cover
Contact Name
Muhammad Nasir
Contact Email
jurnalalkhidma@gmail.com
Phone
+6285251613000
Journal Mail Official
jurnalalkhidma@gmail.com
Editorial Address
Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIQ AMUNTAI Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28077903     DOI : https://doi.org/10.35931/ak
Al Khidma adalah jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) STIQ Amuntai. Jurnal Al Khidma memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi pelatihan, desain, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, daerah perbatasan, daerah kurang berkembang, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, kendala, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pengabdian tersebut disusun dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
PEMBELAJARAN TAJWID DAN TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRA’ATI DI RUMAH BELAJAR MAHASISWA KKN DESA HAMBUKU HULU Ridhatullah Assya’bani; Anita Sari; Elfa Hafizah; Faizatul Hasanah; Marniyah Marniyah
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 September 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (907.782 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i1.697

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak pada saat sekarang ini, khususnya pada daerah perdesaan, dimana masih terdapat anak yang belum bisa membaca Al Qur'an sesuai ilmu tajwid dan tahsin. Kalau sejak dini masih belum mampu membaca Al-Qur'an menggunakan ilmu tajwid dan tahsin, maka akan sulit juga ketika besar memahami hukum-hukum bacaan yang ada didalam Al-Qur'an. Maka dari itu banyak orangtua menitipkan anaknya ke Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) untuk belajar agama, khususnya cara membaca Al-Quran. Namun hal ini masih saja belum optimal dikarenakan sebagian Guru disana tidak menerapkan pembelajaran ilmu tajwid dan tahsin, maka dengan demikian, dibangunlah sebuah rumah belajar mahasiswa KKN yang disana mereka mengajarkan sebuah pembelajaran tajwid dan tahsin. Yaitu memakai suatu metode untuk memudahkan anak di dalam membaca Alquran, yaitu metode Qiroati. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Qiroati, serta faktor yang menjadi penunjang dan penghambat pembelajaran membaca Alquran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptive interpretative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada metode Qiroati mampu diterapkan di desa tersebut, karena dengan menggunakan metode ini mampu menarik anak-anak untuk rajin membaca Al-Qur'an dan juga agar anak tidak merasa bosan ketika belajar membaca Al-Quran. Faktor yang menjadi penunjang di dalam pembelajaran Alquran yaitu (a) Tempat; dan (b) Media Pembelajaran Kemudian faktor yang menjadi pengahambatnya yaitu (a) Orangtua; dan (b) minat dan motivasi anak (c) saran dan prasrana Kata kunci: implementasi, metode Qiroati, membaca Alquran.
Covid-19 dan Bimbingan Belajar Masa Pandemi di Desa Keramat Kecamatan Amuntai Selatan Haji Hamli; Mariatul Kibtiah; Maulana Hidayah; Sariyanti Sariyanti; Sawitri Sawitri; Siti Rahmah; Widia Widia
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 1 Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.859 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i2.773

Abstract

Belajar dari rumah secara daring merupakan salah atu kebijakan pemerintah kitadi Indonesia selama masa pandemi Covid-19 ini, sehingga dalam mendampingi anak harus melibatkan banyak peran dari orang tua anak masing-masing.. Namun tidak semua orang tua bisa mendampingi anaknya dengan baik, karena masing-masing dari mereka  mempunyai  latar belakang tidak sama, sebagian besar orang tua di Desa Keramat merupakan seorang pekerja seperti swasta, petani, pedagang, pengrajin, buruh, dan sebagainya. Hal ini membuat pendampingan belajar terhadap anak menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui Covid-19 serta pendampingan belajar masa pandemi di Desa Keramat Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilakukan oleh mahasiswa KKN STIQ Amuntai. Metode yang digunakan peneliti dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah menggunakan jenis penelitian studi kasus serta prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah para anak-anak Desa Keramat. Hasil dari penelitian adalah menyatakan bahwa pendampingan pembelajaran sesuatu yang  sangat penting pada masa pandemi khususnya bagi anak-anak di Desa Keramat. Dimana terlihat dari hasil kuesioner wawancara yang dilakukan kepada anak-anak mengenai bimbingan belajar masa pandemi di Desa Keramat Kabupaten Hulu Sungai Utara  diketahui oleh jawaban dari 10 responden dengan jawaban Ya rata-rata 0,85%, dan jawaban responden Tidak rata-rata sebesar 0,15%. Adanya pendampingan belajar ini memberi dampak positif kepada anak-anak, karena dapat belajar secara langsung atau tatap muka walaupun melalui pendampingan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIQ Amuntai. Penelitian ini berkontribusi untuk meningkatkan minat anak-anak Desa Keramat dalam melakukan pembelajaran  di rumah pada masa pandemi Covid-19.
PERSEPSI DAN ASPIRASI PENDIDIKAN MASYARAKAT DESA JUMBA M. Ahim Sulthan Nuruddaroini; Nor Hayati B; Nor Hidayah; Elita Khafijah; Muslimatul Jannah
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 September 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.015 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i1.698

