cover
Contact Name
Adilah Wirdhani Lubis
Contact Email
wirdhanidila@gmail.com
Phone
+6281361102671
Journal Mail Official
wirdhanidila@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
ISSN : 26141817     EISSN : 2654637X     DOI : https://doi.org/10.30743/cheds.v5i2.4802
Core Subject : Science, Education,
Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ilmiah yang berorientasi pada bidang pendidikan kimia, keilmuan kimia serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi media bagi masyarakat untuk menyalurkan hasil pemikiran, ide, dan gagasannya sehingga memberikan inovasi serta dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam dunia pendidikan dan kimia khususnya.
Articles 65 Documents
PENGEMBANGAN MODUL MULTIMEDIA BERBASIS TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI MAN 4 MEDAN Rimay Handayani Z; Julia Maulina; Lisa Ariyanti Pohan
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.312 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v2i2.1012

Abstract

Modul multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan pada proses pembelajaran. Modul multimedia juga dapat dimodifikasi dengan model pembelajaran seperti TGT. Pada penelitian ini disarankan modul multimedia berbasis TGT pada materi peran ilmu kimia dalam kehidupan diberikan kepada siswa kelas X MAN 4 Medan dengan merujuk kepada perbedaan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D, yang meliputi tahap (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (3) Disseminate. Tingkat kelayakan modul multimedia berbasis TGT telah di validasi oleh para ahli dan uji coba skala kecil Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data produk, uji normalitas dan uji sample t-test. Dari hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,177% dan pada kelas control sebesar 0,198%. Hasil uji T menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak.Kata kunci: Modul multimedia berbasis TGT, hasil belajar, peran ilmu kimia dalam kehidupan.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA KARTU KERJA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM Nurliana Padang; Jasmidi Jasmidi; Wilda Wani Siregar
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.598 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v2i1.697

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan media power point dan tipe NHT dengan media kartu kerja pada materi pokok Struktur Atom di mana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media power point dan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja pada materi pokok Struktur Atom di kelas X SMA Tamansiswa  Medan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Di mana XA menjadi kelas eksperimen I dan XB menjadi kelas eksperimen II. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I adalah 78,67 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II adalah 73,67. Dari hasil perhitungan statistik yang menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh  yaitu . Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima atau tidak ada perbedaan hasil belajar.Kata kunci: Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Media Power Point, Media Kartu Kerja, Struktur Atom. 
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DENGAN POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA Ribka Nisdawati Telaumbanua
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.97 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v4i2.4622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan  model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning) dengan Model Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan Media Power Point terhadap  hasil belajar kimia siswa pada materi Ikatan Kimia.. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata dari pre-test yaitu pada kelas eksperimen I adalah 59,3 dengan standar deviasi 41,109 sedangkan pada test akhirnya (post-test) adalah 82,3 dengan standar deviasi 38,235.Untuk  nilai rata-rata kelas eksperimen II pada pre-testnya adalah 58,1 dengan standar deviasi 49,665 untuk post-testnya adalah 80,1 dengan standar deviasi 39,594. Untuk uji normalitas data pada kelas eksperimen I menggunakan Problem Based Learning dan pada kelas eksperimen II menggunakan Student Teams Achievement Division dan post-test kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji Homogenitas kedua kelas sampel homogen. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang menggunakan Uji-t (hipotesis) nilai Pre-test  thitung ttabel yaitu 1,75 1,81, nilai post-tes  = 1,81 maka, 2 1,81 sehingga  ditolak dan  diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dan yang dibelajarkan menggunakan model Student Teams Achievement Division.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID Wildawani Siregar
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.359 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v4i1.3620

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota 4 - 5orang siswa yang diambil secara heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Data yang diperoleh menunjukan berdistribusi normal dimana Ltabel (0.160 0,161). Untuk nilai pretest diperoleh data Lhitung Ltabel (0,104 0,161) pada nilai postest. Dan uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung Ftabel (1,08 1,86) pada hasil postest menyatakan bahwa kemampuan populasi bersifat homogen. Dengan digunakan sebagai sampel penelitian. Nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen semu adalah X = 7,6 dengan standar deviasi (S) = 0,95. Dari hasil perhitungan statistik menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel ( thitung = 18,31 ttabel = 2,002 ) sehingga hasil yang diperoleh menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid.Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa, Koloid
Optimasi Zat Aditif (Apis, Citrus Aurantifolia dan Activated Charcoa) pada Pembuatan Sabun Anti Jerawat dari Minyak Biji Alpukat Sukmawati Sukmawati; Pratiwi Putri Lestari
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.537 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v4i1.2599

