cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28287746     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2016): Januari - Juni" : 7 Documents clear
SIFAT KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM Yusnadi, Yusnadi
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2016): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.208 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i1.1810

Abstract

Seorang pemimpin pendidikan yang baik sangat diperlukan untuk mendidik anak-anak didiknya, karena itu kepemimpinan pendidikan sesuatu hal yang mendasar untuk terus dikaji dan dipelajari. Cukup banyak teori yang membahas permasalahan ini, namun dirasa masih belum cukup baik, karena itu diperlukan kepemimpinan pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam. Walaupun dalam hal ini pembahasan hanya memuat tentang sifat-sifat yang harus dimiliki pemimpin pendidikan. Kepemimpinan  pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam, secara umum bahwa pendidikan Islam dapat menerima semua unsur yang terdapat dalam kepemimpinan pendidikan umum, selama itu tidak bertentangan dengan ajaran Islam khususnya al-Qur’an dan al-Hadits. Kata kunci: sifat kepemimpinan, pendidikan, perspektif Islam
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KANDANGAN Rahmi, Nurul
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2016): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.165 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i1.1811

Abstract

Permasalahan akan muncul ketika siswa sebagai remaja tidak mampu untuk bekerjasama dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa betapa pentingnya seseorang untuk memiliki kompetensi interpersonal agar mampu “survive” dalam kehidupan di sekolah, masyarakat dan dunia kerja. Disinilah peranan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training dapat dipergunakan untuk membantu siswa meningkatkan kompetensi interpersonal. Penelitian bertujuan menguji secara empirik efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan kompetensi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pra eksperimental design-one group pretest-post tes dengan subjek penelitian 10 orang siswa kelas X SMA Negeri 2 Kandangan yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan hasil dari skala kompetensi interpersonal siswa. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi interpersonal siswa berada pada kategori sedang. Sementara hasil uji-t menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) / asymptotic significance untuk uji dua sisi adalah 0,000, ini berarti bahwa bimbingan kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan kompetensi interpersonal siswa. Disarankan: bimbingan kelompok dengan teknik assertive training diharapkan dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai salah satu alternatif layanan dalam membantu siswa untuk meningkatkan kompetensi interpersonal serta diharapkan dapat  dipergunakan sebagai sumber rujukan mengenai teknik yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kompetensi interpersonal siswa. Kata kunci: kompetensi interpersonal, bimbingan kelompok, teknik assertive training
TAUHID, AKHLAK, DAN MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM Fuady, M. Noor
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2016): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.962 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i1.1806

Abstract

Fitrah yang bersifat potensial tersebut harus dikembangkan secara faktual dan aktual. Untuk melakukan upaya tersebut, Islam memberikan prinsip-prinsip dasarnya berupa nilai-nilai Islami sehingga pertumbuhan potensi manusia terbimbing dan terarah. Manusia merupakan elemen utama dalam pendidikan. Karena hanya manusia yang harus dan dapat dididik serta harus dan dapat mendidik, tanpa pendidikan perkembangan manusia tidak dapat berjalan secara optimal. Pendidikan Islam berfungsi membimbing dan mengarahkan manusia agar mampu mengemban amanah dari Allah, yaitu menjalankan hidupnya dimuka bumi bagi sebagai ‘abd Allah maupun sebagai khalifah Allah. Kedua misi manusia tersebut, baik sebagai ‘abd Allah maupun khalifah Allah, merupakan perjanjian primordial antara manusia dan Allah. Untuk mengemban misi tersebut, manusia dibekali alat-alat potensial, sehingga manusia dapat mengetahui, memahami dan menjalankan tugas tersebut. Namun manusia mudah jatuh dan tergelincir sehingga melupakan misi yang harus diembannya. Kunci kunci: tauhid, akhlak, manusia, pendidikan, Islam
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN Husaini, Rusdiana
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2016): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.165 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i1.1812

Abstract

Kecerdasan emosi yang tinggi akan membuat siswa memiliki keseimbangan emosional, sehingga perasaan aman dapat tercapai dan konsentrasi pikiran dapat dipusatkan pada materi pelajaran yang dipelajari dengan demikian akan tercapai kondisi belajar yang efektif. Kondisi belajar yang efektif ini memungkinkan siswa untuk belajar secara maksimal, sehingga prestasi belajar dapat mencapai hasil yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kecerdasan emosi siswa SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin tahun pelajaran 2013/2014? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin? 3) Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin tahun pelajaran 2013/2014?. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, yakni menghubungkan antara dua variabel atau lebih. Populasi adalah siswa SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 322 siswa dan sampel 30% berjumlah 54 siswa. Hasil temuan penelitian sebagai berikut: 1) Skor Kecerdasan Emosisiswa kelas IX SMPIT Ukhuwah Banjarmasin diperoleh rata-rata 148.17 yang bisa disimpulkan berada pada kategori tinggi. 2) Prestasi belajar siswa dilihat dari nilai rapot semester genap tahun ajaran 2012/2013 untuk mata pelajaraan PAI telah memenuhi kriteria tuntas dengan nilai rata-rata 82.12. 3) Terdapat korelasi positif antara kecerdasan emosi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPIT Ukhuwan Banjarmasin. Koefisien korelasi berada pada kategori tinggi (r = 0.680). Kata kunci: kecerdasan emosi, prestasi belajar, pendidikan agama Islam
PERSEPSI TENTANG NASIONALISME (Studi pada Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin) AS, Burdjani
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2016): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.164 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i1.1807

