cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
+6282285580676
Journal Mail Official
mfauziddin@gmail.com
Editorial Address
Jalan Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Education Research
ISSN : -     EISSN : 27460738     DOI : https://doi.org/10.37985
Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. It is intended to be the journal for publishing original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education. All submitted manuscripts will be initially reviewed by editors and are then evaluated by a minimum of two reviewers through the blind review process. This is to ensure the quality of the published manuscripts in the journal. Journal of Education Research is research and Community services related to education, include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution, development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in education and various fields related education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021" : 10 Documents clear
Perkembangan Bahasa Anak Usia 3 Tahun Maghfiroh, Shofia; Eliza, Delfi
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021 InPress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.551 KB) | DOI: 10.37985/jer.v2i3.54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan bahasa anak pada usia 3 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan dokumentasi selama empat hari. Hasil mini riset ini menunjukkan bahwa anak tersebut mengalami perkembangan bahasa sesuai dengan tingkat pencapaian pada usianya. Yang mana anak sudah mampu menggunakan 2 sampai 3 kata dalam pengucapan, kosakata yang dimiliki sudah lebih dari 50 kata.
Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ayuni, Despa
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021 InPress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.483 KB) | DOI: 10.37985/jer.v2i3.55

Abstract

Bullying merupakan masalah yang serius bagi anak-anak, karena bullying dapat memberikan efek negatif bagi anak yang menjadi korban bullying seperti rendahnya harga diri, kecemasan yang berlebihan dan depresi. Pada usia dini menjadi salah satu periode yang mendasar dalam mencegah dan menghentikan bullying. Banyak penelitian terbaru menunjukkan bahwa bullying terjadi pada anak usia dini. Jenis-jenis bullying pada anak usia dini adalah fisik, verbal dan relasional. Sebagai guru dalam pendidikan anak usia dini hendaknya memberikan lingkungan yang aman dan nyaman pada anak dalam mencegah bullying saat ini. Tujuan dari peninjauan ini adalah untuk menyajikan bukti empiris tentang bullying pada anak usia dini, karakteristik anak yang terlibat dalam bullying, impilikasi guru dalam mencegah bullying,  dan program pencegahan bullying pada anak usia dini.
Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022 Meriyani, Dian; Yulaini, Erma; Aradea, Riswan
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021 InPress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.582 KB) | DOI: 10.37985/jer.v2i3.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran problem posing dan problem solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian eksperimen komparatif yang bersifat membandingkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX IPS 1 dan 4 yang menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas Problem Posing sebesar 85,18% dengan kategori aktif, yang lebih besar dibandingkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas Problem Solving sebesar 27,27% dengan kategori aktif. Simpulan penelitian ini terdapat Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pandangan Orang Tua Tentang Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini Nofrika, Diana Sahara
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021 InPress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.35 KB) | DOI: 10.37985/jer.v2i3.57

Abstract

Orang tua dan guru memang harus berkerja sama dalam membantu anak untuk mengerjakan tugas di rumah apalagi anak usia dini yang mempunyai rasa bosan yang sangat tinggi dan tidak sabar dalam melakukan pekerjaan atau tugas dari guru Peran orang tua memiliki hal yang sangat penting dalam membantu guru yang sedang brjuang memenuhi pembelajaran yang harus di berikan kepada anak Sehingga dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring ini, semua elemen pendidikan diminta untuk mampu dalam memberikan fasilitas-fasilitas pembelajaran agar tetap aktif walaupun dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, Orang tua dituntut mampu membimbing anak belajar dari rumah dan mampu menggantikan guru disekolah, sehingga peran orang tua dalam tercapainya tujuan pembelajaran daring dan membimbing anak selama belajar dirumah menjadi sangat penting. Keuntungan dalam pembelajaran jarak jauh ini adalahkurang budgetuntuk biaya transportasi dari rumah ke sekolah (low cost), waktu pembelajaran tidak kaku sehingga dapat berkomunikasi dan belajar kapan saja dengan guru, pembelajaran jarak jauh tidak membatasi ruang jarak, siswa dapat mengakses pembelajarandari sumber yang sama, dan aksessiswayang luas sertatidak dibatasi oleh lokasi, Penelitian menggunakan metode studi pustaka yaitu dalam melakukan penelitian dilakukan dengan mengumpulkan informasi-informasi dan data dengan berbagai bantuan dari materi yang diperoleh seperti buku referensi, hasil penelitian seseorang yang sejenis, catatan, artikel dan berbagai macam jurnal lainya yang berkaitan dengan masalah yang di angkat yang ingin diselesaikan. Jadi metode penelitian ini menggunakan metode pustaka atau riteratur karena agar mudah untuk mencari atau menggali informasi tentang pandangan orang tua tentang pembelajaran daring untuk anak usia dini dan metode ini mampu menolong meneliti banyak hal yang di dapat dari artikel, buku-buku dan dokumen-dokumen yang terkait.
Profil Self Acceptance Orang tua Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang Hafizah, Hafizah; Mulyani, Rila Rahma
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021 InPress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.321 KB) | DOI: 10.37985/jer.v2i3.61

