan, A.B.H. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan     Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Online GO-JEK di       Manado. Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 4Bailia, J.F.T., Soegoto, S.A., & Loindong, S.S.R. (2014). Pengaruh Kualitas          Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung –        Warung Makan Lamongan  Di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol. 2 No. 3.Darwin, D., & Kunto, Y.S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan     Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2 No. 1.Dewi, N.K., Andri, G., & Yonaldi, S. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan     Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan           Vasseline Hand Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus Pada PT. Unilever cabang Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 3 No. 2.Dinata, Y.A., & Nurtjahjani, F. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran        Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Piring Sunlight (Studi           Pada Warga Desa Songgokerto Kota Batu. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 3 No. 1.Hutomo, A.S. (2011). Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Makanan Tela Krezz Cabang Bekasi. Jurnal Manajemen, Vol. 2 No. 2.Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen   Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs. Jurnal       Siasat Bisnis, Vol. 15 No. 1.Kotler, P., & Keller, K.L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid satu. Jakarta: ErlanggaKurniawati, D., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada   Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 14 No. 2.Lasander, C. (2018). Pengaruh Merek, Kualitas Produk, dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Konsumen Pada Makanan Tradisional. (Survey Pada Industri Rumah Tangga Dodol Daging Pala Audia di Tahuna Kab. Sengihe Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 3.Lenzun, J.J., Messie, J.D.D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA, Vol. 2 No. 3.Mardikawati, W. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada    Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro, Vol. 2 No. 1.Mursid, M. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi Satu. Jakarta: Bumi AksaraNeupane, R. (2015). The Effects of Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty Intention in Retail Super Market Chain UK. International Journal of Social Sciences and Management, Vol. 2 No. 1.Pongoh, M,E. (2013). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk,  Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu AS Telkomsel di Kota    Manado. Jurnal EMBA. Vol. 1 No. 4.Putra, S.W., Samuel H.M.S., & Brahmana M.K.M.R. (2014). Pengaruh Kualitas    Layanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2 No. 1.Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M.I. (2019). Dampak Promosi, Harga, da,      Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone. Jurnal        Penelitian Ipteks, Vol. 4 No. 2.Setiawan, H., & Minarsih, M.M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas         Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas     Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan). Journal Of             Management,  Vol. 2 No. 2. Sukmawati, I., & Messie, J.D.D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. AIR Manado. Jurnal EMBA, Vol. 3 No. 3.Supriyadi, Fristin, Y, & Indra, G.K.N. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 3 No. 1.Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada       Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang). Jurnal Media Ekonomi           dan Manajemen, Vol. 28 No. 2.Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.Tomida, M. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu dan Riset       Manajemen, Vol. 5 No. 7.Tu, Yu-Te., & Chang, H.C. (2012). Corporate Brand Image and Customer Satisfaction on Loyalty: An Empirical Study of Starbucks Coffee in Taiwan.       Journal of Social and Development Sciences, Vol. 3 No. 1.https://www.unilever.co.id/brands/our-brands/sunlight.htmlhttps:/www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=Sunlighthttps:/www.harga.web.id
ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Sub Sektor Industri Makanan & Minuman Periode 2015-2019) Fadilah, Jihan Dianda B1021171011
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nilai Perusahaan merupakan salah satu tujuan utama dari setiap perusahaan. Nilai perusahaan digunakan sebagai indikator kelayakan bagi investor. Oleh karena itu perusahaan dituntut agar memiliki nilai perusahan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh struktur modal, kebijakan dividen dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Objek dalam dalam penelitian ini adalah sub sektor makanan dan minuman yang terlisting periode 2015-2019. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif dan asosiatif kausal dengan metode purposive sampling sebanyak 13 perusahaan. Pembahasan dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis verikatif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Pengujian dengan program Eviews versi 10. Hasil menunjukan struktur modal berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Growth opportunity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan Kata Kunci : Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Growth Opportuniy dan Nilai Perusahaan.    DAFTAR PUSTAKA Agus, Sartono. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE. Amanda. R., Utary. A. R., & Defung, F. (2018). Pengaruh Struktur modal dan pertumbuhan perusahaan serta harga komoditas terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan paa industri pertambangan batu bara di Indonesia. Jurnal Manajemen, Vol.10(2), 2528-1518. Ananda, N. A., & Nugraha, N. (2016). Pengaruh Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan melalui struktur modal. Jurnal ilmu manajemen dan  bisnis, Vol.4(2), 2477-1767. Bambang Riyanto. (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan.Yogyakarta: BPFE. Brigham dan Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (edisi II).Jakarta: Salemba Empat. Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011)). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Buku 2 - Edisi 11). In Salemba Empat.1). Dhani, I. P., & Utama. A. A. (2017). Pengaruh pertumbuhan Perusahaan, struktur modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, Vol.2(1), 2548-1401. Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Universitas Diponegoro. Hartono, Jogiyanto. 2008. Metodelogi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset. Husnan , S., & Pudjiastuti, E. 2012. Dasar – Dasar Manajemen keuangan. Edisi Keenam Cetakan Pertama. Yogyakarta : UPP STIM YPKN. Husnan, Suad. (2015). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. (Edisi 5). Yogyakarta : UPPN STIM YKPN. Kamaludin, dan Indriani, R. 2012. Manajemen Keuangan “Konsep Dasar dan Penerapannya” (Edisi Revisi). Jakarta: CV. Mandar Maju.  Karina Meidiawati dan Titik Mildawati. (2016). “Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 5, No. 2 ISSN: 2460- 0585 Kopong, Y. & Nurzannah, R. (2016). Pengaruh Growth Opportunity dan ukuran perusahan terhadap profitabilitas dengan nilai perusahaan sebagai variabell moderating pada perusahaan manufaktur yang teraftar di BEI periode 2011- 2014. Kurniawan, I. G. E(2019). Pengaruh profitabilitas, kebijakan Utang dan Kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi, Vol. 28(3), 2302-8566. Jurnal Akuntansi Manajerial, Vol.1(1),2502-670. Mai, Muhammad Umar. 2006. “Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan-Perusahaan LQ-45 di Bursa Efek Jakarta”. Ekonomika. Bandung: Politeknik Negeri Bandung. Musabbihan, N., & Purnawati, N. