cover
Contact Name
Arif Bijaksana Putra Negara
Contact Email
arifbpn@untan.ac.id
Phone
+62811578624
Journal Mail Official
editor_justin@informatika.untan.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Justin Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 24603562     EISSN : 26208989     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/justin
Core Subject : Science,
JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017)" : 15 Documents clear
Sistem Informasi Pengolahan Data Ionosfer dalam Mendukung Pelayanan Data pada BPD Lapan Pontianak Susatyo, Reza Budi; Priyanto, Heri; Nasution, Helfi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1097.681 KB)

Abstract

Pengamatan dibidang ionosfer, Balai Pengamatan Dirgantara LAPAN Pontianak memiliki peralatan pengamatan yang terdiri dari peralatan CADI (Canadian Advanced Digital Ionosonde) dan GISTM/TEC (Ionospheric Scintillation and TEC Monitor). Pada bagian pengolahan data ionosfer belum memiliki sistem informasi dalam pengelolaan data ionosfer, sehingga data tersebut dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk kebutuhan yang berhubungan dengan lapisan ionosfer. Desain sistem penelitian ini menggunakan Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram serta sistem pengujiannya mengunakan Black Box dan Borang yang kemudian dihitung dengan menngunakan metode LSR (Likert Summated Rating). Hasil dari penelitian ini yaitu sistem informasi pengolahan data ionosfer yang dapat membantu dalam mendistribusikan data hasil pengolahan data ionosfer dengan mudah antar pegawai dan laporan kepada pimpinan.
Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sel Penyusun Jaringan pada Sistem Gerak dalam Mata Pelajaran Biologi (Studi Kasus : SMA Negeri 7 Pontianak) Romadhon, Eric Nur; Anra, Hengky; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.369 KB)

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi berkembang pesat di kehidupan manusia salah satunya di bidang edukasi. Teknologi Augmented Reality (AR) dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia termasuk media pembelajaran sel penyusun jaringan pada sistem gerak. Hal ini dikarenakan materi sel penyusun jaringan pada sistem gerak sangat sulit untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3 Dimensi beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata sehingga Augmented Reality diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan yang terkait dengan materi sel penyusun jaringan pada sistem gerak sehingga dapat membuat pengguna tertarik. Untuk membangun aplikasi berbasis android digunakan game engine UNITY serta menggunakan Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun memungkinkan menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Disertai dengan sebuah buku yang berisi marker yang apabila diarahkan ke aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D. Aplikasi ini bermanfaat untuk siswa sekolah menengah atas (SMA), yang memperoleh materi sel penyusun jaringan pada sistem gerak. Berdasarkan hasil pengujian marker, ada 10 marker yang berhasil memunculkan objek dari total 14 marker. Fitur Virtual Button berjalan dengan baik pada setiap objek yang di uji pada pengujian Black-Box. Dari hasil pengujian User Acceptance Testing, yaitu pengujian Pre Test dan Post Test yang telah dilakukan, untuk kelompok siswa yang belajar menggunakan media buku biologi memiliki persentase kenaikan dari nilai Pre Test ke Post Test sebesar 18,77 %, sedangkan pada kelompok belajar yang menggunakan aplikasi Augmented Reality memiliki persentase kenaikan dari nilai Pre Test ke Post Test sebesar 23,5%, yang berarti teknologi Augmented Reality dapat diterapkan sebagai media pembelajaran sel penyusun jaringan pada sistem gerak
Analisis Perbandingan Sistem Pakar dengan Metode Certainty Factor dan Metode Dempster-Shafer pada Penyakit Kelinci Hamidi, Ricky; Anra, Hengky; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1099.691 KB)

