cover
Contact Name
Arif Bijaksana Putra Negara
Contact Email
arifbpn@untan.ac.id
Phone
+62811578624
Journal Mail Official
editor_justin@informatika.untan.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Justin Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 24603562     EISSN : 26208989     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/justin
Core Subject : Science,
JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2016)" : 15 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI PENCATATAN DAN PENGOLAHAN DATA PEMAKAIAN KWH (KILOWATT HOUR) LISTRIK DIGITAL Prihartomo, Dwiky Dimas; Nyoto, Rudy Dwi; Sukamto, Anggi Srimurdianti
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.092 KB)

Abstract

Abstrak - Petugas catat meter (CATER) dalam tugasnya mencatat meter pelanggan dengan cara mengambil gambar atau citra dari sebuah KWH pelanggan. Jika sebuah rumah pelanggan memiliki pagar maka petugas pencatat meter mengalamai kendala untuk mengatasi itu, maka pemilik rumah mencatat pada sebuah kertas untuk petugas pencatat meter mengetahui berapa besar pemakaian yang dilakukan pada bulan tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan perkembangan perangkat platform android maka banyak dari perangkat platform android memiliki teknologi komunikasi NFC (Near Field Communication). NFC (Near Field Communication) adalah perangkat teknologi konektivitas nirkabel berbasis teknologi RFID (Radio Frekuensi Identification) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi pencatatan dan pengolahan data pemakaian KWH (kilowatt hour) listrik digital. Hasil dari penelitian yang dilakukan.Pencatat meter dapat menginputkan data dari teks yang di dapat dari android beam dan menyimpan data inputan ke dalam database dan juga berdasarkan hasil pengujian kompabilitas,android beam dapat bekerja pada beberapa perangkat android.
Rancang Bangun Aplikasi Mobile Pengontrol Robot Penyedot Debu Berbasis Android Firmana, Enry; Nyoto, Rudy Dwi; Safriadi, Novi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.746 KB)

Abstract

Robot merupakan sebuah mekanik atau sekumpulanbahan-bahan yang disusun menjadi kerangka gerak atau dapatberpindah dengan dikendalikan oleh sistem elektronikterstruktur dan terintegrasi menjadi satu kesatuan yangmemiliki masukan melalui sensor serta keluaran berupa alatgerak seperti roda, kaki, lengan, dan lain-lain. Para peminatrobot dewasa ini semakin meningkat di berbagai kalangan usia.Mereka berlomba merancang robot sederhana dengan berbagaimacam kegunaannya seperti robot penyedot debu untukmembantu aktivitas rumah tangga yang dilengkapi omni wheelsebagai pendukung sistem gerak holomonic drive. Beriringandengan dengan meningkatnya peminat robotika, penggunasmartphone berbasis android juga meningkat dengan cepatbahkan hampir semua kalangan usia berinteraksi dengansmartphone. Sensor accelerometer dan bluetooth merupakan fituryang dimiliki smartphone berbasis android. Oleh sebab itu,penulis merancang aplikasi mobile berbasis android yangmemanfaatkan kedua fitur tersebut untuk dijadikan pengontrolgerak robot omni wheel penyedot debu sehingga memungkinkanrobot dikendalikan dengan smartphone berbasis android melaluikoneksi nirkabel bluetooth ke segala arah secara mendatarmengikuti perubahan koordinat pada sensor accelerometer. Aplikasi dirancang  agar dapat melakukan  koneksi antarabluetooth smartphone dengan modul bluetooth HC-05 pada robotomni wheel penyedot debu. Aplikasi mampu memanfaatkansensor accelerometer sebagai pengontrol gerak robot agar dapatbergerak ke segala arah. Aplikasi perlu dilengkapi mode kontrolmanual sebagai pengontrol gerak robot dengan menekan tombol.Pengujian fungsional aplikasi menggunakan metode black boxdan uji kompatibilitas dengan memasang aplikasi pada beberapaperangkat android yang beragam. Pemasangan aplikasi dapat diterapkan pada smartphonedengan OS v4.0 ke atas. Untuk melakukan pengontrolan gerakrobot, smartphone dengan robot sudah harus terhubung melaluikoneksi nirkabel bluetooth. Aplikasi dapat mengontrol gerakrobot omni wheel penyedot debu ke segala arah secara mendatardengan mode manual, yaitu mengontrol dengan menggunakantombol, atau mode accelerometer, yaitu mengontrol denganmemanfaatkan sensor accelerometer pada smartphone.  
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DOSEN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE ( STUDI KASUS: TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS TANJUNGPURA ) Sofhian, Sofhian; Sujaini, Herry; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.851 KB)

