cover
Contact Name
Wiwik Fitria Ningsih
Contact Email
wiwik@stie-mandala.ac.id
Phone
+628124974910
Journal Mail Official
jmbi@stie-mandala.ac.id
Editorial Address
Jl. Sumatra No.118-120, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika
ISSN : -     EISSN : 27742229     DOI : https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v1i1
JMBI: Journal of Business Management and Informatics is a journal published by the Management Study Program, STIE Mandala, published 2 times a year. JMBI: Journal of Business Management and Informatics is a scientific publication media in the form of literature studies and research related to the scope of management and informatics.
Articles 16 Documents
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015–2019 Merta Amalia Triyady; Hary Sulaksono; Nely Supeni
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1138.469 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v1i1.398

Abstract

Pasar modal memiliki peran penting dalam kegiatan perekonomian, dalam hal ini pasar modal merupakan tempat berlangsungnya kegiatan yang berkaitan dengan penyediaan dan perdagangan surat berharga. Pasar modal juga menjadi salah satu sumber kemajuan ekonomi karena dapat menjadi salah satu alternatif bagi perusahaan untuk mendapatkan modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental yang terdiri dari Return On Investment, Price To Book Value, Earning Per Share dan Price Earning Ratio terhadap harga saham pada perusahaan semen yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Penelitian ini adalah perusahaan sub sektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 4 perusahaan dari 6 perusahaan. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis menggunakan analisis linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Return On Investment, Price To Book Value, Earning Per Share dan Price Earning Ratio berpengaruh secara simultan terhadap harga saham perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. . Namun secara parsial hanya Price To Book Value, Earning Per Share dan Price Earning Ratio yang berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kompensasi terhadap kinerja Karyawan Melalui Motivasi Pada Kantor PT. Telekomunikasi Indonesia Cabang Jember. Sayu Titah Nabilah; Tamriatin Hidayah; Nely Supeni
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.801 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v1i1.399

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Telekomunikasi Indonesia cabang Jember. Variabel yang diteliti adalah Gaya Kepemimpinan (X1), Kompensasi (X2), Motivasi Kerja (Z), dan Kinerja Karyawan (Y). Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dan sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap motivasi kerja pada PT Telekomunikasi Indonesia cabang Jember, Kemudian terdapat pengaruh langsung kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Telekomunikasi Indonesia cabang Jember. Sedangkan variabel gaya kepemimpinan tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan pada PT Telekomunikasi Indonesia cabang Jember. Pada uji Sobel, tidak terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi pasar PT Telekomunikasi Indonesia cabang Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden.
Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Dan Emphaty Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Outlet Perum Bulog Cabang jember Anggun Elok Faikotul Hikmaha; Hayatul Maspufah; Salahudin Salahudin
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.557 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v1i1.400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty terhadap kepuasan konsumen pada outlet Perum Bulog Cabang Jember baik secara parsial maupun simultan.Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang berasal dari kuesioner, wawancara, studi pustaka dan observasi langsung pada perusahaan. Metode pengolahan data menggunakan metode analsis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi dengan bantuan alat analisis SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), Emphaty (X5) berpengaruh secara simultan pada outlet Perum Bulog Cabang Jember. Sedangkan pengujian secara parsial variabel Tangible () dan Emphaty (X5) tidak berpengaruh secara parsialterhadap kepuasan konsumen pada outlet Perum Bulog Cabang Jember dan variabelReliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada outlet Perum Bulog Cabang Jember.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Self Eficacy Terhadap Kinerja Karyawan (Studi di Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember) Eli Evi Susanti; Hary Sulaksono; Tamriatin Hidayah
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.499 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v1i1.401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, budaya organisasi dan efikasi diri terhadap kinerja karyawan pada Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari tanggapan responden terhadap kuesioner. Sampel yang diambil sebanyak 30 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan metode Saturated Sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis SPSS, analisis ini meliputi Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas dan Uji Heteroskedastisitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji Parsial (t Tes) dan Tes Simultan (Tes F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, budaya organisasi dan efikasi diri berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Dana Desa Terhadap Akumulasi Kapital Di Kabupaten Bondowoso Saiful Amin; Nanda Widaninggar
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.94 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v1i1.402

Abstract

Dana Desa merupakan salah satu program kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Indonesia. Sejak tahun 2015 penggunaan Dana Desa terus meningkat mulai dari 20,76 triliun pada tahun 2015 hingga 46,98 trilliun pada tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyaluran dan penggunaan Dana Desa serta dampaknya terhadap peningkatan akumulasi kapital di Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan konfirmatori karena peneliti mengkonfirmasi hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang dirumuskan sebelumnya. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equetion Modeling dengan bantuan software Lisrel 8.8. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 Desa di Kabupaten Bondowoso yang dipilih berdasarkan Purposive sampling (untuk memilih Kecamatan) dan simple random sampling (untuk memilih Desa/Responden). Hasil Penelitian menyatakan bahwa efektifitas penggunaan dana desa berpengaruh signifikan terhadap peningkatan akumulasi kapital bagi masyarakat desa di Kabupaten Bondowoso.Tingkat penggunaan dana desa yang dikelola secara tranparan, akuntabel, partisipatif dan bertanggung jawab dapat meningkatkan akumlasi capital yang meliputi investasi, produksi, pendapatan dan tabungan bagi masyarakat desa di Kabupaten Bondowoso
PENGARUHKUALITAS PRODUK, HARGA, DANPROMOSI TERHADAP LOYALITAS MELALUI MINATPEMBELIANULANGSMARTPHONE XIAOMI DI JEMBER Elfath Almas Alfafa; Muhammad Firdaus; Ahmad Sauqi
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.547 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v1i1.403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi minat pembelian ulang terhadap loyalitas pengguna Smartphone Xiaomi di Kecamatan Jember. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental Sampling kepada 50 responden. Hasil dari penelitian menunjukan kualitas produk, harga, promosi berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas melalui minat pembelian ulang pengguna Smartphone Xiaomi di kecamatan Sumbersari.
Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Harga, Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Online Travel Agency (OTA) Traveloka.com Munawaroh Munawaroh; Hary Sulaksono; Tamriatin Hidayah
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.89 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v2i1.541

