cover
Contact Name
Dian Puspita Eka Putri
Contact Email
dianpuspitaekap@gmail.com
Phone
+6285278829905
Journal Mail Official
lenternal12@gmail.com
Editorial Address
Faculty of Tarbiyah, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Jl. Raya Petaling Km.13 Petaling Mendobarat Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
LENTERAL: Learning and Teaching Journal
ISSN : -     EISSN : 27219054     DOI : https://doi.org/10.32923/lenternal
Core Subject : Education,
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, ISSN Online 2721-9054 is a peer-reviewed journal and scientific journal published by IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal aims to publish articles dedicated to all aspects of teaching and learning. The journal focuses on learning and teaching, teacher preparation, innovation in learning and teaching, teacher professional development, and all aspects of learning and teaching. The journal welcomes varied approaches (qualitative, quantitative, and mixed methods) to empirical research; also publishing high-quality systematic reviews and meta-analyses. Manuscripts should enhance, build upon, and/or extend the boundaries of theory, research, and/or practice in teaching and learning. The Journal publishes twice a year and is open access to readers
Articles 46 Documents
Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Mengingkatkan Aktivitas Belajar Kimia SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Firdiawan Ekaputra
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 2 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.057 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i2.1245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan aktivitas belajar kimia dengan penerapan model pembelajaran daring pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Lembar observasi aktivitas belajar meliputi aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas belajar kimia dengan penerapan model pembelajaran daring pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. This study aims to improve chemistry learning activity by implementing online learning subject matter on the solubility and solubility product substances material. This study is classified as a classroom action research and was implemented through two cycles. The data obtained in this study is quantitative data. There are three data collection techniques used in this study, observation, field notes, and documentation. The observation sheet of learning activities includes visual, oral, listening, writing activities. The results of the study show there is improvement chemistry learning activity by implementing online learning subject matter on the solubility and solubility product substances material.
Aplikasi Metode Tasmi' Dan Muraja'ah Dalam Program Tahfidzul Quran Pada Santriwati di Ma'had Tahfidz Hidayatul Qur'an Desa Puding Besar Wiwik Hendrawati; Rosidi Rosidi; Sumar Sumar
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 1 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.513 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i1.1272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tasmi’ dan muraja’ah dalam program tahfidzul Qur’an pada santriwati di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar dan untuk mengetahui keberhasilan program tahfidzul qur’an dengan menggunakan metode tasmi’ dan muraja’ah pada santriwati di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar. Metode penelitian ialah kualitatif deskriptif, sedangkan sumber data yang digunakan ada dua sumber yaitu, data primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan metode tasmi’ di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar berhasil diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya santriwati yang hafal dan mencapai target yang ditentukan, bahkan ada yang melebihi pencapaian target. Begitu pula dengan metode muraja’ah santriwati mampu mentasmi’kan kembali hafalan muraja’ah baik kepada ustadzah pembimbing atau ustadzah penguji ujian tahfidz. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh santriwati dengan kategori penilaian mumtaz (kesalahan 0-1), jayyid jiddan (kesalahan 2-4), jayyid (kesalahan 5-7), maqbul (kesalahan 8-10), rasib (kesalahan lebih dari sepeluh), dari kelima penilaian tersebut kebanyakan santriwati mendapatkan nilai jayyid jiddan, jayyid, dan mumtaz. This study aims to determine the application of the tasmi 'and muraja'ah methods in the tahfidzul Qur'an program for female students in Ma'had Tahfidz Hidayatul Qur'an Puding Besar Village and to determine the success of the tahfidzul qur'an program using the tasmi' and muraja 'methods ah to the students at Ma'had Tahfidz Hidayatul Qur'an, Puding Besar Village. The approach used in this research is descriptive qualitative, while the sources of data used are two sources, namely, primary and secondary data. Data collection techniques in research carried out through observation, interviews, and documentation. The application of the tasmi method in Ma'had Tahfidz Hidayatul Qur’an of Puding Besar Village was successfully implemented. This can be seen from the number of female students who memorized and reached the specified target, some even exceeded the target achievement. Similarly, the method of muraja'ah santriwati was able to eradicate the memorization of muraja'ah both to the cleric or the cleric examiner tahfidz. This is evident from the results obtained by female students in the category of mumtaz (error 0-1), jayyid jiddan (error 2-4), jayyid (error 5-7), maqbul (error 8-10), rasib (error more than ten) ), from the five assessments, most students received jayyid jiddan, jayyid, and mumtaz.
Pengaruh Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Keaktifan Peserta Didik Kelas IV-VI di SDN 10 Tempilang Ariani Ariani; Hadarah Hadarah; Siska Dwi Paramita
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 1 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.424 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i1.1273

