cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28287746     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2016): Juli - Desember" : 7 Documents clear
PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK DI KELAS IV SDN KEBUN BUNGA 6 BANJARMASIN Istati, Mufida
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 2 (2016): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.761 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i2.1815

Abstract

Perkembangan psikologi merupakan telaah tentang proses perubahan ke arah kematangan pada aspek mental yang dialami oleh anak. Aspek perkembangan psikologis yang ditelaah meliputi aspek perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Perkembangan kognitif meliputi perkembangan bahasa dan persepsi, perkembangan afektif mencakup perkembangan emosi dan penyesuaian diri. Perkembangan psikomotori meliputi proses psikologi yang mengiringi setiap aktivitas individu. Fokus penelitian ini pada perkembangan psikologi anak. Anak adalah individu yang berusia  antara 6 sampai dengan 12 tahun. Pada usia tersebut anak berada pada jenjang pendidikan formal sekolah dasar. Setiap anak memiliki perkembangan psikologi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini mengetahui gambaran perkembangan psikologi anak yang mencakup kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian terdiri dari para informan yaitu siswa dan guru kelas SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan  studi dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini meliputi: (1) Anak megalami perkembangan kognitif yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Anak dapat melakukan komunikasi tanya jawab yang baik. Memahami tentang diri dan keluarganya; (2) perkembangan afektif anak berkaitan dengan kondisi emosi dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan. Secara umum anak dapat memahami tentang berbagai macam emosi seperti senang dan sedih. Anak dapat mengekspresikan emosinya dengan baik. Anak berusaha menyesuaikan diri dalam berkomunikasi baik dengan teman sebaya dan orang yang lebih tua; (3) perkembangan psikomotorik yang dialami anak sesuai dengan tahapan perkembangan motorik. Anak memiliki ketertarikan pada kegiatan yang mengharuskan anak beraktivitas fisik secara aktif. Kata kunci: perkembangan, psikologi, anak
URGENSI PEMAHAMAN HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM BAGI MAHASISWA PAI Ermalianti, Ermalianti
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 2 (2016): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.284 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i2.1816

Abstract

Hakikat manusia dalam Islam adalah manusia yang utuh, secara jasmani dan rohani. Manusia memiliki akal untuk berpikir, naluri untuk berkeinginan dan kebutuhan jasmani untuk dipenuhi. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, hidup dengan seperangkat aturan, sehingga dengan akal yang dimiliki akan dapat menerima perintah dan larangan dalam memuaskan naluri dan memenuhi kebutuhan jasmani. Pemahaman ini secara pemikiran sangat penting untuk dikuasai pendidik, terlebih sebagai Pendidik Agama Islam bagi peserta didik yang mencakup mata pelajaran keagamaan. Kesadaran tersebut seyogyanya didapatkan dibangku perkuliahan, inklut dalam setiap mata perkuliahan. Urgensi pemahaman oleh mahasiswa PAI sebelum terjun ke masyarakat mengabdi pada dunia pendidikan bangsa. Kata kunci: urgensi, hakikat manusia, pemahaman mahasiswa PAI
ROMANTISME PERADABAN ISLAM DI EROPA (NILAI SKI) DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARANGAN HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA Yusnadi, Yusnadi
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 2 (2016): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.818 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i2.1817

