cover
Contact Name
Kenny Candra Pradana
Contact Email
ensiklopediasaburai@gmail.com
Phone
+6289671344567
Journal Mail Official
lppmsaburai@gmail.com
Editorial Address
Jl. Imam Bonjol No.468, Langkapura, Bandar Lampung, Indonesia
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai
ISSN : 28081072     EISSN : 28081153     DOI : 10.24967/ESP
Core Subject : Education,
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, with registered number p-ISSN: 2808-1072 (print), e-ISSN: 2808-1153 (online), is a scientific journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung. The aim of this journal publication is to accommodate and disseminate new theories and research results that have been achieved in the area of education and learning innovation. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, specifically focuses on the main issues in the development of educational and learning innovations, namely in the field of education both in a broad sense (general education) and specifically (referring to a particular field of study). Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai published two time annually, i.e., Maret and September. This publication is available online via open access.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 33 Documents
Latihan Membaca Bahasa Inggris : Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI dalam Memahaminya Intan Safitri; Dian Reftyawati; Satria Adi Pradana
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 2, No 01 (2022): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.647 KB) | DOI: 10.24967/esp.v2i01.1551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami tugas membaca bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MA Ma'arif NU 02 Sidorejo yang mengalami kesulitan dalam memahami kegiatan membaca bahasa Inggris. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan purposive sampling, dipilih 30 siswa kelas XI IPA 2 sebagai sampel karena memiliki nilai membaca yang lebih rendah dibandingkan kelas lainnya. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen dan kuesioner. Selanjutnya, kondensasi data, penyajian data, dan menghasilkan kesimpulan atau verifikasi adalah tiga aspek utama dari analisis data. Setelah mengevaluasi data, terlihat bahwa siswa memiliki empat kesulitan memahami tugas membaca. persentase rata-rata sebesar 72,5 persen untuk aspek ide utama, 67,5 persen untuk aspek inferensi, 50,5 persen untuk aspek detail, dan dan 75 persen untuk aspek vocabulary (Kosakata). Berdasarkan persentase yang diambil dari hasil analisis dokumen dan angket yang diisi oleh siswa kelas XI IPA 2 MA Ma'arif NU 02 Sidorejo tersebut, aspek tersulit adalah aspek kosakata.
MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP Lela Permanasari; Kenny Candra Pradana
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 1, No 01 (2021): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.367 KB) | DOI: 10.24967/esp.v1i01.1327

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan tingkat eksplorasi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. teknik sampling yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Sampel penelitian kelas VII K sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus statistik t-tes. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik t-tes diperoleh nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 kurang dari 0.05. Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung.
Strategi Pembelajaran Heuristik K-R dan Motivasi Belajar: Dampak Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Nining Sundari; Farida Farida; Siska Andriani
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 2, No 01 (2022): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.796 KB) | DOI: 10.24967/esp.v2i01.1374

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Dampak strategi pembelajaran Heuristik K-R terhadap kemampuan representasi matematis; 2) Dampak motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis; dan 3) Interaksi antara strategi pembelajaran Heuristik K-R dengan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasy experiment design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Ma’arif 8 Sendang Agung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, yang terpilih menjadi sampel adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji Two-Way Anova. Diperoleh hasil yaitu H_0A ditolak, H_0B ditolak, dan H_0C diterima. Disimpulkan bahwa 1) Terdapat dampak strategi pembelajaran heuristik K-R terhadap kemampuan representasi matematis; 2) Terdapat dampak motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis; dan 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Heuristik K-R dengan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik.
Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu : Penerapan Metode Muri Q Arfani Labib; Syaiful Anwar; Syamsuri Ali; Yasinta Rahmawati
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 1, No 01 (2021): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.316 KB) | DOI: 10.24967/esp.v1i01.1351

Abstract

Rumah Tahfizh Al Furqon Pringsewu, adalah salah satu lembaga tahfizh yang berhasil menerapkan metode Muri-Q atau Murattal Irama Qur’an. Yaitu metode menghafal Al-Qur’an yang mudah dipahami, sesuai kaidah tajwid, mengandung bacaan yang berirama dan indah untuk didengarkan serta menarik para santrinya untuk belajar menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan metode muri-Q pada hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah wali kelas yang mengajarkan metode muri-Q dan informannya adalah Mudir, Ustadz ustadzah, dan santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pelaksanaannya terdapat dua hal temuan. Yaitu, 1) Proses pembelajaran Muri-Q melalui 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) metode yang digunakan diantaranya, sima’i, talaqqi, dan muroja’ah. Dan evaluasinya menggunakan setoran.
Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi Zughrofiyatun Najah; Lisa Mei Lindasari
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 2, No 01 (2022): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.136 KB) | DOI: 10.24967/esp.v2i01.1522

