cover
Contact Name
Arif Bijaksana Putra Negara
Contact Email
arifbpn@untan.ac.id
Phone
+62811578624
Journal Mail Official
editor_justin@informatika.untan.ac.id
Editorial Address
Sekretariat Justin Gedung Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadary Nawawi Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
ISSN : 24603562     EISSN : 26208989     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/justin
Core Subject : Science,
JUSTIN aims to publish research results and thoughts among academics, researchers, scientists, and practitioners in the field of informatics/computer science so that they are freely available to the public, and support the exchange of knowledge. The scope of JUSTIN is but is not limited to the following: theory and information science, information systems, information security, data processing and structure, programming and computing, software engineering, informatics, computer science, computer engineering, architecture and computer networks, robotics, parallel and distributed computing, operating systems, compilers and interpreters, games, numerical methods, mobile computing, natural language processing, data mining, cognitive systems, speech processing, machine learning, artificial intelligence, expert systems, geographical information systems, computational theory, and informatics applications in various fields.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2019)" : 7 Documents clear
Sistem Informasi Akreditasi Perguruan Tinggi (SIAP) untuk Pengisian Borang Standar 3 BAN-PT Nuphus, Fitriana Nurhayatun; Rahamatulloh, Alam; Sulastri, Heni
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.18 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i2.32506

Abstract

Proses akreditasi perguruan tinggi yangdimulai dari pembentukan tim persiapan akreditasi, pengisian borang, pengumpulan dokumen-dokumen terkait akreditasi, serta simulasi penilaian yang dilakukan dengan menginput komponen penilaian satu persatu kedalam aplikasi pengolah dataMicrosoft Excelyang umum digunakan. Karena data borang biasanya berbentuk file Microsoft Excel dan di input kan dengan cara manual, maka pada penelitian kali ini akan menggunakan pendekatan lain yaitu dibuat sistem yang bernama Sistem Informasi Akreditasi Perguruan Tinggi (SIAP) yang akan membantu mengisi tabel-tabel pada borang standar 3 BAN-PT dengan proses importdata, dan juga dibuat simulasi penilaian instrumen AIPT untuk standar 3 BAN-PT denganmenerapkanmetode pengembangan Extreme Programming(XP) yang merupakan salah satu pengembangan aplikasi Object Oriented.Nilai yang diberikan dari aplikasi ini yaitu dapat membantu pengisian tabel borang secara otomatis dengan proses import. Data yang di import kan disini yaitu data standar 3 BAN-PT yang meliputi (data daya tampung mahasiswa baru, data pendaftaran mahasiswa baru, data prestasi, data lulusan, dan data layanan perguruan tinggi),serta dapat melakukan simulasi penilaian instrumen akreditasi perguruan tinggi berdasarkan standar 3 BAN-PT, data normativedan data yang bersifat kuantitatifmenerapkan penilaian intrumen akreditasi sarjana (S1) sesuai dengan buku 6 matriks penilaian intrumen akreditasi.Hasil riset pada penelitian ini yaitu berhasil membuat aplikasi web untuk akreditasi kampus yang dapat membantu admin penginput data borang dengan memberikan solusi yaitu pengisian tabel data borang secara otomatis dengan proses import data.
Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan dan Pengawasan Guru Kontrak Kabupaten Ketapang Andika, Fahreza; Sholva, Yus; Novriando, Haried
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.948 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i2.28960

Abstract

Guru kontrak adalah karyawan non-asn yang diangkat oleh pemerintah daerah setempat guna melengkapi kebutuhan guru yang dinyatakan kurang di suatu sekolah. Selama ini pengadaan guru kontrak khususnya di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat masih dilaksanakan dengan sistem manual sehingga dirasa kurang efektif jika dilihat dari proses pelaksanaannya, yang mana mulai dari proses penyebaran informasi, proses pelamaran serta verifikasi berkas masih cukup menyulitkan berbegai pihak yang terlibat. Selain itu terdapat pula masalah yang kerap terjadi terkait guru kontrak yang mengajar namun tidak mentaati aturan, sehingga dirasa sulit dalam proses pengambilan tindakan. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu media atau sistem informasi yang dapat membantu dalam proses pengadaan guru kontrak dan pengawasan yang bersifat pelaporan dari sekolah untuk dinas pendidikan selaku penanggung jawab guru kontrak di Kabupaten Ketapang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem informasi untuk penerimaan dan melakukan pengawasan terhadap guru kontrak yang ada di Kabupaten Ketapang berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai penyimpan data terkait pelamar, guru kontrak, sekolah, dinas pendidikan dan Pemerintahan Kabupaten Ketapang selaku penyelenggara proses penerimaan guru kontrak. Pengujian dilakukan dengan metode black box dan aspek funcional suitability yang dilakukan oleh 1 (satu) responden. Dari hasil pengujian black box menyatakan bahwa aplikasi sudah berjalan seperti yang diharapkan, dimana aplikasi mampu menampilkan keluaran yang sesuai dengan masukan pengguna. Dari hasil aspek functional suitability didapat nilai mendekati 1 (satu) yang berarti seluruh halaman yang dinyatakan baik oleh responden. Dengan hasil dari dua perhitungan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi Penerimaan dan Pengawasan Guru Kontrak Kabupaten Ketapang yang dibangun dapat membantu dan mempermudah pengguna dalam proses penerimaan dan pengawasan guru kontak.
Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Mahasiswa Penerima Beasiswa BBP-PPA dengan Metode TOPSIS pada Fakultas Teknik UNTAN Wang, Vioni Vevila; Sukamto, Anggi Srimurdianti; Pratama, Enda Esyudha
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.007 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i2.29656

