cover
Contact Name
Edi Sutoyo
Contact Email
redaksi@abdiformatika.org
Phone
+6281381694837
Journal Mail Official
redaksi@abdiformatika.org
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
ISSN : -     EISSN : 27770672     DOI : https://doi.org/10.25008/abdiformatika
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika (E-ISSN: 2777-0672) merupakan jurnal hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Teknologi, Science, dan Informatika dengan persyaratan artikel tidak dan belum pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika diterbitkan dalam versi online dengan jadwal publikasi pada bulan Mei dan November setiap tahunnya. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika mencakup pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bentuk model, konsep dan atau implementasi yang diterapkan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat pada pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Sebagai sebuah terbitan berkala ilmiah yang menggunakan peer-reviewer dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terakreditasi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika" : 6 Documents clear
Digitalisasi dan Cashless Payment Untuk Meningkatkan Layanan Keuangan Pada SMK Muhammadiyah Bangkinang Doni Winarso; Rudy Asrianto; Siti Rodiah; Edo Arribe; Aryanto
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3879.87 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.137

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Bangkinang (SMA Muhiba) merupakan sekolah yang dikelola oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dibawah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kabupaten Kampar provinsi Riau. Pada kegiatan PKM ini SMA Muhiba merupakan mitra yang diedukasi dan diberikan pendampingan dalam hal pengelolaan keuangan sekolah. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah 1) Kurangnya pemahaman tentang perencanaan, pembukuan, dan pertanggungjawaban keuangan, 2) Pengelolaan keuangan masih manual dengan mencatat kedalam buku kas menggunakan tangan, 3) Minimnya pengetahuan tentang teknologi dalam pengelolaan keuangan. Solusi dan metode yang dilakukan untuk membantu mitra dalam menyelesaikan permasalahannya adalah memberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal pengelolaan keuangan, mendigitalisasi proses pengelolaan keuangan untuk meminimalisir resiko serta memberikan edukasi literasi digital terkait teknologi terkini untuk mendukung pengelolaan keuangan sekolah. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah 90% pemahaman peserta dalam pengelolaan keuangan sekolah meningkat. Selain itu kegiatan ini menghasilkan sebuah teknologi tepat guna berupa aplikasi keuangan sekolah berbasis cashless payment.
Pengembangan Portal Informasi berbasis Web pada KUA Jogonalan Kabupaten Klaten Maemunah, Mei; Wahyuni, Sri Ngudi
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2492.301 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.140

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menyebabkan perubahan pola layanan diseluruh sektor, tak terkecuali KUA Kecamatan Jogonalan Klaten. Guna memberikan layanan prima dan penyebaran arus informasi kepada masyarakat, KUA Jogonalan Klaten bersiap-siap untuk melakukan layanan terdigitalisasi. Arus informasi sudah tidak mampu dibendung lagi, banyak social media yang saat ini bisa diakses oleh masyarakat. Tetapi, kebutuhan akan validasi informasi oleh masyarakat adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satu cara untuk membagi informasi kepada masyarakat adalah dengan membangun portal berbasis website. Portal ini menjadi media informasi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja oleh masyarakat sekitar KUA Jogonalan, hal ini dikarena saat ini KUA Jogonalan Klaten belum memiliki media informasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara cepat dan tepat. Berdasarkan uraian diatas, maka kegiatan ini dapat ditarik kesimpulan beberapa hal antara lain bahwa kegiatan ini menghasilkan portal informasi layanan KUA Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten. Kedua, portal difungsikan sebagai media akses informasi bagi masyarakat kecamatan jogonalan. Kedepan harapan terhadap portal ini adalah media akses informasi ditingkatkan fungsinya dan dan selalu mengedukasi masyarakat untuk mengakses informasi melalui portal untuk mengetahui jenis dan mekanisme layanan di KUA Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten, dan mampu memberikan layanan prima bagi masyarakat sekitar.
Peningkatan Pemasaran Usaha Kecil Pecel Blitar Bu Jub Melalui Media Internet Hartatik, Hartatik; Widayani, Wiwi; Syafrianto, Andri; Harliana, Harliana
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4942.109 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.141