Abstract

Abstrak—Penyelenggaraan pendidikan di universitastak lepas dari peran dosen. Dosen merupakan tenaga akademikyang bertugas merencanakan dan melaksanakan prosespembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukanpembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian danpengabdian pada masyarakat, dosen berhak mendapatkanpromosi dan penghargaan sesuai dengan kinerja akademiknya.Pemilihan dosen terbaik secara periodik dapat memacusemangat dosen dalam meningkatkan dedikasi dan kinerjanya.Namun pada kenyataannya masih belum optimal dalammelaksanakan pemilihan dosen terbaik hal ini disebabkan olehbelum tersedianya media yang dapat memproses penilaiandosen dan memberi perankingan dalam pemilihan dosenterbaik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosenterbaik pada studi kasus teknik informatika. Dalammenentukan dosen terbaik di teknik informatika universitastanjungpura, sistem menggunakan metode PROMETHEEdengan menggunakan kriteria-kriteria yang akan ditentukanoleh kaprodi teknik informatika universitas tanjungpura. Sistemini dikembangkan berbasis web. Sistem pendukung keputusan(SPK) ini dapat digunakan untuk melakukan penilaian terhadapsetiap dosen alternatif dengan pengguna mahasiswa dan dosen.Sistem pendukung keputusan ini dapat juga digunakan untukmengolah data anggota, kategori-kategori penilaian, kriteriakriteriapenilaian,point penilaian serta bobot penilaian secaradinamis dengan pengguna admin. Output dalam sistem iniadalah nilai perhitungan pemilihan dosen terbaik denganmetode PROMETHEE dan perankingan dosen terbaik untukteknik informatika universitas tanjungpura. 
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE) Perdana, Aji Bagus; Negara, Arif Bijaksana Putra; Irwansyah, M Azhar
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.97 KB)

Abstract

Tertib administrasi pelayanan rekam medis harusdilakukan dengan baik agar proses pelayanan administrasiterhadap pasien dapat berjalan dengan baik. Sebuah sisteminformasi pengolahan data rekam medis yang baik diperlukan agartercapai tertib administrasi rekam medis yang baik. Rumah SakitUmum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadriesudah memiliki sistem informasi rekam medis sendiri yangmerupakan bagian dari sistem informasi manajemen rumahsakit (SIM-RS), namun memiliki kesalahan dalampengolahan data input dan output rekam medis. Penelitian inibertujuan untuk memperbaiki permasalahan padapengolahan input dan output rekam medis dengan caramembangun sistem informasi rekam medis. Sistem dibangunberbasis website dan perancangan sistem mencakupperancangan arsitektur sistem, perancangan diagram alirsistem, perancangan Data Flow Diagram (DFD), perancanganbasis data dan perancangan antarmuka sistem. Pengujiansistem dilakukan dengan menggunakan metode Black Box,sedangkan pengujian kuesioner terbagi menjadi dua jenis,yaitu pengujian kuesioner penggunaan aplikasi danpengujian kuesioner perbandingan. Berdasarkan hasilpengujian Black Box, sistem dapat berjalan dengan baikdalam menampilkan output yang sesuai dengan inputpengguna. Pengujian kuesioner penggunaan aplikasi danpengujian kuesioner perbandingan yang dilakukan terhadap12 responden dihitung menggunakan metode mencariinterval nilai persentase Likert. Hasil perhitungan pengujiankuesioner penggunaan aplikasi adalah 78%, sedangkan hasilperhitungan pengujian kuesioner perbandingan adalah90,8%. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner penggunaanaplikasi dan kuesioner perbandingan, sistem informasi rekammedis yang dibangun dapat memperbaiki permasalahan inputdan output pada pengolahan data rekam medis pasien diRSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie.
Rancang Bangun E-Commerce Tenun Songket Sambas Sahidah Meriyanti, Uray; Safriadi, Novi; Tursina, Tursina
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.55 KB)