Abstract

Di era globalisasi pendidikan di berbagai belahan dunia mengalami perubahan sangat mendasar. Ada banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dinikmati umat manusia. Namun sebaliknya, kemajuan tersebut juga beriringan dengan kesengsaraan banyak anak manusia dan kerusakan moral apalagi dalam era globalisasi sekarang ini. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persepsi dan aspirasi masyarakat Desa Jumba tentang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah terdapat persepsi dan aspirasi pendidikan masyarakat Desa Jumba yaitu: Pendidikan era globlasasi dan sebelum era globalisasi terdapat perbedaan, baik dari segi akhlak, materi, sarana dan prasarana. Selain itu pendidikan di masa pandemic covid-19 juga menyulitkan bagi orang tua. Adapun aspirasi masyarakat Desa Jumba, pendidikan lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah, agar tujuan pendidikan yang sebenarnya benar-benar tercapai dan terwujud. Penelitian ini secara empiris, teoretis dan praktis dapat memberikan kontribusi sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah dan bagi setiap yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, untuk lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat untuk menghadapi tantangan globalisasi. Kata Kunci: Persepsi dan Aspirasi, Pendidikan, Desa Jumba
Pendampingan Tata Kelola Administarasi Personalia di Smk Karsa Mulia Kota Palangka Raya Musyarapah Musyarapah; Khadijah Khadijah; Nurfitria Octavia; Aulia Afifa
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 1 Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.495 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i2.755

Abstract

Artikel ini melaporkan hasil pengabdian kepada masyarakat mengenai pemberian materi tentang tata kelola adminitrasi personalia di SMK Karsa Mulia Kota Palangka Raya, karena di antara kendala yang dihadapi pihak manajemen sekolah SMK Karsa Mulia dalam pengembangan lembaga adalah terkait dengan persoalan administrai personalia (Sumber Daya Manusia). Kegiatan pendampingan yang akan dilakukan secara kolaboratif antara dosen dan mahasiswa prodi MMPI Pascasarjana IAIN Palangka Raya menjadi sangat relevan dan penting. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan tata kelola administrasi personalia. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dan antusias dari para pegawai SMK Karsa Mulia. Pengabdian kepada masyarakat ini memperoleh hasil diskusi yang mana masih banyak yang perlu diperbaiki dalam sistem pengelolaan administrasi personalia di SMK Karsa Mulia kota Palangka Raya. Kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran masyarakat yang benar-benar membutuhkan pelayanan dalam hal administrasi dan manajemen terlebih lagi kampus Pascaarjana IAIN Palangka Raya memiliki Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam yang dalam hal ini juga termasuk dalam cakupan manajemen pendidikan.
OPTIMALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN ANAK-ANAK DESA CAKRU MELALUI KEGIATAN BELAJAR MALAM Hasan Hasan; Muhammad Syihabuddin; Basuki Rahmat; Muhammad Rijali; Zamzami Zamzami; Abdurraman Abdurraman; Ubai Dillah
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 September 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (800.496 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i1.699

Abstract

Pengoptimalan nilai-nilai keagamaan dapat dilaksanakan dengan cara apapun dan kapanpun, salah satunya dengan cara belajar malam. Belajar malam yang diadakan oleh mahasiswa KKN adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang didalamnya bukan hanya tentang pembelajaran saja namun juga ada penanaman nilai-nila agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan belajar malam dalam mengoptimalisasikan nilai-nilai keagamaan anak-anak desa Cakru. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjadikan Mahasiswa KKN didesa Cakru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis untuk mendaptkan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Pelaksanaan kegiatan Belajar Malam didesa Cakru dilaksanakan dengan mekanisme yang telah ditentukan yaitu perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan ini mempunyai rentetan kegiatan yaitu Pemberian Motivasi, penambahan wawasan nilai keagamaan, pemberian nasehat, pembelajaran tahsin bacaan, mengaji bersama, mengajarkan ilmu agama, Pelatihan Adzan, Pelatihan Imam, Pelatihan Sholat berjamaah dan lain-lain Kata Kunci: Optimalisasi, Nilai-nilai Keagamaan, Belajar Malam
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru MTs. Islamiyah Kota Kota Palangka Raya Zainap Hartati; Noorazmah Hidayati
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 1 Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.148 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i2.797