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang romantisme peradaban Islam di Eropa masalah yang menjadi bahasan yaitu sejarah peradaban Islam dalam skripsi ini yaitu, sejarah peradan Islam di Eropa dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa. Adapun rumusan masalah dari judul yang dikemukakan tersebut adalah: Bagaimana Romantisme Peradaban Islam di Eropa (Nilai SKI) dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karangan Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra?. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengulas lebih dalam romantisme peradaban Islam di Eropa (Nilai SKI) melalui novel 99 Cahaya di Lagit Eropa, sehingga dapat menjadi tambahan wawasan bagi saya sendiri dan yang membaca karya ini. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan mengambil subjek dan objek penelitian, subjek penelitian ini adalah novel 99 Cahaya di Langit Eropa dan objeknya adalah romantisme peradaban Islam di Eropa (Nilai SKI). Metode untuk pengalian datanya yaitu: koleksi data, seleksi data, klasifikasi data, interpretasi data. Untuk menganalisis data mengunakan metode analisis isi.Hasil penelitian ini adalah sejarah peradaban Islam di Austria yang tertampil dalam novel ini: Kekalahan Islam Turki Ottoman kalah dalam Ekspansi ke Wina, Cappucino, kopi itu bukan dari Italia. Aslinya berasal dari biji-biji kopi Turki yang tertinggal di medan perang di Kahlenberg, Roti Croissant, dijadikan sebagai simbol kekalahan Turki, Sebuah masjid, masjid Vienna Islamic Center. Sejarah Peradaban Islam di Prancis: Celestrial Sphere-by Yunus Ibn al-Husayn al-Asturbi (1145), Piring bertuliskan Arab kufic, Lukisan Bunda Maria bertuliskan “Laa Ilaaha Illallah”, Le Grande Mosquee de Paris, Pintu-pintu Notre Dame yang arsitekturnya disebut ogive atau kurva lancip pengaruh budaya Islam. Peradaban Islam di Cordoba & Granada: Mezquita, mesjid yang sekarang menjadi gereja, Sultan al Rahman yang mempunyai sifat bijaksana, Averroes atau Ibnu Rushd. Filsuf terkenal dari Cordoba, Istana Al Hambra, pengusiran  Islam dari bumi Spanyol,  pembebasan massal kepada seluruh penduduk. Sejarah peradaban Islam di Istambul Turki: Peradaban Islam di Istambul yang tertampil dalam novel ini: Hagia Sophia sebuah bangunan Gereja dan di ubah menjadi masjid dan sekarang di fungsikan sebaagai museum, Blue Mosque , Topkapi Palace adalah sebuah istana peninggal Turki Utsmani. Kata kunci: romantisme, peradaban Islam, Eropa
SEJARAH TOKOH PENDIDIKAN ISLAM DI KALIMANTAN SELATAN (TUAN GURU H. ABDURRASYID, TUAN GURU H. MAHFUZ AMIN, PROF. DRS. H. M. ASYWADIE SYUKUR, LC DAN KH. MUHAMMAD ZAINI ABDUL GHANI) Masrawiyah, Masrawiyah
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 2 (2016): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.147 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i2.1818

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari betapa pentingnya sejarah Islam itu sendiri seperti berkembangnya pendidikan Islam khususnya di Kalimantan Selatan. Beberapa tokoh penting yang berperan diantaranya, Tuan Guru H. Abdurrasyid, Tuan Guru H. Mahfuz Amin, Prof. Drs. H.M. Asywadie Syukur, Lc, dan KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani, Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dan kedudukan Tuan Guru H. Abdurrasyid, Tuan Guru H. Mahfuz Amin, Prof. Drs. H. M. Asywadie Syukur, Lc dan KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani, dalam bidang pendidikan Islam di Kalimantan Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang tokoh yaitu Tuan Guru H. Abdurrasyid, Tuan Guru H. Mahfuz Amin, Prof. Drs. H.M. Asywadie Syukur, Lc dan KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pendidikan Islam di Kalimantan Selatan yakni peran dan kedudukan tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kedudukan yang dapat diberikan oleh keempat tokoh terhadap pendidikan Islam di Kalimantan Selatan khususnya di wilayah Banjarmasin, Martapura, Amuntai dan Barabai. Sumber data diperoleh melalui buku-buku atau literatur, manaqib tokoh dan wawancara setelah terkumpul semua data tersebut, maka langkah yang selanjutnya menganalisis data melalui teknik studi tokoh dimaksud dengan keluarga. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Abdurrasyid pendiri Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai diresmikan pada tahun 1928. Kedudukan beliau sebagai ulama, pendidik, pendakwah dan panutan masyarakat. Peran Mahfuz Amin pendiri Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih diresmikan 11 Mei 1958. Kedudukan beliau sebagai ulama, pendakwah, pendidik dan tokoh masyarkat. Peran Asywadie pendiri Lembaga Dakwah IAIN, pencetus program Pascasarjana IAIN Antasari dan sebagai pendidik. Kedudukan beliau sebagai rektor, guru besar IAIN Antasari dan tiga kali memimpin MUI Kalimantan Selatan. Peran Guru Sekumpul sebagai penceramah dan pendakwah. Kedudukan beliau sebagai wali mursyid yang mashur. Kata kunci: sejarah, tokoh, pendidikan Islam
MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEMBERDAYAKAN KELOMPOK KERJA GURU SE KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN Ahmad Musta’ien, Yahya Mof, M. Adli Nurul Ihsan
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 2 (2016): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (24.093 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i2.1813

