cover
Contact Name
Edi Sutoyo
Contact Email
redaksi@abdiformatika.org
Phone
+6281381694837
Journal Mail Official
redaksi@abdiformatika.org
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
ISSN : -     EISSN : 27770672     DOI : https://doi.org/10.25008/abdiformatika
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika (E-ISSN: 2777-0672) merupakan jurnal hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Teknologi, Science, dan Informatika dengan persyaratan artikel tidak dan belum pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika diterbitkan dalam versi online dengan jadwal publikasi pada bulan Mei dan November setiap tahunnya. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika mencakup pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bentuk model, konsep dan atau implementasi yang diterapkan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat pada pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Sebagai sebuah terbitan berkala ilmiah yang menggunakan peer-reviewer dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terakreditasi.
Articles 32 Documents
Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19 Dewi Maharani; Fauriatun Helmiah; Nurul Rahmadani
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.244 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i1.130

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan Judul “Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website pada Masa Pandemi Covid-19” bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh peserta LEPPAS tentang bagaimana manfaat menggunakan internet dan website untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan wawasan mengenai internet dan website pada masa pandemic di Indonesia seperti saat ini. Metode pelaksanaa yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi dan sesi Tanya jawab. Internet dan website telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi perorangan, organisasi, perusahaan, dan instansi pemerintah. Karena besarnya kebutuhan dunia akan internet dan website, serta pengaruh yang diberikan bagi seluruh kalangan, maka memahami manfaat internet dan website sangatlah penting.
Workshop Pengenalan Sistem Informasi dan Implementasi SOP Pada Siswa-Siswi SMA Rajawali Makassar Kartika Gianina Tileng; Adi Suryaputra Paramita; Rinabi Tanamal; Yosua Setyawan Soekamto
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1152.322 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i1.131

Abstract

Pelatihan workshop yang dilakukan oleh Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Ciputra bertujuan untuk memperluas wawasan para siswa-siswa yang bersekolah di SMA Katolik Rajawali Makassar dalam hal pengetahuan akan pengantar dalam dunia Sistem Informasi yang semakin gencar digunakan pada era sekarang ini. SMA Katolik Rajawali Makassar dipilih berdasarkan hasil penawaran dari SMA tersebut dan koordinasi dari tim Universitas Ciputra dan guru yang ada disana. Koordinasi dilakukan melalui WhatsApp messenger maupun menelpon langsung. Hal dilakukan karena pelatihan ini dilakukan online pada masa pandemic Covid-19. Pelatihan ini diperuntukkan untuk pada siswa-siswi SMA Katolik Rajawali Makassar. Melalui kegiatan ini, para murid mendapatkan pemaparan mengenai software, hardware, brainware, serta coaching dalam pembuatan “Standard Operating Procedure” dari dosen Universitas Ciputra dibantu dengan asisten dosen yaitu mahasiswa-mahasiswa jurusan Sistem Informasi di Universitas Ciputra. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para siswa telah dibekali dengan pengetahuan dasar Sistem Informasi dan bisa membuat SOP untuk menetapkan sebuah standar dalam suatu proses bisnis atau kegiatan.
Penguatan Pengelolaan Website Desa Untuk Meningkatkan Layanan Administrasi Kependudukan di Desa Pasir Baru Rokan Hulu Wirta Agustin; Unang Rio; Rometdo Muzawi; Torkis Nasution; Dwi Haryono
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7298.511 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i1.132

Abstract

Tugas dari aparatur desa adalah bagaimana memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan pelayanan maksimal. Salah satu tugas pelayanan yang diberikan adalah meningkatkan layanan administrasi kependudukan masyarakat. Kegiatan Pelatihan ini diselenggarakan oleh STMIK Amik Riau berkerjasama dengan Desa Pasir Baru yang bertujuan memberikan pelatihan penguatan pengelolaan website desa untuk meningkatkan layanan administrasi kependudukan Desa Pasir Baru. Pelatihan ini diberikan kepada perangkat desa dan masyarakat khususnya untuk meningkatkan layanan administrasi kependudukan (buku induk penduduk, buku mutasi penduduk desa, buku rekapitulasi jumlah penduduk, buku penduduk sementara, buku KTP dan buku KK). Berdasarkan hasil diskusi dengan perangkat desa menemukan beberapa penyebab permasalahan pelayanan administrasi kependudukan di Tingkat Desa. Pertama, mekanisme atau alur pelayanan administrasi kependudukan yang tidak sesuai. Kedua, rendahnya kesadaraan masyarakat pendatang untuk Lapor Diri. Ketiga, ketiadaan alur pengaduan yang jelas terkait permasalahan dalam pelayanan administrasi kependudukan. Keempat, belum optimalnya penggunaan website yang mengatur penyelenggaraan administrasi kependudukan. Setelah mengikuti pelatihan ini, perangkat desa dan masyarakat dapat secara langsung menggunakan layanan administrasi kependudukan secara digital dan mendapatkan manfaat teknologi yang tersedia melalui penggunaan website.
Peningkatan Keahlian Siswa dalam Menggunakan Software Editing Multimedia pada SMK Bakti Pangkalpinang Lukas Tommy; Yohanes Setiawan Japriadi; Rendy Rian Chrisna Putra; Dian Novianto; Fransiskus Panca Juniawan; Dwi Yuny Sylfania
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8890.219 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i1.133

