Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA)
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA) merupakan jurnal yang berfokus kepada penerbitan artikel pada bidang penelitian-penelitian sosial. jurnal ini berupaya memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan pada bidang pendidikan, penelitian, sosial science, dan pengabdian.
Articles
98 Documents
Implementasi Manajemen Perubahan Pada Pondok Pesantren Di Pesantren Ulumul Qur'an Stabat Kabupaten Langkat
Yuda Mulia Ramadhan Sitepu, Muhammad Fuad Zaini
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (183.36 KB)
This study is to see the implementation of change management in Islamic boarding schools at Ulumul Qur'an Islamic boarding school Stabat, Langkat Regency. the method used is qualitative. The results of the study show that the implementation of change management in Islamic boarding schools at the Ulumul Qur'an Islamic boarding school Stabat, Langkat Regency, has a history of its establishment, the existence of educators and education staff, the supporting factors in the management of change in the pesantren and the inhibiting factors in the management of change in the pesantren. . From the history of the establishment of the Ulumul Qur'an Islamic boarding school, we can see that this Islamic boarding school prioritizes the Qur'anic Sciences, educators and education staff who really have achievements to teach at the Ulumul Qur'an Islamic boarding school, then there are supporting factors for the pesantren. here is the input from community leaders, parents and the number of students where the pesantren can experience good changes and finally the inhibiting factor in the pesantren is also when the state of the cottage or the financial situation is starting to need and there are shortages, here we will also affect the management factor and because it is all based on ability in terms of financial efforts
Analisis Permainan Tradisional Yang Telah Hilang Dari Peredaran Di Kampung AFD IV Sei Kebara
Taufiq Hidayah Tanjung, Nailan Nikmah Siregar
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (162.886 KB)
This research shows traditional games that have been lost from circulation in AFD IV Sei Kebara Village. the method used is qualitative research. The result of the research is that traditional games are games that are cheap, easy, and provide a sense of joy and fun, besides that they can also improve children's intelligence and health. Parents should not forbid their children to play and do physical activities in the open, because this trains the immune system and anti-body pads in children so that children will avoid various kinds of diseases. From now on, it is hoped that parents and local residents can introduce traditional games to their children, so that traditional games which are characteristic of the nation's culture are not lost and can be preserved again.
Meninjau Kegelisahan Mahasiswa Dengan Kondisi Lapangan Pekerjaan
Alpiq Rizki, Mansur Hidayat Pasaribu
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (195.008 KB)
Persaingan antar pencari kerja sangat tinggi, perusahan sering mengajukan syarat seperti strata pendidikan dan juga gelar sehingga jurusan menjadi faktor yang tidak kalah penting sebagai penentu peluang individu dalam mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut meningkatkan jumlah pengangguran bertambah. Tidak jarang mahasiswa dengan jurusan tertentu dapat merasa khawatir dan cemas dalam menghadapi dunia kerja. Kecemasan menghadapi dunia kerja adalah besarnya perasaan khawatir berlebihan yang dialami oleh individu pada saat menjalani atau menghadapi dunia kerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester akhir. Kecemasan juga di timbulkan oleh situasi pandemic COVID-19 yang telah mewabah dunia khusunya Indonesia Untuk Mahasiswa Semester Akhir. Kondisi pandemic ini menimbulkan kekhawatiran pada Mahasiswa Semeter akhir dengan adanya Lapangan pekerjaan yang begitu menyimpit dan Banyak Orang yang ter PHK dalam Kondisi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa Sangat Khawatir akan tidak adanya Lapangan Pekerjaan Dengan Situasi Pandemi Covid-19 dan Permintaan Jurusan dari Pihak Terkait.
Respon Masyarakat Terhadap Ditiadakannya Pembelajaran Tatap Muka Di, Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan
Nanda Putri Khafifah, Zaini Sahara, Novira Arafah
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (168.075 KB)
Penelitian ini berupanya untuk mengungkap bagaimana Respon Masyarakat Terhadap Ditiadakannya Pembelajaran Tatap Muka Di, Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan. Metode penelitian yang dilakukan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang meneliti tentang respon masyarakat terhadap ditiadakannya pembelajaran tatap muka, Kec. Buntu Pane. Hasil penelitian tidak semua anak bisa menerima pembelajaran melalui online, dan banyak orang tua yang mengeluh karena sekolah online, disebabkan oleh bebrapa faktor tadi, yaitu jaringan, kemauan belajar anak, pengetahuan tegnologi yang tidak cukup memadai, oleh karenanya banyak dari masyarakat yang mengharapkan pembelajaran bisa di normalkan kembali seperti sebelum adanya pandemic covid-19 ini.
Kesulitan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19 Di SMAN 1 Sei Rampah
Ropida Batubara, Ahmad Zaki
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (177.307 KB)
Penelitian ini mengungkap bagaimana kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dimasa pandemi covid 19, penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sei Rampah. Hasil penelitian respons dari masyarakat tentang pembelajaran fdaring adalah tidak semua anak bisa menerima pembelajaran melalui online, dan banyak orang tua yang mengeluh karena sekolah online, disebabkan oleh bebrapa faktor tadi, yaitu jaringan, kemauan belajar anak, pengetahuan tegnologi yang tidak cukup memadai, oleh karenanya banyak dari masyarakat yang mengharapkan pembelajaran bisa di normalkan kembali seperti sebelum adanya pandemic covid-19 ini. Beberapa metode yang bisa di pakai untuk pembelajaran daring seperti Project Based Learning, Daring Method, Luring Method, Home Visit Method, Integrated Curriculum, Blended Learning.