Abstract

Sistem pakar adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sebagaimana yang dipikirkan oleh pakar. Dalam membangun sistem pakar, ada banyak metode yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah menyelesaikan masalah yang ada. Sebagai contoh, dalam mendiagnosis penyakit kelinci menggunakan sistem pakar, ada beberapa metode yang dapat digunakan, di antaranya adalah metode Certainty Factor dan metode Dempster-Shafer. Certainty Factor diperkenalkan oleh Shortliffe Buchanan dalam pembuatan MYCIN. Certainty Factor merupakan nilai parameter klinis yang diberikan MYCIN untuk menunjukkan besarnya kepercayaan. Sedangkan Dempster-Shafer pertama kali diperkenalkan oleh Arthur P. Dempster. Dempster-Shafer adalah teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief functions dan plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa. Tujuan dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk menganalisis perbandingan hasil diagnosis sistem pakar penyakit kelinci dengan menggunakan metode Certainty Factor dan metode Dempster-Shafer dengan cara membandingkan kesesuaian hasil diagnosis antara sistem dengan hasil diagnosis seorang pakar sehingga dapat diketahui metode manakah di antara kedua metode tersebut yang lebih baik dalam mendiagnosis penyakit kelinci. Berdasarkan hasil pengujian dengan tingkat keakuratan, didapat hasil bahwa nilai keakuratan metode Certainty Factor adalah 80 % sedangkan nilai keakuratan metode Dempster-Shafer adalah 85 % sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Dempster-Shafer lebih baik dibanding metode Certainty Factor dalam mendiagnosis penyakit kelinci di kota Pontianak.
Perancangan Aplikasi Web Crawler untuk Menghasilkan Dokumen Teks pada Domain Tertentu Halim, Agustino; Nyoto, Rudy Dwi; Safriadi, Novi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.197 KB)

Abstract

Untuk mendapatkan dan menyaring informasi yang dibutuhkan, pengguna Internet dapat menggunakan mesin pencarian (search engine) yang telah tersedia, misalnya Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo dan lain sebagainya. Mesin pencari tersebut melakukan pencarian berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna, selanjutnya mencocokkan kata kunci dengan isi konten yang tersebar di Internet. Sehubungan dengan keterbatasan sumber daya komputasi dan waktu, maka dibutuhkan suatu cara untuk mengambil konten yang ada di Internet dalam waktu yang singkat dan dapat diindeks secara otomatis serta tersimpan pada database. Untuk memudahkan pengambilan informasi yang tersebar dan selalu berubah-ubah di Internet dalam jumlah besar diperlukan sebuah web crawler. Fungsi utama Web Crawler adalah melakukan penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web yang ada di Internet. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi web crawler untuk menghasilkan dokumen teks pada domain tertentu dalam bidang Teknik Informatika atau komputer dan sejenisnya. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box dengan teknik robustness testing, pengujian precision and recall serta pengujian F-Measure. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan nilai Recall sebesar 0,99 dan Precision sebesar 0,61 serta F-Measure sebesar 0,74.
Sistem Pakar Pendeteksi Penyakit Mata Berbasis Android Aditiawarman, Aditiawarman; Nasution, Helfi; Tursina, Tursina
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.164 KB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat akan informasi dapat terpenuhi. Masyarakat yang memiliki penyakit mata dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu mereka dalam mengetahui berbagai informasi tentang penyakit mata. Sistem pakar merupakan salah satu teknologi yang meniru cara kerja seorang pakar kesehatan dalam mengidentifikasi suatu penyakit. sistem pakar ini sangat berguna khususnya penderita penyakit mata yang sedang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi dokter mata. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat mendiagnosa penyakit mata. Aplikasi sistem pakar ini dibuat dengan metode forward chaining. Penggunan dapat melakukan konsultasi dengan cara memilih gejala-gejala sesuai dengan gejala yang dialami. Sistem pakar yang dibangun dapat memberikan hasil deteksi berdasarkan data valid yang direpresentasikan dari pakar dan perhitungan dengan metode forward chaining. Aplikasi sistem pakar pendeteksi penyakit mata berhasil menampilkan hasil penyakit yang diderita. Pengujian aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode pengujian validitas, yang menampilkan hasil pengujian dengan nilai keakuratan 86,667%  . Selain itu proses instalasi aplikasi berhasil dan sistem dapat beroperasi dengan benar pada semua perangkat android yang di uji.
Aplikasi Augmented Reality Sistem Pernapasan Kurniawan, Muhamad Jodi; Anra, Hengky; Pratama, Enda Esyudha
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (984.917 KB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencanauntuk mewujudkan suasana belajar dan prosespembelajaran agar peserta didik secara aktifmengembangkan potensi dirinya untuk memilikikecerdasan ataupun keterampilan yang dibutuhkan.Metode belajar konvensional digunakan pada pelajaranbiologi untuk kelas XI SMA IPA materi sistem pernapasan.Dalam materi sistem pernapasan bagian-bagian materiyang dipelajari kebanyakan membahas bagaimana sistempernapasan itu berjalan didalam tubuh, sedangkan siswamempelajari materi sistem pernapasan melalui gambardidalam buku, ini membuat siswa kesulitan dalammemvisualisasikan sistem dan organ pernapasan tersebutberjalan sesungguhnya. Augmented Reality adalahteknologi yang dapat menggabungkan objek 3D ke dalamlingkungan nyata Tidak seperti Virtual Reality yangsepenuhnya menggantikan kenyataan, namun AugmentedReality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.Pada kasus ini materi sistem pernapasan yang dipelajariakan divisualisasikan dalam bentuk 3D. Metode yangdigunakan pada penelitian tentang Augmented Reality iniadalah metode Marker Based Tracking. Pada penelitian inidigunakan Blender, Unity 3D, Vuforia untuk membangunaplikasi. Aplikasi berbasis Android. Berdasarkan hasilpengujian User Acceptance Test diketahui persentase nilaiAcceptance mencapai 100%, ini berarti aplikasi dapatditerima. Dari Pre Test ke Post Test yang dilakukan aplikasiyang diimplementasikan teknologi Augmented Realitykepada 2 kelas siswa SMA XI IPA semester 2, kelas yangmenggunakan bantuan aplikasi memperoleh peningkatanpersentase nilai lebih tinggi dari kelas yang tidakmenggunakan aplikasi. Yaitu 66% untuk kelas yangmenggunakan aplikasi, dan 62% untuk kelas yang tidakmenggunakan aplikasi. Dapat disimpulkan bahwa aplikasidapat menampilkan objek 3D, dan dapat membantu siswauntuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistempernapasan.
Sistem Informasi Kehadiran Dosen Mengajar dengan Menggunakan Sidik Jari pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura Kusumarani, Novia; Negara, Arif Bijaksana Putra; Tursina, Tursina
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.465 KB)

