cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar No. K-2/22, Medan, Provinsi Sumatera Utara, 20226
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA)
ISSN : -     EISSN : 2808831X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA) merupakan jurnal yang berfokus kepada penerbitan artikel pada bidang penelitian-penelitian sosial. jurnal ini berupaya memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan pada bidang pendidikan, penelitian, sosial science, dan pengabdian.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 93 Documents
Analisis Permainan Tradisional Yang Telah Hilang Dari Peredaran Di Kampung AFD IV Sei Kebara Taufiq Hidayah Tanjung, Nailan Nikmah Siregar
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.886 KB)

Abstract

This research shows traditional games that have been lost from circulation in AFD IV Sei Kebara Village. the method used is qualitative research. The result of the research is that traditional games are games that are cheap, easy, and provide a sense of joy and fun, besides that they can also improve children's intelligence and health. Parents should not forbid their children to play and do physical activities in the open, because this trains the immune system and anti-body pads in children so that children will avoid various kinds of diseases. From now on, it is hoped that parents and local residents can introduce traditional games to their children, so that traditional games which are characteristic of the nation's culture are not lost and can be preserved again.
Kesulitan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19 Di SMAN 1 Sei Rampah Ropida Batubara, Ahmad Zaki
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.307 KB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap bagaimana kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dimasa pandemi covid 19, penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sei Rampah. Hasil penelitian respons dari masyarakat tentang pembelajaran fdaring adalah tidak semua anak bisa menerima pembelajaran melalui online, dan banyak orang tua yang mengeluh karena sekolah online, disebabkan oleh bebrapa faktor tadi, yaitu jaringan, kemauan belajar anak, pengetahuan tegnologi yang tidak cukup memadai, oleh karenanya banyak dari masyarakat yang mengharapkan pembelajaran bisa di normalkan kembali seperti sebelum adanya pandemic covid-19 ini. Beberapa metode yang bisa di pakai untuk pembelajaran daring seperti Project Based Learning, Daring Method, Luring Method, Home Visit Method, Integrated Curriculum, Blended Learning.
Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Materi Perkalian Di Kelas III Madrasah Ibtidaiah Dini Pratiwi, Hidayat
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.875 KB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SD masih berpusat pada guru saja, siswa cenderung lebih cepat merasa bosan saat belajar. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengembangkan media interaktif berbantuan powerpoint pada materi perkalian pada kelas III MI Annajwaturrusydah Sibatu-Batu Kec. Bandar Masilam Kab. Simalungun. Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development), metode penelitian model ADDIE. Penelitian ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu Analisis (analysis), Desain (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation), Evaluasi (evaluation). Penelitian ini hanya sampai pada tahap development dan tidak sampai pada tahap evaluation. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat uji kelayaan media pembelajaran melalui validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti maka diperoleh kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu: setelah melakukan validasi media oleh ahli media dan ahli materi maka Media interaktif berbantuan powerpoint pada pembelajaran matematika khususnya materi perkalian kelas III MI merupakan media pembelajaran yang menarik untuk siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran disekolah. Dengan adanya media pembelajaran ini materi dapat tersampaikan dengan baik dan menarik sehingga di saat pembelajaran berlangsung tidak membosankan sehingga media ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran siswa kelas III MI.
The Implementation Of Genre Approach On Students’ Skill In Writing Anecdot Text At SMA Nusa Penida Medan In 2018 – 2019 School Year Affan Lubis, Salamuddin Selian
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 2 No 1 Februari 2022
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.965 KB)

Abstract

This study was about the effect of two teaching approaches on the students’ writing achievement. The two teaching approaches were Process Approach and genre Approach. An experimental research design was used to conduct the study. The study involved the Grade XI students of SMA Nusa Penida Medan in 2018-2019 School Year the samples were 40 students divided into two experimental groups which were given a pretest. The first group was the first experimental one taught with process approach while the second experimental group was taught with genre approach. After giving the treatment, a post test was administered to both groups to have the data. The data were, then analyzed by using t-test. The findings showed that both approaches significantly affected the students’ achievement in writing anecdote text. It was indicated by the value of the t-observed which was greater than the t-table. However, there was no significant difference of the implementation of both approaches. Based on the result of the study, both approaches were suggested to be used in the language teaching learning process to improve the students’ achievement especially in writing anecdote text.
Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Penghimpunan Dan Pendistribusian Zakat, Infaq Dan Sedekah (ZIS) Baitulmal Kota Subulussalam Tahun 2018-2020 Nurhotma Tambak, Isnaini Harahap, Khairina Tambunan
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 2 No 1 Februari 2022
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.429 KB)

