cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28287746     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2017): Juli - Desember" : 7 Documents clear
PENERAPAN HASIL LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TELUK DALAM BANJARMASIN Hidayah, Nurul
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2017): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.408 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v7i2.1804

Abstract

Penerapan hasil lesson study dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an (BTA) MIN Teluk Dalam Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dari: Pertama; Aktivitas guru, yaitu kegiatan guru dalam pembelajaran, baik dengan persentasi rata-rata siklus I 71 dan siklus II 80. Kedua ; Aktivitas siswa, yaitu berupa aktivitas siswa aktif dalam pembelajaran BTA dengan persentasi siklus I cukup baik dan siklus II baik.Faktor hasil belajar siswa dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan persentasi belajar siswa pada pembelajaran BTA. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai pada pertemuan pertama adalah cukup dan pertemuan kedua cukup baik. Nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal masih kurang dari kriteria yang telah ditetapkan sekolah. Kemudian meningkat pada siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua, nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal sudah mencapai kriteria yang telah ditetapkan sekolah.Kata Kunci : Penerapan, Hasil dan Belajar serta Lesson Study
STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 GAMBUT KABUPATEN BANJAR Sifa, Nurus
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2017): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.605 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v7i2.1805

Abstract

Strategi Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Gambut terlaksana dengan baik,  meliputi : Pertama; Perencanaan Strategi Pembelajaran. Hal ini di tandai dengan dibuatnya perencanaan pembelajaran yang berupa silabus, program tahunan, program semester, dan RPP atau sekenario pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran serta disediakan fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran seperti buku pegangan dan media yang sesuai dengan strategi yang digunakan oleh guru yang bersangutan. Kedua; Pelaksanaan Strategi Pembelajaran. Dalam pelaksanaan strategi pembelajaran pada proses pembelajaran  Fiqih sudah sesuai den gan  langkah-langkah  yang menjadi ketentuan dalam pelaksanaannya dan sesuai dengan materi.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Gambut adalah : Faktor guru, guru tersebut sudah memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang keilmuannya.Faktor siswa, yang berupa hasil belajar siswa yang sangat baik menunjukan minat dan motivasi siswa sangatlah mendukung.Faktor materi pelajaran, materi pelajaran serta penguasaan materi yang disampaikan kepada anak didik sangat mendukung kemampuan guru dalam menerapkan srategi pembelajaran.Faktor fasilias dan media yang tersedia. Serta Faktor waktu yang kurang mndukung. Kata Kunci : Strategi dan  Pembelajaran serta Fiqih
Perbandingan Prestasi Belajar Menggunakan Strategi Paikem dengan Model Gallery Walk Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MI Siti Mariam Dengan MI Darut Taqwa Banjarmasin Sholeh, Makherus
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2017): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jt ipai.v7i2.2248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar menggunakan strategi PAIKEM dengan model gallery walk pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Siti Mariam dengan MI Darut Taqwa Banjarmasin. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Prestasi belajar SKI menggunakan strategi PAIKEM model gallery walk kelas V di MI Siti Mariam ialah 60,00 termasuk dalam kategori cukup baik. 2) Prestasi belajar SKI menggunakan strategi PAIKEM model gallery walk kelas V di MI Darut Taqwa ialah 62,50 termasuk dalam kategori baik. 3) Prestasi belajar SKI menggunakan strategi PAIKEM model gallery walk kelas V di kelas V dari MI Darut Taqwa lebih besar dibandingkan prestasi belajar SKI menggunakan strategi PAIKEM model gallery walk kelas V dari MI Siti Mariam dengan selisih 2,50. Tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar menggunakan strategi PAIKEM dengan model gallery walk pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Siti Mariam dan MI Darut Taqwa Banjarmasin.
PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MTS AL-ISTIQOMAH PENGAMBANGAN KOTA BANJARMASIN Fadliyanur, Fadliyanur
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2017): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.128 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v7i2.1800

Abstract

Strategi active learning oleh guru mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Al-Istiqomah Pengambangan Banjarmasin sudah terlaksana dengan menggunakan strategi Card Sort, Index Card Match dan Team Quiz, ketiga strategi ini merupakan strategi yang sering digunakan pada saat pembelajaran Qur’an Hadits. Dalam proses pelaksanaannya ada tiga tahap yang telah dilalui yaitu:Pertama ; Perencanaan; Perencanaan yang dibuat oleh guru seperti merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan bahan, menentukan strategi dan menentukan media sudah tertulis semua dalam sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran RPP dan terlaksana dengan baik.Kedua;Pelaksanaan yang berjalan dengan lancar, meskipun ada beberapa kendala seperti peserta didik yang masih ada yang kurang memperhatikan ketika gurunya menjelaskan, dan cara penerapan strategi yang sedikit berbeda dengan teori yang ada di bab II, namun tetap terlaksana.Ketiga ;Evaluasi juga telah dilaksanakan, dengan waktu melaksanakan evaluasi yaitu setelah mempelajari beberapa sub bab, hal ini terlihat ketika guru melaksanakan pre test dan post test. Kata Kunci: Penerapan, Active Learning dan Qur’an Hadits
PEMBELAJARAN FIQIH PADA MATERI PENDIDIKAN SEKS USIA REMAJA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL BANJARMASIN Nurul Ihsan, M. Adli
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2017): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.287 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v7i2.1801