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya orangtua merasa malu mempunyai anak berkebutuhan khusus, orangtua merasa masa depan anak berkebutuhan khusus tidak jelas, orangtua merasa anak berkebutuhan khusus menjadi beban dalam hidupnya, orangtua merasa anak berkebutuhan khusus menjadi titik masalah dalam keluarga, orangtua menjadi menyesal telah melahirkan anak berkebutuhan khusus, dan orangtua merasa tidak mampu merawat anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Self acceptance orangtua anak berkebutuhan khusus, 2) Menghargai anak, 3) Menilai anak sebagai diri yang unik, 4) Mengenal kebutuhan-kebutuhan anak, 5) Mencintai anak tanpa syarat anak berkebutuhan khusus di Yayasan Tiji Salsabila Padang.  Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskripstif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 30 Orangtua, teknik pengambilan sampel yang dipilih dengan total sampling, yaitu sebanyak 30 Orangtua. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan skala interval.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh hasil bahwa; profil self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang secara umum berada pada kategori cukup baik. Selanjutnya dilihat dari indikator sebagai berikut:  1) Self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus menghargai anak pada  kategori cukup baik. 2) Self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus indikator menilai anak sebagai diri yang unik pada kategori cukup baik. 3) Self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus mengenal kebutuhan-kebutuhan anak pada kategori cukup baik, 4) Self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus mencintai anak tanpa syarat pada kategori  baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada orangtua untuk dapat memberikan perhatian kepada anak yang memeiliki kebutuhan kusus agar anak lebih merasa dihargai dan lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitasnya 
Perkembangan Bahasa Anak Usia 3 Tahun Maghfiroh, Shofia; Eliza, Delfi
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/jer.v2i3.54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan bahasa anak pada usia 3 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan dokumentasi selama empat hari. Hasil mini riset ini menunjukkan bahwa anak tersebut mengalami perkembangan bahasa sesuai dengan tingkat pencapaian pada usianya. Yang mana anak sudah mampu menggunakan 2 sampai 3 kata dalam pengucapan, kosakata yang dimiliki sudah lebih dari 50 kata.
Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ayuni, Despa
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/jer.v2i3.55

Abstract

Bullying merupakan masalah yang serius bagi anak-anak, karena bullying dapat memberikan efek negatif bagi anak yang menjadi korban bullying seperti rendahnya harga diri, kecemasan yang berlebihan dan depresi. Pada usia dini menjadi salah satu periode yang mendasar dalam mencegah dan menghentikan bullying. Banyak penelitian terbaru menunjukkan bahwa bullying terjadi pada anak usia dini. Jenis-jenis bullying pada anak usia dini adalah fisik, verbal dan relasional. Sebagai guru dalam pendidikan anak usia dini hendaknya memberikan lingkungan yang aman dan nyaman pada anak dalam mencegah bullying saat ini. Tujuan dari peninjauan ini adalah untuk menyajikan bukti empiris tentang bullying pada anak usia dini, karakteristik anak yang terlibat dalam bullying, impilikasi guru dalam mencegah bullying,  dan program pencegahan bullying pada anak usia dini.
Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022 Meriyani, Dian; Yulaini, Erma; Aradea, Riswan
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/jer.v2i3.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran problem posing dan problem solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian eksperimen komparatif yang bersifat membandingkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX IPS 1 dan 4 yang menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas Problem Posing sebesar 85,18% dengan kategori aktif, yang lebih besar dibandingkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas Problem Solving sebesar 27,27% dengan kategori aktif. Simpulan penelitian ini terdapat Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pandangan Orang Tua Tentang Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini Nofrika, Diana Sahara
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/jer.v2i3.57

