cover
Contact Name
Dita Purwinda Anggrella
Contact Email
journaljenius@gmail.com
Phone
+6281934640296
Journal Mail Official
journaljenius@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pandawa No. 1, Pucangan, Kartasura, Central Java, Indonesia, 57168
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jenius: Journal Education Policy and Elementary Education Issues
ISSN : 27753190     EISSN : 27753182     DOI : http://doi.org/10.22515/jenius
Journal Education Policy and Elementary Education Issues (JENIUS) is an electronic journal focuses on critical studies of elementary education. It provides an academic platform for professionals and researchers to Investigated the dynamics of learning students at elementary education / Madrasah Ibtidaiyah (Islamic elementary school). Publishing two times a year, ie Issue 1 Issue 2 in Juni and December in Indonesian or English. The focus and scope of JENIUS: Curriculum Development in Elementary Education (MI/SD), Learning Strategies in Elementary Education (MI/SD), Teacher Competence in Elementary Education (MI/SD), Assessment in Elementary Education (MI/SD), Learning (Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Islamic Education, Art and Local content) in Elementary Education (MI/SD).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di MIM Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020 Umi Nur Afifah Rahmawati
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 1 No. 1 (2020): JUNE
Publisher : Faculty of Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.256 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i1.3025

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada materi peduli terhadap makhluk hidup; 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada materi peduli terhadap makhluk hidup kelas IV di MI Muhammadiyah Pundungrejo Tawangsari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Juni 2020. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran IPA di kelas IV, sedangkan untuk informan yaitu Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran lain dan sebagian siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat memberikan siswa kesempatan siswa seluas-luasnya untuk menggali informasi melalui penemuan dan pengalaman secara langsung, dan pembelajaran pun menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Terdapat tiga tahap dalam mempersiapkan pembelajaran melalui pemanfaatan lingkunagan, yaitu: tahap persiapan mengajar, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi. Faktor pendukung dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar diantaranya, lingkungan alam lebih kontekstual, siswa lebih antusias dan tertarik, dan siswa lebih mudah untuk menguasai materi pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah cuaca yang berubah-ubah dan pengkondisian siswa.
Hubungan Interaksi Edukatif dengan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020 Bekti Ayu Ariastuti
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 1 No. 1 (2020): JUNE
Publisher : Faculty of Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.508 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i1.3030

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) interaksi edukatif kelas tinggi dalam kegiatan pembelajaran matematika; 2) minat belajar matematika siswa kelas tinggi; 3) hubungan antara interaksi edukatif dengan minat belajar matematika siswa kelas tinggi  di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten pada Semester Genap Tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo sejumlah 88 siswa. Sampel sejumlah 72 siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Tingkat interaksi edukatif termasuk kedalam kategori baik yaitu sebesar 57%; 2) Minat belajar matematika siswa diperoleh persentase 65 % dengan kategori baik; 3) Berdasarkan hasil uji korelasi dengan rhitung = 0,509, rtabel = 0,227, maka diperoleh rhitung >rtabel. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara interaksi edukatif dengan minat belajar matematika siswa kelas tinggi di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten tahun pelajaran 2019/2020.
Implementasi Keterampilan Bahasa Siswa di Mi Darussalam 01 Pucangan Kartasura Sukoharjo Rizky Nur Aini
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 1 No. 1 (2020): JUNE
Publisher : Faculty of Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.442 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i1.3032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi keterampilan bahasa Indonesia kelas V di MI Darussalam 01 Pucangan Kartasura Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini guru mata pelajaran tematik sekaligus wali kelas V, kepala sekolah, dan sebagian siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan analisis data dari implementasi keterampilan bahasa siswa dapat disimpulkan metode yang digunakan dalam melatih keterampilan bahasa menggunakan variasi metode pembelajaran seperti metode STAD (Student Team Achievement Divisions), CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), TAI (Team Assisted Individualization), dan bercerita.
Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020 Nur Istiqomah
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 1 No. 1 (2020): JUNE
Publisher : Faculty of Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.686 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i1.3034

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakkan pada bulan November 2019 hingga Mei 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data melalui triangulasi sumber, metode dan teori. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru adalah melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, pemberian motivasi, pendisiplinan, pemberian penghargaan, peningkatan pengembangan pusat sumber belajar, pelatihan atau pelatihan guru secara berkala dan piknik untuk guru.
Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura Tahun Ajaran 2019/2020 Rofiiqoh Jamiil
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 1 No. 1 (2020): JUNE
Publisher : Faculty of Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.646 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i1.3035