Abstract

Pembelajaran fiqih pada materi Pendidikan Seks Usia Remaja Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin yakni suatu proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan para siswa-siswi untuk mencapai sesuatu dalam memecahakan persoalan atau mencari jalan keluar   untuk meraih tujuan  yang akan diraihnya. Tujuan yang diraih disini ialah tujuan bersama yani menjadikan siswanya berpribadian yang baik. Yang dapat terhindar dari berbagai hal-hal yang tidak baik, diantaranya pergaulan bebas di antara remaja,   maka dapatlah di tarik kesimpulan sebagai berikut:  Pertama;  Pembelajaran  Fiqih  pada  materi  pendidikan  seks  usia  remaja  siswa madrasah aliyah negeri 2 model banjarmasin  terdiri dari materi, metode, media dan alokasi waktu yang digunakan,   dimana   materi   yang dsisampaikan guru disini tidak secara khusus tentang pendidikan seks usia remaja, akan tetapi menggunakan materi yang tersedia dalam kurikulum mata pelajaran Fiqih, yaitu Zina. Metode yang digunakan guru bervariasi tidak hanya ceramah, dan ada juga usah-usaha yang dilakukan guru yaitu mengadakan kegiatan keagamaan. Media yang digunakan sedikti hanya menggunakan power point dan waktu yang disediakan mencukupi. Kata Kunci:  Pembelajaran, Fiqih  dan  Materi  serta Pendidikan Seks
AKTIVITAS REMAJA MESJID DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI PEMURUS DALAM KOTA BANJARMASIN Mustaien, Ahmad
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2017): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.439 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v7i2.1802

Abstract

Aktivitas Remaja Mesjid dalam mencegah kenakalan Remaja di Pemurus Dalam Banjarmasin terdiri dari  ; Pertama ; Keagamaan, Meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan pemahaman tentang  Islam  secara lebih  luas  dan  mendalam.  Diikuti  dengan aktivitas da’wah islamiyyah. Aktivitas ini berjalan dengan cukup baik. Kedua; elajar kesenian Islam, berlatih dan mempraktekan keterampilan, baik keterampilan teknis, kemanusiaan maupun konsepsional. Keterampilan berupa seni islami antara lain adalah seni rebana, marawis,  nasyid.  Seni  lukis,  pidato.  Aktivitas  dalam  hal  ini berjalan dengan lancar terutama dalam keterampilan seni Islami. Ketiga ; Pembinaan   Remaja   muslim   cerdas,   kreatif,   dan   bertaqwa, Pembinaan    intensif    (rutin)    bagi    para    anggota    dibidang keorganisasian,   Tarbiyah   Pengurus,   Penyaluran   Bakat.   Dan  bentuk  kegiatan  yang  sifatnya  Eksternal,  Bakti  Sosial,  Syi’ar Islam, Seminar Remaja Muslim. Dengan adanya pembinaan yang rutin diberikan maka sangat baik bagi perkembangan akkhlak remaja. Keempat ; Bidang   Ubudiyah   (ibadah),   Pelaksanaan   sholat   lima   waktu, menentukan muadzin dan imamnya, Pelaksanaan sholat Jum’ah, menentukan khatib dan imam beserta cadangannya, Pelaksanaan sholat tarawih dan witir, menetapkan imam dan juga menyiapkan penceramah dalam kegiatan Ramadhan, Pelaksanaan Sholat dua hari raya, dengan menetapkan khatib dan imam beserta cadangannya, Pemotongan hewan Qurban. Dengan adanya tanggung jawab dalam menentukan segala kegiatan maka sangat baik dalam melatih kepercayaan diri bagi remaja.Faktor-faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Remaja Mesjid di  Pemurus Dalam Banjarmasin terdiri dari : Pertama ; Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dan masih sulitnya mengajak remaja mesjid dalam mengikuti kegiatan remaja mesjid kebanyakan remaja lebih senang bergaul dengan rekan sebayanya.Kedua ; Pendanaan   yang   hanya   mendapatkan   dukungan   dari   jamaah, kurangnya   kesadaran masyarakat dalam hal kegiatan Islam masih rendah kurangnya perhatian mereka dalam memakmurkan mesjid.Ketiga :  Adanya  konflik  perbedaan  pendapat  antara  kelompok  organisasi masyarakat dan organisasi kajian. Keempat Permasalahan internal  terjadi pengurus seperti saat tiap-tiap anggota mulai   makin   sibuk   dengan   pekerjaan,   tugas   kuliah,   ataupun pekerjaan rumah dari guru.Kata Kunci : Aktivitas, remaja masjid dan mencegah serta kenakalan
PELAKSANAAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SITI MARIAM BANJARMASIN Fauzani, M. Hamdani
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2017): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.888 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v7i2.1803

Abstract

Pelaksanaan strategi everyone is a teacher here dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Siti Mariam Banjarmasin dikatakan cukup terlaksana dengan baik, karena dapat dilihat dari pelaksanaan langkah-langkah strategi everyone is a teacher here yang dilakukan oleh guru sesuai dengan langkah-langkah dari strategi tersebut. Selain itu juga dapat dilihat dari bertambahnya minat dan keaktifan siswa pada saat pelaksanaan strategi tersebut dan waktu yang di alokasikan menjadi sangat efisien dengan digunakannya startegi tersebut.Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi everyone is a teacher here dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Siti Mariam Banjarmasin adalah: Pertama ; Latar belakang pendidikan guru yang sesuai dengan bidangnya dapat dikatakan tinggi, Hal ini dikarenakan bahwa beliau adalah sarjana starata satu di Fakultas Tarbiyah STAI Rakha Amuntai, dan dengan pengalaman mengajar yang cukup serta beliau mengikuti pelatihan dan penataran untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas pembelajaran. Kedua;  Siswa cukup berminat pada saat proses pembelajaran dan pelaksanaan strategi everyone is a teacher here. Ketriga; Alokasi waktu yang cukup memadai dikarenakan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak.Keempat  Lingkungan belajar yang cukup nyaman. Kata Kunci : Pelaksanaan, Strategi  dan Everyone Is A Teacher Here  serta  Pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 7