cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
enhasanah@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/about/editorialTeam
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 2579714X     EISSN : 28287746     DOI : -
Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember" : 9 Documents clear
PENGUNAAN MEDIA LCD DALAM PEMBELAJARAN SKI MATERI SHIRAH NABAWIYAH DI MTs NOOR AINI KELURAHAN ALALAK TENGAH KOTA BANJARMASIN Fadliyanur, Fadliyanur
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.948 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3105

Abstract

Metode pada penelitian int adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII sedangkan objek penelitian int yaitu penggunaan media dalam pembelajaran ski pada materi shirah nabawiyah kelas VII di MTs Noor Aini Kota Banjarmasin dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan media dalam pemelajaran ski materi shirah nabawiyah pada kelas VII di MTs Noor Aini Kota Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi semua data yang terkumpul diproses melalui reduksi data, display data, dan verifikasi serta simpulan.Berdasarkan hasil penelitian int diketahui bahwa Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Ski Materi Shirah Nabawiyah Kelas VII di MTs Noor Aini Kota Banjarmasin sudah be alan dengan baik, media pembelajaran yang digunakan oleh guru ski pada materi shirah nabawiyah adalah media audio visual berupa LCD, Meida Viusal berupa papan tulis, dan juga menyelinginya dengan mempraktikan Sholat tersebut. Tujuan dari penggunaan media pembelajaran tersebut tentunya untuk membantu memahamkan materi ajar kepada siswa di dalam proses pembelajaran.Adapun faktor yang mendukung penggunaan media dalam pembelajaran ski pada materi sholat kelas VII di MTs Noor Aini Kota Banjarmasin ialah pengalaman mengajar, penguasaan guru terhadap media pembelajaran, adanya persiapan sebelum menggunakan media pembelajaran, dan adanya sarana dan prasarana Adapun hal-hal yang menghambat keadaan media yang kurang baik, terbatasnya media yang ada, dan keadaan siswa. Kata Kunci: Penggunaan, Media LCD, SKI dan MTs Noor Aini
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA REFORMASI (1998-SEKARANG) Aisyah, Siti
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.785 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3159

Abstract

Tema besar reformasi pendidikan di Indonesia telah membawa suatu konsep penerapan pengelolaan pendidikan yang berfokus pada otonomi dan independensi dalam penentuan keputusan dan kebijakan lokal sekolah dalam rangka meningkatkan mutu, efisiensi dan pemerataan pendidikannya, yang pada akhirnya akan mewujudkan suatu sekolah yang efektif dan produktif. Penerapan konsep tersebut tentunya diharapkan dapat menjawab realitas saat ini dalam penyelenggaraan pendidikan yang menekankan pada upaya peningkatan mutu, efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan pendidikannya. Dalam penerapan manajemen berbasis sekolah, madrasah memerlukan pedoman untuk menjamin terlaksananya manajemen yang mengakomodasi kepentingan otonomi madrasah, kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, dan partisipasi masyarakat. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Reformasi
MOTIVASI ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DARUSSALAM BARAMBAI KECAMATAN BARAMBAI KABUPATEN BARITO KUALA Hilmi, Muhammad
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.955 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3106