Abstract

This study aims to analyze the effect of perceived security, ease of transaction, price and quality of information on buying interest through customer satisfaction at the Online Travel Agency (OTA) Traveloka.Com. This research method uses descriptive quantitative research, data collection techniques use purposive sampling by distributing 60 questionnaires to STIE Mandala Jember students, the analytical method used is path analysis using SPSS version 20 and Sobel test calculator to test hypotheses. The results of this study indicate that: 1) the perceived security, price and quality of information variables have a direct effect on customer satisfaction at the Online Travel Agency (OTA) Traveloka.Com, while the ease of transacting variable has no direct influence, 2) the ease of transaction and quality of information variables. Information has a direct effect on buying interest at the Online Travel Agency (OTA) Traveloka.Com, while the perceived security and price variables do not have a direct influence, 3) customer satisfaction has a direct influence on buying interest at the Online Travel Agency (OTA) Traveloka. Com, and finally 4) the customer satisfaction variable cannot mediate the relationship between the variables of perceived security, ease of transaction, price and quality of information on buying interest through customer satisfaction at the Online Travel Agency (OTA) Traveloka.Com.
Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Pelayanan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada UKM Makaroni Bantet Banyuwangi ) Husnul Hotimah; Muhammad Firdaus; Saiful Amin
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.005 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v2i1.542

Abstract

This study aims to determine the effect of product quality, service quality, and social media on purchasing decisions for macaroni bantet Banyuwangi. This study is based on quantitative methods, the data used in this study are primary data obtained from respondents' responses to questionnaires. Samples were taken as many as 100 respondents with a sampling technique using a simple random sample. The data obtained is then processed using SPSS analysis tools, analysis method using multiple linier regression analysis. The results showed that the variables of product quality, service quality, and social media had a simultaneous effect on purchasing decisions.
Pengaruh Dimensi Servqual Terhadap Loyalitas Tamu Bossotel Inn, Bangkok Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Galuh Putri Manggali; Hary Sulaksono
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1072.912 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v2i1.543

Abstract

This research aims to analyze servqual dimension that consisting of tangible, empathy, reliability, responsiveness, and assurance towards guest loyalty at Bossotel Inn, Bangkok, with satisfaction as an intervening variable. This research method uses quantitative descriptive research, data collection techniques using purposive sampling by distributing 100 questionnaires to the guest of Bossotel Inn, Bangkok, the analysis method used is path analysis using SPSS version 20 and the sobel test calculator to test hypotheses. The results of this research indicate that: 1) reliability and assurance variable have a direct effect on Bossotel Inn, Bangkok guest satisfaction. While tangible, empathy, and responsiveness variable do not have direct effect, 2) empathy and responsiveness variable have direct effect on Bossotel Inn, Bangkok guest loyalty, while tangible, reliability, and assurance variable have no effect, 3) hotel guest satisfaction variable has a direct effect on Bossotel Inn, Bangkok guest loyaltsy, and the last, 4) hotel guest satisfaction cannot be a mediate the relationship between tangible, empathy, reliability, responsiveness, and assurance towards guest loyalty at Bossotel Inn, Bangkok, Thailand.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA FIFGROUP DI LUMAJANG Dimas Julius Hari Kencana; Agustin HP; Bagus Qomaruzzaman Ratu Edi
JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.189 KB) | DOI: 10.31967/prodimanajemen.v2i1.544

Abstract

This study entitled The Influence Of Service Quality On Customer Satisfaction In Fifgroup In Lumajang with the aim of knowing and analyzing the effect of service quality consisting of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and partial empathy on consumer satisfaction at FIFGROUP Yosowilangun Branch Lumajang Regency and to find out and analyzing the effect of service quality consisting of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy simultaneously on customer satisfaction at FIFGROUP Yosowilangun Branch Lumajang Regency. The number of samples in this study was 60 using purposive sampling technique. purposive sampling is a sampling technique using certain criteria. The testing and analysis used in this research is the data instrument test which includes the validity test and reliability test, and the classical assumption test which includes the normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test, multiple linear regression analysis, the coefficient of determination and hypothesis testing which includes testing t and F test. And the results of this study: 1.) There is no effect of physical evidence on customer satisfaction at FIFGROUP Lumajang 2.) There is no effect of reliability on customer satisfaction at FIFGROUP Lumajang 3.) There is no effect of responsiveness on customer satisfaction at FIFGROUP Lumajang 4.) There is a guarantee effect on customer satisfaction at FIFGROUP Lumajang Branch 5.) There is no influence of empathy on customer satisfaction at FIFGROUP Lumajang. Suggestions from this study to further improve customer satisfaction need to increase again from employees in the company in serving consumers because these employees interact directly with consumers, especially in punctuality as well. So that it will make consumers satisfied and not hesitate to use the company's services again.

Page 1 of 2 | Total Record : 16