cover
Contact Name
Yoni Sunaryo
Contact Email
yonisunaryo@unigal.ac.id
Phone
+6282317426278
Journal Mail Official
sunaryoyoni@gmail.com
Editorial Address
Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Published by Universitas Galuh
ISSN : -     EISSN : 27226069     DOI : http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2
Core Subject : Education, Social,
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian dalam bidang Pendidikan baik itu dari Peneliti, Mahasiswa, Guru, Dosen, dan Praktisi Pendidikan. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam J-KIP meliputi: Kurikulum dalam Pengajaran Kemampuan Berpikir Model Pembelajaran Media dan Multimedia Pembelajaran Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pengajaran Pengembangan Profesional Guru Konsep Materi Pelajaran DDR
Articles 140 Documents
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) Sopiah, Evi Siti; Sunaryo, Yoni; Effendi, Adang
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.902 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4396

Abstract

Kemampuan berpikir  kreatif  merupakan salah satu faktor  penting dalam tujuan pembelajaran karena hanya dengan memberi pengetahuan saja tidak akan banyak menolong siswa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu,  pembelajaran disertai pengembangan   sikap dan kemampuan  siswa dalam menghadapi persoalan- persoalan di masa mendatang secara kreatif sangat penting. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Cinyasag Kecamatan Panawangan dengan jumlah siswa sebanyak 6 orang yang terdiri dari siswa yang berkemampuan matematika rendah sedang, dan tinggi; masing-masing terdiri dari dua orang siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes uraian dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan  triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan  indikator kelancaran, siswa yang memiliki kemampuan sedang dan rendah mampu mengingat dan menerapkan rumus serta mampu melakukan perhitungan dengan tepat, serta  mampu memberikan kesimpulan secara lisan dan tulisan dengan baik meskipun dengan menggunakan bahasa sendiri; 2)Berdasarkan  indikator keluwesan, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah belum mampu menerapkan rumus dan melakukan perhitungan dengan tepat; edangkan, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif  matematis sedang dan tinggi cenderung mampu menyelesaikan jawaban dengan berbagai macam cara; 3) Pada indikator keaslian siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah, sedang, dan tinggi, mereka cenderung kurang mampu mengerjakan dan menyelesaikan soal dengan jawaban sendiri atau pemikiran sendiri; 4) Pada indikator elaborasi hampir semua siswa mampu menyelesaikan jawaban, meskipun terdapat beberapa siswa yang kurang mampu menyelesaikan jawaban secara terperinci. Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa, SPLDV
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONDISI WILAYAH DAN POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA MELALUI METODE STAD Mulyadi, Dede
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.427 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4397

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas metode STAD dalam mengoptimalkan  kemampuan memahami kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia bagi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020;  dan mendeskripsikan proses pembelajaran memahami kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan menggunakan metode STAD di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe STAD.  Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kritis dan interaktif. Adapun teknik analisis interaktif, adalah teknik analisis yang prosesnya dilakukan dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini membuktikan bahwa metode kooperatif tipe STAD efektif untuk meningkatkan kemampuan memahami kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2019/2020. Dari data yang dikumpulkan dari tindakan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2, peneliti melihat adanya peningkatan pada tingkat penguasaan materi sebesar 15%. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 78,8%. Kata Kunci: Metode STAD
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 2 KOTA TASIKMALAYA Hernata Diana Tari; Utty Suwirta; Dedeh Dedeh
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.616 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4398

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar. Deperti kita ketahui, hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran. Peneliti berasumsi bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Times Games Tournament akan mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) ? 2). Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah (konvensional) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) ? 3). Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah (konvensional) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) ?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1). Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2). Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah (konvensional) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3). Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah (konvensional) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen tipe Quasi Eksperimen Design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X MIPA di MAN 2 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci:  Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament, Pembelajaran Konvensional
MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PELAKU PEREKONOMIAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK Eman Sulaeman
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.959 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4399