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai pemediasi. Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, 2302-8912. Noerirawan. (2012). Pengertian Nilai Perusahaan Menurut Para Ahli. Diakses dari https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/04/nilaiperusahaan.html. Pertiwi, J. P., Tommy, P., & Turmiwa, J. R. (2016). Pengaruh Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Profitabilitas terhadap nilai perusahaan Food and Beverages. Jurnal EMBA Vol.4(1), 1369-1380. Pratiwi, Dyah Putri. (2017). Pengaruh Growth Opportunity, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol.6(2), 2460-0585. Ramadhan, G. F., Husnatarina, F., & Angela, L. M. (2018). Pengaruh Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan (RAK) Vol 3(1), 66-73. Setiyawati, L., Wahyudi, S., & Mawardi, W. (2017). The Influence of dividend policy, debt policy, independent commissioner an institutional ownership on the virm value with growth opportunities as moderator variables.Jurnal bisnis straregi, Vol. 26, 2580-1171. Sutrisno. (2016). Struktur Modal : Faktor Penentu dan Pengaruhnya Pada Nilai Perusahaan. Jurnal Siasat Bisnis, Vol.20(1), 0853-7655.  Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : PT. Alfabet. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : PT. Alfabet. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, CV. Ukhriyawati, C. F., Ratnawati, T., & Riyadi, S. (2017). The influence of Asset Structure, Capital Structure, Risk Management and Good Corporate Governance on Financial Perfomance and Value of The firm through earnings and Free cash flow as an intrvening variables in Banking companies listed on Indonesia stock exchange. International Journal of Business and Management, Vol, 12(8), 1833-8119. Wahyudi, H. D., Chuzaimah., & Sugiarti, D. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Dividend Payout Ratio (DPR), Retrun On Equity (ROE), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Nilai Perusahaan Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 1(2), 156-164. Weston, J. F., & Brigham, E. F. (2001). Dasar-dasar manajemen Keuangan.  Yanti, I. G., & Damayanti, N. P. (2019). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur modal dan likuiditas terhada nilai perusahaaan makanan dan minuman. Jurnal manajemen. Vol.8(4), 2302-8912. Yusuf, D. & Burhanuddin. (2019). Pengaruh struktur modak dan Growth opportunity terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sinar Manajemen, Vol.6(1), 2337-8743. https://investorsadar.com/https://www.idx.co.id/https://www.rti.co.id
PENGARUH PENDAPATAN PER KAPITA, NILAI TUKAR, DAN INFLASI TERHADAP PERMINTAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) TAHUN 2010-2019 GUNARTI, ENI B1021151123
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH PENDAPATAN PER KAPITA, NILAI TUKAR, DAN INFLASI TERHADAP PERMINTAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) TAHUN 2010-2019 Eni Gunarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak Email enigunarti97@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan per kapita, nilai tukar, dan inflasi terhadap permintaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Bank Tabungan Negara (BTN). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Tabungan Negara (BTN). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 data yaitu dari tahun 2010-2019 menggunakan Non Probability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan per kapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Bank Tabungan Negara (BTN), Nilai Tukar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap permintaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Bank Tabungan Negara (BTN), dan Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Bank Tabungan Negara (BTN). Kata kunci: Pendapatan per kapita, nilai tukar, inflasi, permintaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). DAFTAR PUSTAKA Boediono, 2001. Ekonomi Makro Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE. Dewi, Rr.A.P. 2016. Analisis Permintaan Kredit Pemilikan Rumah (Studi Kasus Bank Tabungan Negara). Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya Malang. Ekananda, M. 2014. Ekonomi Internasional. Jakarta: Erlangga. Fahmi, I. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta. Ganthari, S & Syafri. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kredit Perumahan Di Indonesia. Media Ekonomi (Vol. 26 No. 1 April 2018: 55-62). Hadi, A. (2008). Analisis Permintaan Kredit Konsumsi Pada Perbankan di Sumatera Utara. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara. Hady Hamdy. (2010) Ekonomi Internasional, Teori dan Kebijakan Perdagangan Internasional jilid 2. Jakarta: Ghalia Indonesia. Hardjono. 2008. Mudah Memiliki Rumah Idaman Lewat KPR. Jakarta: PT. Pusaka Grahatama. Herlambang, T, dkk. 2001. Ekonomi Makro Teori Analisis dan Kebijakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Ikatan Akuntansi Indonesia. 1999. Standar Akuntansi Keuangan: PSAK No. 31. Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 792 tahun 1990 tentang lembaga keuangan. Jelantik, I. U. D., & Setiawina, N. D. (2013). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Kredit Konsumtif pada Bank Umum di Bali Tahun 2004-2012. Jurnal Fakultas Ekonomi. Kasmir. 2010. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Kholisudin, A. (2012). Determinan Permintaan Kredit Pada Bank Umum Di Jawa Tengah (2006-2010). Economics Development Analysis Journal. Kuncoro, Mudrajad.2007. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Latumaerissa, J. R. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat. Madura, Jeff dan Roland Fox. 2011. International Financial Management. Boston: Cengage Learning.Mankiw, N. Gregory., Quah, Euston., dan Wilson, Peter. 2012. Pengantar Ekonomi Makro. Edisi Asia. Jakarta: Salemba Empat. McEachern, W. 2000. Ekonomi Makro Pendekatan Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat. Monica, V.L (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Perbankan Di Indonesia 2001-2017. Skripsi. Sumatera Selatan: Universitas Sriwijaya. Murni, A. 2013. Ekonomika Makro. PT Refika Aditama: Bandung. Natsir, M. 2014. Ekonomi Moneter dan Perbankan Sentral. Jakarta: Mitra Wacana Media. Nopirin. 2012. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Makro. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Rompas. 2018. Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Permintaan Kredit Pada Perbankan Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. (Volume 18 No. 02 Tahun 2018). Septaneswari, R.A. 2015. Determinan Permintaan Kredit Pemilikan Rumah (Studi Kasus pada Bank Umum di Indonesia Tahun 2004:I – Tahun 2014:III). Skripsi. Malang. Universitas Brawijaya. Siravati, S.A. 2018. Dampak Kebijakan Loan To Value dan Variabel Makroekonomi terhadap Permintaan Kredit Pemilikan Rumah. Economics Development Analysis Journal. (Volume 7, Nomor 4). Sishadiyati. 2010. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan Kredit Pemilikan Rumah Type 36 Pada Bank Tbungan Negara (BTN) di Surabaya. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Teori Makroekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sukirno, Sadono. 2011. Makro Ekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Rajawali Pers, Jakarta. Sukirno, Sadono. 2012. Makroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers. Sukirno, Sadono. 2013. Mikroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 12/38/DPNP tanggal 31 Desember 2010. Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 792 tahun 1990. tentang lembaga keuangan. Undang-Undang RI No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Wulandari, Ulin. (2013). Analisis Permintaan Kredit Kepemilikan Rumah (Kpr) Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Solo. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. www.bi.go.id. www.bps.go.id. www.idnfinancials.com.
PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, UTILITARIAN SHOPPING VALUE DAN COMPETITIVE PRICE TERHADAP CUSTOMER VALUE DAN DAMPAKNYA PADA CUSTOMER LOYALTY DI WATSONS PONTIANAK admin, NICKY APRITASYAH RANI B1021171077
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, utilitarian shopping value dan competitive price terhadap customer value dan dampaknya pada customer loyalty di Watsons Pontianak. Penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu keragaman produk, utilitarian shopping value dan competitive price, variabel intervening yaitu customer value dan variabel dependen yaitu customer value. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif bentuk kausal, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan pembelian produk di Watsons Pontianak, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keragaman produk tidak berpengaruh terhadap customer value tetapi keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty, utilitarian shopping value berpengaruh signifikan terhadap customer value dan customer loyalty, competitive price berpengaruh signifikan terhadap customer value dan customer loyalty di Watsons Pontianak, customer value tidak memediasi pengaruh keragaman produk terhadap customer loyalty, customer value memediasi pengaruh utilitarian shopping value terhadap customer loyalty dan customer value memediasi pengaruh competitive price terhadap customer loyalty. Kata kunci:     Keragaman produk,  utilitarian shopping value, competitive price, customer value, customer loyalty  DAFTAR PUSTAKA Abby, P. B. (2016). Pengaruh Utilitarian Value dan Hedonic Value terhadap loyalitas anggota pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Amanah Ummah Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Andani, N. F., & Soesanto, H. (2015). ANALISIS PENGARUH UTILITARIAN SHOPPING VALUE DAN HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP INTENT TO ONLINE REPURCHASE DENGAN PERAN PERCEIVED VALUE SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus pada Konsumen Produk Fashion Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Ariyanti, E. D. (2011). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA SWALAYAN ANEKA JAYA BOJA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Amstrong dan Kotler, 1999. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Delapan, Jakarta:Penerbit Erlangga. Ayu, Y. S. P. (2009). Pengaruh perceived quality, perceived value, brand preference, consumer satisfaction, dan consumer loyalty pada repurchase intention. Bilson Simamora. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta : GramediaPustaka Utama. Christian, S. (2012). THE INFLUENCE OF RETAILING MIX PERFORMANCE TO CUSTOMER VALUE AND CUSTOMER SATISFACTION AT CBR’S HEALTH RETAILING STORE BANDUNG. Proceeding Seminar Nasional dan Call For Papers “Sustainable Competitive Advantage-2”–Cetakan Pertama, 2012–ISBN: 978-979-9204-67-7–Universitas Jenderal Soedirman. CUONG, D. T., & LONG, N. T. (2019). SERVICE QUALITY, PRICE, CUSTOMER SATISFACTION AND CUSTOMER LOYALTY: A STUDY OF CONVENIENCE STORES IN HO CHI MINH CITY. Journal of Science and Technology-IUH, 37(01).Damar, H. (2019). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PROMOSI       TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE LAZADA. CO. ID (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).Erianti, D., & Athanasius, S. S. (2020). Peran Brand Trust dalam Pengaruh Kredibilitas Selebgram Endorser dan Perceived Value terhadap Brand Loyalty Pada Produk Kosmetik Di Semarang. JEMAP, 2(2), 287-302. Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro Ghozali, I. (2013). Aplikai Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Undip. Ghozali, I. (2014). Ekonometrika teori, konsep, dan aplikasi dengan IBM SPSS 22. Semarang: Badan Penerbit Undip. Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan.Penerbit Erlangga. Jakarta. Griffin, Jill. 2005.Customer Loyalty : How to Earn It, How to Keep It. USA:            Le- xington Books. Hanggara, R. B. (2017). Pengaruh Strategi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Doctoral dissertation, STIE Ekuitas). Hardi Sm, R. (2013). Pengaruh brand image dan reference group terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan anderoid sphygmomanometer merek ABN:(survey di PT. Abadinusa Usaha Semesta Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).  Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Nilai Pelanggan pada Bank Riau Kepri Syariah Tanjungpinang. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 4(2), 243-255.                                      Hati, S. W. (2019, December). Impact Of Utilitarian And Hedonic Online Shopping Value On Woman Customer Perceived Value In Site Lazada. In 1st International Conference on Applied Economics and Social Science (ICAESS 2019) (pp. 208-214). Atlantis Press. Kartika, G. W. (2012). Analisis Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value Terhadap Kepuasan Konsumen, dan Behavioral Intentions, Pada Industri Fast-Casual Restaurant. Universitas Indonesia. Jurnal ekonologi ISSN, 2355-6099. Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12.Jakarta: Erlangga.Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Prenhallindo. Kotler, Philip. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip dan Gary Armstrong., 2006, Principles Of Marketing, 14th Edition,PrenticeHall Pearson, USA. Kotler, Philip dan Kevin Keller, 2012, Marketing Management, 14th Edition, Pearson Education Limited, England. , 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas, Jilid I dan II,  Alih Bahasa Bob Sabran, Indeks, Jakarta, 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas, Jilid I dan II, Alih Bahasa Bob Sabran, Indeks, Jakarta Kuncoro, M. (2013), Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi, ed.4, Jakarta Erlangga Kurniawan, P. (2016). Pengaruh Kerelasian Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Nilai Pelanggan serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Kontigensi: Scientific Journal of Management, 4(1), 76-91. Lamb, C. 2., Hair, J., Daniel, c.d., (2004). Marketing. Mason, Oh: South-Western. Logiawan, Y. (2014). Analisa Customer Value terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Restoran Bandar Djakarta Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-11.  