Abstract

Sabun merupakan surfaktan yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan uji efektifitas dari minyak biji alpukat sebagai bahan dalam pembuatan sabun transparan dan penambahan zat aditif untuk mengurangi jerawat pada wajah.Pembuatan sabun anti jerawat berbahan dasar minyak biji alpukat, NaOH, asam stearat, gliserol, alkohol, sukrosa, zat aditif (madu, jeruk nipis dan karbon aktif), aquadest, pewarna dan pewangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan zat aditif yang digunakan dapat mempengaruhi kadar air dan pH sabun yang dihasilkan. Untuk zat aditif jenis madu dan jeruk nipis semakin banyak penambahannya maka semakin tinggi kadar air nya. Sedangkan untuk zat aditif jenis karbon aktif, semakin banyak penambahannya semakin berkurang kadar airnya, hal ini disebabkan karena karbon aktif yang digunakan berbentuk padat dan memiliki sifat mudah menyerap air. Penambahan zat aditif yang optimal diperoleh pada penambahan zat aditif madu 1 dan 3 ml yang menghasilkan kadar air yaitu sebesar 6 % dan 14 % dengan pH keduanya yaitu 7.Kata kunci : Sabun, Zat Aditif, Saponifikasi, Biji Alpukat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR Uswatun Hasanah S.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.127 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v2i1.714

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tapung dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok. Jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen)  dan kelas XI IPA2 (kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu senyawa karbon, pre-test dan post-test sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan  menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 3,08 dan  ttabel= 2,00 dan menunjukkan thitung ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 11,63%.Kata  Kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok, Sistem Koloid.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH Fuadaturrahmah Fuadaturrahmah; Yumira Simamora
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.284 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v5i2.4803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Media animasi computer dan LKS Terhadap Hasil Belajar (Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif) Kimia Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas  XI IPA MA. LAB UIN SU Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan total siswa 60 siswa. Adapun sampel yang diambil satu kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 30 siswa/kelas. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil kognitif adalah test objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 23 soal yang sudah valid. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa  adalah 37,0 + 8,5 dan setelah diberikan pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media animasi komputer dan LKS diperoleh hasil belajar siswa sebesar 87,0 + 7,5 denga rata-rata gain sebesar 0.81. diperoleh data kognitif (Post Test : 87,0 + 7,5 dan gain 81 %), data afektif 81 +4,7 sedangkan data psikomotor 86 + 6,8. Peningkatan hasil belajar kimia siswa yang signifikan sebesar 81 %. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung ttabel yaitu 4,38 1,699 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) sehingga Ha diterima yang berarti dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media animasi komputer dan LKS terhadap hasil belajar kimia siswa.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT Hidayati Hura; Yuniarti Yusak; Budianto Budianto; Uswatun Hasanah
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (856.526 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v3i1.3888

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe NHT. Populasi yang digunakan 2 kelas masing-masing 30 siswa. Dimana kelas X-KA1 menjadi kelas eksperimen I (NHT) dan kelas X-KA4 menjadi kelas eksperimen II (STAD). Sampel yang digunakan adalah random sampling.  Data berdistribusi normal yaitu Lhitung ˂ Ltabel (0,0882˂0,161) untuk nilai postes kelas eksperimen I (NHT) dan  Lhitung ˂ Ltabel (0,0493˂0,161) untuk nilai postes kelas eksperimen II (STAD). Uji Homogenitas pada hasil postes diperoleh Fhitung  ˂ Ltabel (1,28˂1,86) sehingga disimpulkan populasi bersifat homogen. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen I (NHT) adalah  = 5,82  dengan standar deviasi adalah S = 2,12 dan nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen II (STAD) adalah  = 4,78 dengan standar deviasi S = 1,56. Uji hipotesis nilai thitung = 8,455 sedangkan nilai ttabel = 2,002 sehingga thitung ttabel, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.
IMPLEMENTASI UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI Hisar Marulitua Manurung
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.734 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v3i2.2857

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) terhadap berpikir kreatif mahasiswa pada pokok bahasan laju reaksi. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan populasi seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester 3 dan sampel penelitian sebanyak 72 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang ditentukan menggunakan random sampling yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas kontrol (kelas yang dibelajarkan dengan model Direct Instruction (DI)) dan kelas eksperimen (kelas yang dibelajarkan dengan UKBM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kreatif yang terkembaang pada mahasiswa kelas eksperimen sebesar 3,25  lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 3,00. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi UKBM terhadap berpikir kreatif mahasiswa pada pokok bahasan laju reaksi.
Pengaruh Praktikum Aplikatif Berbasis Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI MAS Amaliyah Sunggal Dinda Nickyanti; Julia Maulina; Dian Nirwana Harahap
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.133 KB) | DOI: 10.30743/cheds.v4i1.2595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum aplikatif berbasis chemoentrepreneurship (CEP) terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi koloid yang menggunakan metode praktikum aplikatif berbasis CEP dan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di X1 MAS Amaliyah Sunggal tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah, dan kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran praktikum aplikatif CEP. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian  diperoleh rata – rata pretest siswa  pada kelas eksperimen bernilai 37, sedangkan pada kelas kontrol 39. Pada postest rata – rata meningkat untuk kelas eksperimen bernilai 56 dan pada kelas kontrol memiliki rata – rata 52. Persentase pada kelas eksperimen yaitu 51,4% sehingga termasuk kriteria sedang pada uji N – gain, sedangkan pada kelas kontrol tingkat persentase yaitu 33,3% sehingga termasuk kriteria pada uji N - gain rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh praktikum aplikatif berbasis CEP terhadap hasil belajar siswa materi koloid di kelas XI MAS Amaliyah Sunggal.Kata kunci: chemoentrepreneurship; hasil belajar; koloid