cover
Contact Name
Ari Metalin Ika Puspita
Contact Email
arimetalinikapuspita2@gmail.com
Phone
+6282333663345
Journal Mail Official
jurnaltanggap@stkippgritrenggalek.ac.id
Editorial Address
Jl. Supriyadi 22 Trenggalek Jawa Timur – Indonesia Kode Pos 66319
Location
Kab. trenggalek,
Jawa timur
INDONESIA
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Published by STKIP PGRI TRENGGALEK
ISSN : -     EISSN : 27743691     DOI : -
Core Subject : Education,
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar a national scientific journal is open to seeking innovation, creativity, and novelty. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar is a peer-review journal published by the STKIP PGRI Trenggalek. The aim of the journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar published two times a year, in May and November by publishing research results and critical analysis studies in the field of education.
Articles 35 Documents
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AYO BISA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Herma Susilo Putro; Efi Ika Febriandari; Angga Setiawan
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.201 KB)

Abstract

Penggunaan media disadari oleh banyak praktisi pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran terutama membantu peningkatan hasil belajar siswa. Permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas yaitu fasilitas media pembelajaran yang kurang, hasil belajar siswa pada materi siklus air diketahui ada beberapa siswa yang nilainya di bawah KKM dan belum diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif pada materi siklus air dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, perlu dikembangkan sebuah multimedia pembelajaran berbasis komputer dengan materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Dari data hasil kelayakan multimedia pada aspek materi diperoleh tingkat kevalidan sebesar 73 % (layak), aspek bahasa sebesar 98 % (sangat layak), dan aspek media sebesar 86 % (sangat layak). Hasil respon siswa diperoleh tingkat kevalidan sebesar 87 % (sangat positif). Dari segi keefektifan multimedia, diketahui nilai rata-rata pretest sebesar 68 dan nilai rata-rata posttest sebesar 86 maka diperoleh gain 0,563. Dari hasil tersebut penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif AYO BISA menggunakan pretest dan posttest mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang karena 0,30 ≤ g ≤ 0,70. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif AYO BISA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENDIDIKAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN SIKAP JIWA KEPEMIMPINAN Irfan Supriatna; Herman Herman
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.599 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana menanamkan sikap jiwa kepemimpian dalam Pendidikan Pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data melalui peningkatan ketekunan, triangulasi dan memberi check. Analisis data yang telah diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam menanamkan sikap jiwa kepemimpinan sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) Gerakan Pramuka menerapkan prinsip kepemimpinan; Ing Ngarso Sung Tulodo (Bertindak Adil, tepat waktu, kontrol emosi); Ing Madyo Mangun Karso (Mampu mengarahkan dan memberi saran, menciptakan kebersamaan, meningkatkan semangat); Tutwuri Handayani (Mampu mempengaruhi, mendorong percaya diri, meningkatkan rasa peduli). Kesimpulan yang diperoleh yaitu penanaman sikap jiwa kepemimpinan dapat dilakukan melalui Pendidikan Pramuka. Dalam Pendidikan Pramuka untuk menanamkan sikap jiwa kepemimpinan menerapkan Metode Kepramukaan, di antaranya; Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka (satya dan darma), Belajar Sambil Melakukan, Sistem Beregu, Kegiatan di Alam Terbuka, dan Kemitraan Dengan Orang Dewasa.
PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Ida Ayu Putu Deswanti; Agus Budi Santosa; Nanda William
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.04 KB)

Abstract

Pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada proses pembelajaran di sekolah. Saat proses pembelajaran guru masih menerapkan metode ceramah terkait materi yang ada di buku (teacher centered) sehingga siswa kurang terlibat aktif. Kurang terciptanya pembelajaran yang menyenangkan turut menyebabkan siswa tidak dapat berkonsentrasi dan fokus. Akibatnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran kurang maksimal. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan sifat eksperimen. Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini mengambil populasi untuk dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh berjumlah 17 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes bertujuan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 65,764, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 78,117. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan sebesar 12,353. Untuk mengetahui pengaruh penerapan ice breaking dilakukan analisis data menggunakan uji t (paired sample t test). Hasilnya menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III SDN 1 Ngepeh semester genap tahun pelajaran 2019/2020.
KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANGTUA SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Erwin Huda Pratama; Suciati Purwo; Intan Susetyo Kusumo Wardhani
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.579 KB)

