cover
Contact Name
Ahmad Rustam
Contact Email
ahmad.rustam1988@gmail.com
Phone
+6285399507330
Journal Mail Official
almufi.ajmaee@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bandara Halu Oleo, Ambaipua, Ranomeeto, Konawe Selatan
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE)
ISSN : 27980448     EISSN : 27982041     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE) published in June and December Special editions are also planned according to scope and needs. AJMAEE publishes research articles that have never been published before. Every article submitted to the editorial staff will be reviewed and researched by the editor for eligibility or publication without reducing the substance of the article.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 31 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI ACEH BARAT Munaroh Munaroh; Mulyadi Mulyadi
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 1 (2021): Juni (2021) AJMAEE
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1032.05 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR) atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pasi Pinang yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang memakai prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pratindakan hanya 4 orang siswa atau 26,7% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 54. Pada siklus I ada 8 siswa atau 53,3% yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 65,3. Pada siklus II, 12 siswa atau 80% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa adalah 78. Hasil Observasi kegiatan guru pada siklus I adalah 75% termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II mencapai 86,1% dalam kategori sangat baik. Hasil pengamatan siswa pada siklus I dalam kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat
Evaluasi Program Unit Kesehatan Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Parakan Temanggung Yenny Aulia Rachman; Ahmad Zakariya
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 1 (2021): Juni (2021) AJMAEE
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.347 KB)

Abstract

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan saluran utama pendidikan kesehatan yang ada di sekolah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan membentuk perilaku hidup sehat, kemudian akan menghasilkan kesehatan peserta didik secara optimal. Sejak beberapa tahun berdiri program UKS MAN Parakan Temanggung belum pernah dilakukan evaluasi. Untuk mengetahui keefektifan dan keberhasilan program tersebut maka evaluator melakukan penelitian evaluasi pada program tersebut. Jenis penelitian ini yaitu  penelitian deskriptif kualitatif dalam hal ini mengenai evaluasi program UKS di sekolah MAN Parakan Temanggung. Model yang digunakan untuk evaluasi yaitu dengan model goal free evaluation.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan  analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu Pelayanan UKS MAN Parakan Temanggung kepada para pasien sudah efektif. Sarpras yang tersedia sudah lengkap namun perlu adanya perawatan dan pemeliharaan.  Rekomendasi yang dapat evaluator berikan yaitu Manajemen Personalia : perlu dibenahi tentang  penambahan personil dalam cabang kesiswaan / koordinator wakil siswa dalam bidang keehatan sekolah. Team Work : perlu adanya kerjasama antara guru pengampu dan pihak sekolah sesuai dengan tugas-tugas yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pelayanan: pelayanan yang sudah baik perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Dari hasil penelitian tersebut maka evaluator memberikan rekomendasi bahwa program UKS di MAN Temanggung perlu dilanjutkan dengan meningkatkan potensi pada teamwork, pelayanan, dan poersonalia.
Analyzing EFL Learners’ Essay Writing through IELTS Writing Rubric: is it effective or not? Hijjatul Qamariah
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 1 (2021): Juni (2021) AJMAEE
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (998.359 KB)