Abstract

SD Negeri 10 Tempilang merupakan SD yang telah menerapkan kurikulum 2013 dimana dalam proses pembelajarannya, termasuk juga pembelajaran PA yang menggunakan pendekatan saitifik. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan guru PAI di SDN 10 Tempilang, kegiatan pembelajaran PAI di SD tersebut belum banyak melibatkan aktivitas peserta didik. Dimana guru masih dominan menyampaikan materi dengan metode ceramah. Setelah berdoa, guru mengawali pelajaran dengan membaca surat-surat pendek dan menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini dan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Setelah itu guru menjelaskan materi sambil menulis di papan tulis lalu memberi tugas baik secara kelompok untuk didiskusikan maupun secara individu. Meskipun sudah digunakan metode diskusi, namun tidak semua ikut mengerjakan. Masih ada peserta didik yang sibuk dengan aktivitas lain diluar kegiatan pembelajaran. Kurangnya Media pembelajaran yang mendukung pembelajaran juga mengahambat ketertarikan peserta didik mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil uji determinasi guna mengetahui seberapa besar hubungan antara variabel X dan Y. Diketahui bahwa pengaruh pendekatan saintifik terhadap keaktifan peserta didik SD Negeri 10 Tempilang memberi pengaruh sebesar 17,8%. Sedangkan untuk 82,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. SD Negeri 10 Tempilang is an elementary school that has implemented the 2013 curriculum where in the learning process, including PA learning using a positive approach. Based on observations and interviews with PAI teachers in SDN 10 Tempilang, PAI learning activities in these elementary schools have not involved many student activities. Where the teacher is still dominant in delivering the material with the lecture method. After praying, the teacher starts the lesson by reading short letters and explaining the purpose of today's learning and linking the previous material with the material to be learned. After that the teacher explains the material while writing on the board and then assigns both groups to be discussed and individually. Although the discussion method has been used, but not all participate in doing it. There are still students who are busy with other activities outside the learning activities. The lack of learning media that supports learning also inhibits students' interest in learning. This research is a quantitative research. Based on the results of the determination test to find out how much the relationship between variables X and Y. It is known that the influence of the scientific approach to the activeness of students in SD Negeri 10 Tempilang gives an effect of 17.8%. Whereas 82.2% was influenced by other factors which were not used as variables in this study.
Hubungan Kegiatan Rohis Dengan Perilaku Sosial Peserta Didik Di SMA N 2 Puding Besar BELDI Akbar; Basri basri; DIAN PUSPITA EKA PUTRI
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 1 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.287 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i1.1274

Abstract

Diambilnya masalah ini berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini dibutuhkkan organisasi ekstrakurikuler sekolah dalam meminimalkan perilaku sosial yang kurang baik di sekolah. Dari apa yang dilakukan oleh organisasi ekstrakurikuler Rohis setidaknya menggambarkan pada zaman sekarang ini nilai-nilai perilaku sosial yang baik perlu ditanam dan dijaga pada umat, terutama kalangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 36 responden. Jumlah responden diambil dari seluruh peserta didik yang mengikuti Rohis. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang berbentuk angket untuk menjaring data kegiatan Rohis dengan perilaku sosial peserta didik di SMA N 2 Puding Besar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan Rohis dengan perilaku sosial peserta didik di SMA N 2 Puding Besar. Dibuktikan dengan hasil hitung nilai rhitung>rtabel pada taraf signifikansi 1% yaitu nilai rxy = 0,522 > rtabel = 0,424.
Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan Jayanti Mandasari; Edy waluyo; eva harista
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 1 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.934 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i1.1275

Abstract

Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini sangat dibutuhkan seorang guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang baik sehingga dapat mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki di sekolah dengan baik. Dari apa yang dilakukan guru-guru di SD Negeri 2 Fajar Indah menggambarkan bahwa implementasi dari kompetensi pedagogik guru berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan telah terlaksana dengan cukup baik. Hal ini berdasarkan adanya indikator kompetensi pedagogik guru yang belum dilaksanakan dengan baik oleh beberapa guru di kelas: pertama kurangnya pemahaman guru dalam pengaturan kelas berdasarkan karakteristik peserta didik, kedua kurangnya pemahaman guru pada indikator pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi, ketiga guru menyusun silabus sesuai dengan tujuan kurikulum, keempat guru belum melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dan kurang memanfaatkan alat bantu mengajar, kelima guru menanggapi setiap pertanyaan dari peserta didik dengan tepat dan efektif. Keenam, penilaian yang sudah disusun serta dilaksanakan oleh setiap guru. Ketujuh, terbatasnya jenis ekstrakurikuler di sekolah. Faktor pendukung implementasi kompetensi pedagogik diantaranya pengalaman guru, disiplin, pengembangan kompetensi guru
Peran Guru Pedidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Alquran Di SMA Negeri 1 Merawang Kabupaten Bangka yudi iskandar; Rosidi Rosidi; misbahul munir
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 1 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.539 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i1.1276