Abstract

Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam SD berdampak pada kualitas pendidikan dasar anak karena SD sebagai pendidikan dasar yang menjadi pondasi bagi sekolah lanjutan pertama dan atas sehingga melalui sistem pembinaan profesionalisme seperti Kelompok Kerja Guru (KKG) menjadi barometer keberhasilan pendidikan di Indonesia.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan profesionalisme Guru PAI SD di Kecamatan Banjarmasin Selatan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian lapangan ini adalah kepala sekolah dan guru PAI, pembina KKG, dan anggota Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dalam penelitian ini, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumenter. Penulis kemudian mengolah dan menganalisis data dengan melalui tahapan editing dan klasifikasi data, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatifdan mengambil simpulan menggunakan metode induktif. Hasil Temuan adalah peran kelompok kerja guru dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam SD di kecamatan Banjarmasin Selatan melalui peningkatan kreatifitas dan skill serta peningkatan pengetahuan dan wawasan sudah sesuai dengan UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang diwujudkan melalui program kerja yaitu program rutin dan pengembangan yang mereka laksanakan sudah cukup membantu meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam SD di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi peran kelompok kerja guru dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Kecamatan Banjarmasin Selatan adalah latar belakang pendidikan guru sudah bergelar sarjana S-1 dan hanya sebagian kecil yang masih D-II namun mereka sudah lulus sertifikasi dan sedang dalam proses gelar S-1, pengalaman guru yang cukup memadai yaitu berkisar hingga 30 tahun, keadaan kesejahteraan guru sudah mencukupi sehingga tidak mengganggu tugas, tingkat keaktifan pengurus yang baik sehinggadalam menjalankan program berdampak pada program yang berjalan sesuai target sehingga dapat membantu tercapainya visi dan misi KKG, komitmen guru dalam mengikuti kegiatan KKG cukup baik sehingga permasalahan-permasalahan guru yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik, namun dana yang tersedia masih minim sehingga terbatasnya kegiatan. Kata kunci: meningkatkan, profesionalisme, guru, pendidikan agama Islam
USAHA GURU PAI MEMBIASAKAN MEMBACA ALQURAN SISWA DI SMP NEGERI 23 BANJARMASIN Fauzan, Muhammad
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 2 (2016): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.614 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i2.1819

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang usaha guru pai membiasakan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Alasan penulis memilih judul ini adalah karena penulis tertarik dari kegiatan membiasakan membaca Alquran yang diadakan di sekolah umum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana usaha guru PAI membiasakan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin?  2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi usaha guru PAI membiasakan membaca Alquran siswa di SMP NEGERI 23 Banjarmasin kecamatan Banjarmasin Timur? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan usaha guru PAI membiasakan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin dan untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi usaha guru PAI membiasakan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin . Jenis penelitian ini adalah penelitian (field research) dan pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PAI. Sedangkan objek penelitian adalah usaha guru PAI membisakan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan Tes. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan editing, koding, klasifikasi, verifikasi dan menganalisis dengan diskriptif kualitatif. Setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan data dengan menggunakan teknik koleksi data, editing data, dan klasifikasi data.  Kemudian data dianalisis menggunakan metode induktif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Usaha Guru PAI membiasakan membaca Alquran memiliki 4 kategori yaitu memberikan motivasi, penggunaan media yang sesuai, pengelolaan kelas dan penggunaan metode. (2) Factor-factor yang mempengaruhi usaha guru PAI membiasakan membaca Alquran siswa di SMP Negeri 23 Banjarmasin Kecamatan Banjarmasin Timur ada 3, yaitu guru, siswa, dan sarana prasarana. Kata kunci: usaha, guru PAI, membaca Alquran
PENDIDIKAN ISLAM DI IRAN (Tinjauan Historis Pra dan Pasca Revolusi) Fuady, M. Noor
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 2 (2016): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.454 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v6i2.1814

Abstract

Setelah Revolusi Islam Iran pada 1979, sistem pendidikan Iran mengalami perubahan yang sangat mendasar dan semua upaya pendidikan harus disesuaikan dengan prinsip-prinsip Islam. Prioritas harus diletakkan pada terjaminnya usaha mendidik anak-anak dan generasi muda sehingga menjadi muslim yang konsekuen dan punya komitmen yang tinggi terhadap agama Islam. Pendidikan di Iran masih bersifat sentralistik terdiri dari pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan tinggi. Pendidikan dasar dan menengah di bawah naungan Departemen Pendidikan (ministry of education), sedangkan pendidikan tinggi di bawah naungan dan pengawasan Departemen Ilmu dan Teknologi. Sejak Revolusi Islam, universitas dan perguruan tinggi baru telah dibangun, menawarkan berbagai spesialisasi. Selain itu, sejak tahun 1987, program master dan doktor telah ditawarkan dalam berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Pada tahun 1989 MCHE mencatat ada lebih dari 100 lembaga pendidikan tinggi yang terdiri dari 30 universitas, 14 adalah komplek universitas dan perguruan tinggi, 5 adalah perguruan tinggi swasta non-pemerintah dan 36 lebih pusat-pusat pendidikan tinggi dan instansi pemerintah. Kata kunci: pendidikan, Islam, Iran

Page 1 of 1 | Total Record : 7