cover
Contact Name
Umi Suswati Risnaeni
Contact Email
muhasabatuna@gmail.com
Phone
+62334-887071
Journal Mail Official
muhasabatuna@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna/about/editorialTeam
Location
Kab. lumajang,
Jawa timur
INDONESIA
Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Syariah
ISSN : 27744388     EISSN : 27748855     DOI : -
Core Subject : Economy,
MUHASABATUNA: Jurnal Akuntansi Syariah is a peer-reviewed and open-access platform that focuses on Accounting and Islamic Financial. The aim of MUHASABATUNA is to be an authoritative source of information on it’s focused. The scope of MUHASABATUNA are but strictly limited to: Syariah Accounting; Syariah Banking; Management Zakat, Infaq, Shodaqoh, and Waqf; Islamic Business Management; Syariah Insurance;
Articles 62 Documents
Pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk Pemberdayaan Mustahiq pada Program Perbaikan Rumah Tangga Miskin di BAZNAS Kabupaten Lumajang Dewi Khodijah
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 2 No 2 (2020): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.753 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v2i2.822

Abstract

Zakat, Infak, dan Shodaqoh adalah salah satu ibadah yang memiliki posisi yang sangat penting, dan menentukan baik dari sisi ubudiyah maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan ekonomi umat. Selain sebagai ibadah, ZIS juga memiliki keterkaitan sangat dimensi dengan sosial keummatan, karena secara substansif, pendayagunaan zakat secara material yang memiliki partisipasi aktif dalam memecahkan permasalahan seperti peningkatan kualitas hidup kaum dhuafa, peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan ekonomi. Fakir apabila ia tidak memiliki harta benda untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya sendiri. Miskin adalah memiliki harta atau usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup. Fokus masalah dalam penelitian adalah : 1. Bagaimana pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh di BAZNAS kabupaten Lumajang ? 2. Bagaimana pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk pemberdayaan mustahiq pada program perbaikan rumah tangga miskin di BAZNAS kabupaten Lumajang? Adapun tujuan penelitian adalah: 1.Untuk mengetahui pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh di BAZNAS kabupaten LUMAJANG. 2. Untuk mengetahui pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh di pemberdayaan mustahiq pada program perbaikan rumah tangga miskin di BAZNAS kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian lapangan yaitu : Zakat dihimpun dari penerimaan zakat maal, sedangkan penyalurannya tidak lepas dengan delapan golongan (asnaf), sedangkan untuk indonesia budak tidak di ikutkan. dan penerimaan infaq tidak terkait atau lebih leluansa dari pada zakat. Dan dalam perbaikan rumah tangga miskin membenatu dalam memperbaiki rumah tidak layak huni, membantu kebutuhan sehari-harinya yang penghasilannya kurang.
Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible Income terhadap Minat Menabung Anggota di KBMT Al Ikhlash Lumajang Yuliatin Yuliatin
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 2 No 1 (2020): Juni
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.757 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v2i1.705

Abstract

Peranan BMT sangat penting dalam membangun iklim usaha yang sehat di Indonesia. BMT juga melakukan strategi yang tepat bagi pemberdayaan usaha kecil dan menengah. Seperti yang dilakukan oleh KBMT Al-Ikhlash Lumajang yang menggunakan strategi sistem jemput bola untuk mempertahankan dan mampu bersaing dengan Lembaga Keuangan lainnya baik konvensional maupun Bank Syariah.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas dan disposible income Anggota terhadap minat menabung di KBMT Al-Ikhlash Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kuanitatif, sedangkan objek penelitiannya adalah anggota KBMT Al Ikhlash Lumajang sebanyak sebanyak 100 responden. Sedangkan untuk tekhnik pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan, kuisioner, dan dokumentasi. Alat uji yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian, pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa dari kedua variabel yang terdiri dari Religiusitas (X1) dan Disposible income (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota di KBMT Al-Ikhlash Luamang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel Religiusitas (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota, sedangkan Disposible income (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung anggota. Dari uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,856 yang artinya 85,6% minat menabung dipengaruhi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu variabel Religiusitas (X1) dan Disposible income (X2), sedangkan sisanya sebesar 14,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Peranan zakat, infak dan sedekah (zis) Dalam upaya meningkatkan perekonomian di kecamatan jatiroto Dinata Putri, Elin; Yusrani Anugrah, Yuli Dwi
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 1 No 2 (2019): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam bagaimana Pengelola LAZISNU memaknai akuntabilitas dalam pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS). Akuntabilitas dalam pengelolaan ZIS sangat diperlukan untuk mewujudkan kepercayaan pihak-pihak yang terkait, seperti muzakki, mustahiq, Pemerintah maupun masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Dalam penelitian ini terdapat 1 (satu) informan, atara lain: informan kunci (key informant) atau tokoh formal dalam penelitian ini yaitu Ketua LAZISNU . Hasil penelitian ini menemukan bahwa akuntabilitas pengelolaan ZIS pada LAZISNU Jatiroto didasarkan pada akuntabilitas vertikal dan horizontal. Prinsip yang ditekankan dalam akuntabilitas vertikal adalah prinsip amanah. Sedangkan prinsip yang ditekankan dalam akuntabilitas horizontal adalah prinsip profesional dan transparan. Praktik akuntabilitas pengelolaan dana ZIS yang dilakukan oleh LAZISNU Jatiroto merupakan sinergi dari akuntabilitas spiritual, akuntabilitas layanan, akuntabilitas program, dan akuntabilitas laporan.
Pembiayaan Bank Syariah dalam Sektor Pertanian Qurrotul Aidah; Yuli Dwi Yusrani Anugrah
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 3 No 1 (2021): Juni
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.46 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v3i1.1090