Abstract

Sejak Maret 2019, Dunia sedang diguncang dengan adanya pandemi Covid-19. Seluruh negara tak terkecuali Indonesia ikut merasakan dampaknya. Dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 bersifat multidimensional, salah satu yang terkena imbasnya adalah Lembaga zakat seperti Baitulmal. Adanya wabah ini pendapatan para Muzaki mengalami penurunan, sehingga berpengaruh terhadap penghimpunan zakat yang dilakukan. Tetapi hal ini tidak terjadi pada Baitulmal Kota Subulussalam, penghimpunan zakat dan infaq setiap tahunnya mengalami peningkatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pengumpulan informasi tambahan. Tehnik bermacam-macam informasi yang dilakukan yaitu persepsi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menyelidiki informasi tersebut digunakan pemeriksaan subyektif dengan teknik analisis deskriptif. Strategi legitimasi informasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi khusus. Kenaikan zakat disaat pandemic dikarenakan sawit sebagai sumber utama rata-rata pendapatan masyarakat tidak mengalami penurunan, harga sawit justru meningkat. Selain harga sawit yang tidak mengalami penurunan faktor lain yang menyebabkan kenaikan penghimpunan zakat yaitu, pemerintah daerah Prov. Nanggroe Aceh Darussalam yang mewajibkan masyarakat untuk mengeluarkan zakat dan gencarnya sosialisasi pihak Baitulmal Kota Subulussalam kepada masyarakat membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Peningkatan penghimpunan zakat terjadi ditahun 2020 sebesar 4.707.530.198 dibandingkan dengan sebelumnya yaitu tahun 2019 sebesar 4.106.633.345 dan tahun 2018 sebesar. 3.373.667.764 disusul dengan peningkatan Pendistribusian zakat pada tahun 2020 sebesar 4.382.807.030 dibandingkan dengan tahun sebelumnyaya yaitu tahunn2019 sebesarn2.769.500.000 danntahun 2018 sebesarn2.290.000.000.
Implementasi Manajemen Perubahan Pada Pondok Pesantren Di Pesantren Ulumul Qur'an Stabat Kabupaten Langkat Yuda Mulia Ramadhan Sitepu, Muhammad Fuad Zaini
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.36 KB)

Abstract

This study is to see the implementation of change management in Islamic boarding schools at Ulumul Qur'an Islamic boarding school Stabat, Langkat Regency. the method used is qualitative. The results of the study show that the implementation of change management in Islamic boarding schools at the Ulumul Qur'an Islamic boarding school Stabat, Langkat Regency, has a history of its establishment, the existence of educators and education staff, the supporting factors in the management of change in the pesantren and the inhibiting factors in the management of change in the pesantren. . From the history of the establishment of the Ulumul Qur'an Islamic boarding school, we can see that this Islamic boarding school prioritizes the Qur'anic Sciences, educators and education staff who really have achievements to teach at the Ulumul Qur'an Islamic boarding school, then there are supporting factors for the pesantren. here is the input from community leaders, parents and the number of students where the pesantren can experience good changes and finally the inhibiting factor in the pesantren is also when the state of the cottage or the financial situation is starting to need and there are shortages, here we will also affect the management factor and because it is all based on ability in terms of financial efforts
Meninjau Kegelisahan Mahasiswa Dengan Kondisi Lapangan Pekerjaan Alpiq Rizki, Mansur Hidayat Pasaribu
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.008 KB)

