cover
Contact Name
Fery Siswadi
Contact Email
mawar@apps.ipb.ac.id
Phone
+6281315605310
Journal Mail Official
jpi@apps.ipb.ac.id
Editorial Address
Perpustakaan IPB, Kampus IPB Darmaga, Bogor PO Box 199 Telp.: (0251) 8621073 E-mail: jpi@apps.ipb.ac.id atau perpustakaan@ipb.ac.id
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Taman Siswa Bima
ISSN : 14105551     EISSN : 26861879     DOI : https://doi.org/10.29244/jpi.20.1.22-34
Core Subject : Science,
Merupakan terbitan berkala terbit dua kali setahun yang menyajikan tulisan-tulisan Bidang perpustakaan, dokumentasi, Informasi dan komputer, Bidang Perpusdokinfokom di Indonesia
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 1 (2019): Jurnal Pustakawan Indonesia" : 5 Documents clear
MEMBANGUN PERPUSTAKAAN YANG ISLAMI (Implementasi Prinsip-Prinsip Manajemen Perpustakan Yang Islami) Ahmad Syawqi
Jurnal Pustakawan Indonesia Vol. 18 No. 1 (2019): Jurnal Pustakawan Indonesia
Publisher : Perpustakaan IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.735 KB) | DOI: 10.29244/jpi.18.1.1-15

Abstract

Merencanakan perpustakaan yang Islami berarti menentukan apa yang akan dilakukan pada masa depan atau meraih sesuatu di masa depan yang berlandaskan pengesahan Tuhan adalah landasan teologis bertindak. Dalam proses merencanakan perpustakaan yang Islami, setiap pribadi atau kelompok terlebih dahulu membuat keputusan dengan tetap memperhatikan musyawarah dan selanjutnya menyerahkan ketentuan akhir kepada keputusan Allah akan keberhasilannya sebagai skap tawakkal kepada ketentuan Allah. Setelah direncakan, dilaksanakan rencana dengan segala potensi dan sumber daya yang ada.Dalam pengorganisasian perpustakaan yang Islami dapat dikatakan solid dan baik jika memiliki sifat-sifat, tujuan yang jeas dan realitas. Dalam kepemimpinan di perpustakaan, perlu adanya keteladanan dan  keteladanan yang baik adalah yang ditampilkan Rasululllah SAW untuk dijadikan model kepribadian setiap pemimpin sebagai uswatun hasanah (teladan yang baik).Dalam pengawasan  perpustakaan yang Islami, menekankan adanya kesadaran teologis akan kehadiran Allah SWT sebagai pengawas pertama dalam setiap diri, tempat dan keadaan. Kesadaran ini harus dibina dari kedalaman tauhid. Meskipun tidak dapat dicapai mata, namun Allah SWT tetap melihat segala yang kelihatan sebab Allah Maha Mengetahui. Kata kunci: perpustakaan Islam, perencanaan, pengawasan, kepemimpinan
Keikutsertaan pustakawan pada program “call for papers” dalam seminar perpustakaan guna meningkatkan kompetensi menulis dan kompetensi lainnya Lenny Fatimah Noviawijayawaty; Elyani Sulistialie
Jurnal Pustakawan Indonesia Vol. 18 No. 1 (2019): Jurnal Pustakawan Indonesia
Publisher : Perpustakaan IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.887 KB) | DOI: 10.29244/jpi.18.1.16-20

Abstract

Mengikuti seminar dapat menambah wawasan dan pengetahuan, hampir semua orang sudah tahu. Hadir dalam  seminar dan berpresentasi mungkin tidak semua orang mengalaminya. Kini dengan mengikuti program “Call for Papers”, diantaranya dengan mengirim abstrak terlebih dahulu, pustakawan dapat tampil untuk berpresentasi. Pustakawan dapat memilih topik yang dikuasainya dan menyiapkan diri untuk bepergian jika seminar diadakan di luar kota.  Dengan menulis artinya pustakawan mendokumentasikan apa yang telah dikerjakan dan pengetahuan yang dimilikinya lalu dengan berpresentasi ia menyampaikan apa yang  diketahuinya kepada pustakawan lain. Untuk riset paper ini penulis menggunakan metoda deskriptif analisis dan studi literatur. Tujuan penulisan paper ini adalah untuk mengetahui kompetensi apa saja yang diperoleh dari mengikuti program “Call for Papers” sehingga diharapkan dapat menumbuhkan minat pustakawan untuk menulis dan berpresentasi.  Pemahaman atau kompetensi yang diperoleh dengan menghadiri seminar perpustakaan dan mengikuti program “Call for Papers” selain kemampuan menulis diantaranya tentang praktek kepustakawanan, literasi informasi, teknologi informasi dan lain-lain. Semoga pustakawan dapat memanfaatkan program “Call for Papers” untuk pengembangan karirnya. Kata kunci : call for papers, kompetensi,  presentasi
KENYAMANAN RUANG PERPUSTAKAAN DENGAN PRINSIP GREEN OFFICE Endang Fatmawati
Jurnal Pustakawan Indonesia Vol. 18 No. 1 (2019): Jurnal Pustakawan Indonesia
Publisher : Perpustakaan IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.536 KB) | DOI: 10.29244/jpi.18.1.21-32