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas merupakan kendala yang sering dihadapi guru dalam mengembangkan profesionalismenya. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Pelatihan ini diikuti oleh para guru di MTs. Islamiyah Kota Kota Palangka Raya, sebanyak 16 orang. Metode yang digunakan adalah 1) memberikan materi teoretis dan praktis penelitian tindakan kelas, 2) memberikan pendampingan dalam pembuatan proposal penelitian tindakan kelas, 3) mengevaluasi kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru MTs. Islamiyah Kota Palangka Raya memiliki pemahaman dan kemampuan membuat proposal penelitian tindakan kelas. Pelatihan ini dapat efektif karena para guru MTs. Islamiyah Kota Palangka Raya memang memerlukan materi pelatihan penelitian tindakan kelas.
EKSISTENSI ANYAMAN PURUN SEBAGAI PENOPANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA HAUR GADING Mardiana Mardiana; Aima Jatul Salma; Noor Halimah; Sarijannah Sarijannah
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 September 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1138.657 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i1.700

Abstract

Anyaman purun merupakan kerajinan anyaman yang dilestarikan secara turun temurun dari generasi kegenerasi oleh perempuan Desa Haur Gading.Kerajinan anyaman purun adalah salah satu aktivitas yang memberikan kontribusi besar dalam penyedian lapangan pekerjaan dan sudah ada sejak tahun kurang lebih 1978 dan semakin berkembang hingga sekarang.Keberadaan kerajinan anyaman purun ditopang oleh pengusaha atau para pengrajin kecil dan menengah serta para pekerja lainnya yang dikelola secara tradisional dan kini sebagian besar berbasis komputer.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran anyaman purun bagi masyarakat desa Haur Gadingdan perkembangan anyaman purun di desa Haur Gading. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlandaskan pada filsafat post-positivisme, Jenis penelitian mengunakan metode kualitatif deskreptif, serta prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti, kerajinan anyaman purun di Desa Haur Gading sebelumnya hanya dalam bentuk bakul dan tikar purun, kini setelah para pengrajin bergabung dalam Sentra Anyaman Kelompok Maju Bersama Desa Haur Gading yang dibentuk pada Maret 2020, produk semakin beragam dan ramah lingkungan, seperti berbagai model tas purun, sendal hotel, vas bunga dan masih nyak lainnya sehingga permintaan konsumen meningkat, tidak hanya dibatas oleh daerah sekitar namun sudah menyebar di tingkat internasional. Kata kunci : Eksistensi; Anyaman Purun; dan Ekonomi Masyarakat
Pendampingan Wirausaha Sebagai Bentuk Pengembangan Diri Mahasiswa STAIN Majene Atirah Atirah; Wahyuddin Wahyuddin; Reski Rahman Sriwijaya
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 1 Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.581 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i2.833

Abstract

Kegiatan program pelatihan singkat untuk menjadi wirausaha diharapkan untuk memaksimalkan bekal tambahan diluar jam mata kuliah kewirausahaan agar membuat mahasiswa membiasakan diri untuk berfikir kreatif dalam berusaha. Pelatihan praktek berwirausaha yang diangkat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada para mahasiswa untuk berwirausaha, yang diharapkan setelah pelatihan ini selesai memberikan stimulus untuk mahasiswa memiliki karir usaha sejak dini. Oleh karna itu, diusulkan kerangka pemecahan masalah secara operasional sebagai berikut. 1) Penyelenggaraan pelatihan selama tiga minggu tentang praktek berwirausaha a).memikiran produk usaha: b) memikirkan logo produk.  2) memberikan pelaporanpenjualan dan perputaran modal usaha. Kegiatan terjun lapangan adalah bagaimana para peserta membuat produk kemudian menjajakan produk usahanya. Kegiatan ini dilakukan selama tiga minggu, dimana setiap minggunya setiap kelompok peserta akan memaparkan hasil kegiatan berwirausahanya selama seminggu, mulai dari membuat produk hingga melakukan proses penjualan. Tidak hanya itu pelaporan hasil penjualan dan perputaran modal dilakukan setiap minggunya. Berdasarkan empat kelompok ada satu kelompok yang awalnya hanya mengeluarkan sedikit modal usaha tetapi pada minggu terakhir progres keuntungannya meningkat dari kelompok yang lain. Dimana kelompok yang lainnya mengalami fluktuatif keuntungan dikarenakan harus memutar kembali modalnya ketika bahan bahan usaha telah habis. Dan pada minggu terakhir semua kelompok atau empat kelompok semuanya mengalami keuntungan dari peputaran modal awal.
KESEJAHTERAAN SOSIAL PEREMPUAN DI DESA PULANTANI KECAMATAN HAUR GADING Husin Husin; Nita Azizah; Rif’ah Rif’ah; Siti Khadijah
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 September 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.591 KB) | DOI: 10.35931/ak.v1i1.701

