cover
Contact Name
Arif Bijaksana Putra Negara
Contact Email
arifbpn@untan.ac.id
Phone
+62811578624
Journal Mail Official
editor_justin@informatika.untan.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Justin Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 24603562     EISSN : 26208989     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/justin
Core Subject : Science,
JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2018)" : 4 Documents clear
Malware Security Menggunakan Filtering Firewall dengan Metode Port Blocking pada Mikrotik RB 1100AHx2 Ryansyah, Muhamad; Maulana, Muhammad Sony
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.789 KB) | DOI: 10.26418/justin.v6i3.26716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan penyebaran malware yang terdapat dalam jaringan kampus. Salah satu dampak adanya malware dalam jaringan kampus adalah overload traffic bandwidth, sehingga menyebabkan kendala bandwidth yang cepat habis atau lalu lintas transfer data baik yang masuk maupun yang keluar menjadi lambat dari biasanya. Umumnya sebuah kampus atau universitas memiliki struktur jaringan yang didalamnya dikelola oleh satu atau lebih router di dalam mengelola jaringan dan bandwidth. Beberapa router memiliki kemampuan pengaturan firewall yang sudah cukum mumpuni namun perlu dikelola lebih spsesifik berdasarkan kebutuhan skala jaringan dan bandwidth yang tersedia. Dengan menciptakan rule-rule yang baik di dalam firewall akan lebih mudah dalam melakukan filtering terhadap lalu lintas trafik jaringan dan bandwidth sehingga dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan pengguna jaringan dan bandwidth.
Edukasi Game Jaga Sungai Kapuas Berbasis Android Menggunakan Construct 2 Ichida, Nahel Al Fath; Nasution, Helfi; Perwitasari, Anggi
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.174 KB) | DOI: 10.26418/justin.v6i3.26806

Abstract

Sungai Kapuas di kota Pontianak merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sepanjang aliran sungai. Selain itu juga sebagai sarana transportasi dan rekreasi dengan Sungai Kapuas telah tercemar oleh berbagai macam limbah dan sampah. CAI (Computer Assisted Instruction) menyampaikan materi pelajaran menggunakan komputer yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem. Penelitian ini yaitu merancang aplikasi game edukasi Jaga Sungai Kapuas berbasis Android yang diharapkan dapat menjadi media edukasi dan sosialisasi kebersihan sungai. Hasil yang diperoleh berdasarkan prosedur pengujian kualitas perangkat lunak pada pengujian Alpha adalah aspek Functionality dengan nilai sebesar 77,00% (layak), aspek Efficiency sebesar 75,00% (layak), dan Usability sebesar 73,00% (layak). Hasil keseluruhan dari tiga aspek yang menjadi fokus pada uji alpha adalah 75,00 % (layak). Pengujian selanjutnya yaitu pengujian Beta diperoleh hasil untuk aspek Functionality sebesar 93,00% (sangat layak), aspek Efficiency sebesar 85,00% (sangat layak), aspek Usability sebesar 88,00% (sangat layak), dan aspek Portability sebesar 89,00% (sangat layak). Hasil keseluruhan dari empat aspek kualitas perangkat lunak yang menjadi fokus pada uji Beta adalah 89,44% (sangat layak).Dapat disimpulkan bahwa Game ”Jaga Sungai Kapuas” telah mampu mengedukasi jenis-jenis sampah dan persebaran TPS terdekat di sekitar Sungai Kapuas.
Prototipe Jam Sholat Qomatron dengan Konsep Internet of Things (IoT) Menggunakan Wemos D1 Mini Berbasis Web Hanif, Primana Rullyant; Tursina, Tursina; Irwansyah, M. Azhar
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1195.744 KB) | DOI: 10.26418/justin.v6i3.26698

Abstract

Sholat adalah kewajiban setiap muslim yang harus dilaksanakan tepat waktu. Kenyataannya, kewajiban tersebut sangat sulit dilakukan dengan berbagai alasan baik karena sibuk, lupa ataupun tidak mendengar adzan. Qomatron adalah inovasi jam salat mini dengan pengaturan yang mudah dan fungsi khusus untuk rumah, kantor maupun tempat umum lainnya. Perangkat pengingat waktu sholat ini memiliki konsep IoT (internet of thing) yaitu komunikasi jarak jauh menggunakan jaringan internet sehingga dapat melakukan pengaturan dan maintenance jarak jauh. Selain pengaturan jarak jauh, perangkat ini juga dibekali dengan koneksi wifi (wireless fidelity) direct ke perangkat secara langsung tanpa jaringan internet. Aplikasi pengaturan dibuat berbasis web serta dapat diakses oleh perangkat yang dibekali dengan koneksi wifi dan telah terinstal browser. Perangkat pengingat waktu salat ini terdiri dari satu buah panel P 3,75 dot matrik, 1 buah Kontroller Whemos D1 Mini, 1 buah adaptor 5V 3A, dan bingkai.
Rancang Bangun Aplikasi Penjualan dan Pembelian Berbasis Web pada Apotek Neofarma Sanggau Noviandhiny, Puteri
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.066 KB) | DOI: 10.26418/justin.v6i3.25770

Abstract

Apotek Neofarma yang berlokasi di Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau merupakan apotek yang bergerak dibidang penjualan obat. Sistem yang sedang berjalan di Apotek Neofarma ini menggunakan sistem manual dalam proses pengolahan data terdapat banyak kendala dalam melakukan pengolahan data obat seperti proses pengolahan data mencatat ke dalam pembukuan sehingga sering mengalami masalah seperti pada saat melakukan pembukuan atau pengecekkan data obat yang terlalu lama dan masalah pencatatan stok obat kadaluarsa yang dilakukan petugas stok obat masih kurang terkontrol, hal ini mengakibatkan kesulitan dalam mencari informasi persediaan stok obat dan obat yang mendekati kadaluarsa serta laporan penjualan. Setelah mengetahui permasalahan yang ada maka dirancang sebuah aplikasi penjualan dan pembelian menggunakan metode pengembangan waterfall. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi penjualan dan pembelian obat pada apotek berbasis web yang di dalamnya diintegrasikan sistem notifikasi obat yang kadaluarsa atau obat yang sudah habis, melakukan penjualan secara terkomputerisasi, mengetahui laporan pembelian dan penjualan, serta membantu pengelolaan data obat pada Apotek Neofarma. Dari hasil pengujian Black Box menunjukkan 100% dari 6 kelas uji berjalan dengan baik dan pengujian kuesioner penggunaan aplikasi terhadap 5 responden dihitung menggunakan metode mencari interval nilai persentase Likert. Hasil perhitungan pengujian kuesioner pengguna aplikasi adalah 81,5%. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner pengguna aplikasi, maka sistem informasi yang dibangun dapat  diimplementasikan pada Apotek Neofarma Sanggau.

Page 1 of 1 | Total Record : 4