cover
Contact Name
Sutriyono
Contact Email
sutriyono0775@gmail.com
Phone
+6285785692168
Journal Mail Official
inteleksia.stidalhadid@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kejawan Putih Tambak no. 80 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inteleksia: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah
ISSN : 26861178     EISSN : 26863367     DOI : 10.55372
Inteleksia JPID adalah transformasi dari Jurnal Kajian dan Pengembangan Manajemen Dakwah (JKPMD) yang telah diterbitkan oleh STID Al-Hadid sejak tahun 2011 dengan nomor ISSN 2088-639X. Transformasi tersebut dilakukan seiring dengan perkembangan STID Al-Hadid, yang awalnya hanya mengelola satu prodi yaitu Manajemen Dakwah, kini bertambah dua prodi baru yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam dan  Pengembangan Masyarakat Islam. Sehingga tuntutan kajian dan publikasi ilmiah STID Al-Hadid semakin meluas mencakup ketiga sub bidang ilmu dakwah. Nama Inteleksia diambil dari kata intelektual, yang berarti  kecerdasan, pemikiran, dan rasionalitas. Sedangkan Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah menunjukkan fokus dan lingkup studi yang dikaji yaitu pengembangan ilmu-ilmu dakwah. Diharapkan dengan nama tersebut dapat menjadi ciri dan identitas jurnal yang dikelola STID Al-Hadid, sebagai jurnal ilmu dakwah berbasis pemikiran Islam Rasional Kebangsaan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020)" : 7 Documents clear
DAKWAH ANTARBUDAYA: PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA PADA PROSES ISLAMISASI JAWA ABAD XV Charolin Indah Roseta
INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : STID Al-Hadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.893 KB) | DOI: 10.55372/inteleksiajpid.v1i2.45

Abstract

Fenomena dakwah antarbudaya dalam rangka perubahan sosial-budayatidak semuanya menghasilkan cultural conflict sebagaimana umumnya terjadi.Walisongo adalah perintis jalan penyebaran Islam di tanah Jawa secara revolusionerpada abad XV. Bentuknya berupa perubahan pemikiran masyarakat Jawa yangpoliteis Hindu Buddha menjadi monoteis Islam Sufi dalam waktu yang relatif singkatnamun tanpa menimbulkan gejolak sosial. Adapun fokus tulisan ini adalahbagaimana bentuk dan strategi perubahan sosial budaya dalam dakwah Walisongoangkatan V di Jawa abad XV yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk danstrategi perubahan sosial-budaya dalam misi Islamisasi yang dilakukannya. Denganpendekatan historis antropologis ditemukan bahwa misi dakwah Walisongomerupakan jenis perubahan sosial terencana dengan tahapan yang tersistematisdan strategis karena memanfaatkan infrastruktur local wisdom Jawa. Kajian inimendapati bahwa proses pengadopsian nilai Islam pada masyarakat Jawa tidaklepas dari peran agen perubah budaya yang dimotori oleh Sunan Ampel setelahmampu memanfaatkan momentum krisis sosial-politik di Majapahit kala itu. Sedariawal ia membidik kalangan keraton dan bangsawan Jawa untuk melakukan"kaderisasi agen" dakwah. Strategi umumnya adalah dengan melakukan beberapamodifikasi pada berbagai sektor kehidupan masyarakat Jawa seperti pendidikan,ritual, bahasa, dan kesenian lokal menjadi lebih bernapaskan Islam.
INTERVENSI KOMUNITAS “RIFKA ANNISA” YOGYAKARTA PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA Indrawati Indrawati; Sukma Paramastuti
INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : STID Al-Hadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.668 KB) | DOI: 10.55372/inteleksiajpid.v1i2.47

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kekerasan dalam rumahtangga (KDRT) yang korbannya sebagian besar adalah perempuan (istri) denganpelakunya adalah laki-laki (suami). Penanganan kasus KDRT telah banyak diinisiasioleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang concern terhadap pendampinganperempuan korban KDRT, salah satunya adalah Rifka Annisa Yogyakarta. Fokustulisan ini mengkaji model intervensi komunitas dalam menangani perempuankorban KDRT di Yogyakarta. Metode pengkajian tulisan ini menggunakan metodelibrary research. Dengan menggunakan teori model intervensi komunitas Rothmandan Tropman, studi ini menyimpulkan bahwa model intervensi komunitas yangdilakukan oleh Rifka Annisa cenderung menggunakan model perencanaan sosialdalam menangani perempuan korban KDRT, namun selain itu ditemukan juga modelpengembangan masyarakat lokal dalam usaha membangun kesadaran para laki-lakiagar peduli dengan pasangan lewat program meeting couple dan pendirianKomunitas Laki-laki Peduli sebagai usaha mencegah KDRT sejak dini, termasuk usahapengorganisasian masyarakat sebagai elemen sosial yang paling dekat denganperistiwa KDRT yang berfungsi sebagai sumber pencegah dan penanganan KDRTsejak dini lewat pendirian CBCC (Community Based Crisis Center), terakhir model aksisosial ditemukan juga lewat usaha Rifka Annisa dalam menggawangi Undang-Undang yang bertujuan mengeliminasi kekerasan dan pelayanan terhadapperempuan korban kekerasan dalam rumah tangga.
DIFERENSIASI PRODUK SABYAN GAMBUS 2018 Gigih Saputra; Ahmad Syauqi
INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : STID Al-Hadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.173 KB) | DOI: 10.55372/inteleksiajpid.v1i2.49