Abstract

Data penelitian program kemitraan sekolah dengan orang tua pada tingkat Sekolah Dasar ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini dikembangkan dari permasalah bagaimana wujud kegiatan program kemitraan sekolah dengan orangtua, hasil belajar siswa, serta bagaimana perannya. Sehingga dapat tercapainya tujuan peneliti untuk dapat mendeskripsikan, menggambarkan, serta memberikan informasi yang objektif tentang wujud kegiatan orang tua dan hasil belajar siswa dengan adanya program kemitraan sekolah. Pendekatan yang dipilih menggunakan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah guru, orangtua, siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jumlah subjek yang digunakan 17 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, kuesioner, lembar observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan data hasil belajar siswa kelas IV diperoleh nilai kognitif, afektif, dan psikomotor siswa masing-masing Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 65. Semenjak dengan adanya program kemitraan sekolah dengan orangtua hasil belajar siswa menjadi meningkat, karena pemberian materi tidak hanya dilakukan oleh guru di kelas saja akan tetapi bisa dilakukan di rumah oleh orangtua siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dan dilakukan secara bersama, misalnya seperti siswa dan orangtua mengerjakan tugas bersama, memecahkan masalah bersama dimana dalam metode ini juga bisa mengharmoniskan hubungan orangtua dengan anaknya.
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MICROSOFT POWER POINT SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR Zulfadewina; Mimin Ninawati; Rahmiati; Zulham Muhammad Husain
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.146 KB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Microsoft Power Point materi mengenal sifat benda cair mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SD. Penelitian ini masuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan empat langkah, yaitu: 1) tahap define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) dissiminate (penyebaran). Tempat penelitian ini adalah di SD. Subjek uji coba diterapkan kepada 32 peserta didik kelas V A di SD tersebut. Pengumpulan data melalui lembar angket ahli media, materi, dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif berupa hasil penilaian ahli dan respon siswa dan kualitatif deskriptif. Produk hasil pengembangan yaitu media pembelajaran berbasis microsoft power point  Materi Perubahan Wujud Benda Cair. Berdasarkan validasi ahli materi memperoleh skora rata-rata adalah 94% dan mempunyai kategori sangat layak. Pada  validasi ahli media menunjukkan skor rata-rata 85% dan berkategori sangat layak. Kemudian respon diperolehrata-rata skor 77% atau masuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Aplikasi Microsoft Power Point pada materi perubahan wujud benda cair ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA.
KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Ari Metalin Ika Puspita Ari Metalin Ika Puspita; Flora Puspitaningsih; Kriska Yuki Diana
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.416 KB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran di lapangan, penggunaan media berbasis digital khususnya media powerpoint interaktif belum pernah diterapkan oleh guru. Sehingga dibutuhkan pengembangan media powerpoint interaktif agar proses pembelajaran berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Hasil penelitian media powerpoint interaktif adalah media yang digunakan berdasarkan tes berbeda melalui uji statistik non parametrik dengan uji rumus Wilcoxon untuk memperoleh data belajar siswa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media powerpoint interaktif.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEMA HIDUP RUKUN KELAS II SDN POJOK III CAMPURDARAT TULUNGAGUNG Frita Devi Asriyanti Frita Devi Asriyanti; Eki Fitriana; Nabila Kurnia Asdi
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.088 KB)

Abstract

Buku merupakan salah satu jenis bahan ajar cetak yang dapat digunakan siswa sebagai sumber atau bahan pembelajaran bagi siswa. Buku memiliki dua bagian penting, yaitu: (a) buku berisi kegiatan pembelajaran; (b) buku yang dilengkapi dengan instruksi guru, tes akhir, dan kunci jawaban tes akhir dari buku tersebut. Bahasa dalam buku harus memenuhi kriteria berikut: (a) menggunakan bahasa percakapan, ramah, komunikatif; (b) membuat bahasa lisan dalam bentuk tertulis; (c) menggunakan sapaan akrab yang secara pribadi menyentuh; (d) memilih kalimat sederhana, pendek, tanpa anak; (e) hindari istilah yang terlalu asing dan teknis; (f) menghindari kalimat pasif dan negatif ganda; (g) menggunakan pertanyaan retoris; (h) terkadang kalimat santai, lucu, trendi dapat digunakan; (i) menggunakan bantuan ilustrasi untuk informasi abstrak; (j) memberikan ekspresi pujian, dan memotivasi; (k) menciptakan kesan modul sebagai materi pembelajaran yang hidup. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam menghubungkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik diartikan sebagai pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema tertentu, dalam pembahasan temanya dilihat dari berbagai mata pelajaran.
PENINGKATAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA SD MELALUI KANTIN SEHAT Pupung Rahayu Novianti
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.527 KB)