Abstract

Sektor pertanian memainkan peran yang sangat penting dalam pembangunan internasional. Salah satu masalah utama pembangunan pertanian adalah dukungan keuangan yang tidak memadai. Karena kegiatan utamanya sebagai financial intermediary, Bank Syariah Muamalat memiliki potensi besar dalam pembiayaan pertanian. Fakta menunjukkan bahwa pendanaan bank syariah untuk sektor pertanian masih terbatas, kurang dari 4%. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi bank syariah dan mengkaji permodalan pembiayaan sektor pertanian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan relevan dengan data bekas. Hasil penelitian ini akan mencerminkan panorama pembiayaan sektor pertanian yang benar dengan mengembangkan model pembiayaan alternatif yang sesuai dengan karakteristik pertanian syariah. melihat. Pekerjaannya di bidang keuangan pertanian.
Strategi Pemasaran Pembiayaan Mikro Sanitasi Berbasis Akad Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Syirkah Fastabiqul Khoirot Cabang Jatiroto Kamilia Nur Wahyu Ningsih
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 2 No 1 (2020): Juni
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.399 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v2i1.704

Abstract

Persaingan di dalam dunia bisnis sudah tidak asing lagi bagi kita. Persaingan tersebut justru menuntut setiap pemilik sebuah bisnis harus melaksanakan kegiatan pemasaran. Peneliti mengunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penyajian data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan pegumpulan data. Hasil dari peneitian lapangan yaitu: (1) Product: Produk yang dimiliki Syirkah itu berbeda dengan koperasi lainnya. (2) Price. Ketika anggota melunasi angsurannya. (3) Place. Segmentasi dalam memilih tempat berdekatan dengan pasar. (4) Promotion. Promosi marketing menawarkan kepada anggota. (5) People. Para marketing ketika berbicara dengan anggota menggunakan bahasa jawa atau madura. (6) Process. Tidak ada survey bagi anggota yang tidak pernah macet. (7) Physical Edvidance. Melayani yaitu jemput bola. Adapun prosedur pembiayaan mikro sanitasi yakni dengan melakukan pengajuan, kemudian disurvei untuk mengetahui informasi anggota tersebut.
Kerangka Konseptual Akuntansi Konvensional dan Akuntansi Syariah Taufiqur Rohman; Umi Suswati Anggraeni
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 3 No 2 (2021): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.61 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v3i2.1170

Abstract

Perkembangan konseptual akuntansi di Indonesia perlu dikaji lebih baik, tidak hanya pada tataran filosofis tetapi menuju pada teori yang konkrit. Artikel ini memberikan gambaran tentang kerangka konseptual akuntansi pada tataran teoritis yang menjadi tujuan dasar dalam penerapan konsep akuntansi akuntansi baik akuntansi konvensional maupun akuntansi syariah. Akuntansi analisis adalah ilmu yang mencoba mengubah data menjadi bukti dan informasi dengan melakukan pengukuran pada berbagai transaksi dibagi menjadi beberapa item seperti akun keuangan, penilaian atau aset, kewajiban, ekuitas, profitabilitas, biaya dan keuntungan. Aturan akuntansi dalam konsep hukum Syariah dapat didefinisikan sebagai seperangkat kerangka dan standar hukum permanen yang berasal dari sumber hukum Syariah dan digunakan oleh akuntan sebagai aturan umum dalam pekerjaan akuntansi, analisis, dan evaluasi mereka.
Analisis Implementasi Akad Istishna’ dalam Perbankan Syariah pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Lumajang Husnul Khotimah; Muhammad Farid
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 1 No 2 (2019): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.94 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v1i2.1264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengulas terkait penerapan akad istishna’ pada produk Istishna Bank Syariah Indonenesia dengan menggunakan ketentuan PSAK 104 tentang Akuntansi Istishna’. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data dengan mendapatkan informasi terkait persoalanpada penelitian ini. Staffback office Bank Syariah IndonesiaLumajang adalah irforman dalam penelitian ini yang bertanggung jawab menangani dokumen yang berkaitan dengan transaksi nasabah dalam membuat pembukuannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan transaksi istishna’ dalam pembiayaan istishna’ Bank Syariah Indonesia telah sesuai prinsip-prinsip akad istishna yang berlaku di Indonesia. Secara garis besar praktik akuntansi istishna’ pada Bank Syariah Indonesia telah sesuaidengan PSAK 104.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Manarul Quran Biro Perjalanan Umroh Masayu Lestari
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 2 No 2 (2020): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.812 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v2i2.823