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru merencanakan, melaksanakan, merefleksikan, mengidentifikasi kendala, dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam mengatasi kendala dalam menerapkan model pembelajaran tematik. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Tambaksari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan kreativitas siswa. Pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tematik guru dituntut untuk menentukan tema yang sesuai dengan kurikulum dan perkembangan siswa SMP. Pada siklus I pertemuan 1 kreativitas siswa terlihat dari dimensi proses dimana siswa dengan cepat menyelesaikan LKS mencari kata (creative learning). Siklus I pertemuan 2 kreativitas siswa lebih menonjol pada dimensi produk, yakni, siswa membuat lambang dan iklan lowongan kerja yang sesuai dengan cita-cita mereka. Dimensi proses lebih meningkat ketika siswa melakukan diskusi kelompok pada siklus II pertemuan 1. Pada siklus II pertemuan 2 siswa membuat sebuah produk yang bernilai ekonomis. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran tematik pada tema yang berbeda sehingga pembelajaran IPS untuk tingkat SMP sesuai dengan tuntutan kurikulum yang menyatakan bahwa pembelajaran IPS pada tingkat SMP harus dilakukan secara integrasi sehingga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Kreativitas, Pembelajaran IPS.
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Afni Nur Afifah; Nur Ilmiyati; Toto Toto
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.8 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4400

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL menggunakan pendekatan STEM terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan di minggu pertama dan kedua bulan April 2019. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas X MA Negeri 2 Ciamis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep berupa pilihan ganda, tes keterampilan berpikir kritis berupa soal tes keterampilan berpikir kritis yang diadaptasi dari Piaw (2004). Data yang diperoleh dari kedua intrumen tersebut diolah secara statistik. Hasil penelitian 31% peningkatan penguasaan konsep yang menunjukkan kriteria sedang dan 75% peningkatan keterampilan berpikir kritis yang menunjukkan kriteria tinggi. Kata Kunci:           PjBL, STEM, Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis
NILAI-NILAI MORAL MASYARAKAT SUNDA (KAJIAN NASKAH SEWAKA DARMA DI SITUS KABUYUTAN CIBURUY GARUT) Baharudin, Baharudin
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.755 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4401

Abstract

Naskah Sewaka Darma merupakan naskah Sunda kuno yang ditulis menggunakan huruf dan bahasa Sunda kuno, ditulis di atas daun lontar dengan cara digores menggunakan peso pengot. Penggunaan media dalam pembuatan naskah menunjukan bahwa naskah tersebut tergolong kedalam historiografi tradisional. Untuk mengetahui bagaimana  nilai-nilai yang terkandung dalam naskah Sewaka Darma tersebut, maka metode penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi.  Bentuk Sewaka Darma merupakan kawih (nasihat dan petuah) tentang kebijaksanaan dan pesan-pesan moral yang diajarkan pada masa itu. Naskah Sewaka Darma mengandung nilai moral dan nilai karakter religius, kejujuran, kesederhanaan, kreatifitas, cinta tanah air, sopan santun serta bijaksana. Pesan yang terdapat dalam naskah juga bisa dijadikan sebagai bahan kajian mengenai pesan moral dimasyarakat saat ini. Kata kunci : Nilai Moral, Sewaka Darma, Naskah Sunda
PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG PELUANG KEJADIAN MAJEMUK Totong Budiarto
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.233 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4402

Abstract

Sebuah penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan di kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2018/2019 dengan topik penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran matematika pada pokok materi peluang kejadian majemuk.  Penelitian tindakan kelas ini  berlangsung dalam dua siklus masing- masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah 35 siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2018/2019.  Pengumpulan data diperoleh dari observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data diolah secara kualitatif yang terdiri dari tiga tahap pokok, yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi ekspositori dapat meningkatkan pengetahuan tentang peluang kejadian majemuk siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan kinerja guru dan keterampilan belajar siswa menjadi lebih positif terhadap pembelajaran. Selain itu, adanya peningkatan dalam persentase penguasaan materi dengan nilai rata-rata sebesar 20.0% dan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 88.6%. Selain itu, setelah mendapatkan tindakan melalui strategi ekspositori, siswa kelas XII IPA 6 lebih memiliki sugesti positif terhadap pembelajaran, memahami tujuan pembelajaran yang harus dicapai, memiliki keingintahuan terhadap materi, konsentrasi, antusias, berpikir kritis, dan bersungguh-sungguh dalam belajar. Kata Kunci: Strategi Ekspositori, Pengetahuan Siswa, Peluang Kejadian Majemuk
PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 2 CIAMIS Yuyun Yunani
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.691 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4403