Abstract

Salah satu dampak dari perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia diantaranya adalah perilaku hidup yang serba instan, termasuk dalam hal memilih makanan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: a) Bagaimanakah perilaku hidup sehat siswa kelas IV SDN III Cimalaka serta apakah yang menjadi pertimbangan siswa dalam memilih makanan di Kantin Sehat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: a) Mendeskripsikan perilaku hidup sehat siswa kelas IV SDN Cimalaka III dan b) Mengetahui pertimbangan siswa dalam memilih makanan di Kantin Sehat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan perilaku hidup sehat siswa SD terutama dalam pemilihan makanan. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN Cimalaka III Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang Propinsi Jawa Barat. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perilaku hidup sehat siswa telah baik, dimana persentasi rata-rata berada di rentang 78100%. Serta pertimbangan memilih makanan siswa berada di rentang 78-80%. Kedua hal tersebut membuktikan bahwa Kantin Sehat efektif untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berperilaku hidup sehat serta dalam memilih makanan sehat.
PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) Ilma Nuriana; Femita Adelina
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2021): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.052 KB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap pembelajaran jarak jauh, sebagai bagian dari kebijakan pemerintah atas penutupan sekolah akibat pandemi covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian merupakan orang tua siswa sekolah dasar di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling, berjumlah 32 orang . Data diambil dengan menyebarkan kuesioner semi terbuka dan dianalisis secara deskriptif. Studi menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah dalam konteks pembelajaran diselenggarakan dalam bentuk pembelajaran dalam jaringan (luring). Tidak hanya siswa, orang tua juga dituntut untuk beradaptasi dengan model pembelajaran yang diberlakukan selama masa pandemi Covid-19 karena siswa membutuhkan pendampingan orang tua selama belajar dari rumah. Meskipun orang tua tidak memiliki persepsi negatif, namun pembelajaran jarak jauh berkontribusi terhadap beban orang tua atau keluarga secara fisik dan mental. Adanya kemungkinan perpanjangan model pembelajaran jarak jauh hingga batas waktu yang belum diketahui, orang tua berharap adanya perbaikan dan inovasi dalam model pembelajaran jarak jauh.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Rika Wahyuni; Efi Ika Febriandari; Angga Setiawan
TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 (2021): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP PGRI Trenggalek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.987 KB)

Abstract

Pemahaman konsep melalui pembelajaran tematik yang mendasari penelitian pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT masih sulit dipahami oleh siswa sehingga menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam belajar. Pada umumnya, siswa memerlukan bantuan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT untuk membantu pemahaman kosep materi dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD. Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT dalam bentuk slide dengan dilengkapi tombol menu pembelajaran sehingga memudahkan pengguna menuju ke halaman yang diinginkan. Model pengembangan yang diimplementasikan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian dan pengembangan membuktikan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif layak untuk digunakan, berdasarkan hasil kevalidan materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 75% (layak), kevalidan bahasa sebesar 93% (sangat layak), kevalidan media sebesar 82% (sangat layak), dan kevalidan dari uji praktisi memperoleh nilai rata-rata sebesar 93% (sangat layak). Keefektifan media pembelajaran powerpoint interaktif diperoleh dari rumus n-gain mendapatkan peningkatan belajar sebanyak 0.57 dengan kategori sedang. Media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT memperoleh respon yang sangat positif dari siswa, menurut uji lapangan hasil perolehan nilai rata-rata angket respon siswa sebesar 84% (sangat positif). Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT tergolong layak dan mampu meningkatankan keaktivan siswa.

Page 1 of 4 | Total Record : 35