Abstract

Kehadiran dosen merupakan salah satu unsur pendukung kelancaran kegiatan mengajar mata kuliah. Kegiatan belajar mengajar tersebut disesuaikan dengan jadwal yang telah disepakati dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah direncanakan oleh Program Studi di setiap universitas. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah susunan rencana materi perkuliahan untuk setiap pertemuan mata kuliah dalam satu semester yang bertujuan untuk memenuhi capaian pembelajaran yang berisi kompetensi apa yang akan dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan tersebut. Pada proses belajar mengajar RPS berkaitan dengan kehadiran dosen, jika kehadiran dosen tidak sesuai dari target RPS yang telah direncanakan, maka capaian pembelajaran pada mata kuliah tersebut tidak maksimal. Untuk memaksimalkan ketercapaian RPS, pelaksanaan mengajar dosen perlu di-monitoring. Proses pendataan kehadiran dosen mengajar dan pengisian RPS di Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura masih dilakukan secara manual, dengan menggunakan selembar kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mendata absensi dan me-monitoring jumlah kehadiran mengajar dosen bagi dosen, ketua program studi (kaprodi), dan ketua jurusan (kajur). Sistem dibangun berbasis web dan perancangan sistem mencakup perancangan arsitektur sistem, perancangan diagram alir sistem, perancangan Data Flow Diagram (DFD), Perancangan Entity Relationship Diagram (ERD), perancangan basis data dan perancangan antarmuka sistem. Pengujian sistem menggunakan 2 metode yaitu black box dan User Acceptance Test (UAT). Pada  pengujian black box, sistem dapat bekerja dengan baik dalam menangani suatu kemungkinan kesalahan, dan pada pengujian UAT berdasarkan total skor penilaian yang diperoleh dari 5 responden yakni 324, nilai tersebut berada di antara titik Kuartil III dan titik maksimal pada interpretasi LSR, sehingga dapat diketahui bahwa responden menilai bahwa aplikasi yang dibuat sangat positif dan berhasil. Berdasarkan hasil pengujian sistem informasi kehadiran mengajar dosen ini dapat digunakan untuk membantu proses pendataan absen dan me-monitoring jumlah kehadiran mengajar dosen serta ketercapaian RPS.
Implementasi Sistem Penjadwalan Akademik Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Menggunakan Metode Algoritma Genetika Christian, Andreas; Sujaini, Herry; Negara, Arif Bijaksana Putra
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1173.258 KB)

