Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3 No 1 (2020)"
:
10 Documents
clear
PENGARUH MODEL AKTUALISASI EKSTRAKURIKULER WAJIB PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 JEMBER
Akhmad Nawawi;
M. Rudy Sumiharsono;
Makmuri Makmuri
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (212.635 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.428
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui Pengaruh model aktualisasi Ekstrakurikuler Wajib terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Mapel IPA siswa kelas VII di SMPN 3 Jember Semester Genap Tahun Pembelajaran 2018/2019. Permasalahan yang dikaji didalam suatu penelitian adalah: 1) Apakah ada pengaruh tentang model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap motivasi belajar, 2) Apakah ada pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap hasil belajar, 3) Apakah ada tpengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan secara bersama-sama erhadap motivasi belaja dan hasil belajar. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap motiavsi belajar, 2) Pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap hasil belajar, 3) Pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar. Responden penelitian ini adalah Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII di SMPN 3 Jember R 7 A dan 7 B sejumlah 56 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2018-2019,penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpul data menggunakan adalah 1) Observasi (pengamatan), 2) Interview (wawancara), 3) Kuesioner (angket) dan 4) Dokumentasi. Reliabel alat dan derajad valid dengan uji reliabilitas dan validitas. Uji analisis instrumen menggunakan: 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas, 3) uji deskriptif. Uji hipotesis dengan: Tests of Between – Subjects Effects. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) denganHasil F3,113 pada T hitung taraf signifikansi 0,069. Karena hasil uji sig. t ≥ 0.05 maka H0 ditolak artinya hipotesis nihil ditolak sehingga berlaku hipotesis kerja (Ha): Ada pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap motivasi belajar, 2) Hasil F 3,113 pada T hitung taraf signifikansi 0,093. Karena hasil uji sig. t ≥ 0.05 maka H0 ditolak artinya hipotesis nihil ditolak sehingga berlaku hipotesis kerja (Ha): Ada pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap hasil belajar, 3) Hasil F 3,113 pada T hitung taraf signifikansi 0,078. Karena hasil uji sig. t ≥ 0.05 maka H0 ditolak artinya hipotesis nihil ditolak sehingga berlaku hipotesis kerja (Ha): ada pengaruh model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan terhadap secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar. Saran dari penelitian ini bagi siswa diharapkan dapat menerapkan penggunaan model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model aktualisasi ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan sebagai media pembelajaran sehingga akan memperoleh motivasi belajar dan hasil belajar maksimal.
PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI
Amindari Amindari;
M. Rudy Sumiharsono;
Waris Waris
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (161.654 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.429
Tujuan dari penelitian dapat memahami 1) Pengaruh media kartu kata bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini, 2) Pengaruh audio visual terhadap kenaikan ketrampilan awal membaca Anak Usia Dini, 3) Pengaruh secara bersama-sama media kartu kata bergambar dan audio visual terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif kausal. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling area. Pada penelitian ini metode penentuan responden adalah population reseach. Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah 1) Observasi (pengamatan), 2) Interview (wawancara), 3) Kuesioner (angket), 4) Dokumentasi dan 5) Tes. Pra penelitian meliputi uji coba instrumen penelitian baik validitas, reliabilitas, taraf kesukaran maupun daya pembeda. Sedangkan pasca penelitian adalah menggunakan One-way ANOVA, uji yang dilakukan untuk mengetahui hasil penelitian yang akan menentukan diterima atau ditolaknya sebuah hipotesis penelitian. Dari hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa 1) Ada pengaruh media kartu kata bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini, 2) Ada pengaruh audio visual terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini, 3) Ada Pengaruh secara bersama-sama media kartu kata bergambar dan audio visual terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan Anak Usia Dini.