Abstract

Orang tua dan guru memang harus berkerja sama dalam membantu anak untuk mengerjakan tugas di rumah apalagi anak usia dini yang mempunyai rasa bosan yang sangat tinggi dan tidak sabar dalam melakukan pekerjaan atau tugas dari guru Peran orang tua memiliki hal yang sangat penting dalam membantu guru yang sedang brjuang memenuhi pembelajaran yang harus di berikan kepada anak Sehingga dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring ini, semua elemen pendidikan diminta untuk mampu dalam memberikan fasilitas-fasilitas pembelajaran agar tetap aktif walaupun dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, Orang tua dituntut mampu membimbing anak belajar dari rumah dan mampu menggantikan guru disekolah, sehingga peran orang tua dalam tercapainya tujuan pembelajaran daring dan membimbing anak selama belajar dirumah menjadi sangat penting. Keuntungan dalam pembelajaran jarak jauh ini adalahkurang budgetuntuk biaya transportasi dari rumah ke sekolah (low cost), waktu pembelajaran tidak kaku sehingga dapat berkomunikasi dan belajar kapan saja dengan guru, pembelajaran jarak jauh tidak membatasi ruang jarak, siswa dapat mengakses pembelajarandari sumber yang sama, dan aksessiswayang luas sertatidak dibatasi oleh lokasi, Penelitian menggunakan metode studi pustaka yaitu dalam melakukan penelitian dilakukan dengan mengumpulkan informasi-informasi dan data dengan berbagai bantuan dari materi yang diperoleh seperti buku referensi, hasil penelitian seseorang yang sejenis, catatan, artikel dan berbagai macam jurnal lainya yang berkaitan dengan masalah yang di angkat yang ingin diselesaikan. Jadi metode penelitian ini menggunakan metode pustaka atau riteratur karena agar mudah untuk mencari atau menggali informasi tentang pandangan orang tua tentang pembelajaran daring untuk anak usia dini dan metode ini mampu menolong meneliti banyak hal yang di dapat dari artikel, buku-buku dan dokumen-dokumen yang terkait.
Profil Self Acceptance Orang tua Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang Hafizah, Hafizah; Mulyani, Rila Rahma
Journal of Education Research Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/jer.v2i3.61

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya orangtua merasa malu mempunyai anak berkebutuhan khusus, orangtua merasa masa depan anak berkebutuhan khusus tidak jelas, orangtua merasa anak berkebutuhan khusus menjadi beban dalam hidupnya, orangtua merasa anak berkebutuhan khusus menjadi titik masalah dalam keluarga, orangtua menjadi menyesal telah melahirkan anak berkebutuhan khusus, dan orangtua merasa tidak mampu merawat anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Self acceptance orangtua anak berkebutuhan khusus, 2) Menghargai anak, 3) Menilai anak sebagai diri yang unik, 4) Mengenal kebutuhan-kebutuhan anak, 5) Mencintai anak tanpa syarat anak berkebutuhan khusus di Yayasan Tiji Salsabila Padang.  Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskripstif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 30 Orangtua, teknik pengambilan sampel yang dipilih dengan total sampling, yaitu sebanyak 30 Orangtua. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan skala interval.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh hasil bahwa; profil self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang secara umum berada pada kategori cukup baik. Selanjutnya dilihat dari indikator sebagai berikut:  1) Self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus menghargai anak pada  kategori cukup baik. 2) Self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus indikator menilai anak sebagai diri yang unik pada kategori cukup baik. 3) Self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus mengenal kebutuhan-kebutuhan anak pada kategori cukup baik, 4) Self acceptence orangtua anak berkebutuhan khusus mencintai anak tanpa syarat pada kategori  baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada orangtua untuk dapat memberikan perhatian kepada anak yang memeiliki kebutuhan kusus agar anak lebih merasa dihargai dan lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitasnya

Page 1 of 1 | Total Record : 10