Abstract

Banyak perusahaan berfokus pada kepuasan tinggi karena para pelanggan yang hanya merasa puas mudah untuk berubah pikiran bila mendapat tawaran yang lebih baik. Mereka yang amat puas lebih sukar untuk mengubah pilihannya. Kepuasan tinggi atau kesenangan menciptakan kelekatan emosional terhadap merek bukan hanya prefensi nasional. Hasilnya adalah kesetiaan pelanggan yang tinggi. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 2) apakah ada pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 3) lebih dominan mana antara variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh 3) untuk mengetahui lebih dominan mana antara variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Manarul Quran biro perjalanan umroh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang terdiri dari variabel independen (kualitas pelayanan dan harga) dan varaiebl dependen (kepuasan konsumen) penelitian ini adalah penelitian populasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan pengelolaan data menggunakan SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan variabel Independen (kualitas pelayanan dan Harga) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kemudian secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan harga secara parsial berpengaruh signifkan terhadap kepuasan konsumen.
Pengaruh Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota di Koperasi Serba Usaha Madani Randuagung Lumajang Febby Ayu
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 2 No 1 (2020): Juni
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.351 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v2i1.701

Abstract

Kepuasan akan terbentuk jika dapat memenuhi harapan-harapan dasar pelanggan. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota, diantaranya pemasaran dan kualitas pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota tahun 2018 sampai tahun sekarang di KSU Madani Randuagung Lumajang. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan memakai rumus slovin dengan hasil sebanyak 63 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui ketepatan suatu alat ukur, regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan terikat, uji F dan uji t digunakan untuk mengetahui hipotesis yang dikemukakan. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda adalah y = 2,505+ 0,599 X1 + 0,259 X2. (1) Ada pengaruh pemasaran terhadap kepuasan anggota secara parsial dengan nilai t =4,344. (2) Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota secara parsial dengan nilai t =1,853.(3)Dari kedua variabel pemasaran dan kualitas pelayanan yang paling dominan adalah variabel pemasaran diperoleh nilai koefisien regresi untuk pemasaran sebesar 0,599dan kualitas pelayanan sebesar 0,259.
Merger dan Akuisisi Nofan Maulana Malik; Abdus Shofa Bisri; M.Aziz Harianto; Mamik Mutammimah
Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah Vol 3 No 2 (2021): Desember
Publisher : Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.76 KB) | DOI: 10.54471/muhasabatuna.v3i2.1171

Abstract

Dalam mendirikan sebuah perusahaan sudah pasti melakukan sebuah perencanaan yang matang, supaya perusahaan bisa berdiri tegak dan berkembang pesat, namun untuk mencapai usaha seperti yang direncanakan tersebut tidaklah mudah dan bisa berjalan mulus karna semua perusahaan dalam melakukan kegiatannya selalu mengalami kendala-kendala sehingga diperlukan langkah memanajemen sebuah perusahaan atau pengelolaan untuk mempertahankan perusahaan bisa tetap berdiri. Oleh karna itu sebuah perusahaan lebih memilih strategi merger dan akuisi ini untuk tetap menjalankan perusahaannya dikarenakan merger ini bisa mengatasi kendala-kendala yang menjadi penghambat perusahaan untuk melakukan keberlansungan sebuah perusahaan, dalam sebuah merger dan akiuisisi ini sebuah perusahaan bisa mengembangkan perusahaannya dengan cepat tanpa harus menanggung resiko yang harus dihadapi seperti awal dalam mendirikan perusahaan. Merger adalah penggabungan perusahaan menjadi satu untuk mengambil atau membeli semua asset perusahaan, untuk mendapatkan keuntungan perusahaan yang produknya sama, produknya berkaitan, tidak berkaitan namun mau melakukan penggabungan dan perusahaan yang saling membantu terhadap kegiatan usahanya. Agar sebuah perusahaan tersebut tidak mengalami bangkrut.