Abstract

Persaingan antar pencari kerja sangat tinggi, perusahan sering mengajukan syarat seperti strata pendidikan dan juga gelar sehingga jurusan menjadi faktor yang tidak kalah penting sebagai penentu peluang individu dalam mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut meningkatkan jumlah pengangguran bertambah. Tidak jarang mahasiswa dengan jurusan tertentu dapat merasa khawatir dan cemas dalam menghadapi dunia kerja. Kecemasan menghadapi dunia kerja adalah besarnya perasaan khawatir berlebihan yang dialami oleh individu pada saat menjalani atau menghadapi dunia kerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester akhir. Kecemasan juga di timbulkan oleh situasi pandemic COVID-19 yang telah mewabah dunia khusunya Indonesia Untuk Mahasiswa Semester Akhir. Kondisi pandemic ini menimbulkan kekhawatiran pada Mahasiswa Semeter akhir dengan adanya Lapangan pekerjaan yang begitu menyimpit dan Banyak Orang yang ter PHK dalam Kondisi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa Sangat Khawatir akan tidak adanya Lapangan Pekerjaan Dengan Situasi Pandemi Covid-19 dan Permintaan Jurusan dari Pihak Terkait.
Respon Masyarakat Terhadap Ditiadakannya Pembelajaran Tatap Muka Di, Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan Nanda Putri Khafifah, Zaini Sahara, Novira Arafah
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.075 KB)

Abstract

Penelitian ini berupanya untuk mengungkap bagaimana Respon Masyarakat Terhadap Ditiadakannya Pembelajaran Tatap Muka Di, Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan. Metode penelitian yang dilakukan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang meneliti tentang respon masyarakat terhadap ditiadakannya pembelajaran tatap muka, Kec. Buntu Pane. Hasil penelitian tidak semua anak bisa menerima pembelajaran melalui online, dan banyak orang tua yang mengeluh karena sekolah online, disebabkan oleh bebrapa faktor tadi, yaitu jaringan, kemauan belajar anak, pengetahuan tegnologi yang tidak cukup memadai, oleh karenanya banyak dari masyarakat yang mengharapkan pembelajaran bisa di normalkan kembali seperti sebelum adanya pandemic covid-19 ini.
Pengembangan Media Puzzle Berbantu Powerpoint Pada Materi Pecahan Di SD Vira Fransiska, Sukmawarti
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.63 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalah pada pembelajaran Matematika yaitu, kurangnya media pembelajaran yang bervariasi dan menarik pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan Untuk mendesain media puzzle berbantu Pointpoint pada materi pecahan di SD. Untuk mengetahui kelayakan media puzzle berbantu powerpoint pada materi pecahan di SD. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) yang terdiri dari 5 tahap yaitu (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data adalah angket. Data yang diperoleh berupa data analisis deskriftif kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyatakan layak. Hasil validasi ahli media dinyatakan sangat layak dengan memperoleh penilaian jawaban “Ya” sebanyak 13 dari 13 pertanyaan. Hasil validasi ahli materi dinyatakan sangat layak dengan memperoleh penilaian jawaban “Ya” sebanyak 10 dari 10 pertanyaan. Dan penilaian hasil tanggapan guru memperoleh penilaian jawaban “Ya” sebanyak 10 dari 10 pertanyaan. Maka media puzzle berbantu powerpoint pada materi pecahan di SD dikategorikan Sangat Layak.
Pengaruh Media Lapbook Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101899 Lubuk Pakam Syahrina, Safrida Napitupulu
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.547 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah adanya media lapbook yang digunakaan pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 101899 Lubuk Pakam, khususnya pada materi kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk design nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dua kelas dari kelas V, yaitu kelas VA dan VB. Dari dua kelas tersebut, kelas VA dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (13 siswa) dan kelas VB dikelompokkan menjadi kelas kontrol (13 siswa). Kelas eksperimen menerapkan media lapbook dan kelas kontrol menerapkan buku paket IPS. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil perhitungan uji t kelompok terpisah pada saat posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol, karena thitung = 3,26 lebih besar dari pada ttabel = 1,71 (thitung > ttabel). Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan bahwa media lapbook lebih efektif dari pada buku paket, serta media lapbook memberikan pengaruh yang signifikan penggunaan media lapbook terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 101899 Lubuk Pakam, yaitu sebesar 10,31. Hal tersebut menunjukkan bahwa media lapbook memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS.

Page 1 of 10 | Total Record : 93