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanaan dan mendeskripsikan hasil belajar siswa  menggunakan multimedia dalam pembelajaran PAI kelas IX C SMP Negeri 2 Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 30 siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Ciamis tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Data yang terkumpul digunakan sebagai bahan refleksi.  Kemudian hasil refleksi tersebut dijadikan acuan untuk merencanakan pembelajaran pada siklus berikutnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa pemaparan frekuensi dan persentase hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI materi qurban dan aqiqah pada siklus I tergolong baik mencapai 70%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dan III, dengan masing-masing diperoleh nilai baik menjadi 100%; 2) Penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI materi qurban dan aqiqah mengalami peningkatan mulai dari siklus I memperoleh nilai baik mencapai 80%, siklus II 97% dan siklus III 100%; 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata siklus I sebesar 83 dengan ketuntasan klasikal 83%, meningkat pada siklus II menjadi  88 dengan ketuntasan klasikal 86,7% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 90,2 dengan ketuntasan klasikal 100%. Kata kunci: Multimedia, Hasil Belajar
PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD NEGERI KARSAMENAK KOTA TASIKMALAYA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) Nenden Nenden
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.551 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4404

Abstract

Sekolah Dasar merupakan titik awal seorang anak menuntut ilmu. Berbagai macam mata pelajaran diajarkan di sekolah dasar seperti PAI, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Daerah dan muatan lokal  lainnya seperti Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pengenalan ICT sangat dibutuhkan dalam pembelajaran komputer di sekolah dasar. Pada tingkat sekolah dasar biasanya pengenalan ICT lebih cenderung ke arah kemampuan menggunakan komputer dan internet daripada media yang lain. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilakukan di SD Negeri Karsamenak Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 15 September 2018 sampai dengan 15 Nopember 2018. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang guru SD Negeri Karsamenak Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan catatan data lapangan, wawancara, hasil tes  dan catatan hasil refleksi/diskusi yang dilakukan oleh peneliti dan mitra peneliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kompetensi pedagogik dapat ditingkatkan melalui penggunaan media ICT. Hal tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan penelitian tindakan yang dilakukan selama 3 siklus, dimana pada ke 3 siklus tersebut kemampuan guru dalam penguasaan media pembelajaran dan kegiatan pembelajaran terus meningkat. Aspek pemahaman terhadap ICT, sikap kooperatif guru selama kegiatan, aplikasi dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran pada kompetensi pedagogik guru menunjukkan hasil  peningkatan. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, ICT.
PENERAPAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KAWALU Haryati Haryati
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol 1, No 2 (2020): J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.631 KB) | DOI: 10.25157/j-kip.v1i2.4405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Inside Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD Negeri 2 Kawalu Kota Tasikmalaya. Subjek penelitian terdiri dari 25  siswa. Penelitian dilakukan selama 2 bulan mulai bulan Agustus sampai dengan September 2019. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan membandingkan nilai pencapaian KKM yang ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II, dengan KKM pada mata pelajaran IPA adalah 70, diperoleh data sebagai berikut:1) sebelum menggunakan metode Inside Outside Circle hanya ada 9 (36%) siswa yang tuntas, sedangkan 16 (64%) siswa belum mencapai KKM dengan rata-rata nilai baru mencapai 58,16; 2)Setelah diterapkan metode Inside Outside Circle dalam mata pelajaran IPA pada siklus I, nilai rata-rata belajar siswa sebesar 68,52 dengan 15 (60%) siswa tuntas, dan 10 (40%) siswa tidak tuntas; 3) Setelah dilakukan refleksi pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata meningkat menjadi sebesar 80,28 dan siswa yang tuntas sebanyak 20 (80%), sedangkan 5 (20%) orang siswa tidak tuntas atau belum memenuhi KKM yang ditentukan. Hasil penelitian  dapat disimpulkan  bahwa dengan menggunakan metode Inside Outside Circle, hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Kawalu Kota Tasikmalaya meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Inside Outside Circle

Page 1 of 14 | Total Record : 140