Abstract

Musik religi umumnya hanya diperdengarkan dan digemari pada momentertentu dan pendengarnya lebih terbatas. Padahal pilihan musisi religi makinberagam sehingga menjadikan persaingan musik religi makin ketat. Di tengahkondisi tersebut, Sabyan Gambus hadir sebagai grup musik religi tanah air yangfenomenal karena berhasil meraih popularitas yang luas di masyarakat hinggaratusan juta viewer YouTube, mengungguli musisi religi lain yang sangat beragam,dan terus eksis melintasi berbagai momen sepanjang tahun 2018. Untuk itu,fenomena Sabyan Gambus menarik dan penting dikaji. Tulisan ini hendak mengkaji“Diferensiasi produk Sabyan Gambus pada tahun 2018.” Tujuannya adalahmendeskripsikan diferensiasi produk Sabyan Gambus yang mampu unggul di ataspara pesaingnya. Metodologi studi menggunakan pendekatan kualitatif pustakadengan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil yang didapatkan yaitudiferensiasi dan keunggulan produk Sabyan Gambus berupa 1) keunikan padamusikalitas yaitu perpaduan musik gambus yang dikemas modern; 2) figur NissaSabyan sebagai penyanyi utama yang memiliki ciri khas muslim milenial yangfashionable; 3) rancangan musik yang memadukan pop gambus dengan tampilankekinian. Ketiganya ditampilkan secara harmonis, sehingga berdampak padakeberhasilan Sabyan Gambus mendominasi musik religi tanah air sepanjang 2018.
PESAN PROMOSI DALAM WEBSITE BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) Bagus Wira Prasetia
INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : STID Al-Hadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.244 KB) | DOI: 10.55372/inteleksiajpid.v1i2.52

Abstract

BAZNAS merupakan badan resmi pemerintah yang memiliki tugas danfungsi dalam menyalurkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS). BAZNAS telah berhasilmenghimpun dana ZIS dengan jumlah besar termasuk melalui jalur digital.Keberhasilan ini tidak terlepas dari promosi produk program BAZNAS lewat media-medianya, salah satunya adalah media website. Kajian ini membahas pesan promosiyang ada dalam website baznas.go.id sebagai bagian salah satu media promosidalam mencapai keberhasilan BAZNAS. Teori yang digunakan adalah teoriperancangan pesan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptifdengan memaparkan hasil kajian melalui uraian dan gambar. Sumber data websitediakses antara September 2019 hingga Januari 2020. Hasil temuan dari kajian iniadalah message content rational appeal ditunjukkan dengan manfaat program sertaakuntabilitas lembaga. Emotional appeal mengutamakan emosi positif denganmoral appeal lewat pemberdayaan masyarakat. Message structure berupa one-sideargument dengan alur presentasi klimaks serta conclusion drawing yang telahdikunci pemahamannya. Variasi message format pesan promosi baznas.go.id yangberupa teks, gambar, dan video, ditunjang dengan infografik serta kualitas gambardan video yang bagus, dan warna hijau sebagai warna dominan promosi BAZNAS.Message source pada pesan promosinya mengutamakan expertise dantrustworthiness. Terutama pada pesan promosi berupa pesan penghargaan yangmenggunakan kredibilitas pesan expertise dan trustworthiness hingga pada tingkatdunia.
PENYUSUNAN DESAIN INSTRUKSIONAL PADA PELATIHAN ANGGOTA REMAJA MASJID ASSALAFIYAH SURABAYA Rina Duwi Jayanti
INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : STID Al-Hadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.057 KB) | DOI: 10.55372/inteleksiajpid.v1i2.53