Abstract

Beasiswa merupakan bentuk penghargaan yang ditujukan kepada pelajar. Berbagai pertimbangan dilakukan untuk menemukan sasaran secara tepat dan cepat. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan sistem berbasis komputer yang membantu proses pengambilan keputusan untuk menghasilkan alternatif pilihan terbaik dengan cepat dan mengurangi terjadinya human error. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah sistem pengambilan keputusan yang dapat digunakan untuk penyeleksian mahasiswa penerima beasiswa BBP-PPA yang akan diterapkan pada Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. TOPSIS merupakan metode yang diimplemtasikan pada SPK seleksi mahasiswa penerima beasiswa ini. Model pengembangan sistem menggunakan konsep System Development Life Cycle (SDLC). Pengujian sistem dilakukan dengan tiga cara, yaitu pengujian black box, User Acceptance Test (UAT) dan pengujian metode. Dari pengujian yang telah dilakukan, pengimplementasian metode TOPSIS cocok untuk digunakan pada kasus ini. Secara keseluruhan, SPK yang menerapkan metode TOPSIS dapat membantu pihak yang bersangkutan dengan mengatasi permasalahan human error dan mempercepat proses penyeleksian mahasiswa penerima beasiswa BBP-PPA.
Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data pada Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat Berbasis Web Riyadi, Ari; Nasution, Helfi; Pratama, Enda Esyudha
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1087.901 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i2.29217

Abstract

Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat merupakan suatu organisasi olahraga tenis meja yang berwenang mengkoordinasi dan membina setiap dan seluruh kegiatan olahraga tenis meja diseluruh wilayah hukum provinsi Kalimantan Barat. Selama ini diketahui organisasi tersebut masih mengalami kesulitan dalam pengolahan data dan penyajian informasi, seperti data atlet, data klub, data pengurus, data inventaris/aset. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi digitalisasi/otomasi untuk membantu pengolahan data dan penyajian informasi yang lebih efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan profesionalisme kinerja pada Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem aplikasi pengolahan data pada PTMSI Kalimantan Barat berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai penyimpanan data. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Black Box dan kuesioner yang diberikan kepada 15 responden, dari hasil pengujian Black Box menyatakan bahwa aplikasi sudah berjalan seperti yang diharapkan, dimana aplikasi mampu menampilkan keluaran yang sesuai dengan masukan pengguna. Dari hasil pengujian kuesioner penggunaan aplikasi dihitung menggunakan metode mencari interval persentase skala likert didapatkan persentase dengan total 95,00% dan pengujian perbandingan didapatkan persentase dengan total 100,00%. Hal ini berarti responden menyatakan setuju bahwa sistem aplikasi pengolahan data pada Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat berbasis web yang dibangun dapat membantu, mempermudah, mendukung dan dapat mengatasi masalah terkait pengolahan data dan penyajian informasi pada Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat.
Pengembangan Blitz Gmap Editor pada Sistem Informasi Geografis Wilayah Kumuh Kota Pontianak Setiawan, Arif; Sholva, Yus; Novriando, Haried
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.547 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i2.29160

Abstract

Google maps adalah salah satu layanan yang memberikan informasi akan tetapi data tidak dapat diambil langsung dan diolah oleh user karena google maps tidak bersifat open source. Penelitian ini menggunakan blitz gmap editor untuk melakukan digitasi onscreen dan onweb pada google maps sebagai peda dasar yang digunakan. User dapat melakukan digitasi dengan menggunakan blitz gmap editor akan tetapi hasil yang didapatkan masih berupa data digitasi yang disimpan pada javascript yang belum di olah. Penelitian akan menambahkan fitur pada blitz gmap editor untuk mengolah data hasil dari blitz gmap editor agar dapat disimpan kedalam database MySQL atau di ekspor ke dalam format shapefile. Data digitasi yang disimpan kedalam database MySQL dapat ditarik kembali dari dan ditampilkan pada peta google maps. Data juga dapat diekspor kedalam format shapefile yang diujikan dengan dibuka kembali pada Quantum GIS dan menghasilkan bentuk visual yang sama dengan yang dihasilkan oleh blitz gmap editor. Titik digitasi diekspor dengan menggunakan plugin MMQGIS dan diekspor sebagai WKT serta menghasilkan pembulatan yang berbeda. MMQGIS menghasilkan pembulatan dua angka pada longitude dan satu angka pada latitude sedangkan WKT menghasilkan pembulatan lima angka pada longitude dan tiga angka pada latitude. Aplikasi yang dibuat menerapkan dan mengembangkan blitz map editor untuk melakukan digitasi pada google maps pada sistem informasi geografis wilayah kumuh Kota Pontianak.
Rancang Bangun Aplikasi Panorama Wisata Kota dalam Upaya Pengenalan Budaya dan Pariwisata Kota Pontianak Waliyuddin, Muhamad Hafiz; Sukamto, Anggi Srimurdianti; Anra, Hengky
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.489 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i2.29837