Abstract

Pendidikan adalah faktor yang dapat disajikan sebagai jaminan bagi pengembangan sumber daya manusia, sehingga diharapkan manusia mampu menghadapi tantangan globalisasi. Sebagai agen perubahan sosial, optimalisasi pendidikan yang berada dalam atmosfir modernisasi dan globalisasi melalui proses pembelajaran atau strategi lain yang dikenal oleh khalayak masyarakat dan berlandaskan ajaran agama harus selalu ditingkatkan perannnya secara dinamis dan proaktif seperti yang tampak sekarang ini. Hal ini akan cederung memposisikan pendidikan sebagai sebuah misi dalam menyelesaikan dialektika permasalahan pendidikan dalam era globalisasi ini. Baik permasalahan yang berada dalam tataran intelektual, teoritis dan praktis. Penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi dan memahami permasalahan – permasalahan pendidikan Islam di era globalisasi dan bagaiamana seharusnya pendidikan Islam menyikapi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan dengan menghimpun data dari tulisan-tulisan (literasi) yang mempunyai kaitan dengan topik yang dibahas. pembaharuan konsep dan fungsi pendidikan Islam harus lebih diperkuat lagi dengan landasan – landasan yang kuat. Dari penelitian ini didapat beberapa tantangan yang muncul ialah kebodohan, kebobrokan moral, dan hilangnya karakter muslim dalam diri setiap umat Islam khususnya, diantaranya adalah dengan melakukan inovasi dan internalisasi transformatik pondok pesantren.
Implementasi Metode Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung Sumiyati Sumiyati
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 1, No 01 (2021): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.813 KB) | DOI: 10.24967/esp.v1i01.1345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Metode Pembelajaran Baca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik-teknik pengumpulan datanya digunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data yang diperlukan terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah analisa data. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran baca al-Qur’an di TPA Bani Lathif diimplementasikan melalui pelaksanaan komponen-komponen pembelajarannya. Dari aspek tujuan, penguasaan huruf hijaiyyah, tanda baca, tajwid dan dapat mempraktikkan baca al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah makharijul huruf. Mereka diharpkan pula dapat menghayati dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi materi, lebih sederhana daripada metode lainnya, di mana santri tidak diberikan buku paket, namun materi dituliskan di papan tulis untuk melatih keterampilan menulis dan memperkuat hafalan, meski terkesan kurang efisien. Sistem yang digunakan dalam pembelajarannya antara lain dengan variasi sistem individual/ private, klasikal dan klasikal tulis, baca simak “tadarus”. Adapun media yang digunakan masih sederhana yakni dengan mengoptimalkan yang ada, dan menuntut kreativitas guru. Evaluasi dilakukan melalui tiga tahapan: evaluasi harian, evaluasi pergantian pokok bahasan; evaluasi khatam al-Qur'an atau tes kelulusan. Meskipun demikian, dalam pelaksanaan belum terdapat perencanaan tertulis sebagaimana pada pendidikan formal, yang mengharuskan guru untuk membuat RPP sebelum melakukan proses pembelajaran.
Guru Sebagai Pemimpin di Dalam Kelas Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Ramdanil Mubarok
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 2, No 01 (2022): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.463 KB) | DOI: 10.24967/esp.v2i01.1524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kepemimpinan guru, kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas, dan kepemimpinan guru dalam menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Peneliti melakukan studi dengan literatur kepustakaan, baik berupa buku, artikel, majalah, catatan, maupun laporan hasil penelitian yang telah lalu sebagai bahan rujukannya. Hasilnya adalah a) konsep kepemimpinan guru merupakan kemampuan seorang guru dalam dalam mempengaruhi orang lain untuk melakukan suatu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. b) Kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas mengacu pada surat keputusan bersama empat menteri dengan memperhatikan aspek penerapan protokol kesehatan yang ketat. Diantara kebijakannya antara lain: memiliki data hasil screening kesehatan sebelum pembelajaran, menerapkan blended learning, adanya izin dari orang tua, adanya pengawasan dari lembaga di atasnya, serta adanya tim medis dan alat kesehatan di lembaga pendidikan. c) kepemimpinan guru dalam penerapan pembelajaran tatap muka terbatas terwujud dari sikap guru yang mendidik, membimbing, mengajar, dan melatih peserta didik. Dalam kepemimpinannya, guru juga dapat menanamkan nilai-nilai kehidupan pada diri peserta didik sebagai bekal hidup bermasyarakat. Kepemimpinan guru dalam pembelajaran tatap muka juga harus bertanggung jawab, berani, adil, percaya diri, cerdas, ramah, tegas, unggul, melindungi, punya daya tarik, dan visioner.
Pengaruh Cooperative Reading Groups Terhadap Kemampuan Membaca Siswa SMPN 1 Ngarip Ulubelu Sugiyanto Sugiyanto; Ratna Arum Sari
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 1, No 01 (2021): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.522 KB) | DOI: 10.24967/esp.v1i01.1324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membaca siswa yang belajar membaca melalui kelompok membaca kooperatif dan mendeskripsikan pengaruh Cooperative Reading Groups terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Dalam teknik pengumpulan data digunakan tes, tes objektif dengan pilihan ganda. Peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa rasio = 4, 96 dan ttabel 5 persen = 2,00 dan 1 persen = 2,66. Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kelompok membaca kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa dan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan menggunakan kelompok membaca kooperatif (80,8) lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional (69,2).
Radin Inten II: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Sejarahnya Nana Alamsyah; Arfani Labib; Imas Dewi Asih
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 2, No 01 (2022): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.449 KB) | DOI: 10.24967/esp.v2i01.1517