Abstract

Abstrak Di era modern, paradigma tentang perempuan telah mengalami perubahan. Perempuan yang dulunya hanya bertugas mengurus rumah tangga saja, kini telah mengalami perubahan. Di masa modern ini, banyak perempuan yang memasuki dunia kerja. Meskipun mereka bekerja, mereka juga tidak melupakan perannya sebagai seorang ibu, dan juga istri. Hal ini dikarenakan kemampuan multitasking yang dimilikinya sehingga mereka dapat menjalankan setiap peran dan tugasnya secara bersamaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah perempuan/ibu-ibu pekerja di desa Pulantani. Untuk memperoleh informasi dan data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Di desa Pulantani Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara, mayoritas perempuan di sana bekerja sebagai pengrajin kerajinan anyaman tangan dari purun. Kerajinan tangan tersebut berupa tikar, tas, jambil, dompet dll. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Perempuan dapat meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga, hal ini sesuai dengan hasil wawancara dengan salah satu ibu-ibu di desa Pulantani bahwa penghasilan yang mereka peroleh dalam satu minggu berkisar antara 100 ribu cukup untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti bumbu dapur dll. 2) Motivasi bekerja bagi perempuan di Desa Pulantani terdiri dari dua motivasi, untuk menambah penghasilan dan pemenuhan kesehatan jiwa dan raga, hal ini dikarenakan bekerja dapat menghilangkan rasa stress bagi perempuan setelah lelah mengurus rumah tangga. 3) Pelestarian kearifan lokal, menjadi pengrajin kerajinan tangan anyaman purun dilakukan oleh perempuan atau ibu-ibu untuk dapat melestarikan kearifan lokal di desa tersebut. Berdasarkan hasil wawancara menujukan bahwa keterampilan membuat kerajinan anyaman purun seperti tikat, tas, dompet, telah diwarisakan secara turun-temurun. Kata kunci: Kesejatreaan, sosial, perempuan.
Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Edukatif Botanhi (Boneka Tan gan Hijaiyah ) Pada Tim Penggerak Pkk Desa Sungai Gampa Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala Sari Kumala; Tutus Rani Arifa; Muhammad Iqbal Ansari; Jumiati Jumiati
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 1 Januari 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/ak.v2i1.1001

Abstract

Tim Penggerak Pemberdayaan dan kesejahtraan Keluargaatau disingkatdengan TP PKK di desa Sungai Gampa memiliki beberapa program dalam kegiatannya seperti dalam hal keagamaan, pendidikan, sosial dan kesehatan. yang pada bidang keagamaan ataupun pendidikan belum pernah menerapakan kegiatan yang berkaitan tentang alat peraga edukatif di Masyarakat. Kegitan ini bertujuan agar peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang alat peraga Edukatif boneka tangan hijaiyah dari kain planel sehingga TP PKK di Desa Sungai Gampa dalam kegiatan keagamaan dan pendidikan dapat memasuka nunsur-unsur edukaif. Kegiatan dilaksanakan dengan cara tatap muka dan praktek. Ketercapaian tujuan pelatihan pendampingan pembuatan alat peraga edukatif boneka tangan hijaiyah dari kain planel secara umum sudah baik, dilihat dari hasil latihan para peserta dalam membuat alat peraga edukatif boneka tangan hijaiyah dari kain planel dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu, melalui kegiata npelatihan dan pendampinganini para peserta menjadi memiliki pengetahuan tentang alat peraga edukatif yang dibuat dari kain planel berupa huruf-huruf hijaiyah. Secara keseluruhan kegiatan pelatihan pembuatan alat pearaga edukatif boneka tangan hijaiyah dari kain planel dapat dikatakan berhasil.

Page 1 of 3 | Total Record : 25