Abstract

Penjadwalan akademik merupakan masalah mengalokasikan waktu, mata kuliah, dosen, ruangan kelas, dengan memperhatikan sejumlah aturan yang berhubungan dengan kapasitas dan lokasi ruangan yang tersedia, waktu bebas yang diperlukan dan sejumlah aturan lain yang berkaitan. Berdasarkan karakteristik permasalahan yang terjadi, algoritma genetika cocok untuk menyelesaikannya dengan merepresentasikan komponen-komponen masalah ke dalam kromosom dan dievaluasi berdasarkan constraint penjadwalan yang telah dibuat sehingga  menghasilkan jadwal kuliah yang optimal. Aplikasi dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Proses optimasi penjadwalan dengan menggunakan algoritma genetika akan melalui proses representasi kromosom, inisialisasi populasi, menghitung fitness, seleksi, crossover dan mutasi. Pengujian dilakukan dengan metode black box untuk menguji komponen-komponen yang ada didalam sistem penjadwalan dan pengujian performansi untuk mengukur parameter-parameter yang optimal untuk proses penjadwalan. Berdasarkan hasil pengujian, karakteristik bentrok yang sering terjadi dalam proses algoritma genetika adalah karakteristik bentrok persimpangan waktu, banyak generasi yang optimal yaitu 200 sampai dengan 250, ukuran populasi yang optimal 100 dan nilai probabilitas crossover rate 0.7 dan mutation rate 0.3, serta dengan diimplementasikannya soft constraint penggunaan kapasitas ruangan mempengaruhi tingkat keberhasilan Hard Constraint. Dengan diimplementasikannya soft constraint kapasitas ruangan maka tingkat keberhasilan soft constraint-nya meningkat mencapai 93% dari 75%, Tetapi dengan diimplementasikannya soft constraint tersebut maka waktu yang dibutuhkan untuk komputasi meningkat dari 2,8 menit menjadi 38 menit. Hal ini terjadi karena pada proses komputasi harus melakukan pengecekan terhadap jumlah peserta dan kapasitas ruangan pada setiap kromosom.
Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Tulang Penyusun Rangka Tubuh Manusia Akmal, Khairul; Priyanto, Heri; Nasution, Helfi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1090.874 KB)

Abstract

Anatomi manusia merupakan materi pelajaran biologi yang salah satunya membahas struktur penyusun rangka tubuh manusia. Selama ini siswa mempelajarinya hanya melalui buku sehingga memberikan efek jenuh serta mengurangi ketertarikan. Untuk menambah minat belajar dibutuhkan suatu media pembelajaran alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi pembelajaran tulang penyusun rangka tubuh manusia, sehingga dapat menambah ketertarikan siswa untuk belajar. Metode pengembangan aplikasi menggunakan waterfall model dengan beberapa tahapan yang akan dilakukan meliputi: studi literatur, analisis kebutuhan, pembuatan 3D, perancangan sistem, implementasi, pengujian sistem, analisis hasil pengujian dan penarikan kesimpulan. Alat perancangan dalam penelitian ini menggunakan Unified Modeling Language dan pengujian penelitian menggunakan  Blackbox dan Kuesioner. Dari pengujian kusioner didapati hasil berdasarkan aspek fungsional yaitu 20% sangat baik, 55% baik dan 25% cukup baik. Berdasarkan aspek visual yaitu 35.71% sangat baik, 48.57% baik, 15.71% cukup baik. Berdasarkan aspek audio yaitu 10% sangat baik, 50% baik dan 40% cukup baik. Berdasarkan pengoperasian yaitu 46.66% sangat baik, 46.66% baik dan 6.66% cukup baik. Hasil perhitungan pengujian menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) memiliki skor 579  berada pada range sangat positif menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran tulang penyusun rangka tubuh manusia dapat menambah daya tarik siswa untuk belajar.
Sistem Penentuan Status Gizi Balita Menggunakan Penalaran Berbasis Kasus dengan Metode Sorenson Coefficient (Studi Kasus: Kota Pontianak) Widiatuning, Widiatuning; Safriadi, Novi; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.707 KB)

Abstract

Kota Pontianak merupakan salah satu daerah di Indonesia yang rawan akan masalah gizi. Dari tahun ke tahun masalah gizi selalu menjadi perhatian. Berbagai upaya pencegahan telah dilakukan, namun masalah gizi masih cukup tinggi, sehingga penanganan yang tepat perlu dilakukan dengan memantau tumbuh kembang anak secara berkala. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan penalaran berbasis kasus pada sistem penetuan status gizi balita di Kota Pontianak menggunakan metode sorenson coefficient. Sistem ini dibangun dengan menentukan status gizi balita menggunakan penalaran berbasis kasus atau yang sering disebut case based reasoning (CBR). Untuk menghasilkan output berupa status gizi menggunakan nilai similaritas, metode yang digunakan adalah sorenson coefficient dengan output dari sistem ini berupa status gizi berdasarkan umur menurut berat badan dan umur menurut panjang badan. Sistem ini berupa sistem penentuan status gizi balita yang menerapkan penalaran berbasis kasus.

Page 1 of 2 | Total Record : 15