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang terjun langsung kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 12 orang tua, 5  orang anak, dan 2 orang guru. Dan objek penelitian ini adalah motivasi orang tua dalam menyekolahkan anak di Madrasah Diniyah Awaliyah Darussalam Barambai Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapat dengan cara wawancara, observasi, dan dokumenter.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa semua orang tua yang berjumlah 12 orang memiliki motivasi dalam menyekolahkan anak di Madrasah Diniyah Awaliyah Darussalam Barambai. Pertama, 12 orang tua termotivasi karena ingin menjadikan anak lebih berkualitas dalam membaca Al-Qur’an, dan 8 orang tua siswa yang temotivasi karena ingin menyalurkan minat dan bakat anak. Kedua, orang tua memotivasi anaknya dengan cara menasehati, membimbing, termotivasi dari orang lain, dan memberikan hadiah kepada anak, pengawasan orang tua terhadap anak dengan cara dinasehati, dibimbing, menentukan kegiatan anak antara belajar dan bermain, dan menyuruh anak untuk belajar pada malam hari, dan orang tua mengatasi anaknya yang malas belajar di rumah dengan cara mendidiknya secara perlahan, diberi arahan, motivasi, dan memanggil teman yang lain untuk belajar bersama. Ketiga, faktor pendukung yang terdiri dari latar pendidikan orang tua, kondisi lingkungan disekitar tempat tinggal, sarana dan prasarana di Madrasah Diniyah Awaliyah, mudah ditempuh, hanya ada satu Madrasah Diniyah Awaliyah di desa Barambai, dan kesibukan orang tua terhadap pekerjaannya, dan faktor penghambat yang terdiri dari sarana dan fasilitas yang dimiliki dirumah, dan asik bermain. Kata Kunci: Motivasi Orang Tua, Menyekolahkan Anak dan Madrasah Diniyah
DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP ALQURAN Nasution, Zulkipli
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.088 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3366

Abstract

Alquran adalah petunjuk bagi kehidupan manusaia. Semua aspek kehidupan manusia dari hal yang terbesar sampai terkecil dibicarakan dengan jelas dalam Alquran. Begitu juga dengan dasar dan tujuan pendidikan Islam. Alquran menyebutkan dasar dan tujuan pendidikan Islam pada berbagai ayat Alquran untuk memberikan pedoman dan petunjuk berkaitan dengan dasar dan tujuan pendidikan Islam. Dasar pendidikan Islam menjadi pondasi yang urgen dalam meraih tujuan pendidikan Islam, karena dengan dasar dan pondasi pendidikan Islam yang kokoh akan menghasilkan tujuan pendidikan Islam yang baik dan efisien. Kata Kunci: Dasar, Tujuan Pendidikan, Alquran.
PELAKSANAAN INSTRUMEN NON TES DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI SMP NEGERI 1 BATU AMPAR) Rahmi, Nurul; Arifien, Syamsul
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (47.725 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3108

Abstract

Bimbingan dan Konseling yang ada di sekolah merupakan salah satu faktor yang ikut memperlancara proses belajar, layanan siswa Non Tes merupakan salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling yang ikut membantu individu (siswa) untuk mengembangkan bakat, minat serta memahami dirinya sesuai dengan kemampuan dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi siswa ke arah yang lebih optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan tentang Pelaksanaan Instrumen Non Tes dalam Bimbingan dan Konseling (Studi di SMP Negeri 1 Batu Ampar). Faktor-faktor apa saja yang mendukung Pelaksanaan Instrumen Non Tes dalam Bimbingan dan Konseling (Studi di SMP Negeri 1 Batu Ampar). Subjek penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Batu Ampar dengan objek pelaksanaan Instrumen Non Tes tahun 2018/2019. Teknik yang digunakan dalam penggalian data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan analisis kualitatif dan diambil kesimpulan secara induktif.Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Pelaksanaan Instrumen Non Tes dalam Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Batu Ampar meliputi jenis metode, tujuan dan faktor pendukung serta faktor penghambat. Kata Kunci: Pelaksanaan, Instrumen Non Tes, Bimbingan dan Konseling dan SMP   Negeri 1 Batu Ampar
Bentuk Penciptaan Manusia dari Tanah Menurut Al-Qur’an (Kajian Mutaradif Ayat) Yulizar, Adriani
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.343 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3420

