cover
Contact Name
Arif Bijaksana Putra Negara
Contact Email
arifbpn@untan.ac.id
Phone
+62811578624
Journal Mail Official
editor_justin@informatika.untan.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Justin Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 24603562     EISSN : 26208989     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/justin
Core Subject : Science,
JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018)" : 4 Documents clear
Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Tes CPNS Berbasis Web Syafutra, Abang Wandi; Sujaini, Herry; Priyanto, Heri
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1301.179 KB) | DOI: 10.26418/justin.v6i1.22815

Abstract

Aplikasi media pembelajaran tes CPNS berbasis Web” dibuat untuk mengevaluasi user / pengguna sebelum menghadapi tes CPNS.Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah dapat digunakan sebagai alat bantu penyelenggaraan tes sejenis. Alat penelitian yang digunakan pada aplikasi ini adalah UML (Unified Modeling language). Metode pengumpulan Data-data soal tes CPNS yang di dapat melalui buku bank soal tes CPNS, sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah berbasis web dengan database MySQL.Hasil dari perancangan laporan ini menghasilkan suatu aplikasi media pembelajaran tes CPNS berbasis website. Laporan ini menggunakan pengujian black-box, user acceptance test, dan validitas reabilitas.Hasil pengujian  menunjukkan bahwa aplikasi dapat membantu pengguna sebagai media belajar serta mengukur kemampuan pengguna dalam menghadapi tes sejenis.
Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Aparatur di Kejaksaan Negeri Mempawah Jaya, Kriyan Andika; Safriadi, Novi; Perwitasari, Anggi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.009 KB) | DOI: 10.26418/justin.v6i1.23314

Abstract

Proses pengawasan dan evaluasi disuatu instansi pemerintah khususnya di Kejaksaan Negeri Mempawah merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dalam proses pelaksanaannya sistem monitoring dan evaluasi kinerja aparatur di Kejaksaan Negeri Mempawah masih menggunakan sistem konvensional, yaitu dengan memantau kembali berkas-berkas pendukung dalam proses monitoring dan evaluasi yang menyebabkan proses menjadi tidak efektif dan efisien.  Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi untuk memudahkan proses pengawasan dan evaluasi kinerja aparatur dalam penanganan berkas perkara. Pada penelitian ini aplikasi yang dibuat berbasis android yang dilengkapi dengan fitur notifikasi dan pengingat untuk membantu proses monitoring dan evaluasi. Alat dalam perancangan dalam penelitian ini menggunakan Unified Modeling Language dan Entity Relationship Diagram, dan pengujian sistem yang dilakukan menggunakan metode Black Box dan kuesioner terhadap 10 orang pengguna aplikasi yang terdiri dari 5 orang dari petugas bagian Pidana Umum dan 5 orang dari petugas bagian Pidana Khusus didapat nilai kuesioner 651 dari nilai maksimum 750, yang berada pada range positif dengan persentase 86,8%, hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini berjalan dengan baik. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengawasan dan evaluasi kinerja aparatur. 
Sistem Informasi dan Manajemen Pemberkasan Perkara di Kejaksaan Negeri Mempawah Aliska, Sandra; Safriadi, Novi; Prihartini, Narti
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.611 KB) | DOI: 10.26418/justin.v6i1.23315

Abstract

Sebagai salah satu bagian dari lembaga pemerintahan, penggunaan sistem informasi menjadi sangat penting dalam membantu kinerja Kejaksaan Negeri Mempawah guna terselenggaranya pelayanan yang baik dan efektif kepada masyarakat. Adapun tugas utama Kejaksaan Negeri Mempawah tidak terlepas dari aktifitas penanganan berkas perkara. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem informasi yang dapat membuat, mengolah dan mengarsipkan data pemberkasan perkara di Kejaksaan Negeri Mempawah. Alat dalam perancangan sistem ini adalah Data Flow Diagram (DFD), dan pengujian sistem menggunakan metode Blackbox serta User Acceptance Test (UAT) menggunakan kuesioner dengan 10 responden yaitu jaksa sebagai pengguna sistem informasi. Hasil perhitungan kuesioner menggunakan skala likert. Perancangan penelitian ini menghasilkan sistem informasi dan manajemen yang membantu kinerja aparatur Kejaksaan Negeri Mempawah untuk mengelola berkas-berkas perkara di Kejaksaan Negeri Mempawah. Hasil persentase perhitungan kuesioner pada penelitian ini adalah 89,2% yang menunjukan bahwa Sistem Informasi dan Manajemen Pemberkasan Perkara sangat memuaskan dan sesuai dengan harapan dari Kejaksaan Negeri Mempawah.
Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini Maulida, Nurul; Anra, Hengky; Pratiwi, Helen Sasty
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.282 KB) | DOI: 10.26418/justin.v6i1.23726

Abstract

Pada Anak usia dini umur 0-6 tahun berada di masa peka. Masa seluruh potensi dapat dikembangkan secara optimal  dalam aspek fisik, bahasa, kognitif. Kemampuan membaca berhubungan aktivitas membaca, pada anak usia dini membaca membutuhkan berbagai stimulasi. Stimulasi diberikan melalui media pembelajaran dalam pengenalan makhluk hidup yang  disekitar. Aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (CAI). CAI atau pembelajaran berbantuan komputer merupakan pengembangan dari teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang memanfaatkan teknologi multimedia dengan konsep CAI untuk anak usia dini dalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (penelitian dan pengembangan) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji ke efektifan produk.  Hasil yang didapatkan dari uji coba dan validasi menggunakan skala guttman dari sisi materi dengan nilai koefisien reabilitas = 1 dan koefisien skalabilitas 1 , dari sisi multimedia nilai koefisien reabilitas =1 dan koefisien skalabilitas 1, dari sisi CAI  nilai koefisien reabilitas = 1 dan koefisien skalabilitas 1, yang berarti aplikasi ini layak menjadi media pembelajaran dan sudah memenuhi sebagai kriteria aplikasi CAI berbasis multimedia yang ditunjukan untuk anak usia dini dengan usia 5-6 dalam mengenal hewan dengan konsep tutorial dan game.

Page 1 of 1 | Total Record : 4