Abstract

Penulisan esai Sulit dan juga rumit untuk Pembelajar EFL. Esai diyakini sebagai tulisan akademis yang kompleks yang memiliki organisasi yang lengkap. Oleh karena itu, menilai esai juga bukan pekerjaan mudah bagi guru EFL. Artikel ini membahas tentang tata cara penilaian penulisan esai menggunakan rubrik IELTS. Rubrik IELTS digunakan karena memiliki standar yang kompleks dan standar untuk penilaian penulisan Essay. Oleh karena itu, penggunaan rubrik ini dianggap aplikatif dan membantu guru dalam mereview tulisan siswanya. Empat esai pembelajar EFL dikumpulkan dari kelas Essay Writing di Jurusan Bahasa Inggris UIN Ar-raniry. Keempat esai tersebut kemudian dinilai menggunakan rubrik tugas IELTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap komponen rubrik menulis IELTS mewakili semua kebutuhan dan persyaratan penulisan esai. Dari analisis karangan siswa. Ditemukan bahwa, esai mengikuti respon dari tugas esai yang diberikan kepada mereka. Ini berarti bahwa siswa mengikuti petunjuk untuk tugas dan format esai. Tata bahasa, akurasi, dan kosa kata juga dapat diidentifikasi dengan mudah melalui rubrik ini. Hal ini menunjukkan tingkat masing-masing komponen dalam rubrik dan guru dapat menilai dan membaca ulang esai. Namun, skor akhir harus dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan kelas penulisan esai karena rubrik penulisan IELTS mencantumkan skor rekaman penulisan IELTS yang berbeda dengan kebutuhan kelas.
ANALISIS FRASE PADA DENDANG ACEH SINGKIL “SI MISKIN-MISKIN” Teuku Mahmud
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 1 (2021): Juni (2021) AJMAEE
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.677 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Frase pada Dendang Aceh Singkil Si Miskin-Miskin” yang menjadi pembahasan adalah (1) jenis frase pada Dendang Aceh Singkil, (2) kategori frase pada Dendang Aceh Singkil, dan (3) makna frase dalam Dendang Aceh Singkil. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis frase pada Dendang Aceh Singkil, (2) mendeskripsikan kategori frase pada Dendang Aceh Singkil, dan (3) memaparkan makna frase dalam Dendang Aceh Singkil. Data dan sumber data penelitian ini adalah teks atau naskah dendang “Si Miskin-Miskin”, sedangkan data penelitian adalah frase yang terdapat pada teks tersebut. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) teknik simak dan catat dan (2) metode intropeksi. Pengolahan data dilakukan dengan cara membaca naskah dan mencari data pada naskah. Penganalisisan data dilakukan dengan cara memperhatikan data, menganalisis data, mengklasifikasikan data, dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian menyatakan bahwa frase bahasa Singkil dengan bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya memiliki persamaan dan perbedaan, baik itu bentuk, jenis, kategori, dan maupun maknanya.
Evaluasi Manajemen Pembelajaran Berbasis Opensimka Rahmattullah
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 1 (2021): Juni (2021) AJMAEE
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.334 KB)

Abstract

Opensimka merupakan software pembelajaran jarak jauh yang efektif untuk mengkomunikasikan antara tenaga pendidik dengan mahasiswa mahasiswi. Dapat dikatakan bahwa sangat banyak manfaat yang dirasakan selama menggunakan software opensimka . Namun setiap software yang diciptakan tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Setiap kelebihan itu merupakan bagian kekuatan yang dilambangkan dengan huruf S dalam analisis SWOT. Selanjutnya kelemahan itu dilambangkan dengan huruf W. Penelitian ini dilakukan pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester dua. Lokasi penelitian adalah Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif . Dari Penelitian ini didapat sebuah temuan bahwa terdapat peluang yang bisa menyebabkan software ini efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh dimana unsur peluangnya terdapat pada kemudahan dalam mengoreksi kembali kesalahan dalam pengetikan yang telah dikirim dalam bentuk chat baik dengan menghapus maupun dengan mengedit ulang. Sementara ancaman yang sangat mengganggu dalam menjalankan opensimka ini adalah kemampuan menyimpan memori dalam kapasitas besar. Untuk itu perlu menghimpun kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk dapat meminimalisir gangguan yang bisa menghambat jalannya proses pembelajaran jarak jauh. Adapun rekomendasi yang dapat diberikan untuk berjalannya proses ini yaitu tetap memanfaatkan memori yang sedikit dengan memberikan kode dengan kata-kata seperti terlampir pada opensimka yang nantinya diterukan di google class room sebagai memori bantuan untuk kelajutan pengiriman dokumen yang lebih besar.
LOGISTIC REGRESSION WITH ITEM RESPONSE THEORY (LRIRT): SENSITIVITY DETECTING DIFFERENTIAL ITEM FUNCTIONING Ahmad Rustam
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 1 (2021): Juni (2021) AJMAEE
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (796.438 KB)

Abstract

Analisis butir sangat penting pada tes untuk mendapatkan informasi awal layak atau tidaknya suatu tes digunakan dalam penilaian. Salah satu kriteria baiknya suatu butir yaitu tidak terjadi diskriminasi atau menguntung pada golongan dalam menjawab benar suatu butir. Hal ini disebut dengan perbedaan fungsi butir disebut differential item functioning (DIF). Tujuan penelitian ini, apakah metode LRIRT lebih sensitif mendeteksi DIF dengan 2000 responden daripada 200 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain eksperimen, analisis yang digunakan two independent samples t-test. Data penelitian menggunakan hasil ujian nasional (UN) 2015. Hasil penelitian pertama,metode LRIRT lebih sensitif mendeteksi perbedaan fungsi butir (DIF) yang menggunakan 2000 responden daripada 200 responden. Kesimpulannya, metode LRIRT lebih sensitit deteksi DIF pada ukuran sampel 2000 daripada ukuran sampel 200
THE EVALUATION OF TEACHER’S COMPETENCE IN ENGLISH LEARNING AT SMK-PP NEGERI SAREE maulizan Za; Khatmi
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 1 (2021): Juni (2021) AJMAEE
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.065 KB)

