cover
Contact Name
Ni Wayan Monik Rismadewi
Contact Email
jpmi.stkipahsingaraja@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpmi.stkipahsingaraja@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pulau Timor Nomor 24 Banyuning, Buleleng, Bali.
Location
Kab. buleleng,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitan Mahasiswa Indonesia
ISSN : -     EISSN : 28279956     DOI : https://doi.org/10.36663/
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia adalah jurnal yang dikelola oleh kelompok dosen di lingkungan STKIP Agama Hindu Singaraja. Jurnal ini mewadahi hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Fokus dari Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia adalah memberikan ruang kritis untuk pengembangkan kemampuan akademik mahasiswa.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 109 Documents
Analisis Kesiapan Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada SMA Negeri 2 Gerokgak Kadek Dandi Wirawan; Kadek Eva Krishna Adnyani; Ni Nengah Suartini
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.369 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis kesiapan pembelajaran bahasa Jepang secara daring siswa, guru, dan materi berdasarkan perspektif siswa SMA Negeri 2 Gerokgak semasa pandemi COVID-19 pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Gerokgak yang mendapatkan pembelajaran bahasa Jepang dengan jumlah total 214 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner online. Penelitian ini menggunakan kombinasi teori ELR Chapnick (2000) dengan Kebritchi, dkk (2017) yaitu kesiapan pembelajaran daring bagi siswa, bagi guru, dan materi. Data dianalisis menggunakan model penilaian ELR Aydin dan Tasci (2005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan siswa memiliki jumlah skor ELR 3.12, kesiapan guru dengan skor ELR 3.31, dan kesiapan materi dengan skor ELR 3.24. Berdasarkan skor ELR, kesiapan pembelajaran bahasa Jepang secara daring SMA Negeri 2 Gerokgak belum siap dan membutuhkan beberapa peningkatan
Kendala Mahasiswa Angkatan 2019 Dalam Pembelajaran Daring Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 Pada Mata Kuliah Konten Bahasa Jepang di Universitas Pendidikan Ganesha Pande Made Vidyastuti Dewi; Ni Nengah Suartini; Desak Made Sri Mardani
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.914 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dialami oleh mahasiswa serta cara mengatasinya selama pembelajaran daring Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Angkatan 2019 yang mengambil semua mata kuliah konten bahasa Jepang (Bunpou Shochukyu, Chokai Shochukyu, Kaiwa Shochukyu, Dokkai Shokyu, Kanji Shokyu dan Sakubun Shokyu). Objek penelitian ini adalah kendala yang dialami oleh mahasiswa serta cara mengatasinya selama pembelajaran daring Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi terstruktur, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kendala teknis yang dialami mahasiswa yaitu terkait keterbatasan fisik dan memori pada gawai (gadget), kondisi sinyal internet, kuota internet dan platform pembelajaran daring. Kemudian kendala nonteknis yang dialami mahasiswa yaitu pemahaman terhadap penyampaian materi pada mata kuliah konten bahasa Jepang. (2) Cara mahasiswa mengatasi kendala teknis yaitu dengan berbagi fasilitas gawai (gadget) dengan anggota keluarga dan berkoordinasi dengan dosen. Kemudian kendala nonteknis diatasi dengan cara latihan mandiri, mencari referensi tambahan terkait materi yang kurang dipahami dan berkoordinasi dengan teman.
Persepsi Guru Terhadap Penilaian Pada Pembelajaran Bahasa Jepang SMA Berbasis Daring di Kota Singaraja Sang Ayu Made Sri Anjani; Desak Made Sri Mardani; I Wayan Sadnyana
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.97 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru terhadap penerapan penilaian K-13 pada elearning bahasa Jepang SMA di Kota Singaraja, (2) kendala yang dialami guru dalam penerapan penilaian K-13 pada e-learning bahasa Jepang SMA di Kota Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap penerapan penilaian K-13 dalam e-learning bahasa Jepang SMA di Kota Singaraja termasuk ke dalam kriteria baik., (2) kendala yang dialami guru dalam penerapan penilaian K-13 pada e-learning bahasa Jepang adalah kurangnya respon siswa selama proses pembelajaran, banyak siswa yang tidak mengumpulkan tugas serta kesulitan dalam menentukan teknik dan instrumen penilaian dalam melakukan penilaian sikap. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, saran yang dapat disampaikan mengenai penerapan penilaian K-13 dalam e-learning yaitu bagi guru, sebaiknya melakukan perencanaan penilaian dengan baik. Kepada pihak sekolah, sebaiknya mengevaluasi kembali metode penilaian yang diterapkan dalam pembelajaran daring. Kepada peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian yang berfokus pada pengembangan instrumen penilaian dalam pembelajaran daring.
Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Jepang SMA Berbasis Daring di Kota Singaraja Nyoman Muliasih; Desak Made Sri Mardani; I Wayan Sadnyana
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.307 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi guru terhadap proses pembelajaran bahasa Jepang SMA berbasis daring di Kota Singaraja. (2) Untuk mengetahui kesulitan yang dialami guru dalam proses pembelajaran bahasa Jepang SMA berbasis daring di Kota Singaraja. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jepang SMA di Kota Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan wawancara kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persesi guru terhadap proses pembelajaran bahasa Jepang SMA berbasis daring di Kota Singaraja dengan kriteria baik. Hal ini ditunjukan dengan skor persentase yang diperoleh yaitu 72,4%. (2) Kesulitan yang dialami guru pada proses pembelajaran yaitu gangguan sinyal atau sinyal yang tidak stabil, kurangnya motivasi siswa mengikuti pembelajaran dan siswa mengeluh dengan banyak tugas.