Abstract

Abstrak—Tenun Songket Sambas Sahidah merupakan perusahaan dagang yang menyediakan barang berupa kain dan selendang songket, kain sabuk, kopiah benang emas, tas, dasi dan dompet. Tenun Songket Sambas Sahidah yang telah memiliki banyak pelanggan baik di dalam kota Sambas maupun luar Sambas masih menggunakan prosedur belanja manual atau pelanggan harus datang langsung ke toko tersebut. Serta sistem manual seperti pencatatan data-data dan transaksi penjualannya. Untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas Tenun Songket Sambas Sahidah ingin menggunakan tekhnologi dalam strategi pemasaran dan penjualan dengan mengimplementasikan e-commerce. Jenis e-commerce yang digunakan adalah Business to Consumer (B2C). Aplikasi e-commerce ini dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang produk yang ditawarkan oleh Tenun Songket Sambas Sahidah, mempermudah pelanggan dalam proses pemesanan suatu produk, dan dapat membantu meningkatkan pemasaran dan penjualan bagi Tenun Songket Sambas Sahidah.Kata Kunci— E-Commerce, Business to Consumer (B2C), pemasaran, penjualan.
Rancang Bangun Aplikasi Multimedia untuk Pengenalan Ceria (Cerita Rakyat) Interaktif Kalimantan Barat Mawarni, Desti; Sastypratiwi, Helen; Nasution, Helfi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.778 KB)

Abstract

Cerita rakyat adalah satu diantara beberapa kekayaan budaya Indonesia. Kalimantan Barat juga memiliki banyak cerita rakyat disetiap daerah. Berdasarkan data buku yang ada di literature Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat dengan jumlah buku cerita rakyat sebanyak 237 eksemplar dari 78 judul buku cerita rakyat Kalimantan Barat. Buku yang ada masih menggunakan penulisan yang monoton tanpa gambar dan warna. Berdasarkan jumlah pengunjung 3 bulan terakhir yang datang untuk membaca cerita rakyat maupun sejarah Kalimantan Barat, diketahui anak-anak yang datang untuk membaca berjumlah 16 orang, sedangkan yang selain anak-anak berjumlah 332 orang. Hal ini menunjukan kurang tertariknya anak-anak untuk membaca cerita rakyat Kalimantan Barat. CAI (Computer Aided Instruction) merupakan pengembangan daripada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi multimedia interaktif dengan interface yang menarik dan interaktif untuk pengenalan cerita rakyat Kalimantan Barat bagi anak-anak. Aplikasi ini ditujukan untuk anak kelas 1 SD yang berusia 6-7 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (metode penelitian dan pengembangan). Metode Research and Development terdiri dari delapan tahapan mulai dari permasalahan, pengumpulan data, pembuatan produk, validasi produk, analisa validasi, revisi dan laporan. Berdasarkan hasil validasi oleh materi dan media, Aplikasi Ceria (Cerita Rakyat) dikategorikan valid dengan RTVTK 3,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Ceria layak digunakan sebagai media pengenalan cerita rakyat Kalimantan Barat.
Rancang Bangun Aplikasi M-Commerce Pada Apotik Pelangi Kasih di Kota Pontianak Berbasis Android Lukman, Lukman; Nasution, Helfi; Irwansyah, M Azhar
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.857 KB)