Levy and Weitz, (2008), Retailing Management, Seventh Edition, McGraw-Hill International Edition,New York MASHUDI, U. PENGARUH KESADARAN MEREK, KERAGAMAN PRODUK PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN LOYALITAS KONSUMEN KENTUCKY FRIED CHICKEN JEMBER. Mirnasari, T. (2016). Pengaruh Atribut Supermarket, Motif Belanja Hedonik dan Motif Belanja Utilitarian Terhadap Loyalitas Konsumen Di Chandra Tanjung Karang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).  Nawarini, A. T. (2019). Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan Pada Loyalitas Pengguna Kartu Seluler Di Kota Purwokerto Dengan Variabel Variety Seeking Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 21(1). Nugraha, A. (2010). Pengaruh Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Alfamart Cabang Rancaekek Bandung. Nuraini, A. (2014). Pengaruh Citra, Pelayanan, Aksesoris Jasa, Keragaman Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah BPD DIY Syariah Yogyakarta). Ekbisi, 9(1). Perwira, B. T., Yulianto, E., & Kumadji, S. (2016). Pengaruh E-service Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Transaksi Pembelian Online Dengan Mobile Application Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 46-54. Pemasaran Ritel (n.d.) retrieved from https://www.hestanto.web.id/pemasaran-ritel/ PEMEDIASI, P. S. V., & SETYOWATI, E. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN. Risky, N. (2011). “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2009 pengguna Handphone Merek Nokia)” (Doctoral dissertation, UPN). Rohmawati, Z. (2018). Kualitas, Harga dan Keragaman Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 19-29. Sari, A. N. (2018). PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PELANGGAN D’BILL COFFEE & RESTO DI KUDUS (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Sasongko, Singgih. P. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Kompetitif, Kelengkapan Barang dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Alfa Omega Baturetno Wonogiri. Skripsi, tidak dipublikasikan. Semarang : Universitas Diponegoro.  Sarmina, I., & Zuhra, S. E. (2016). Pengaruh Nilai Belanja Hedonis dan Utilitarian terhadap Loyalitas Destinasi Wisata dengan Kepuasan Belanja Secara Keseluruhan Sebagai Variabel Mediasi pada Destinasi Wisata Kota Sabang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 110-125. Setiawan, R. F. (2016). Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Baru Swalayan di Kecamatan Petanahan) (Doctoral dissertation, Manajemen-Fakultas Ekonomi). Sofia, R. D. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Program Membership Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Makan JM Bariani House Medan. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :                ALFABETA Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabet. Sulistiyo, R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Konsumen Indomaret Babarsari Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.Swari, N. L. A. P., & Giantari, I. G. A. K. (2017). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Hubungan Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonik Dengan Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen, 6(3), 1194-1220. Tjiptono, Fandi. 2006. Strategi Pemasaran. EdisKe-dua. Jogjakarta: Penerbit  Andi Offset. Tjiptono, fandi. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta. Tomida, M., & Satrio, B. (2016). Pengaruh harga dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7). Triliani, C. (2017). PENERAPAN C2C E-COMMERCE MARKETING, SECURITY, DAN WEB INTERFACE FEATURES TERHADAP PEMBENTUKAN TRUST DAN RE-PURCHASE INTENTION PADA ONLINE PLATFORM MARKET PLACE (Studi Terhadap Konsumen Yang Pernah Berbelanja di Platform E-Commerce Market Place Online SHOPEE di Pontianak). Jurnal Manajemen Update, 6(4). Virawan, W. A. (2013). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pengguna helm merek INK). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Wardhana, E. (2019). PENGARUH NILAI UTILITARIAN, NILAI HEDONIS, PENGALAMAN PELANGGAN, KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SONNY VAIO. Jurnal Ekonomi dan Industri, 20(2). Wibowo, P. C. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Wardah (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). Wulandari, I. (2015). ANALISIS PENGARUH BAURAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET OMI KING MART DI CANDI SIDOARJO (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). 전태유, & 박노현. (2013). The Effect of Perceived Value on Positive Emotion and Store Loyalty of Beauty Service. 유통경영학회지, 16(6), 145-154.
PENGARUH BRAND IMAGE, VIRAL MARKETING, DAN JOKOWI EFFECT SEBAGAI PUBLIC FIGURE TERHADAP NIAT BELI SANG PISANG (Studi Pada Masyarakat Sang Pisang di Pontianak) admin, SYAHIDAH AZZURA B1021151085
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH BRAND IMAGE, VIRAL MARKETING, DAN JOKOWI EFFECT SEBAGAI PUBLIC FIGURE TERHADAP NIAT BELI SANG PISANG(Studi Pada Masyarakat Sang Pisang di Pontianak) Syahidah Azzura Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas TajungpuraPontianak Email: syahidah.azzura@student.untan.ac.id  ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand image, viral marketing, dan jokowi effect sebagai public figure terhadap niat beli pada produk Sang Pisang di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Pontianak, dengan jumlah sampel sebesar 75 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan alat analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli, sedangkan viral marketing dan public figure memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap niat beli. Kemampuan ketiga variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap niat beli adalah sebesar 51,1% sedangkan sisanya sebesar 48,9% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian. Kata Kunci: Brand Image, Viral Marketing, Jokowi Effect sebagai Public Figure, Niat Beli.DAFTAR PUSTAKAAndini, N. P., Suharyono., & Sunarti. (2014). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis  (JAB)|Vol. 11 No. 1 Juni 2014.Annafik, A.F dan M. Rahardjo. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga. Dan Daya   Tarik Iklan Terhadap Niat Membeli Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Ss Cabang Kedungmundu Semarang). Journal Of Management. 