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam sejarah Raden Inten II dan relevansi nilai-nilai tersebut pada pendidikan saat ini. Jenis dan sifat penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif analitik. Objek kajian adalah karya literatur berupa buku-buku yang berkaitan dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Sejarah Raden Inten II. Adapun tahap dalam pengumpulan data melalui beberapa proses yaitu a) Tahap Orientasi; b) Tahap Eksplorasi; dan c) Tahap Terfokus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian didapat bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter dalam sejarah Radin Inten II yaitu Religius, Mandiri, Kerja Keras, Jujur Disiplin, Tanggung Jawab, Kreatif, Toleransi, Cinta Damai, Demokratis, Bersahabat/Komunikatif, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Peduli Sosial, Peduli Lingkungan. Selain itu, dalam kaitannya dengan pendidikan saat ini mempunyai relevansi yakni nilai-nilai pendidikan karakter dalam sejarah Raden Inten II dalam melawan penajajahan kolonialisme Belanda yang sesuai dengan tujuan pendidikan karakter.
Toleransi Antar Umat Beragama melalui Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus : SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak) Choirul Anwar; Syamsuri Ali; Ardo Hutama Putra
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai Vol 1, No 01 (2021): ENSIKLOPEDIA: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
Publisher : Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.497 KB) | DOI: 10.24967/esp.v1i01.1355

Abstract

Negara Indonesia merupakan negera yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya dan kepercayaan. Maka perlu yang Namanya pembinaan toleransi, tekhusus toleransi antar umat beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  bagaimana penerapan pembelajaran agama islam dalam membina toleransi antar umat beragama di SMAS Paramarta 1 Seputih Banyak. Metode pendekatan penelitian kualitaitify yang berisikan pendeskripsian mengenai data yang diperoleh dari lapangan, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana peran pembelajaran agama islam dalam membina toleransi antar umat beragama di SMAS Paramarta 1 seputih Banyak yaitu (1) dengan mengaitkan nilai-nilai toleransi dalam perencanaan pembelajaran, selanjutnya (2) pendidik selalu memasukkan nilai toleransi antar umat beragama di dalam materi, selain itu (3) Adanya pembinaan dan pengamatan toleransi antar umat beragama, (4) Pembelajaran agama islam boleh diikuti oleh siswa yang non agama islam, (5) Percontohan yang dilakukan pendidik dalam hidup bertoleransi, dan (6) Adanya kegiatan hari-hari besar keagamaan dan gotong royong.

Page 1 of 4 | Total Record : 33