Abstract

Pelatihan bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan keterampilan,pengetahuan, dan sikap kerja tertentu pada sumber daya manusia agar bisamenjalankan program dengan baik. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan programpenerimaan zakat Remaja Masjid (Remas) Assalafiyah, ditemukan berbagaipersoalan terkait pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja anggota dalampelayanan penerimaan zakat. Studi ini bertujuan untuk menyusun desaininstruksional pada pelatihan organisasi Remas Assalafiyah dalam pelayananpenerimaan zakat. Data dikumpulkan secara kualitatif dan analisis dipandu denganteori instructional design Raymond A Noe. Hasil studi adalah desain instruksionalpelatihan anggota Remas Assalafiyah yang bertujuan agar anggota memahami danmampu melayani penerimaan zakat dengan sikap ramah, sopan, danbertanggungjawab. Pemateri idealnya adalah ketua Remas Assalafiyah. Materipelatihan di antaranya: wawasan tentang kriteria orang yang wajib membayarzakat, jenis-jenis zakat, cara perhitungan nisab masing-masing zakat, doa niatmembayar zakat untuk diri sendiri maupun ketika diwakilkan, doa menerima zakat,serta tata cara penulisan pada kuitansi. Metode pelatihannya adalah instruksi kelas,simulasi, dan praktikum. Implementasi pelatihan diawali pertemuan pengantar danpetemuan lanjutan secara intensif. Evaluasi pelatihan dilakukan dengan metode tesdan menganalisis kualitas kinerja lewat observasi pada proses simulasi penerimaandana zakat.
MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT ISLAM MELALUI BANK SAMPAH: STRATEGI KOMUNIKASI STAKEHOLDER BANK SAMPAH SONGOLIKOER Wahanani Mawasti; Tri Djoyo Budiono
INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : STID Al-Hadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.608 KB) | DOI: 10.55372/inteleksiajpid.v1i2.54

Abstract

Pemberdayaan masyarakat Islam mutlak membutuhkan partisipasi dariberbagai stakeholder. Untuk membangun partisipasi dan dukungan dari berbagaistakeholder diperlukan strategi komunikasi stakeholder yang tepat. Sejauh ini studi-studi bertemakan stakeholder dalam pemberdayaan masyarakat, lebih banyakmendeskripsikan peranan stakeholder dalam keberhasilan pemberdayaanmasyarakat dan langkah mapping/pemetaan stakeholder. Namun, belum banyakmenguraikan tentang strategi komunikasi yang relevan dalam membangunhubungan yang harmonis pada stakeholder-stakeholder dalam kontekspengembangan masyarakat Islam. Studi ini berorientasi memaparkan strategikomunikasi stakeholder dalam pemberdayaan masyarakat Islam pada fenomenapendirian Bank Sampah Songolikoer Surabaya. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif-lapangan, melalui wawancara semi terstruktur dengan informan yangditetapkan secara purposive. Hasil studi ini adalah strategi komunikasi stakeholderyang digunakan cenderung mengolaborasikan antara strategi komunikasistakeholder jenis responsif dan asertif. Strategi tersebut cukup relevan dalampendirian Bank Sampah mengingat karakteristiknya tidak memaksa, membukadialog kepentingan di antara kedua belah pihak, ada penyesuaian kepentingan-kepentingan yang dilakukan oleh masing-masing stakeholder sehingga menciptakanhubungan harmonis, berkurangnya konflik-konflik dalam pelaksanaan kegiatanpengembangan masyarakat sekaligus tetap memastikan tercapainya tujuankomunikasi yang diharapkan.
PENERAPAN METODE DAKWAH MUJADALAH DALAM MEMBENDUNG RADIKALISME DI INDONESIA Agung Teguh Prianto
INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : STID Al-Hadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.12 KB) | DOI: 10.55372/inteleksiajpid.v1i2.55

Abstract

Gerakan Islam radikal masih menjadi masalah di Indonesia. Terdapatberbagai varian gerakan Islam radikal, mulai dari yang bersifat terorisme,transnasionalisme, sampai dengan wahabisme. Secara keseluruhan kelompok Islamradikal memiliki metode dakwah yang khas, yaitu indoktrinasi, cenderung kaku dantekstual dalam memahami Al-Qur’an dan hadis, kekerasan dan pemaksaan dalampelaksanaan ajarannya, menganggap kelompoknya yang benar, dan tidak jarangmemprovokasi. Saat dipraktekkan di Indonesia seringkali mengalami benturandengan negara dan masyarakat, baik dengan sesama muslim dan juga nonmuslim.Studi ini mendeskripsikan penerapan metode dakwah mujadalah dalam rangkamembendung dakwah radikalisme di Indonesia. Metode studi adalah kualitatifpustaka. Hasil studi menunjukkan bahwa metode mujadalah memiliki keunggulanbersifat dialektika dan bisa membongkar pemikiran Islam radikal yang bersumberdari kekeliruan memahami ayat-ayat Allah. Dalam penerapannya, metodemujadalah dapat menyasar kepada para pelaku radikalis maupun umat Islam yangterpengaruh dengan pemikiran radikal. Teknisnya dengan mencobamempertanyakan kembali (dialektika) dan menggunakan logika-logika dasar sertapengetahuan ilmiah dalam membongkar kesalahan berpikir pemahaman radikal,khususnya terkait ayat-ayat jihad dan perang, penegakan syariat Islam, dansebagainya. Aspek yang juga perlu diperhatikan adalah etika dalam komunikasidakwah, agar dakwah dengan metode mujadalah dapat berhasil.

Page 1 of 1 | Total Record : 7