1(2): 274-281.Badan Pusat Statistik. (2018, Febuary 28). Kuliner Penyumbang PDB Ekonomi Kreatif Terbesar. Retrieved from Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/28/kuliner-penyumbang-pdb-ekonomi-kreatif-terbesar.Belanche D, Flavián C, Pérez-Rueda A (2017) Understanding interactive online advertising: Congruence and product involvement in highly and lowly arousing, skippable video ads. Journal of Interactive Marketing, 37: 75-88.Clyo Paza & Anik. (2014). Pengaruh Kualitas Produk,Citra Merek Dan Harga Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Samsung Galaxy Tab. Jurnal Ilmu Manajemen | Volume 2 Nomor 1 Januari 2014.Firman, Reza Ramadhani. (2018). Kajian Relasi Antara Public Figure dan Jingle TVC Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Kreatif, Vol. 6, No. 1, Oktober 2018.Firman, K., Zainul, A., & Dahlan, F. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian  (Survei Kepada Para Siswa SMAN 15 Surabaya Kelas XII yang Menggunakan Laptop ber Merek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis  (JAB)|Vol. 56 No. 1 Maret 2018.George E & Michael A. (2004). Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communication Perspective. New York : Mc graw Hill Companies.Ghozali, Imam. (2011). Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS, cetakan ke empat, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,Hsiang & Yu-Ning. (2019). Interrelationships between Viral Marketing and Purchase Intention via Customer-Based Brand Equity. Journal of Business and Management Sciences, 2019, Vol. 7, No. 2, 72-83.Jin SV (2018) Celebrity 2.0 and beyond! Effects of Facebook profile sources on social networking advertising. Computers in Human Behavior, 79: 154-168.Kaloka, Anglesti Sari Kondang. (2016). Pengaruh Viral Marrketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen pada Instagram. Skripsi. Jember: Universitas Jember.Keller, Kevin. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Indeks, kelompok Gramedia.Kharis, I. F., (2011). Studi Mengenai Implusife Buying dalam Penjualan Online. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.Koch, O. F. and Benlian, A. (2015). Promotional tactics for online viral marketing campaigns: how scarcity and personalization affect seed stage referrals. Journal of Interactive Marketing, 32, 37-52.Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2004). Principles of Marketing. Teenth Edition, New Jersey.Prentice Hall.Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi duabelas. Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip dan Kevin, Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Terjemahan oleh Benyamin Molan. 2007. Jakarta: Indeks.Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. PrenhallindoKotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.Kotler P, Keller KL (2015) Framework for marketing management. US: Pearson Education.Lazuardi, M., & Triady, M. S. (2015). Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Kuliner Nasional. PT. Republik SolusiMunaf, Triawan. (2018). Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif Kerja Sama Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik. Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif.Ni Made & I Wayan. (2017). Pengaruh celebrity endorser, brand image, kualitas produk terhadap niat beli sepatu olahraga nike di kota denpasar. E-Jurnal manajemen Unud, Vol.6, No.10, 2013: 5720-5747.Ningsih, Lestari. (2019, Januari 05). Gapmmi Industry Makanan dan Minuman 2018 Tumbuh Sesuai Proyeksi. https://m.wartaekonomi.co.id/berita210303/gapmmi-industri-makanan-dan-minuman-2018-tumbuh-sesuai-proyeksi.htmlPebriani dan Rostini. (2016). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang di PT. Agung Toyota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Volume 5 nomor 9 Tahun 2016.Purnomo, Terrius. (2018). Pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap niat beli pada konsumen herbalife di surabaya. Agora Vol 6. No: 1, (2018) 1-7.Putra, Dwi Aditya. (2019, Januari 05). Pengusaha sebut industri makanan dan minuman tumbuh sesuai proyeksi. https://www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/uang/pengusaha-sebut-industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-sesuai-proyeksi.htmlRambe, Roni Eko Wisuda. (2009). Public Figure dan Tindakan Memilih. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara Medan.Sang pisang.( 2017). www.instagram.com/sangpisang2017Satya, Maruta. (2018, Januari 21). 10 negara penghasil pisang di dunia. https://www.libgar.com/2018/01/10-negara-penghasil-pisang-terbesar-di-dunia.html?m=1Shu & Mike. (2019). A Study of the Effects of Cause-related Marketing on Brand Image and Purchase Intention in Ecotourism. Ekoloji 28(107): 2887-2892 (2019).Sitinjak, T., & Tumpal, J. R. S. (2005).Pengaruh Citra Merek Dan Sikap Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 12(2), 150-162.Skrob, John. Robert. (2005). Open Source and Viral Marketing. Vienna.Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: AlfabetaSugiyono, Wibowo E. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: AlfabetaSulistyari, I. N. (2012). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk oriflame (studi kasus mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang). Skripsi. Semarang: Undip.Suprobo, Hafit Yudi. (2018, Juli 29). Kaesang ‘Sidak’ Produk Sang Pisang di Pontianak. https://m.wartaekonomi.co.id/berita189075/kaesang-sidak-produk-sang-pisang-di-pontianak.htmlSutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan ke-3. Bandung: PT, Remaja Rosdakarya.Suyanto, M. (2004): Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.Tellis, Gerard. (2008): Advertising and Sales Promotion Strategy, Prentice Hall International.Turban, Efrain, ed al. (2004). Electronic Commerce a Managerial Perspective. New Jersey: Pearson Education Internasional.Xian, Gou Li, dkk. (2011). Corporate-, Product-, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions. Journal of Computers, (6)9: 1875 1879Xie KL, Zhang Z, Zhang Z, Singh A, Lee SK .(2016). Effects Of Managerial Response On Consumer Ewom And Hotel Performance: Evidence From Tripadvisor. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 28(9): 2013-2034.Yani & Ruth. (2019). The Impact Of Viral Marketing On Consumer Interest On Indihome Product. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi  Volume 7, Nomor 1, Januari 2019 : 103 -107.Zhang M, Guo L, Hu M, Liu W.(2017).Influence of customer engagement with company social networks on stickiness: Mediating effect of customer value creation. International Journal of Information Management, 37(3): 229-240.