Abstract

Pariwisata adalah merupakan kegiatan jasa yang memanfaatkan kekayaan alam dan lingkungan hidup yang khas seperti hasil budaya, peninggalan sejarah, pemandangan alam yang indah, dan iklim yang nyaman. Penyampaian informasi mengenai wisata kota Pontianak kepada masyarakat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak sudah dilakukan melalui sosialisasi dan diadakannya beberapa kegiatan yang dapat menarik minat masyarakat, hanya saja aktifitas tersebut hanya berlangsung dibeberapa waktu dan informasi hanya sebatas kepada warga Kota Pontianak. Sistem promosi wisata kota dikalangan masyarakat luar Kota Pontianak oleh dinas terkait masih jauh dari kata baik. Oleh sebab itu, diperlukannya penerapan teknologi informasi secara efektif dan mudah diakses oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. Rancang Bangun Aplikasi Panorama Wisata Kota dalam Upaya Pengenalan Budaya dan Pariwisata Kota Pontianak menerapkan teknologi informasi yang menampilkan gambar panorama wisata kota yang ada di Kota Pontianak. Menerapkan konsep seperti halnya fitur Street View pada Google Maps dan masih dikembangkan oleh Google untuk di Indonesia menjadi landasan dalam pengimplementasian keindahan Kota Pontianak . Pembuatan aplikasi ini dimulai dari pengambilan gambar panorama spherical yang menggunakan kamera Smartphone Xiaomi Redmi 4X dan aplikasi Street View 360 Panorama. Aplikasi panorama wisata Kota Pontianak yang dibangun telah berhasil dibuat dan dapat memberikan informasi sebagai sarana pengenalan kebudayaan dan pariwisata Kota Pontianak. Aplikasi yang dibangun memiliki nilai persentase 87,64% secara keseluruhan yang didapat dari pengujian UAT dengan perhitungan skala likert dan dikategorikan sangat baik. Dari beberapa pertanyaan tambahan pada pengujian UAT, diketahui bahwa generasi milenial memiliki ketertarikan terhadap travelling dengan pencarian informasi menggunakan handphone melalui media yang berbasis online. Dari pengujian black-box diketahui aplikasi dapat berjalan dengan baik jika data yang dimasukkan sesuai.Kata kunci: Pariwisata Kota Pontianak,Gambar panorama,User Acceptance Test (UAT)
Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Hewan Mamalia Oktaviani, Isa; Tursina, Tursina; Sukamto, Anggi Srimurdianti
JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.478 KB) | DOI: 10.26418/justin.v7i2.27712

Abstract

Teknologi dimanfaatkan manusia dalam berbagai bidang untuk membantu menyelesaikan kegiatan yang dulunya dikerjakan secara manual. Dengan memanfaatkan teknologi, aktivitas tersebut dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Teknologi yang saat ini berkembang adalah Augmented Reality (AR) karena tampilan visual yang menarik sehingga dapat menampilkan objek 3 dimensi beserta animasinya dan terlihat seperti ada pada dunia nyata. Oleh karena itu, AR dapat digunakan untuk pengenalan hewan mamalia. Saat ini untuk pengenalan hewan mamalia hanya dapat dipelajari dari buku, video, dan internet. Maka, pada penelitian ini dibangun aplikasi AR untuk pengenalan hewan mamalia yang disertai dengan suara sehingga informasi yang disampaikan lebih detail. Untuk membangun aplikasi berbasis android, digunakan Unity sedangkan pembuatan aplikasi AR digunakan Vuforia SDK. Marker terdapat pada sebuah buku untuk menampilkan visualisasi objek 3D. Aplikasi yang dibangun pada sistem operasi android dengan menerapkan teknologi Augmented Reality bertujuan untuk pengenalan hewan mamalia kepada anak usia 7 hingga 12 tahun yang dapat menambahkan visualisasi objek 3D ke dalam lingkungan nyata sehingga mereka dapat mengenal hewan mamalia tersebut. Berdasarkan hasil pengujian jarak ideal, semakin terlihat pixel pada marker maka semakin berpengaruh pada sistem untuk menampilkan objek 3D. Berdasarkan hasil pengujian validity, anak-anak dapat mengenali hewan mamalia dengan menggunakan aplikasi AR Pengenalan Hewan Mamalia dengan hasil 91% responden menjawab Sangat Baik. Oleh karena itu, Aplikasi AR Pengenalan Hewan Mamalia ini dapat dimanfaatkan pengguna sebagai media untuk mengenal hewan mamalia.

Page 1 of 1 | Total Record : 7