Abstract

Abstrak— Apotek Pelangi Kasih adalah sebuahperusahaan yang bergerak dibidang penjualan obat-obatan dan perlengkapan alat kesehatan. Adapun dalamproses pemesanannya pengujung atau pengguna harusmendatangi ke apotek sehingga terjadi ketidak efisienandalam penggunaan waktu dan tenaga, selain itu pemilikapotek ingin memperluas jangkauan usahanya denganmemasarkan produk yang ada di apotek denganmembangun aplikasi M-Commerce yang berbasis androiddi Apotek Pelangi Kasih. Metodologi penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini ialah studi literatur,analisiskebutuhan,pengumpulandata,pemodelan/perancangan sistem, pembuatan aplikasiserta pengujian, analisa hasil pengujian dan penarikankesimpulan. Metode perancangan yang dilakukanmenggunakan diagram UML (Unified ModelingLanguange). Metode pengujian yang dilakukan yaitudengan menggunakan pengujian blackbox sample testinguntuk pengujian aplikasi dan pengujian User AceptanceTest (UAT) dengan kuesioner serta diinterpretasikandalam Skala Likert untuk pengujian pengguna. Carakerja aplikasi ini, pengguna memerlukan koneksiinternet untuk menjalan aplikasi M-Commerce di ApotekPelangi Kasih agar katalog produk yang apotek jualdapat dilihat melalui smartphone android. Aplikasi inidibangun menggunakan software Eclipse Java Marsdengan plugin Android Depolevment Tools (ADT) dengantarget SDK minimum 10 yaitu android 2.3 (Gingerbread).Untuk pengujian pengguna melaui kuesioner yangdibagikan kepada masyarakat umum maupun pengujungApotek Pelangi Kasih kemudian diinterpretasikan dalamSkala Likert didapatkan hasil, dengan 28 orangresponden didapat nilai sebesar 64,25 masuk dalamkategori sangat baik. Dapat disimpulkan dari pengujianini bahwa aplikasi M-Commerce di Apotek Pelangi Kasihberbasis android bahwa proses transaksi pemesanan danpenjualan dapat dilakukan secara online sehinga dapatdilakukan kapan dan dimana saja dan jangkauan pasarmenjadi lebih luas. 
Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Wifi.Id Corner PT. Telkom dengan Profile Matching (Studi Kasus : Divisi Wireless Broadband Telkom Kalimantan Barat) Fathoni, Ahmad; Tursina, Tursina; Anra, Hengky
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.243 KB)

Abstract

Abstract - PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk,yang saat ini lebih dikenal dengan nama TelkomGroup sedang mengembangkan terobosan barudalam hal inovasi kecepatan akses internet. Telkom Group meluncurkan WiFi.Id Corner yangmenyediakan layanan internet dengan kecepatantinggi hingga 100 Mbps. WiFi.Id Cornermerupakan tempat hangout yang nyaman yangdibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakatuntuk berinternet dengan kecepatan tinggi danberbayar dengan harga yang terjangkau. SistemPendukung Keputusan (Decisions Support System)adalah salah satu metode komputasi yang cukupberkembang saat ini. Banyak metode dalam sistempendukung keputusan yang dapat digunakanuntuk membantu menentukan lokasi pemasanganWiFi.Id Corner Telkom Group ini. Salah satumetode yang bisa digunakan adalah ProfileMatching, yaitu sistem pendukung keputusan yangdilakukan dengan cara membandingkan antarakriteria calon lokasi Wifi.Id Corner dengankriteria lokasi Wifi.Id Corner yang ditentukanoleh Telkom Group, sehingga dapat diketahuiperbedaan kompetensinya (disebut juga gap).Sistem yang dirancang merupakan SistemPendukung Keputusan Untuk Menentukan LokasiWifi.Id Corner PT. Telkom dengan ProfileMatching (Studi Kasus : Divisi WirelessBroadband Telkom Kalimantan Barat) yangbertujuan untuk membantu kinerja pengambilkeputusan yaitu PT. Telkom dalam menentukanlokasi mana yang lebih diprioritaskan lokasiWifi.Id Corner. Sistem ini dibangun berbasisdesktop. 
Rancang Bangun Aplikasi Code Sharing Sebagai Alat Bantu Media Interaktif Perkuliahan Pada Mata Kuliah Pemrograman Web Muhammad, Ar Razy; Priyanto, Heri; Safriadi, Novi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.483 KB)