Abstract

The purpose of this study was to describe the competence of teachers teaching English in terms of competence in learning management, namely lesson planning, learning implementation, assessment of learning outcomes, and implementation of follow-up learning outcomes. In analyzing the data used inequality evaluation model. The research subjects were English teachers at the Saree State Vocational High School. The results of the study indicate that the teacher has planned an interesting, creative, innovative learning plan and is in accordance with the time allocation and according to the characteristics of the students; in the implementation of learning, English teachers have implemented effective learning in accordance with the time allocation; in assessing learning outcomes, teachers have not used the learning outcomes assessment instruments in the lesson plans; while in the follow-up of learning outcomes, teachers have not used student learning outcomes to make further lesson plans.
Paradigma Pendidikan Vokasi: Tantangan, Harapan Dan Kenyataan Wargijono Utomo
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.335 KB)

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran mencerminkan bahwa sampai saat ini mutu lulusan belum mampu memenuhi tuntutan dunia kerja. Salah satu pendidikan yang seharusnya menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi keahlian profesional adalah pendidikan kejuruan, namun sepertinya tujuan tersebut belum sepenuhnya tercapai. Pendidikan vokasi yang selama ini diharapkan oleh Pemerintah serta masyarakat agar dapat memberikan suatu keterampilan bagi peserta didiknya sehingga dapat dengan mudah diterima di dunia kerja pada saat lulus, namun ternyata masih belum sesuai yang diharapkan. Penulisan ini bertujuan menganalisis permasalahan pengangguran pendidikan vokasi, tantangan, harapan dan solusi. Dalam penulisan artikel, penulis menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data-data dari berbagai pustaka, membaca, mencatat serta mengolah dari berbagai sumber pustaka yang berkaitan dengan permasalahan pendidikan vokasi di indonesia. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pendidikan vokasi di indonesia masih belum dapat memenuhi harapan sehingga masih perlu dilakukan perbaikan-perbaikan secara struktural dan sistematis untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Upaya Penerapan Metode Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Puisi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Islam Serambi Mekkah Mulita Dewi
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.368 KB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa kelas XI IPS SMA Islam Serambi Mekkah Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian kelas ini berjudul ”Penggunaan model Kontekstual Berbasis Masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS pada materi Menulis Puisi di SMA Islam Serambi Mekkah ” yang dilakukan pada Tahun Ajaran 2020/2021pada semester ganjil. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan awal bulan Januari 2020 sampai dengan akhir bulan Maret 2020. Sumber data berasal dari siswa kelas XI IPS pada semester genap tahun 2020 yang melakukan pembelajaran dengan Metode Kontekstual Berbasis Masalah. Alat pengumpulan data berupa butir soal test. Pengamatan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menandai siswa aktif saat PBM yang sesuai dengan kolom yang tersedia. Validasi data dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai tes siswa ke dalam daftar nilai yang telah disiapkan sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 68.18%, dengan nilai rata-rata 66.81 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 81.81%, dengan nilai rata-rata 80.22 dan siswa yang tuntas dalam memahami materi ini sebanyak 18 siswa dari 22 siswa. Penerapan Metode Kontekstual Berbasis Masalah dalam pembelajaran ekonomi sangat besar manfaatnya bagi guru maupun siswa. Oleh karena itu, hendaknya model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa. Guru hendaknya mengajar dengan menggunakan metode/model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa lebih bersemangat dan menyenangi materi yang diajarkan.
Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suggestion And Offer Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Islam Serambi Mekkah Nova Shintya Dewi
Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education Vol 1 No 2: Desember (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.934 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris pada materi Suggestion and offer siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Serambi Mekkah Tahun Ajaran 2021/2022. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Discovery Learning. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 SMA Islam Serambi Mekkah Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah siswa adalah 26 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu dari bulan Juli s/d September 2021 pada semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu,pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 34,62% pada pra penelitian meningkat menjadi 73,08% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,46% pada siklus II. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan Motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris pada materi Suggestion and offer siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Serambi Mekkah Tahun Ajaran 2021/2022.

Page 1 of 4 | Total Record : 31