THE EFFECT OF BRAND AMBASSADOR AND BRAND IMAGE OF BTS TOWARD PURCHASE INTENTION (Case Study Customer of Tokopedia in Pontianak) Andini, Ulva
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nowadays, the competition occurs due to the development of technology. Every e-commerce company is trying to attract potential customers by providing information about what is owned by e-commerce. The author was interested to find out the effect of strategies to face competition in maintaining market share and how to gain purchase intention of customers especially in Pontianak. Tokopedia is one brand that sees brand ambassadors which is BTS (a boy group from South Korea) as the way of promoting and implementing strategies to attract purchase intention. This research has proposed to find out how significant the influence of using Brand Ambassador and the Brand Image of BTS toward purchase intention of customers in Pontianak that using Tokopedia. The objectives of this study is to find out the effect of Brand Ambassador (which consist of: Visibility, Credibility, Attraction, Power) and Brand Image of BTS toward Purchase Intention of Tokopedia in Pontianak. This study is using questionnaires. This research was carried out among 200 respondents who are 17 and above within Pontianak City. The result of the research shows that Visibility, Credibility, Power, and Brand Image significantly influences purchase intention of Tokopedia customers in Pontianak while Attraction variable does not significantly influence purchase intention of Tokopedia customers in Pontianak. Key words: Brand Ambassador; Visibility, Credibility, Attraction, Power, Brand Image, and Purchase Intention
PENGARUH KEMAMPUAN BERADAPTASI, DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENERIMA BEASISWA SATU DUSUN SATU SARJANA (SDSS) PEMDA SEKADAU SELAMA PENDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK admin, AGUSTA ERNI HERAWATI B1021171031
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPENGARUH KEMAMPUAN BERADAPTASI, DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENERIMA BEASISWA SATU DUSUN SATU SARJANA (SDSS) PEMDA SEKADAU SELAMA PENDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK Oleh:AGUSTA ERNI HERAWATIB1021171031Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh kemampuan beradaptasi, dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa Satu Dusun Satu Sarjana (SDSS) Pemda Sekadau selama pandemi Covid-19 di Untan Pontianak.Berdasarkan metode yang digunakan bentuk penelitian ini merupakan penelitian survei kuantitatif. Berdasarkan tingkat eksplanasi, penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa SDSS Pemda Sekadau yang berkuliah di Universitas Tanjungpura. Sampel sebanyak 81 orang, teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling. Non probability sampling sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi, uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan beradaptasi, dukungan orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa SDSS Pemda Sekadau selama pendemi Covid-19 di Untan Pontianak. Kontribusi variasi variabel independen yang digunakan dalam model pengujian menjelaskan sebesar 86.8%, sedangkan sisanya sebesar 13,2% didasarkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.  DAFTAR PUSTAKAAlam, Y. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina  Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya,16 (1), (24-30).Azwar, S. (2015). Tes Prestasi Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.Diana. (2017) Strategi Adaptasi Mahasiswa Kristen Di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.  JOM FISIP 4(2), 1-15.Duffy & Wong. (2006). Community psychology. United States of Amerika.Erdem & Kaya. (2020). A Meta-Analysis of the Effect of Parental Involvement on Students’ Academic Achievement. Journal Of Learning for Development, 7(3), 367-383.Feladi, V., & Lestari, I. (2015). Pengaruh Intelegensi dan Motivasi belajar Terhadap Hasil belajar pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4 (2), 307-321.Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.Friedman. (2014). Keperawatan keluarga.Yogyakarta: Gosyen Publishing.Gerungan, W.A. (2015) Psikologi Sosial. Bandung: PT Eresco.Ghozali, I (2018). Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Gujarati, D.N. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C.,Salemba Empat, buku 2, Edisi 5, Jakarta.Hasibuan, Mendrofa, Silaen, Tarihoran. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal. 3(2), 387-393.    Hamdani. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.Kambuaya, C (2015). Pengaruh Motivasi, Kedisiplinan dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua barat di Kota Bandung. Social Work Jurnal, 5(2), 106-208.Kemenristekdikti, P. (2017). Statistik Tinggi Tahun 2017. Indonesia: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.Kuncoro. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta: Erlangga.Pek & Mee. (2020). Parental Involvement On Child’s Education At Home During School Lockdown. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies). 04(02), 192 – 196.Raharjo & Pertiwi. (2020). Learning Motivation and Students’ Achievement in Learning English: A Case Study at Secondary School Students in the Covid-19 Pandemic Situation. JELITA: Journal of English Language Teaching and Literature. 1(2), 56-64.Robbins, S.P. (2015). Organization Behavior. Jakarta: Gramedia.Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.Rosanda & Hasunah. (2019). Kemampuan Adaptasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah yang Berlatar Belakang Pendidikan Umum. Jurnal Pendidikan Islam. 3(2), 230-246.Santo, Kimbay & Werang. (2018). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD YPPK Maria Fatimah Marauke. Jurnal Magistra, 5(2), 53-63.Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.Sekaran, U. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.Semiun, Y. (2010). Kesehatan Mental 2. Yogyakarta: KanisiusSiregar, Syofian. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta:Rineka CiptaSubagyo. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.Sugiyono & Susanto. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: CV. Alfabeta:Suharyadi & Purwanto. (2016). Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Moderen Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.Sunarto & Hartono. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan,Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Taylor, S. E. (2012). Health Psychology. Eighth Edition. New York: Mc Graw Hill. Umar, H (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali. Universitas Tanjungpura. (2019). Sambutan Rektor. Diakses pada 30 Oktober 2020, dari https://www.untan.ac.id/sambutan-rektor-univeritas-tanjungpura/.Uno, H (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi AksaraWijaya, P & Bukhori, I. (2017). Effect of Learning Motivation, Family Factor, School Factor, and Community Factor on Student Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 3 (3), 192–202.Xie, Cao, Sun & Yang.  (2019). The effects of academic adaptability on academic burnout, immersion in learning, and academic performance among Chinese medical students: a cross-sectional study. BMC Medical Education, 19(1), 2-8.