PENGARUH METODE ANALOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANATOMI FISIOLOGI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019 SMK ANALIS MEDIKA FARMA KALISAT
Firjon Separtagus Wal Habby;
I Wayan Wesa Atmaja;
Waris Waris
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (142.258 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.519
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui pengaruh metode analogi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 10 pada mata pelajaran anatomi fisiologi semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMK Kesehatan Analis Medika Farma Kalisat Jember. Permasalahan yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) adalah pengaruh metode analogi terhadap motivasi belajar? 2) adalah pengaruh metode analogi terhadap hasil belajar? dan 3) adalah pengaruh metode analogi terhadap motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama? Tujuan: 1) menguji adakah pengaruh metode analogi terhadap motivasi belajar, 2) menguji adakah pengaruh metode analogi terhadap hasil belajar, 3) menguji adakah pengaruh metode analogi terhadap motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama. Responden penelitian ini adalah siswa kelas 10 pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMK Kesehatan Analis Medika Farma Kalisat Jember dengan jumlah 80, daerah penelitian tersebut ditentukan oleh metode purposive sampling. Penelitian itu merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Untuk pengumpulan data tersebut menggunakan angket, tes serta metode bantu dokumentasi dan wawancara. Derajad valid dan reliabel alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis instrumen yang digunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas, 4) uji multikolinieritas. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel pengaruh metode analogi terhadap motivasi belajar 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, berarti terdapat pengaruh metode analogi terhadap motivasi belajar, 2) nilai sig. dari variabel pengaruh metode analogi terhadap hasil belajar adalah 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, ini berarti terdapat pengaruh metode analogi terhadap hasil belajar, 3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 31.654 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terjadi pengaruh metode analogi terhadap motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama. Saran dari penelitian ini adalah agar metode analogi dapat diterapkan pada mata pelajaran sains dengan memperhatikan motivasi belajar sehingga akan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTS SYIRKAH SALAFIYAH JENGGAWAH
Hafidz Hafidz;
M. Rudy Sumiharsono;
Waris Waris
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (159.936 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.520
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal bermaksud untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah. Dalam penelitian ini yang dikaji adalah: 1) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar? 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan 3) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama? Tujuan: 1) menguji adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar, 2) menguji adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) menguji adakah pengaruhmodel pembelajaran kooperatif Jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn semester genap tahun pelajaran 2018-2019 di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah dengan jumlah 42 anak, lokasi penelitian dipilih dengan metode purpose sampling. Penelitian ini disebut kuantitatif dengan desain kausal. Data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan angket, tes dan metode bantu dokumentasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar.011a, kesimpulan sig. < 0,05, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar, 2)nilai sig. dari variabel pengaruh pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah .000a, kesimpulan sig. < 0,05, ini berarti terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 15.247 dengan sig. .000a, karena <0,05 maka terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI TK (Studi Kasus di TK Terpadu Al-Mahrus
Amin Qudsi;
Makmuri Makmuri;
Asri Widiatsih
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (228.258 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.523
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perencanaan pembelajaran PAUD berbasis komputer dapat meningkatkan profesionalisme guru TK. Berbasis komputer pada penelitian ini yaitu membuat perencanaan pembelajaran PAUD dengan bantuan komputer yaitu program microsoft word, tab mailings dan microsoft excell. Sukjeb penelitian ini adalah guru-guru TK Terpadu Al-Mahrus. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi, wawancara dan melihat dokumen perencanaan pembelajaran yang ada di lembaga. Untuk mengetahui dampak yang dihasilkan dari penelitian, pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali yaitu ketika sebelum penelitian dilakukan dan setelah penelitian dilakukan agar dapat membedakan dampak dari dilaksanakannya penelitian yang dilakukan terhadap profesionalisme guru di lembaga tersebut. Dari hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: (1) Diperoleh Aplikasi komputer yang tepat dan relevan digunakan dalam perencanaan pembelajaran PAUD yaitu program microsoft excell dan program microsoft word dengan mengunakan Tab Mailings yang berada di program microsoft word untuk menggabungkan datanya. (2) Tersusun tahapan perencanaan pembelajaran PAUD Berbasis Komputer yang tertata rapi dan sistematis (3) Manfaat perencanaan pembelajaran PAUD Berbasis Komputer mampu Meningkatkan Profesionalisme Guru di TK Terpadu Al-Mahrus Arjasa Jember hal tersebut ditandai dengan meningkatnya motivasi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) sehigga dapat meningkatkan perkembangan anak sesuai kurikulum 2013 PAUD
PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DAN KARTU KATA DALAM PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TK (Studi Kasus Di TK Terpadu Al-Mahrus)
Rokhimah Rokhimah;
Asri Widiatsih;
Makmuri Makmuri
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (173.585 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.571
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan;Media gambar dan kartu kata yang akan digunakan dalam pengenalan membaca permulaan siswa Taman Kanak-Kanak,Cara dan tahapan pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar dan kartu dalam pengenalan membaca permulaan siswa Taman Kanak-kanak, Menunjukkan dan mengenalkan media pembelajaran berupa media gambar dan kartu kata pada anak,Bermain tebak gambar secara cepat secara cepat kepada semua anak,menyebut nama gambar dan mencocokkan dengan kata yang tertulis dibaliknya,Penilaian terhadap perkembangan membaca permulaan dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh guru. Pada penelitian ini prosedur pengumpulan datanya yaitu penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik observasi, interviu dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Dengan menjadikan media gambar dan kartu kata sebagai media pembelajaran dalam pengenalan membaca permulaan siswa TK Terpadu Al-Mahrus Arjasa Jember pada Tahun Pelajaran 2019-2020 mampu membuat siswa lebih bersemangat dan mudah memahami kata yang dikenalkan oleh guru dengan media tersebut. (2). Agar supaya siswa dengan mudah dan cepat dalam pengenalan membaca permulaan, maka perlu dilakukan dengan cara bertahap serta variatif dalam penyampaiannya. Sebagaimana dalam kegiatan pembelajaran TK pada setiap harinya yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir maka pengenalan membaca permulaan dapat dilakukan disetiap bagian kegiatan tersebut dengan cara variatif.
PENGARUH METODE LEMPAR BOLA PERTANYAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS VII DI SMPN 13 JEMBER
Ratna Wahyuni;
M. Rudy Sumiharsono;
Muljono Muljono
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (161.683 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.572
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui pengaruh metode pembelajaran lempar bola pertanyaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn kelas VII SMPN 13 Jember Semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Responden penelitian ini adalah kelas VII SMPN 13 Jember Semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 80 anak, daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpul data menggunakan angket, tes serta metode bantu dokumentasi dan wawancara. Derajad valid dan reliabel alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis instrumen menggunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas. Uji hipotesis dengan: 1) uji t dan 2) uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel metode pembelajaran lempar bola pertanyaan terhadap hasil belajar 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran lempar bola pertanyaan terhadap hasil belajar, 2) nilai sig. dari variabel pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, ini berarti terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 31.654 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terdapat pengaruh metode pembelajaran lempar bola pertanyaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar secara bersama-sama. Saran yang diajukan agar para guru dapat menerapakan metode pembelajaran lempar bola pertanyaan dan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Savitaria Savitaria;
Muljono Muljono;
Makmuri Makmuri
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (142.566 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.573
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Dan Model Student Team Achievement Divisions pada Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Responden dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 di MTs Syirkah Salafiyah Jenggawah dengan jumlah 44 anak, daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain kausal dan penelitian kuantitatif. Angket sebagai alat pengumpulan data di penelitian ini, dilakukan tes serta menggunakan wawancara dan dokumentasi untuk membantu. Tingkat kevalidan dan reliable alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian analisis instrumen yang digunakan: 1) pengjian deskriptif, 2) Pengujian normalitas, 3) Pengujian homogenitas. Uji hipotesis dengan: 1) uji t dan 2) uji F. Hasil penelitian menunjukkan : 1) nilai sig. dari variabel model Contextual Teaching and Learning (CTL) akan hasil belajar materi Bahasa Indonesia 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, dapat diartikan bahwa ada pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar materi Bahasa Indonesia, 2) nilai sig. dari variabel pengaruh pengaruh model Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar materi Bahasa Indonesia“yaitu 0.000, dan disimpulkan sig. > 0,05, bisa diartikan terdapat pengaruh”model Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar materi Bahasa Indonesia,“3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 31.654 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terdapat pengaruh model”Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) secara bersamaan terhadap hasil belajar materi Bahasa Indonesia. Saran dari penelitian ini adalah agar guru dapat menerapkan model pembelajaran utamanya CTL dan STAD agar dapat meningkatkan hasil belajar.
