cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28287746     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021): Juli - Desember" : 5 Documents clear
Upaya Menumbuhkan Karakter Cinta Lingkungan dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Islam Hajiannor, Hajiannor
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 11, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (974.764 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v11i2.6137

Abstract

Alam adalah lokus manifestasi dari seluruh nama-nama dan sifat-sifat Ilahi, maka merusak alam berarti merusak “wajah” atau tanda (ayat) Tuhan di muka bumi, melanggar amanah-Nya untuk menjaga, melanggar amanah ciptaan. Penjagaan kelestarian alam lingkungan menghajatkan kepedulian dan kasih sayang, eksploitasi berlebihan, keserakahan dan perlakuan buruk sebagian manusia terhadap alam pada akhirnya akan dapat menyengsarakan manusia itu sendiri. Upaya menumbuhkan karakter cinta lingkungan diperlukan untuk terjalinnya relasi yang harmoni secara maslahat dengan makhluk yang lain sebagai sesama ciptaan-Nya. Pemikiran teologi yang responsif diperlukan bagi terbangunnya sikap peduli kepada selainnya. Dengannya manusia sebagai pengkosmos utama alam ini, khalifah-Nya di muka bumi mampu memanfaatkan dan mengelola alam semesta untuk kebaikan dan maslahat bagi semua makhluk-Nya
RASA PERHATIAN KEPADA SISWA YANG BERPENGARUH PENTING KEPADA PROSES BELAJAR MENGAJAR Fadila, Nurul
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 11, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.909 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v11i2.4909

Abstract

This research was intended to explain the influence of civic education teacher’s affection towards student’s character and student’s learning result at SMA Negeri 10 Batang Hari. In this research, the researcher used descriptive quantitative method. The sample of this research was taken as 10% from 479 the number of students at SMA Perintis 2 Bandar Lampung 2011/2012 and the researcher got 48 students as the sample of this research. The data collecting technique in this research were questionnaires, attitude scales and test. Based on the calculation of data analysis, the result showed that there was positive influence and there was significant between civic education teacher’s affection towards student’s character, the higher of civic education teacher’s affection so the higher of student’s character, e.g. instill a sense of mutual help and respect to the students, as well as the lifestyle of a good teacher could increase the student’s c haracter in their daily lives. And also there was positive influence and there was significant between civic education teacher’s affection towards students’ learning result, the higher influence of civic education teacher’s affection, the higher of student’s learning result, e.g. the affection of the teacher could increase students’ enthusiasm in understanding the question and the task of the material with confidence and the students were active in discussion in whole of class
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QURAN (Kajian Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 9-13) jannah, miftahul
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 11, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1115.841 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v11i2.4910

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak merupakan dasar bagi semua orang dalam berkehidupan beragama. Akhlak mengajarkan untukselalu memiliki budi pekerti dan perilaku yang baik dengan hubungan kepada allah atau dalam kehidupan bermasyarakat.Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui penelusuran data-data atau library reseach. Library lesearch yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Adapun sumber primer yang digunakan adalah surat Al-hujurat ayat 9-13 dengan menggunakan metode tahlili.Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat Al-hujurat ayat 9-13 meliputi: pertama sikap adil, kedua persaudaraan, ketiga sikap menghargai orang lain, keempat sikap humanis, kelima larangan menggujing/ghibah, keenam taqwa.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM PELATIHAN UNTUK PENINGKATAN BUILDING LEARNING COMMITMENT ROSANA, RATNA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 11, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.992 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v11i2.5067

Abstract

Pelatihan merupakan salah satu bagian dari Pendidikan non formal bagi Pendidikan orang dewasa (andragogi) serta sebagai perwujudan dari proses pembelajaran guna meningkatkan Building Learning Commitment proses pembelajaran dalam suatu pelatihan dapat berjalan secara efektif, maka diperlukan semangat dan sikap aktif dari peserta pelatihan dalam menerima dan memahami materi pembelajaran, dan fasilitator mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Mengingat pelatihan merupakan suatu kegiatan dalam rangka proses pembelajaran, maka keberadaan metode pembelajaran adalah suatu hal yang memegang peranan penting demi tercapainya tujuan pembelajaran dalam pelatihan, sehingga harus ada ketepatan terhadap metode pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini, diskusi merupakan metode pembelajran yang tepat diterapkan dalam suatu pelatihan. Karena dengan metode pembelajaran diskusi tersebut, baik peserta pelatihan maupun fasilitator sama-sama bersifat aktif, sehingga terjadi interaksi timbal balik dan tukar-menukar pendapat serta informasi)
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUNBUDAYA RELIGIUS DI SMA NEGERI 1 LAUNG TUHUPKECAMATAN LAUNG TUHUP KALIMANTAN TENGAH Manaf, Abdul
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 11, No 2 (2021): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.601 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v11i2.6136

Abstract

Penanaman budaya religius di SMA Negeri 1 Laung Tuhup oleh kepala sekolah dikarenakan pada masa ini maraknya terjadi pergaulan bebas. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menanamkan budaya religius agar bisa membantu siswa- siswi untuk menentukan sikap dalam berperilaku sehari-hari. Sehingga pada penelitian ini akan mengetahui apa saja strategi yang digunakan kepala sekolah dalam membangun budaya religius di SMA Negeri 1 Laung Tuhup Kec. Laung Tuhup Kalimantan Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun dalam pengumpulan data menggunakan wawancara secara lisandan tertulis, observasi, dan dokumentasi. Kepala sekolah sebagai subjek penelitiandan strategi kepala sekolah sebagai objek pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data, kepala sekolah menggunakan 5 strategi untuk membangun budaya religious di SMA Negeri 1 Laung Tuhup, yaitu dimulai dengan menentukan perencanaan yang matang, selanjutnya dengan memberikan suri tauladan yang baik kepada masyarakat sekolah, kemudian memberikan nilai- nilai keagamaan dalam diri siswa, selanjutnya para siswa akan terbiasa dengan yangmereka lakukan, dan tahap akhir kepala sekolah akan mengevaluasi hasil dari rancangan di atas agar dapat terbentuk budaya religious di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5