Abstract

Sebagian  ulama menganggap bahwa dalam Al-Qur’an terdapat bentuk kata yang mutaradif dan mempunyai arti yang sama, sedangkan yang lain berpendapat bahwa terdapat kata mutaradif tetapi mempunyai sedikit perbedaan sesuai dengan konteks ayat masing-masing. Kata turab thin shalshal fakhkhar memang menunjukkan sebagai sinonim, tapi sebenarnya tidak sinonim seutuhnya, karena setiap kata tersebut mempunyai makna khusus yang tidak dimiliki oleh kata lain yang dianggap sinonim. 
KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA ALQURAN PADA SMP NEGERI 1 BAKARANGAN KABUPATEN TAPIN Hamdan, Hamdan; Sya'bana, M. Zaki
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.05 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan dalam Membaca Alquran pada peserta didik SMP Negeri 1 Bakarangan, karena membaca Alquran itu tidak saja menjadi amal dan ibadah tetapi juga sebagai obat dan penawar bagi orang yang gelisah hatinya.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan mengambil subjek dan objek penelitian, subjek penelitian adalah siswa kelas IX D di SMP Negeri 1 Bakarangan. Melalui pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data menggunakan editting, dan klasifikasi data. penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yaitu : dari hasil wawancara guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Baca Tulis Alquran tersebut sebelum melakukan pengajaran ada hal-hal yang perlu dipersiapkan seperti, buku pembelajaran dan menyiapkan format penilaian apabila melakukan praktik membaca Alquran. Kemudian penulis melakukan observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca Alquran pada SMP Negeri 1 Bakarangan sudah masuk kategori cukup. Meski ada beberapa hal kekurangan dalam membaca Alquran tersebut.Berdasarkan  hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa tingkat kemampuan peserta didik kelas IX D di SMP Negeri 1 Bakarangan dalam membaca Alquran termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata (mean) 74,6. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Membaca Alquran dan SMP Negeri 1 Bakarangan
Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Sistem Pendidikan Perspektif Hadits Nabawi Irwansyah, Muhammad; Nasution, Melda Diana; Afrida, Afrida
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.578 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3421

Abstract

Kompetensi kepribadian guru merupakan bekal utama dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Guru seharusnya memeiliki kompetensi kepribadian, yang diantaranya memiliki kerpibadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, berakhlak mulia, dan teladan. Dalam hadis-hadis Rasulullah shallaallahu `alaihi wa sallam banyak membahas tentang sikap yang harus dimiliki seorang pendidik. Karena, pada hakikatnya Rasulullah diutus sebagai pendidik bagi umatnya, terutama dalam mendidik akhlak manusia. Rasulullah sendiri ialah seorang Nabi yang memiliki akhlak sempurna, sehingga setiap ucapan, tingkah laku serta kebiasaan Rasulullah menjadi hukum dan pedoman umat manusia setelah al-Quran.
Islam, Iman dan Ihsan dalam Kitab Matan Arba‘In An-Nawawi (Studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadis Nabi SAW) Anugrah, Ruri Liana; Asirin, Ahmad; Musa, Faisal; Tanjung, Alwin
Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember
Publisher : UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.765 KB) | DOI: 10.18592/jt ipai.v9i2.3422

Abstract

Materi pendidikan Islam menjadi salah satu faktor penting demi tercapainya tujuan utama pendidikan Islam, yaitu tercapainya tujuan pendidikan Islam sesuai dengan makna tarbiyah, ta‘lim, ta’dib dan tahdzib. Sehingga terbentuklah insan kamil dengan pola taqwa. Sesungguhnya, pokok dari materi Pendidikan Islam terdapat pada konsep Islam, iman dan ihsan. Dalam Kitab matan Arba‘in karangan Imam an-Nawawi terdapat beberapa hadis terkait konsep Islam dan rukun-rukunnya, konsep iman dan rukun-rukunnya, serta pembahasan konsep ihsan. Maka dalam tulisan ini penulis akan membahas Islam, iman dan ih}san dalam kitab matan arba’in an-Nawawi dan materi pembelajaran pendidikan Islam yang berbasis Islam, iman dan ihsan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9