Abstract

Pada akhir masa belajar siswa SMK umumnya dilaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi dari siswa tersebut. Aspek keahlian yang dinilai pada UKK di SMK Bakti Pangkalpinang meliputi keterampilan siswa dalam mendesain case dan cover DVD (Digital Video Disc) serta memproduksi video sesuai dengan tema yang ditentukan. Tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa siswa yang belum mampu mengoperasikan software editing multimedia secara baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dilakukan workshop untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan software editing multimedia satu minggu sebelum UKK. Berdasarkan hasil evaluasi, workshop yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan keterampilan peserta dalam menggunakan software editing multimedia secara efektif, yaitu rata-rata sebesar 9,88%. Setelah mengikuti workshop, predikat kompetensi dari 34 peserta didominasi dengan kompeten sebanyak 52,94%, disusul sangat kompeten sebanyak 41,18%, dan cukup kompeten sebanyak 5,88%.
Implementasi Website untuk Media Pemasaran Online dan Perbaikan Kemasan Produk Ni Komang Sri Julyantari; I Gst Agung Vony Purnama; I Gusti Ngurah Nyoman Bagiarta; Pande Putu Gede Putra Pertama; Made Liandana
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4041.027 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i1.134

Abstract

Di Jaman era teknologi informasi sangatlah diperlukan sarana pemasaran secara online yang bertujuan untuk memasarkan produk-produk ke jangkuan yang luas, hal ini juga membantu UD Yadnya Wijaya Asri nantinya memasarkan produk dagangannya ke seluruh daerah, tidak hanya daerah Denpasar dan sekitarnya. Untuk menunjang pemasaran yang baik diperlukan adanya kemasan yang menarik dan membuat daya jual semakin tinggi. Berdasarkan hasil wawancara kepada mitra UKM bahwa ada 2 masalah utama yakni pemasaran yang masih menggunakan cara konvensional. Selain itu tidak memiliki kemasan (packaging) yang berisikan label UKM. Solusi yang akan diberikan adalah pemberian labelling kemasan, pelatihan labelling, pembuatan internet marketing yakni website. Pemberian bantuan kepada UKM bertujuan untuk meningkatkan produksi UD Yadnya Wijaya Asri, dengan labelling yang dapat memberikan nilai jual yang tinggi, serta pemasaran yang dilakukan secara online melalui website pemasaran, sehingga dapat memberikan peningkatan konsumen yang melakukan pemesanan banten ataupun perlengkapan banten untuk upacara
Digitalisasi dan Cashless Payment Untuk Meningkatkan Layanan Keuangan Pada SMK Muhammadiyah Bangkinang Doni Winarso; Rudy Asrianto; Siti Rodiah; Edo Arribe; Aryanto
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3879.87 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.137

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Bangkinang (SMA Muhiba) merupakan sekolah yang dikelola oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dibawah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kabupaten Kampar provinsi Riau. Pada kegiatan PKM ini SMA Muhiba merupakan mitra yang diedukasi dan diberikan pendampingan dalam hal pengelolaan keuangan sekolah. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah 1) Kurangnya pemahaman tentang perencanaan, pembukuan, dan pertanggungjawaban keuangan, 2) Pengelolaan keuangan masih manual dengan mencatat kedalam buku kas menggunakan tangan, 3) Minimnya pengetahuan tentang teknologi dalam pengelolaan keuangan. Solusi dan metode yang dilakukan untuk membantu mitra dalam menyelesaikan permasalahannya adalah memberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal pengelolaan keuangan, mendigitalisasi proses pengelolaan keuangan untuk meminimalisir resiko serta memberikan edukasi literasi digital terkait teknologi terkini untuk mendukung pengelolaan keuangan sekolah. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah 90% pemahaman peserta dalam pengelolaan keuangan sekolah meningkat. Selain itu kegiatan ini menghasilkan sebuah teknologi tepat guna berupa aplikasi keuangan sekolah berbasis cashless payment.
Pengembangan Portal Informasi berbasis Web pada KUA Jogonalan Kabupaten Klaten Mei Maemunah; Sri Ngudi Wahyuni
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2492.301 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.140