ANALISIS PENGARUH STRES KERJA, LINGKUNGAN KERJA, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang) admin, DEVI OKTAVIANI TRI WINDASARI B1021171021
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 ANALISIS PENGARUH STRES KERJA, LINGKUNGAN KERJA, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19(Studi Kasus Pada RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang) Devi Oktaviani Tri WindasariABSTRAK Jumlah korban yang terinfeksi penyakit covid-19 terus bertambah, oleh karena itu peran dari tenaga kesehatan sangat dibutuhkan. Jumlah korban yang banyaknya tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan membuat para petugas kesehatan ini harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menangani para pasien yang terinfeksi, belum lagi adanya kemungkinan-kemungkinan seperti tertular virus dari para pasien. Untuk itu, kinerja tenaga kesehatan sangat penting untuk diperhatikan terutama di masa pandemi covid-19 dikarekanakan tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam melawan pandemi ini. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh dari stres kerja, lingkungan kerja, kesehatan dan keselamatan kerja terhadap kinerja. Adapun objek dalam penelitian ini ialah tenaga kesehatan di RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan asosiatif kausal dengan populasi seluruh tenaga kesehatan di RSUD Ade Muhammad Djoen berjumlah 352 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang yang diambil menggunakan metode probability sampling. Pengujian dilakukan dengan menganalisis hasil uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan uji koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja, lingkungan kerja, kesehatan dan keselamatan kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja. Kata Kunci : Stres Kerja, lingkungan kerja, kesehatan dan keselamatan kerja, dan kinerja.Daftar Pustaka Afandi, P., 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Konsep dan Indikator, edisi 1. Zafana: Pekanbaru. Ahmes, Ashfaq, & Dr. Muhammad Ramzan. 2013. Effects of Job Stress on Employees Job Performance A Study on Banking Sector of Pakistan. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM): 11(6). Aufal, E. Marom, & Bambang Swasto Sunuharyo. 2018. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kinerja Karyawan PT. Lion Metal Works Tbk. Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB): 60(1). Anoraga, Panji. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bagus, I.K.S.Darma Putra, & Agoes Ganesha Rahyuda. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Upt. Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud: 4(9). Chaplin, J.P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Dwi, Septianto. 2010. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres kerja terhadap Kinerja Karyawan Studi pada PT. Pataya Raya Semarang. Jurnal Skripsi  Semarang: jurusan manajemen fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Dwipayani, M.Bhastary, & Kusri Suwardi. 2018. Analisis Pengaruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Samudera Perdana. Jurnal Manajemen Dan Keuangan: 7(1). Eliyanto. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Madrasah: 3(2). Elphiana, E.G, Yuliansyah M. Diah & M. Kosasih Zen. 2017. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pertamina EP Asset 2 Prabumulih. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan:2. Firmansyah, A, Djambur Hamid, & Mochammad Djudi. 2017. Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN Area Kediri Distribusi Jawa Timur. Jurnal Administrasi Bisnis: 42(2). Gibson, James., L., Jhon M., Ivancevich., dan H., Donnelly., Jr. 2008: Organisasi dan Manajemen, Perilaku, Struktur, dan proses, terjemahan oleh Joerban Wahid. Jakarta: Erlangga. Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang:Universitas Diponegoro. Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia Cetakan ke-15. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta. Hasibuan, Malayu S.P. 2002 . Manajemen Sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi perkasa. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Info Infeksi Emerging Kementrian Kesehatan RI [Internet]. Available from: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/ Kurviasni, S. Runtuwene, Febi K. Kolibu, & Oksfriani J. Sumampouw. 2018. Hubungan Antara Stress Kerja Dengan Kinerja Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Minahasa Selatan. Jurnal KESMAS: 7(5). Lalu husni. 2003. Pengantar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Lestary, L, & Harmon. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Detail Part Manufacturing Direktorat Produksi PT Dirgantara Indonesia (Persero). Jurnal Riset Bisnis & Investasi: 3(2). Liana, I.Sari, Victor P. K. Lengkong, Jantje L. Sepang. 2017. Pengaruh Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT.WenangCemerlang Press. Jurnal EMBA: 5(3). Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT . Remaja Rosdakarya. Bandung. Mangkunegara, DR. A.A. Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama. Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba empat. Mohammad, Zainul. 2017. The Effect Of Organizational Culture And Working Environment On Employee Performance: Study On The Example Of Printing Company. RJOAS: 12(72). Natalya, R. Massie, William A.Areros, Wehelmina Rumawas. 2018. Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pengelola It Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis: 6(2). Nitisemito. 2002. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Ghalia Indonesia. Putri, D.O, B. Triatmanto, S. Setiyadi. 2017. The effect of occupational health and safety, work environment and discipline on employee performance in a consumer goods company. International Conference on Industrial and System Engineering. Prawirosentono, Suyadi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan. Edisi 1. Cetakan Kedelapan. BPFE: Yogyakarta. Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset. Rivai,Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Robbins, S.P. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang. Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama. Sekaran, Uma. 2011. Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya. Suma’mur, P.K. 2005. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan, PT. Toko Gunung Agung; Jakarta. Sunyoto, Danang. 2015. Penelitian Sumber Daya Manusia. Jakarta: Buku Seru. Sujarweni, V. Wiratna. 2017. Analisis Laporan Keuangan : Teori, Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Wartono, Tri. 2017. Pengarus Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Majalah Mother And Baby). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang: 4(2). Widarta. 2019. Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Operator Pddikti Di Lldikti Wilayah V Yogyakarta. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis: 7(2). Wijaya, H, & Emi Susanty. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ecoment Global: (2). Winarsunu. 2010. Statistik Dalam Penelitian Psikologi Pendidikan. Malang: UMM Press.