Abstract

Dalam kenyataannya masyarakat masih saja tidak sadar akan persatuan negara dan bangsa ini. Masih banyak terjadi perkelahian antar suku ataupun agama, korupsi, nilai-nilai, norma-norma, serta adab-adab pun banyak yang dilanggar oleh rakyat Indonesia. Namun dengan berbagai hal tersebut tidak menutup kemungkinan nasionalisme bangsa Indonesia akan sampai ketingkat puncak sama halnya pada saat rakyat Indonesia membela negera dan bangsa Indonesia dari penjajah dengan gerakan-gerakan perlawanan berbasis etno-religius inilah yang memberi dasar bagi munculnya kesadaran “nasionalisme purba”(archaic nasionalism).Pokok permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana pandangan mahasiswa terhadap nasionalisme Jurusan PGMI Fakultas Terbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin?, 2) Bagaimana sikap asionalisme mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Terbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin?, 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Terbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin?Persepsi nasionalisme mahasiswa dijurusan PGMI fakultas tarbiyah dan keguruan IAIN Antasari Banjarmasin dipandang baik. Hal ini dilihat dari berbagai pendapat tentang permasalahan-permasalahan di Indonesia sekarang ini yang berkaitan dengan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.Sikap nasionalisme mahasiswa dijurusan PGMI fakultas tarbiyah dan keguruan IAIN Antasari Banjarmasin dilihat baik. Hal ini dilihat dari tanggapan dan sikap mahasiswa terhadap masalah-masalah di Indonesia sekarang ini yang berkaitan dengan IPOLEK SUSBUD dan HANKAM.Faktor-faktor yang mempengaruhi nasionalisme mahasiswa dijurusan PGMI fakultas tarbiyah dan keguruan IAIN Antasari Banjarmasin adalah ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam. Kunci kunci: persepsi, nasionalisme, mahasiswa
PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI KALANGAN PENGEMIS DI BANJARMASIN TIMUR KOTA BANJARMASIN Murdan, Murdan
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2016): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.635 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i1.1808

Abstract

Pendidikan keagamaan yang diberikan kepada para pengemis yang sering mangkal di pertigaan dan atau di perempatan jalan di kota Banjarmasin Timur Banjarmasin sudah cukup berhasil. Sedangkan bentuk pembinaan dilakukan dengan cara persuasip dan kerjasama dengan Dinas Sosial Kota Banjarmasin Bentuk pembinaan keagamaan yang diberikan kepada mereka adalah tentang pendidikan keimanan terutama berkenaan dengan materi rukun Iman dan rukun Islam, pendidikan shalat meliputi tata cara melaksanakan shalat, rukun dan syarat serta yang membatalkan shalat, pendidikan puasa dengan materi berkisar tentang syarat, rukun dan yang membatalkannya, pendidikan akhlak dengan membiasakan mengucap kalimat thayyibah seperti mengucap ”bismillah” ketika mengawali aktivitas dan mengucap alhamdulillah ketika mengakhiri aktivitas, mengucap ”istighfar” jika membuat kesalahan atau ada kekeliruan dan membiasakan mengucap ”salam” ketika bertemu dengan sesama muslim atau jika masuk dan atau keluar rumah dan pendidikan dalam membaca al-Qur’an. Kata kunci: pendidikan, keagamaan, pembinaan, kalimat thayyibah
KONSEP SABAR DALAM ALQURAN Raihanah, Raihanah
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2016): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.817 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i1.1809

Abstract

Bersabar adalah untuk menahan diri dari keinginan berpaling dari komunitas orang-orang yang menyeru Rab-nya serta selalu mengharap keridhaan-Nya. Perintah sabar juga sebagai pencegahan dari keinginan manusia yang ingin bersama dengan orang-orang yang lalai dari mengingat Allah SWT. Dalam Alquran banyak sekali ayat yang menyatakan tentang sabar, begitu pula dalam hadis, Nabi Muhammad Saw sangat menganjurkan kepada setiap muslim untuk bersabar.Ulama membagi kesabaran pada tiga hal, yakni sabar dalam ketaatan kepada Allah, sabar dalam meninggalkan kemaksiatan kepada Allah, dan sabar dalam menerima cobaan dan ujian dari Allah. Sabar yang tertinggi adalah sabar dalam meninggalkan maksiat kepada Allah. Kata kunci: konsep, sabar, Alquran

Page 1 of 1 | Total Record : 7