Abstract

Peran Guru Agama Islam merupakan hal yang terpenting dalam melakukan tindakan yang nyata seorang guru untuk melakukan perbaikan dalam suatu kejadian. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Merawang Kabupaten Bangka dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca Alquran di SMA Negeri 1 Merawang Kabupaten Bangka. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Merawang dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Alquran sangat beragam dan bervariasi diantaranya membuat suatu ekskul (ekstra kurikuler) rohis, mengadakan one day one juz. Dalam ekskul (ekstra kurikuler) rohis ada tiga pengajaran dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran bagi peserta didik, yang pertama peserta didik diarahkan untuk belajar hukum bacaan atau ilmu tajwid, yang kedua peserta didik diajarkan tilawah Alquran, yang ketiga peserta didik diajarkan tahfidz Alquran. Dengan ini guru Pendidikan Agama Islam dapat mengatasi kesulitan peserta didik dalam membaca Alquran
Pola Komunikasi Ustaz Dan Santri Dalam Proses Pembelajaran Kitab Bulughul Maram Materi Tentang Silaturahmi Di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu fatimah fatimah; nasrun nasrun; Anna Musyarofah
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 1 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.513 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i1.1277

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi ustaz dalam perencanaan pembelajaran kitab bulughul maram materi tentang silaturrahmi di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu Timur. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pola komunikasi ustaz dan santri dalam proses pembelajaran kitab bulughul maram materi tentang silaturrahmi di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, dokumntasi, wawancara. Teknis analisisnya dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari penelitian ini dapat dianalisis bahwa belajar kitab bulughul maram tergantung pembawaan seorang ustaz, semakin luas pengetahuan ustaz semakin mudah ia memberikan pengajaran. Hasilnya adalah komunikasi yang digunakan adalah lansung. Dalam proses pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari komunikator (guru) kepada komunikan (siswa) dengan menggunakan saluran media tertentu. Tanpa komunikasi maka tidak akan tercapai secara maksimal dalam mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program 3S (Senyum, Sapa, Salam) Di SMA Negeri 1 Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka D Oca Faraeta; syarifah syarifah; Saiful Anwar
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 2 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.902 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i2.1282

Abstract

Fokus penelitian ini berkenaan dengan implementasi pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam) dan untuk memberikan informasi tambahan mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam). Implementasi pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam) terdapat dalam tiga kegiatan, yaitu: di dalam kegiatan pengembangan diri, di dalam mata pelajaran, dan di dalam kegiatan ekstrakurikuler. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan dapat membantu guru untuk lebih mengembangkan kegiatan dalam program 3S (senyum, sapa, salam). Berdasarkan hasil penelitian, implementasi pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam) sudah terlaksana 85%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk mengatasai faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter melalui program 3S (senyum, sapa, salam) di sekolah
Hubungan Antara Pembelajaran PAI Dalam Sistem Full Day School Dengan Perilaku Beragama Siswa (Studi Pada Siswa SMKN 1 Koba) Ismail Ismail; Basri Basri; Dian Puspita Eka Putri
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 2 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.294 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i2.1283

Abstract

Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa betapa pentingnya pendidikan keagamaan terutama kegiatan positif seperti akhlak untuk meningkatkan sikap taat menjalankan ajaran agama Islam bagi semua insan, terutama pada anak usia 15-21 tahun. Pada usia tersebut remaja masih memerlukan bimbingan dan dalam tahap perkembangan serta masih terus menggali jati diri yang sebenarnya menurut ajaran agama Islam itu sendiri sehingga lingkungan pun masih menjadi pengaruh masa pertumbuhannya. Lingkungan yang membawa pengaruh positif cenderung akan berdampak sangat baik bagi pertumbuhan remaja tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi. Subyek penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Koba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMKN 1 Koba adalah tergolong sedang. Sedangkan sikap perilaku beragama siswa di SMKN 1 Koba adalah tergolong sedang. Adapun hasil uji korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran PAI dengan perilaku beragama. Besar koefisien korelasi antara pembelajaran PAI dengan perilaku beragama yaitu sebesar 0,354. Hasil penelitian menunjukkan nilai rhitung (0,354)˃ rtabel (0,214), dan nilai signifikansinya 0,001˃ 0,05
Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Siswa Berjilbab Kelas VI Di SD Negeri 18 Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah Susilawati Susilawati; Janawi Janawi; Anna Musyarofah
LENTERNAL: Learning and Teaching Journal Vol 1 No 2 (2020): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal
Publisher : IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.63 KB) | DOI: 10.32923/lenternal.v1i2.1284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 22.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengaruh kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi siswa berjilbab kelas VI di SD Negeri 18 Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah, sesuai dengan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa jika nilai Thitung > Ttabel pada taraf signifikasi 5% (0,05) dengan angka 3 angka 2,789 > 1,739 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan besar pengaruh antara variabel X terhadap Y sebesar 31,4 % dengan melihat tabel R Square (koefisien determinasi) R2= 0,314 X 100 = 31,4 % dan sisanya 68,6 % dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi siswa berjilbab. Adapun bentuk persamaan regresi sesuai dengan yang diperoleh pada tabel Coefficientsa diperoleh nilai konstanta 13,196 dan niali koefisien b1 (kepribadian guru PAI) sebesar 0,579. Maka bentuk persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 13,196 + 0,579X.