IMPLEMENTASI METODE DONGENG DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN SITI KHOTIJAH 1 AMBULU JEMBER
Siti Khotijah;
Asri Widiatsih;
Kustiyowati Kustiyowati
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (140.618 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.574
Fokus masalah penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan Implementasi Metode Dongeng Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia Dini Kelompok Bermain Siti Khotijah 1 Ambulu Jember? 2. Bagaimana Pelaksanaan Implementasi Metode Dongeng Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia Dini Kelompok Bermain Siti Khotijah 1 Ambulu Jember? 3.B agaimana Evaluasi Implementasi Metode Dongeng Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia Dini Kelompok Bermain Siti Khotijah 1 Ambulu Jember? Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif. Pada Jenis penelitian kualitatif manusia sebagai sumber data utama, yang hasil penelitiannya adalah berupa kata-kata atau pernyataan yang serupa dengan keadaan. sesungguhnya (alamiah). Implementasi mendongeng sudah menjadi kegemaran Guru dalam menghibur anak-anak, sehingga Guru memerlukan teknik yang harus dipersiapkan, Guru mendongeng mempersiapkan persiapan baik teknisi maupun non teknis yang selalu dipersiapkan. Hasil penelitian disimpulkan Guru memiliki strategi mendongeng yang memberikan motivasi kepada orang dewasa bahwa mendongeng bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja.Evaluasi dilakukan dengan 2 metode yaitu evaluasi cerita/dongeng itu sendiri dan rangkaian proses mendongeng.
PENGARUH STRATEGI DISCOVERY DAN EKSPOSITORI DENGAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 1 JELBUK
Ahmad Jazuly;
Wahyudi Wahyudi;
Syamsul Hidayat;
Makmuri Makmuri
Journal of Education Technology and Inovation Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : IKIP PGRI Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (138.022 KB)
|
DOI: 10.31537/jeti.v1i1.575
Pembelajaran menggunakan metode ekspositori merupakan metode paling dasar yang selalu digunakan. Pembelajaran kooperatif dipandang lebih baik daripada pembelajaran secara individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif tipe tipe STAD siswa dalam kelompok yang memiliki kemampuan dan jenis kelamin berbeda harus aktif saling membantu dalam belajar, menghargai kelompok serta memiliki tujuan belajar yang sama. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimendengan rancangan faktorial nonequivalent control group design, yang dilaksanakan pada empat kelas, ditentukan melalui undian yaitu kelas VII orang. Dua kelas (VIIA dan VIIB) sebagai kelas eksperimen dan dua kelas (VIIC dan VIID) sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui kegiatan prates dan pascates dianalisis dengan menggunakan uji statistik MANCOVA berbantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran tipe STADmenunjukkan hasil belajar pemahaman PPKn yang lebih baik daripada strategi pembelajaran ekspositori; 2) siswa yang memiliki gaya kognitif field independent menunjukkan hasil belajar pemahaman PPKn yang lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent; 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar pemahaman PPKn ; 4) siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD mendapatkan hasil belajar lebih tinggi pada pelajaran PPKn dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; 5) siswa yang memiliki gaya kognitif field independent menunjukkan hasil belajar PPKn lebih tinggi daripada gaya kognitif field dependent; 6) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar PPKn. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan: 1) guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu strategi pembelajaran dalam pembelajaran PPKn; 2) guru perlu memperhatikan gaya kognitif siswa sebelum menerapkan strategi pembelajaran.