Pengaruh Economic Value Added (EVA), Earning Per Share (EPS), Dividend Per Share (DPS), dan Volume Perdagangan terhadap Harga Saham Sektor Perdagangan, Jasa & Investasi Rivaldo, Rino B1021161067
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Harga saham dapat mengalami fluktuatif setiap waktu dan dapat dipengaruhi berbagai faktor. Harga saham merupakan informasi penting bagi investor pada saat melakukan analisis teknikal saham untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli saham. Informasi paling penting adalah harga saham itu sendiri yang menjadi informasi dasar dan sederhana. Selain itu harga saham juga dapat dijadikan sebagai cerminan nilai perusahaan dan jaminan bahwa perusahaan terkait layak untuk dibeli sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Economic Value Added (EVA), Earning Per Share (EPS), Dividend Per Share (DPS), dan Volume Perdagangan terhadap Harga Saham.Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan yang bergerak pada sektor perdagangan, jasa & investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun observasi 2016-2019. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling dan diperoleh 50 perusahaan yang terdiri dari EVA, EPS, DPS, dan Volume Perdagangan sebagai variabel independen serta Harga Saham sebagai variabel dependen. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan pendekatan model fixed effect dengan taraf signifikansi 5%. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu Uji Multikolinearitas dan Uji Heteroskedastisitas dengan hasil tidak ada permasalahan data yang ditemukan dalam uji asumsi klasik.Hasil penelitian menunjukan secara parsial EVA dan Volume Perdagangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, sedangkan EPS dan DPS masing-masing berpengaruh positif signifikan dan negatif signifikan terhadap Harga Saham. EVA, EPS, DPS, dan Volume Perdagangan secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham dengan pengaruh 90,4445% sedangkan sisanya 9,5555% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Analisis data dibantu menggunakan software EViews 10. Kata Kunci : EVA, EPS, DPS, Volume Perdagangan, Harga Saham DAFTAR PUSTAKABadan Pengawas Pasar Modal. (2003). Panduan Investasi di Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Badan Pengawas Pasar Modal.Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Kedelapan, Buku 2. Jakarta: Erlangga.Budiyarno, A. T. (2019). Pengaruh Dividend Per Share (DPS), Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Harga Saham Syariah : Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2015-2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.Darmadji, T., & Fakhruddin. (2001). Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.Dzulqodah, M., & Suaidah, Y. M. (2016). Pengaruh Earning Per Share dan Price Earning Ratio Terhadap Debt To Equity Ratio dan Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. EKSIS: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 11 (1), 102-123.Endri. (2005). Analisis Pengaruh EVA Terhadap MVA Pada 10 Perusahaan Go Public yang Sahamnya Tergolong Blue Chips di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Media Ekonomi, 11 (2), 155-170.Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.Gujarati, N. D. & Porter, D. O. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.Hadi, N. (2015). Pasar Modal. Yogyakarta: Graha Ilmu.Hadianto, B., & Ronny, R. (2007). Pengaruh Volume Perdagangan, EPS dan PER Terhadap Harga Saham Sektor Pertambangan Pada Periode 2000-2005 di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 7 (1), 1-17.Handani, E. (2012). Analisis Pengaruh Stock Split Terhadap Likuiditas Saham Dilihat dari Volume Perdagangan Saham di Bursa Efek Jakarta. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia.Haque, R., Islam, S., & Islam, N. (2013). Has Economic Value Added an Impact on Market Price of Shares?. International Journal of Management (IJM), 4 (3), 145-150.Hartono, J. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Kesebelas. Yogyakarta: BPFE.Hikmawati, F. (2017). Metode Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.Husnan, S. (1996). Dasar-Dasar Teori Portofolio : Analisis Sekuritas di Pasar Modal,Edisi 2. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.Karmita, E. (2015). Pengaruh Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Volume Perdagangan Saham Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia.Karpoff, J. M. (1987). The Relation between Price Changes and Trading Volume: A Survey. Journal of Financial and Quantitative Analysis, 22, 109-126.Kasmir. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.Kemala, D. (2017). Pengaruh Economic Value Added Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4 (1), 1-11.Keown, A. J., Martin, J. D., Petty, J. W., & Scott, D. F. (2010). Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan, Edisi Kesepuluh, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.Manurung, A. H. (2006). Cara Menilai Perusahaan. Jakarta: PT. Eka Media Komputindo.Munawir, S. 2002. Analisis Laporan Keuangan, Edisi 2. Yogyakarta: Liberty.Munawir, S. 2012. Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta: Liberty.Muslich, M. 2000. Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Bumi Aksara.Noviasari, R. (2013). Pengaruh Dividend Per Share (DPS) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia.Poela, D. S. (2016). Pengaruh Volume Penjualan Saham dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Skripsi, Universitas Komputer Indonesia, Indonesia.Prasetyo, P. E. (2009). Fundamental Makro Ekonomi. Yogyakarta: Beta Offset.Rudianto. (2006). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta: Gramedia.Sabri, N. R. (2008). The Impact of Trading Volume On Stock Price Volatility In The Arab Economy. Journal of Derivatives & Hedge Funds, 14, 285-298.Sartono, A. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi keempat. Yogyakarta: BPFE.Subekti, I. (2000). Asosiasi Set Kesempatan Investasi dengan Kebijakan Pendanaan dan Dividen Perusahaan Serta Implikasinya Pada Harga Saham. Tesis, Universitas Gajah Mada, Indonesia.Sudana, M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan, Teori & Praktek. Jakarta: Erlangga.Sudirman. (2015). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Gorontalo: Sultan Amai Press.Sugeng, B. (2017). Manajemen Keuangan Fundamental. Yogyakarta: Deepublish.Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Edisi 2. Bandung: Alfabeta.Tandelilin, E. (2002). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: KANISIUS.Tika, M. P. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.Tunggal, A. W. (2001). Memahami Konsep Economic Vale Added (EVA) dan Value Based Management (VBM). Jakarta: Harvarindo.Van Horne, J. C., & Wachowicz, J. M. (2007). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Edisi 12, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.Velankar, N., Chandani, A., & Ahuja, A. K. (2017). Impact of EPS and DPS On Stock Price: A Study of Selected Public Sector Banks of India. Prestige International Journal of Management & IT-Sanchayan, 6(1), 111-121.Wijaya, D. (2017). Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya. Jakarta: PT Grasindo.www.idx.co.idwww.finance.yahoo.com  
THE EFFECT OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE TOWARD FIRM PERFORMANCE ON BANKING SECTOR LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE (IDX) FROM 2015-2019 admin, KELLY CHANDRA B1024171014
Jurnal Manajemen Update Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research discuss about the effect of Good Corporate Governance toward firm performance of banking companies. This research use 32 banking companies listed in IDX from 2015-2019. The independent variables used are activities (meetings) of Board of Commissioners (X1), size of Board of Directors (X2), size of Board of Independent Commissioners (X3), and size of Audit Committee (X4), while the dependent variable used are Tobin’Q (Y1) and Price-to-Book Value (Y2). The data collected will be processed using panel data regression on the basis of Fixed Effect Model. The final results shown by this research are various depends on the dependent variable used. With Tobin’Q as the dependent variable, X2 and X3 have positive insignificant effect toward firm performance, meanwhile X1 and X4 have negative insignificant effect toward firm performance. With PBV as the dependent variable, only X3 have positive significant effect toward firm performance, meanwhile X1, X2, and X4 have negative insignificant effect toward firm performance.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 4 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 3 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 1 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Mahasiswa Manajemen More Issue