Pengembangan Media Puzzle Berbantu Powerpoint Pada Materi Pecahan Di SD
Vira Fransiska, Sukmawarti
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (181.63 KB)
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalah pada pembelajaran Matematika yaitu, kurangnya media pembelajaran yang bervariasi dan menarik pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan Untuk mendesain media puzzle berbantu Pointpoint pada materi pecahan di SD. Untuk mengetahui kelayakan media puzzle berbantu powerpoint pada materi pecahan di SD. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) yang terdiri dari 5 tahap yaitu (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data adalah angket. Data yang diperoleh berupa data analisis deskriftif kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyatakan layak. Hasil validasi ahli media dinyatakan sangat layak dengan memperoleh penilaian jawaban “Ya” sebanyak 13 dari 13 pertanyaan. Hasil validasi ahli materi dinyatakan sangat layak dengan memperoleh penilaian jawaban “Ya” sebanyak 10 dari 10 pertanyaan. Dan penilaian hasil tanggapan guru memperoleh penilaian jawaban “Ya” sebanyak 10 dari 10 pertanyaan. Maka media puzzle berbantu powerpoint pada materi pecahan di SD dikategorikan Sangat Layak.
Pengaruh Media Lapbook Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101899 Lubuk Pakam
Syahrina, Safrida Napitupulu
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (263.547 KB)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setelah adanya media lapbook yang digunakaan pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 101899 Lubuk Pakam, khususnya pada materi kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk design nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dua kelas dari kelas V, yaitu kelas VA dan VB. Dari dua kelas tersebut, kelas VA dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (13 siswa) dan kelas VB dikelompokkan menjadi kelas kontrol (13 siswa). Kelas eksperimen menerapkan media lapbook dan kelas kontrol menerapkan buku paket IPS. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil perhitungan uji t kelompok terpisah pada saat posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol, karena thitung = 3,26 lebih besar dari pada ttabel = 1,71 (thitung > ttabel). Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan bahwa media lapbook lebih efektif dari pada buku paket, serta media lapbook memberikan pengaruh yang signifikan penggunaan media lapbook terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 101899 Lubuk Pakam, yaitu sebesar 10,31. Hal tersebut menunjukkan bahwa media lapbook memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS.
Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 101884 Limau Manis
Adinda Febrianti, Nurmairina
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (364.046 KB)
Penelitian ini adalah untuk mem?p?rk?n pengaruh model pembel?j?r?n Picture And Picture Dalam Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 101884 Limau Manis Tahun Pembelajaran 2021-2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101884 Limau Manis. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Adalah Pre-Test Post-Test Desain.hasil penelitian dengan jumlah responden yaitu 36 siswa, diperoleh skor nilai siswa dengan jumlah 2215. Skor pembelajaran sebelum menggunakan model picture and picture, terdapat skor tertinggi dengan nilai 69 dan skor terendah 55, dengan nilai rata-rata (mean) 61,53. Standart deviasi (SD) yaitu 4,712. Kemudian skor pembelajaran sesudah menggunakan model picture and picture diperoleh skor nilai siswa dengan jumlah 3065. Terdapat skor tertinggi dengan nilai 93 dan skor terendah 74, dengan nilai rata-rata (mean) 85,14. Standart deviasi (SD) yaitu 6,330. Terdapat pengaruh Model Picture And Picture dalam menulis teks narasi pada siswa kelas V SD Negeri 101884 Limau Manis dengan di diketahui nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000< 0,05.
Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Materi Perkalian Di Kelas III Madrasah Ibtidaiah
Dini Pratiwi, Hidayat
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (229.875 KB)
Pembelajaran matematika di SD masih berpusat pada guru saja, siswa cenderung lebih cepat merasa bosan saat belajar. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengembangkan media interaktif berbantuan powerpoint pada materi perkalian pada kelas III MI Annajwaturrusydah Sibatu-Batu Kec. Bandar Masilam Kab. Simalungun. Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development), metode penelitian model ADDIE. Penelitian ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu Analisis (analysis), Desain (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation), Evaluasi (evaluation). Penelitian ini hanya sampai pada tahap development dan tidak sampai pada tahap evaluation. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat uji kelayaan media pembelajaran melalui validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti maka diperoleh kesimpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu: setelah melakukan validasi media oleh ahli media dan ahli materi maka Media interaktif berbantuan powerpoint pada pembelajaran matematika khususnya materi perkalian kelas III MI merupakan media pembelajaran yang menarik untuk siswa sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran disekolah. Dengan adanya media pembelajaran ini materi dapat tersampaikan dengan baik dan menarik sehingga di saat pembelajaran berlangsung tidak membosankan sehingga media ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran siswa kelas III MI.
Desain Pembelajaran Perkalian Bilangan Melalui CTL DikelaS II SD
Siti Nur Holizah, Ahmad Sukri Nasution
Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat Volume 1 No 1 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (195.344 KB)
Tujuan dalam penelitian untuk mengembangkan Desain pembelajaran pada pembelajaran perkalian bilangan di kelas II Sekolah Dasar. Dimana pada penelitian ini dilaksanakan SD N.060939 JL.Turi Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, kota Medan. Model penelitian yang di gunakan ADDIE (Analysis; Design; Development; Implementation; dan Evaluation), namun yang digunakan peneliti hanyalah menggunakan ADD (Analysis; Design; Development) dikarenakan di masa pandemic covid 19 yang mengharuskan pembelajaran dari rumah. Pada penelitian ini menghasilkan produk yaitu : RPP dan LKPD, pada produk ini diuji cobakan pada 2 ahli RPP dan 2 ahli LKPD. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti dan sudah divalidasi oleh dosen validasi materi LPKD dan guru validasi RPP yang menghasilkan sebuah LKPD dan RPP yang layak di gunakan oleh guru agar tercipta pembelajaran yang dapat menjadikan siswa berperan aktif dalam pembelajaran di kelas II SD N 060939.