cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28287746     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni" : 6 Documents clear
UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MIN PEMURUS DALAM KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN Istiqamah, Istiqamah
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.029 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v8i1.2184

Abstract

Proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar apabila ada motivasi belajar karena orang yang bekerja berdasarkan motivasi yang kuat, ia tidak akan merasa lelah dan tidak cepat bosan. Oleh karena itu, guru perlu memelihara motivasi belajar siswanya dan semua yang berkaitan dengan motivasi.Dalam konteks tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang usaha guru meningkatkan motivasi belajar siswadi MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan guru meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin SelatanPerumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan.Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 orang guru. Objek dalam penelitian ini mengenai upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah terkumpul, data diolah dengan teknik editing dan koding kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan mengambil kesimpulan secara induktif. Setelah diadakan analisis data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari upaya yang dilakukan oleh guru melalui membuat perencanaan, menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan media, memberikan ganjaran dan hukuman dan memberikan tugas dan hasil tugas. Kata-kata Kunci: Guru, Motivasi, Belajar, Siswa
Sistem Militeristik Kerajaan Turki Usmani Mudhiah, Mudhiah
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.938 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v8i1.2155

Abstract

Kerajaan Turki merupakan penakluk elit yang mampu menyatukan iman, budaya dan bahasa dari sebuah wilayah yang lebih luas dari kerajaan Romawi serta untuk jumlah penduduk yang lebih besar. Sebagai bangsa nomadik dengan pola hidup sederhana, mereka memiliki moralitas yang tidak terbiasa dengan hal-hal negatif, fisik yang kuat, trampil dalam berperang dan memiliki watak pemberani,  sehingga dengan mudah dapat melangkah berjuang menjaga dan mempertahankan kekuasaan  dari serangan musuh. Sehingga militer Turki mampu menaklukan banyak wilayah, baik di negara belahan timur maupun di belahan barat.
Peran dan Strategi Orang Tua dalam Pendidikan Akidah Anak di MI Al Wathoniyah 01 Semarang Hamzah, Sandi Noor
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.542 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v8i1.2156

Abstract

Peran dan strategi orangtua diperlukan agar anak menjadi hamba yang bertakwa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: observasi, wawancara, dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran dan strategi orangtua dalam pendidikan akidah anak di MI Al Wathoniyah 01 Semarang sudah berjalan dengan  baik, terbukti dengan dijalankannya metode pendidikan akidah dengan indicator hasil penelitian yairtu dekatnya kehidupan anak dengan orang tua melalui akhlak di rumah. Metode pendidik anak yaitu: keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian dan pengawasan, hukuman.
Pengaruh Budaya Membaca terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SMAN 3 Banjarmasin Murdan, Murdan
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.162 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v8i1.2157

Abstract

Pendidikan Agama merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional, memiliki konstribusi yang besar dalam penanaman nilai-nilai moral spritual dan prilaku kegamaan siswa. Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Kebiasaan membaca perlu dibudayakan (dibiasakan) dikalangan  siswa, karena dengan membaca diharapkan para siswa mampu meraih prestasi yang maksimal terutama prestasi Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya membaca berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa. Hal ini berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 orang siswa SMAN 3 Banjarmasin
Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI MS-1 SMA Negeri 1 Selong Asmuni, Asmuni
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.652 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v8i1.2158

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa Kelas XI-1 SMA Negeri 1 Selong melalui penerapan model pembelajaran market place activity. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan adalah Pembelajaran Market Place Activity (MPA). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi untuk mengamati tingkat aktivitas belajar dan metode tes untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang  berbentuk pilihan ganda dengan 20 butir soal, yang diberikan di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Market Place Activity dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi Quran Hadis di MAN Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Nini, Trinoval Sari
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 8, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.051 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v8i1.2143

Abstract

Permasalahan yang ditemukan adalah  kurangnya motivasi dalam aktivitas belajar pada bidang studi Quran Hadis di MAN Lubuk Alung. Salah satu indikatornya adalah masih adanya peserta didik yang tidak mau bertanya kepada guru jika belum memahami materi ajar dan masih terdapat peserta didik yang kurang percaya diri untuk tampil ke depan kelas. Maka dalam menyikapi permasalahan tersebut, motivasi dari guru sebagai pendidik di sekolah, dan orang tua sebagai pendidik yang utama sangat dibutuhkan.Jenis penelitian Ramakualitatif. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada bidang studi Quran Hadis seperti pemberian tantangan, kesempatan kepada peserta didik untuk memilih aktivitas, meningkatkan rasa ingin tahu dan menggunakan fantasi dalam proses pembelajaran. Di samping itu, guru bidang studi Quran Hadis juga memberikan hadiah dan nasehat, serta memberikan pujian terhadap keberhasilan peserta didik. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6