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menyebabkan perubahan pola layanan diseluruh sektor, tak terkecuali KUA Kecamatan Jogonalan Klaten. Guna memberikan layanan prima dan penyebaran arus informasi kepada masyarakat, KUA Jogonalan Klaten bersiap-siap untuk melakukan layanan terdigitalisasi. Arus informasi sudah tidak mampu dibendung lagi, banyak social media yang saat ini bisa diakses oleh masyarakat. Tetapi, kebutuhan akan validasi informasi oleh masyarakat adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satu cara untuk membagi informasi kepada masyarakat adalah dengan membangun portal berbasis website. Portal ini menjadi media informasi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja oleh masyarakat sekitar KUA Jogonalan, hal ini dikarena saat ini KUA Jogonalan Klaten belum memiliki media informasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara cepat dan tepat. Berdasarkan uraian diatas, maka kegiatan ini dapat ditarik kesimpulan beberapa hal antara lain bahwa kegiatan ini menghasilkan portal informasi layanan KUA Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten. Kedua, portal difungsikan sebagai media akses informasi bagi masyarakat kecamatan jogonalan. Kedepan harapan terhadap portal ini adalah media akses informasi ditingkatkan fungsinya dan dan selalu mengedukasi masyarakat untuk mengakses informasi melalui portal untuk mengetahui jenis dan mekanisme layanan di KUA Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten, dan mampu memberikan layanan prima bagi masyarakat sekitar.
Peningkatan Pemasaran Usaha Kecil Pecel Blitar Bu Jub Melalui Media Internet Hartatik Hartatik; Wiwi Widayani; Andri Syafrianto; Harliana Harliana
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4942.109 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.141

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi usaha UMKM. Salah satu UMKM yang terdampak oleh pandemi Covi-19 adalah usaha sambael pecel rumahan milik Ibu Jubaedah yang berada di Kabupaten Blitar. sejak adanya pandemi diawal 2020 “sambel pecel Bu Jub” mengalami penurunan penjualan secara drastis. Banyaknya para penjual nasi pecel yang tutup dan berkurangnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa menjadi salah satu faktor pendukung menurunnya omzet penjualan. Beberapa usaha telah dilakukan oleh UMKM "sambel pecel Bu Jub" namun belum bisa memberikan hasil yang optimal. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan ditemukan tiga permasalahan mendasar yang menyebabkan omset penjualan UMKM "Sambel Pecel Bu Jub" menurun (selain karena dampak pandemi Covid-19) yaitu belum adanya logo yang menjadi ciri khas produk, strategi promosi yang kurang efektif dan ketatnya persaingan bisnis. Adapun solusi yang ditawarkan dan direalisasikan pada kegiatan ini adalah dibuatkannya suatu website dan logo guna memperkenalkan produk, dan pendampingan penggunaan aplikasi. Hasil kegiatan yang dilakukan membrikan dampak positif bagi pelaku UMKM. Pembuatan logo mampu meningkatkan branding UMKM. Website yang dibangun mampu memperluas promosi. Pelatihan penggunaan website selama 2 minggu mampu meningkatkan pemahaman pemilik mengenai alur penggunaan aplikasi
Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software Mardhiya Hayaty; Sri Ngudi Wahyuni; Istiningsih; Andriyan Dwi Putra; Mei Maemunah; Barka Satya; Dwi Nurani
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2580.217 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.142

Abstract

Pandemi COVID-19 terjadi terjadi diseluruh dunia, seluruh aktifitas dan kegiatan menjadi terganggu termasuk aktifitas pendidikan. Seluruh kegiatan pendidikan yang semula dilaksanakan secara offline, harus dilaksanakan secara online. Salah satu cara untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar, adalah dengan mengunggah video yang berisi materi-materi pembelajaran ke media sosial seperti Youtube ataupun sejenisnya. Hal ini tentunya membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap kegiatan belajar mengajar termasuk kegiatan di SD Muhammadiyah Rabbani Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Open Broadcast Software atau OBS merupakan salah satu tools open source yang bisa dimanfaatkan untuk membuat video pembelajaran dengan mudah dan tidak terkoneksi internet. Tujuan dari pelatihan ini adalah tentang tatacara pembuatan OBS. Evaluasi menggunakan kuesioner online dan diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 60% peserta menjawab sangat setuju bahwa pelatihan mudah dimengerti, pemateri sangat handal dan OBS mudah di implementasikan, sedangkan 30% lainnya menjawab setuju.
Peningkatan Kompetensi Santri Melalui Pelatihan Instalasi Sistem Operasi dan Jaringan Komputer Harliana Harliana; Muhamat Maariful Huda; Rizqi Darma Rusdiyan Yusron
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2390.425 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.143

Abstract

Santri merupakan seseorang yang sedang mempelajari ilmu agama pada suatu pesantren, dan saat ini Pondok Pesantren Nurul Muttaqin Al-Barokah sedang meningkatkan kemampuan soft skill santrinya melalui berbagai macam pelatihan. Salah satu macam pelatihan yang dilakukan yaitu peningkatan soft skill santri melalui pengenalan dan praktek langsung berbagai jenis sistem operasi dan instalasi jaringan komputer. Berdasarkan studi pra-observasi dan study analisis yang dilakukan kepada para santri, maka solusi yang ditawarkan pada kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pelatihan kepada para santri untuk dapat melakukan instalasi operating system dan jaringan komputer dengan topologi LAN. Dari outout yang diinginkan, tim akan memecah kegiatan menjadi pengenalan operating system, instalasi operating system dan jaringan, pengenalan peralatan jaringan, pembuatan LAN, serta melakukan pengujian terhadap koneksi yang dibangun. Sebagai evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan, tim telah melakukan pengujian secara likert dan didapatkan hasil bahwa lebih dari 80% responden santri merasa puas dan paham akan materi yang disampaikan.

Page 1 of 4 | Total Record : 32