Abstract

The concept of an environmentally friendly library office can cut operating costs. The impact of excessive energy consumption is one of the factors behind the need to conceptualize library space with the green office principle. Librarians as the main actors who manage the library, must be trained and have the competence to realize the green office. In the context of college library space, the green office can be explained as a concept for managing an environmentally friendly work environment and reducing the adverse effects of space building on the campus environment. The management in question includes: designing, building, and maintaining rooms to increase productivity for the inhabitants of the library. The library office is designed to collaborate with the surrounding environment whose activities are carried out with environmentally friendly principles. The goal is that the work environment in the library will be a comfortable, conducive, clean, shady, beautiful and healthy place for the knowledge-takers who are in it. Some programs that can be done include representative buildings, flexible space design, energy efficiency, power management features; saving water; resources efficiency; green information technology; physical design; waste management; air quality; minimize noise; space design; air freshener; or utilizing scrap paper. Keywords: environmentally friendly, green office, energy saving, library, convenience
Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan: Studi pada Perpustakaan Institut Pertanian Bogor Fery Siswadi, SE., MM
Jurnal Pustakawan Indonesia Vol. 18 No. 1 (2019): Jurnal Pustakawan Indonesia
Publisher : Perpustakaan IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.959 KB) | DOI: 10.29244/jpi.18.1.42-53

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini di laksanakan di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2018. Responden dalam penelitian ini adalah pengunjung Perpustakaan IPB yang telah lebih dari satu kali, Jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan 262 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang disebut purposive sampling. Teknis analisis yang di gunakan pada Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh positif langsung Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan. Terdapat Pengaruh positif langsung Kepuasan terhadap Loyalitas. Terdapat pengaruh positif langsung Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas. Terdapat pengaruh positif tidak langsung Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas. Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, perpustakaan, structural equation modeling (SEM), lisrel 8.80
THE INFORMATION SEEKING BEHAVIOUR MODEL OF IPB UNIVERSITY STUDENTS BASED ON STRUCTURAL EQUATION MODELLING Dr. Ir. Janti G. Sujana, MA
Jurnal Pustakawan Indonesia Vol. 18 No. 1 (2019): Jurnal Pustakawan Indonesia
Publisher : Perpustakaan IPB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.141 KB) | DOI: 10.29244/jpi.18.1.33-41

Abstract

The abundant of information on the internet has become a competitor for libraries as information service providers. Therefore to survive and thrive, the libraries must change and adopt to a rapidly evolving external environment. Understanding user information seeking behaviour is very useful for redesigning various services that suit to user needs. The objectives of this study were: 1). To analyze the characteristics of digital natives and digital immigrants of IPB University students related to their information seeking behaviour; 2). To develop a model of information seeking behaviour of both digital natives and digital immigrants of IPB University students based on structural equation modeling. The study was mainly quantitative and questionnaire was designed to study students’ information-seeking behaviour. The findings showed that the dominant behaviours and preferences of digital natives in their information seeking behaviour were influenced by environmental variables, especially the availability of information. For the information seeking behaviour variables of students, the dominant indicator were asking for printed and digital information to the lecturer. While for immigrant digital students their information seeking behaviour were dominantly influenced by environmental variables, especially the availability of information. The indicators for information seeking behaviour of digital immigrant student were dominated by asking printed information to friends, and requesting digital information to the lecturer. The success of getting information is dominant in the speed-of-getting-information indicator, both for digital natives and digital immigrant students.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019