Abstract

Proses pengembangan aplikasi berbasis web dapat di definisikan sebagai proses pembuatan aplikasi dari yang hanya berupa satu halaman web hingga aplikasi kompleks dengan menghubungkan banyak halaman web. Proses pembelajaran pada mata kuliah pemrograman web kadang dibuat berkelompok agar mahasiswa dapat bekerja sama untuk menyelesaikan tugas yang lebih berat, seperti membuat aplikasi berbasis web yang kompleks, sehingga mahasiswa akan membuat banyak file-file program. Hal ini memungkinkan anggota kelompok untuk membuka dan mengubah data pada file yang sama dalam waktu bersamaan, namun dikarenakan ruang lingkup kerja yang berbeda maka akan ada ketimpangan data antar anggota tim. Sehingga membutuhkan penyesuaian lebih lanjut atas data tertentu agar setiap anggota memiliki data yang sama persis. Oleh karena ini codesharing dibuat sebagai sebuah aplikasi yang mampu menciptakan satu lingkungan kerja bagi anggota tim untuk mendapatkan data terbaru dari file-file yang dibutuhkannya secara realtime. Dikarenakan sifatnya yang realtime maka aplikasi ini dapat dimanfaatkan bagi dosen untuk dijadikan alat bantu media ajar pada proses perkuliahan. Aplikasi codesharing memfasilitasi pengguna untuk menciptakan sebuah project pribadi maupun bersama. Pengguna aplikasi dibedakan menjadi dua yaitu dosen dan mahasiswa. Setiap pengguna diberikan hak akses penuh atas project maupun file-file yang dibuatnya. Pengguna lain diberikan hak akses khusus yaitu dapat mengubah konten dari file-file apabila telah mendapatkan izin akses dari pemilik file. Dari hasil pengujian maka didapatkan bahwa aplikasi codesharing mendapatkan penilaian dari user dengan hak akses dosen sebesar 19 berdasarkan aspek penilaian Rekayasa Perangkat Lunak, 21 berdasarkan aspek penilaian Komunikasi Visual dan 53 berdasarkan aspek Fungsionalitas. Berdasarkan penilaian diatas maka aplikasi termasuk kategori baik. Penilaian user hak akses mahasiswa didapat nilai rata-rata sebesar 21.9 berdasarkan aspek penilaian Rekayasa Perangkat Lunak, 28.55 berdasarkan aspek penilaian Komunikasi Visual dan 47.55 berdasarkan aspek Fungsionalitas. Berdasarkan penilaian diatas maka aplikasi termasuk kategori baik. user menyatakan aplikasi sangat baik apabila diterapkan sebagai media ajar.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Pariwisata Pada Daerah Kalimantan Barat Menggunakan Logika Fuzzy Yadi, Nurul Hafizah; Negara, Arif Bijaksana Putra; Safriadi, Novi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.304 KB)

Abstract

Abstrak— Permasalahan pengambilan keputusan sering terjadi pada wisatawan dalam menentukan tujuan wisata. Hal ini dikarenakan banyaknya pilihan objek wisata yang ada. Data dari BPS Provinsi Kalimantan Barat tahun 2014 menunjukan bahwa jumlah objek dan daya tarik wisata yang ada di Provinsi Kalimantan Barat adalah sekitar 404 buah objek wisata dengan 56 objek yang menjadi daya tarik unggulan. Namun terbatasnya informasi yang ada membuat daerah tujuan wisata yang dipilih biasanya hanya objek wisata yang sering dikunjungi. Masih banyak objek wisata lain yang tidak terekspos dan kurang diperhatikan oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pengguna menentukan tujuan pariwisata  di Kalimantan Barat yang sesuai dengan kriteria. Penentuan tujuan pariwisata menggunakan logika fuzzy berdasarkan pada kriteria yang telah ditentukan. Kriteria yang digunakan untuk menentukan tujuan pariwisata adalah Jenis, Harga dan Fasilitas. Kriteria Jenis terdiri dari Objek Wisata Alam, Objek Wisata Budaya dan Objek Wisata Minat Khusus. Kriteria Harga terdiri dari Murah, Sedang dan Mahal. Kriteria Fasilitas terdiri dari Sedikit, Sedang dan Banyak. Sedangkan output dari kriteria pilihan tersebut berupa Objek Wisata yang terbagi menjadi tiga himpunan yaitu Cukup Baik, Baik dan Sangat Baik. Hasil pengujian kuisioner yang dilakukan terhadap 100 orang responden menunjukan bahwa sistem dinilai positif dengan interpretasi LSR sebesar 6495 dan sistem dapat membantu dalam menentukan tujuan pariwisata. Berdasarkan hasil pengujian sistem yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Logika fuzzy dapat diterapkan pada sistem pendukung keputusan untuk pemilihan tujuan pariwisata dan mampu menghasilkan rekomendasi tujuan pariwisata terbaik sesuai dengan kriteria yang diinginkan. 

Page 1 of 2 | Total Record : 15