Persepsi Guru Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Jepang SMK Berbasis Daring di Kota Singaraja Ni Luh Permata Berliandani; Desak Made Sri Mardani; I Wayan Sadnyana
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.719 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) persepsi guru terhadap proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring di Kota Singaraja, 2) kesulitan yang dialami oleh guru bahasa Jepang dalam proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring di Kota Singaraja. Subjek pada penelitian ini adalah empat orang guru bahasa Jepang di SMK Kota Singaraja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap proses pembelajaran bahasa Jepang SMK berbasis daring memiliki rata-rata 75,4% yang tergolong “Baik”. (2) kesulitan yang dialami oleh guru dalam pembelajaran daring bahasa Jepang di SMK Kota Singaraja yaitu kesulitan dalam kuota dan sinyal, keaktifan dan keikutsertaan peserta didik, serta penerapan pendekatan saintifik dan keterampilan abad-21.
Analisis Kesiapan Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Banjar Luh Gde Suaryani
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.435 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengukur tingkat kesiapan pembelajaran bahasa Jepang secara daring siswa, guru dan materi di SMA Negeri 1 Banjar pada masa Pademi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode gabungan dari teori Chapnick (2000) dan Kebritchi (2017). Sedangkan analisis data menggunakan metode dari Aydin dan Tasci (2005). Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan kuesioner. Hasil wawancara dan kuesioner dianalisis menjadi data kualitatif. Subjek dari penelitian ini yakni 2 guru bahasa Jepang dan 116 siswa jurusan bahasa di SMA Negeri 1 Banjar. Berdasarkan hasil penelitian kesiapan siswa mendapatkan skor 3,8 ; kesiapan guru mendapatkan skor 4,0 ; dan kesiapan materi mendapatkan skor 4,0. Rata-rata skor keseluruhan yakni 3,9. Jadi tingkat kesiapan pembelajaran bahasa Jepang secara daring di SMA Negeri 1 Banjar sudah dapat dinyatakan siap, namun memerlukan sedikit peningkatan.
Persepsi Guru Terhadap Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi Ni Luh Putu Utami Darma Putri; I Wayan Sadnyana; Yeni Rahman
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.41 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru bahasa Jepang terhadap kesesuaian sistem evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Hasil data wawancara dan kuesioner dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jepang dikota Singaraja. Objek penelitian ini adalah persepsi guru bahasa Jepang terhadap kesesuaian sistem evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 edisi revisi. Hasil penelitian ini mencakup tentang tujuh komponen sistem evaluasi pembelajaran yaitu, proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, evaluasi kurikulum dan penjabarannya, evaluasi dan penyempurnaan pelaksanaan pengajaran, pelaksanaan pembinaan siswa dan bimbingan konseling, dan instrumen hasil pembelajaran, yang dilaksanakan di SMA yang berada di kota Singaraja, dan telah disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi revisi. Diperoleh data sebanyak 83,4% yang dapat diartikan bahwa persepsi guru bahasa Jepang terhadap kesesuaian system evaluasi pembelajaran dikatakan “baik”.
Hiragana dan Katakana dalam Pembelajaran Daring Dewa Ayu Asri Juliani; Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti; Yeni Rahman
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.975 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan (1) Penggunaan media pembelajaran daring dalam pengenalan huruf hiragana dan katakana, (2) Persepsi siswa terkait dengan penggunaan media pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media pembelajaran daring berupa video, powerpoint, dan gambar melalui platform aplikasi WhatsApp efektif digunakan dalam pengenalan huruf hiragana dan katakana. (2) Persepsi siswa terkait dengan penggunaan media pembelajaran daring termasuk ke dalam kriteria positif yaitu dengan perolehan skor rata-rata respon siswa 3,37.
Persepsi Guru SMK Terhadap Pembelajaran Bahasa Jepang Secara Daring Putu Dian Aristina; I Wayan Sadnyana; Desak Made Sri Mardani
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.838 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pembelajaran bahasa Jepang secara daring. Subjek pada penelitian ini adalah 4 orang pengajar bahasa Jepang di SMK Kota Singaraja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran bahasa Jepang secara daring termasuk dalam kategori sulit, Hal ini dibuktikan dengan presentase tingkat kesulitan guru terhadap pembelajaran bahasa Jepang secara daring mencapai 70% dan masuk ke dalam kategori sulit. Guru merasa kesulitan dalam menerapkan pembelajaran bahasa Jepang secara daring. Terlihat dari hasil penelitian pada tahap perencanaan mencapai 72% dan masuk ke kategori sulit, pada tahap pelaksanaan pembelajaran mencapai 69 % dan masuk ke kategori sulit dan pada tahap penilaian pembelajaran mencapai 78% dan masuk ke kategori sangat sulit.
Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Situasi Daring Angela Ni Nyoman Desy Tri Cahyani; Desak Made Sri Mardani; I Wayan Sadnyana
Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia Vol. 2 No. 1 (2022): Februari
Publisher : STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.463 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan persepsi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring pada SMA di Kota Singaraja, dan 2) menganalisis kendala yang dihadapi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring pada SMA di Kota Singaraja dan upaya dalam mengatasinya. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 guru bahasa Jepang di SMA Kota Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang secara daring termasuk kedalam kriteria baik, yang dibuktikan dengan persentase yang didapat yaitu 74,47%. 2) Kendala yang dihadapi guru ditengah pembelajaran daring dalam pemanfaatan media pembelajaran bahasa Jepang adalah kurangnya pengetahuan di bidang IT. Solusi guru dalam mengatasi kendala ini adalah banyak melakukan diskusi dengan tim IT sekolah.

Page 1 of 11 | Total Record : 109