Abstract

Kecerdasan interpersonal perlu dikembangkan untuk membentuk karakter individu yang dapat bekerjasama dengan orang lain. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsif kualitatif. Penelitian ini dimulai bulan November 2019 sampai Juli 2020, di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa upaya yang dilakukan guru SDIT Taqqiya Rosyida untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal yaitu: 1) penerapan pembiasaan 15 adab, saat daring dilakukan melalui dengan holiday  challengs; 2) pemberian motivasi kepada siswa melalui kegiatan bercerita, saat pembelajaran daring pemberian motivasi hanya berupa nasihat; 3) pengelolaan kelas; 4) pendekatan secara mandiri maupun kelompok; 5) penerapan strategi pembelajaran yang melibatkan kerjasama antar siswa; dan 6) penerapan media pembelajaran visual maupun audio visual
Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Jabung Tahun Ajaran 2019/2020 Santi Eka Pramiswari
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 1 No. 1 (2020): JUNE
Publisher : Faculty of Tarbiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.228 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i1.3229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di MIM Jabung. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah sampel 46 siswa. Intrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitin diperoleh bahwa sebagian besar siswa memiliki kecerdasan emosional sedang dan sebagian besar siswa memperoleh hasil belajar sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di MIM Jabung dengan koefisien korelasi sebesar 0,355 dengan kontribusi kecerdasan emosional sebesar 12,7% terhadap hasil belajar PPKn. Pentingnya kecerdasan emosional bagi siswa dapat membantu siswa mengembangkan diri mereka dalam interaksi sosial dan memberikan sifat bijaksana, kreatif an percaya diri. Oleh karena itu diperlukan kecerdasan emosional diperhatikan lebih matang
Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar Amirah Al May Azizah; Aly Mashar
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.319 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i2.3329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam membantu peserta didik memahami mata pelajaran matematika, dan faktor pendukung serta penghambat penerapan model TPS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Darussalam 01 Kartasura pada tahun ajaran 2018/2019, dengan sampel penelitian siswa kelas III menggunakan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif tipe TPS pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Darussalam 01 Kartasura dapat membangkitkan antusiasme siswa. Hal ini dipengaruhi oleh adanya interaksi langsung yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok sehingga dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk berusaha bertanya dan mencari jawaban. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif pilihan strategi pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan minat siswa khususnya pada pembelajaran matematika
Penerapan Total Quality Management (TQM) Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran muhammad maksum
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1065.429 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i2.3396

Abstract

Rendahnya kinerja guru dalam pembelajaran akan berdampak pada mutu pendidikan di sekolah, sehingga dibutuhkan suatu upaya untuk dapat meningkatkan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran  di sekolah dasar melalui penerapan Total Quality Management (TQM). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Waktu penelitian ini adalah Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Tempat penelitian ini adalah SD Negeri Panohan, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang. Subyek penelitian ini adalah enam orang guru. Teknik pengumpulan data dengan non tes, yaitu pengamatan terhadap subyek. Teknik analisis data dengan deskriptif komparatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan Total Quality Management (TQM) meningkatkan kinerja guru SD Negeri Panohan dalam pembelajaran, dari aspek perencanaan dari nilai rata-rata sebesar 55 (kategori cukup) menjadi nilai rata-rata sebesar 79 (kategori tinggi), dan pelaksanaan pembelajaran dari nilai rata-rata sebesar 56 (kategori cukup) menjadi nilai rata-rata sebesar 84 (kategori sangat tinggi). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif bagi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan.  
Peningkatan Hasil Belajar Konsep Dasar IPA Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Angga Dwi Prasetyo
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 2 No. 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.112 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v2i1.3622

Abstract

Indonesia termasuk kedalam negara dengan peserta didik yang memiliki kemampuan literasi, sains serta matematika rendah berdasarkan skor Trends In International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018, hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi adalah pembelajaran yang terpusat pada pendidik dan metode penyampaian materi yang monoton, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang interaktif, salah satunya model pembelajaran tipe jigsaw. Tujuan penelitian melihat pengaruh penerapan model jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan quassy experiment dengan pengambilan sampel secara purposive sampling dan analisis data menggunakan uji N-gain di kelas 4D dan 4C mahasiswa PGMI IAIN Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan model jigsaw pada pembelajaran konsep dasar IPA dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 0,72% yang termasuk kategori tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu penerapan model pembelajaran jigsaw juga dapat meningkatkan angka ketuntasan belajar pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi konsep dasar IPA.
Hubungan Kualitas Komunikasi Guru Dan Siswa Dengan Motivasi Belajar Matematika qomsi atun munawaroh
JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.68 KB) | DOI: 10.22515/jenius.v1i2.3645

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kualitas komunikasi guru dan siswa dengan motivasi belajar matematika siswa MI. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif korelasional, dan dilaksanakan di MI Muhammadiyah Potronayan 1 Nogosari Boyolali di mulai bulan Oktober 2020 sampai maret 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di MI         Muhammadiyah se- Kecamatan Nogosari Boyolali. Pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian: Tingkat kualitas komunikasi guru dan siswa termasuk kedalam kategori baik yaitu sebesar 68,25%. Motivasi belajar matematika siswa kelas tinggi berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 61,90%.  Berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 17,8%. Hasil uji korelasi dengan r hitung = 0,422, r tabel = 0,244, maka diperoleh r hitung > r tabel, yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara kualitas komunikasi guru dan siswa dengan motivasi belajar matematika

Page 1 of 4 | Total Record : 40