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi usaha UMKM. Salah satu UMKM yang terdampak oleh pandemi Covi-19 adalah usaha sambael pecel rumahan milik Ibu Jubaedah yang berada di Kabupaten Blitar. sejak adanya pandemi diawal 2020 “sambel pecel Bu Jub” mengalami penurunan penjualan secara drastis. Banyaknya para penjual nasi pecel yang tutup dan berkurangnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa menjadi salah satu faktor pendukung menurunnya omzet penjualan. Beberapa usaha telah dilakukan oleh UMKM "sambel pecel Bu Jub" namun belum bisa memberikan hasil yang optimal. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan ditemukan tiga permasalahan mendasar yang menyebabkan omset penjualan UMKM "Sambel Pecel Bu Jub" menurun (selain karena dampak pandemi Covid-19) yaitu belum adanya logo yang menjadi ciri khas produk, strategi promosi yang kurang efektif dan ketatnya persaingan bisnis. Adapun solusi yang ditawarkan dan direalisasikan pada kegiatan ini adalah dibuatkannya suatu website dan logo guna memperkenalkan produk, dan pendampingan penggunaan aplikasi. Hasil kegiatan yang dilakukan membrikan dampak positif bagi pelaku UMKM. Pembuatan logo mampu meningkatkan branding UMKM. Website yang dibangun mampu memperluas promosi. Pelatihan penggunaan website selama 2 minggu mampu meningkatkan pemahaman pemilik mengenai alur penggunaan aplikasi
Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software Hayaty, Mardhiya; Wahyuni , Sri Ngudi; Istiningsih; Putra, Andriyan Dwi; Maemunah, Mei; Satya, Barka; Nurani , Dwi
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2580.217 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.142

Abstract

Pandemi COVID-19 terjadi terjadi diseluruh dunia, seluruh aktifitas dan kegiatan menjadi terganggu termasuk aktifitas pendidikan. Seluruh kegiatan pendidikan yang semula dilaksanakan secara offline, harus dilaksanakan secara online. Salah satu cara untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar, adalah dengan mengunggah video yang berisi materi-materi pembelajaran ke media sosial seperti Youtube ataupun sejenisnya. Hal ini tentunya membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap kegiatan belajar mengajar termasuk kegiatan di SD Muhammadiyah Rabbani Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Open Broadcast Software atau OBS merupakan salah satu tools open source yang bisa dimanfaatkan untuk membuat video pembelajaran dengan mudah dan tidak terkoneksi internet. Tujuan dari pelatihan ini adalah tentang tatacara pembuatan OBS. Evaluasi menggunakan kuesioner online dan diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 60% peserta menjawab sangat setuju bahwa pelatihan mudah dimengerti, pemateri sangat handal dan OBS mudah di implementasikan, sedangkan 30% lainnya menjawab setuju.
Peningkatan Kompetensi Santri Melalui Pelatihan Instalasi Sistem Operasi dan Jaringan Komputer Harliana, Harliana; Maariful Huda, Muhamat; Rusdiyan Yusron, Rizqi Darma
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2390.425 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.143

Abstract

Santri merupakan seseorang yang sedang mempelajari ilmu agama pada suatu pesantren, dan saat ini Pondok Pesantren Nurul Muttaqin Al-Barokah sedang meningkatkan kemampuan soft skill santrinya melalui berbagai macam pelatihan. Salah satu macam pelatihan yang dilakukan yaitu peningkatan soft skill santri melalui pengenalan dan praktek langsung berbagai jenis sistem operasi dan instalasi jaringan komputer. Berdasarkan studi pra-observasi dan study analisis yang dilakukan kepada para santri, maka solusi yang ditawarkan pada kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pelatihan kepada para santri untuk dapat melakukan instalasi operating system dan jaringan komputer dengan topologi LAN. Dari outout yang diinginkan, tim akan memecah kegiatan menjadi pengenalan operating system, instalasi operating system dan jaringan, pengenalan peralatan jaringan, pembuatan LAN, serta melakukan pengujian terhadap koneksi yang dibangun. Sebagai evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan, tim telah melakukan pengujian secara likert dan didapatkan hasil bahwa lebih dari 80% responden santri merasa puas dan paham akan materi yang disampaikan.
Marketing Strategy through E-Commerce at UMKM Queen Burger and Snack Lubis, Tasnim; Setia, Eddy; Amalia; Halimatusakdiah; Abus, Nurul Adilla Alatas
Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Publisher : Indonesian Scientific Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2352.297 KB) | DOI: 10.25008/abdiformatika.v1i2.144

Abstract

The empowerment community program aimed to describe the use of e-commerce as a strategy to increase the marketing of UMKM Queen and Burger Snack. The condition of drastic decline experienced by business partners during the COVID-19 pandemic situation had an impact on sales and income. Unpreparedness to face the changing situation from offline to online sales is also a major problem in running a business for the owners of Queen Burger and Snack. Therefore, the team of empowerment community program (ECP) did an effort to help increase marketing through e-commerce strategies. The solution provided by the ECP team was to prepare a forum in the form of a website to convey information to readers (consumers) about the products produced by Queen Burger and Snack. Other preparations include assisting and accompanying business partners for six months to strengthen the use of e-commerce strategies in product marketing and preparation at key sales locations in production houses.

Page 1 of 1 | Total Record : 6