cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 121 Documents
Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia Sutarya Sutarya
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.963 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3507

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh penguasaan kosakata dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia, 2) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia, dan 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 108 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMP Negeri Kecamatan Tirtajaya kabupaten Karawang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 sampai  Mei 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui  metode regresi sederhana dan regresi ganda. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penguasaan kosakata dan motivasi belajar siswa diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,134 dengan koefisien determinasi sebesar 36,5% dengan analisis regresi ganda adalah sebagai berikut : regresi   = 106,901 + 0,163 X1  - 0,427  X2. t = 2,359 dan -2,943, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama Penguasaan kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang.  Hal ini dibuktikan dengan Fh = 8,089 dan nilai Sig = 0.001 kurang dari 0,05, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan kosakata  terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai th = 2,359 dan nilai Sig = 0,020 kurang dari 0,05, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai th = -2,943, dan nilai Sig = 0,004 kurang dari 0,05.
Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Tata Bahasa terhadap Pemahaman Membaca Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri Aswani Aswani
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.518 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap pemahaman membaca teks eksplanasi bahasa Indonesia siswa SMA negeri di Kabupaten Tangerang Banten tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dengan survai di tiga SMA Negeri di Kabupaten Tangerang yang meliputi yaitu SMA Negeri 7, SMA Negeri 9 dan SMA Negeri 19 Kabupaten Tangerang dengan sampel sebanyak 60 siswa(responden) yang dipilih secara acak atau random. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dan tes. Analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif, uji validitas, uji realibilatas, dan analisa regresi ganda, Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 22 Maret sampai 11 Mei 2018. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar (X1) dan penguasaan tata bahasa(X2) terhadap pemahaman membaca teks eksplanasi (Y) siswa SMA Negeri di KabupatenTangerang Banten, dibuktikan dengan perhitungan regresi yang menunjukkan Nilai F hitung > F tabel atau 37,102>4,00 dengan persamaan regresi Y= 23,434 + 0,337 (X1) + 0,236 (X2). Selanjutnya secara bersama –sama variabel motivasi belajar dan penguasaan tata bahasa terhadap pemahaman membaca teks eksplanasi 56,6% dan signifikan.Kata Kunci : Motivasi belajar, penguasaan tata bahasa, pemahaman membaca teks eksplanasi bahasa Indonesia
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dasti Suratmi
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.469 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3509

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajarbahasa Indonesia. Model penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 80 siswa yang terbagi atas 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol, dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes preferensial yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas >0,70. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP N Kecamatan Babelan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05. dan Fhitung = 29,684. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMPN Kecamatan Babelan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan Fhitung = 7,553. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMPN Kecamatan Babelan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,315 > 0,05 dan nilai Fhitung = 1,025. Hasil penelitian ini berguna untuk peningkatan kemampuan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa dengan memperhatikan metode pembelajaran dan motivasi belajar yang dimilikinya dalam kelas. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Pengaruh Penguasaan Kalimat Efektif dan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara Dyah Utami; Suparman Ibrahim Abdullah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.421 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial dari penguasaan kalimat efektif dan penguasaan kosakata keterampilan berbicara, khususnya siswa SMP di Kota Tangerang. Jika memang ada pengaruh positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh penguasaan kalimat efektif dan penguasaan kosakata keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu dengan menghubungkan data yang menunjukkan penguasaan kalimat yang efektif dan penguasaan kosakata dengan data yang menunjukkan keterampilan menulis siswa dalam pidato yang dalam hal ini bentuknya dalam pidato. Data tentang variabel penguasaan kalimat efektif dan variabel penguasaan kosakata diperoleh melalui tes tertulis langsung dari responden. Tes ini dilakukan menggunakan beberapa pertanyaan pilihan. Data tentang keterampilan berbicara diperoleh melalui tes langsung dengan meminta responden untuk membuat pidato yang temanya ditentukan oleh peneliti. Dari hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata efektif dan kosakata terhadap keterampilan berbicara siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 <0, 05 dan Fhitung = 38.868; (2) ada pengaruh signifikan penguasaan kalimat efektif keterampilan berbicara pada siswa di Kota Tangerang, ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 dan hitung = 2,992; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata keterampilan berbicara pada siswa negeri di Kota Tangerang, hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 dan hitung = 4,328. Kata kunci: penguasaan kalimat yang efektif, penguasaan kosakata, keterampilan berbicara
Pengaruh Penguasaan Ragam Bahasa Kritik dan Kalimat Efektif terhadap Pembelajaran Menulis Teks Resensi Firdaus Firdaus
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.76 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3512

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh penguasaan berbagai bahasa kritik dan penguasaan kalimat efektif terhadap pembelajaran menulis teks siswa. SMK Swasta di kota Bekasi. 2) Pengaruh berbagai kritik penguasaan bahasa 0f studi menulis teks ulasan siswa SMK swasta di Bekasi. 3) Pengaruh penguasaan kalimat efektif terhadap pembelajaran menulis teks ulasan siswa SMK swasta di Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasi dan regresi, dengan menghubungkan pengkaji pembelajaran. Data pada variabel penguasaan bahasa keragaman kritik dan penguasaan kalimat efektif dengan data yang menunjukkan pembelajaran menulis teks resensi. Data tentang pengajaran menulis ulasan teks diperoleh melalui tes langsung dengan meminta responden untuk membuat artikel berbentuk buku-buku terbaru yang telah ditentukan oleh peneliti. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan penguasaan terhadap berbagai kritik dan kalimat efektif pembelajaran menulis teks terbaru dari siswa SMK swasta di Kota Bekasi. ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 <0,05 dan Fcount = 49,431; (2) ada pengaruh yang signifikan penguasaan terhadap berbagai kritik bahasa terhadap pembelajaran menulis teks siswa siswa SMK swasta di Kota Bekasi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,002 <0,05 dan thitung = 2,901; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penguasaan kalimat efektif terhadap pembelajaran menulis teks siswa SMK di Kota Bekasi, hal ini dibuktikan dengan Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 4,877. Kata Kunci: Ragam bahasa kritik, kalimat efektif, pembelajaran menulis teks resensi
Pengaruh Kemampuan Menyimak dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Hujaeni Roup
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.624 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3513

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis deskripsi, untuk mengetahui pengaruh kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis deskripsi, untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis deskripsi. Penelitian ini menggunakan 60 siswa sebagai sampel dengan teknik proposional random sampling dari seluruh siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen, uji validitas, dan realibilitas. Selanjutnya dilakukan persyaratan analisis dengan normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji regresi linear berganda. Penelitian ini dilksanalan pada bulan Maret 2018 sampai Juli 2018. Berdasarkan hasil dan analisis data, disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan Sig=0,001< 0,05 dan F hitung =83, 17, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan Sig=0,000<0,05 dan t hitung =2,971, 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig=0,009<0,05 dan t hitung= 2,718. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Deskripsi, Kemampuan Menyimak, Penguasaan Kosakata
Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Sri Mulyati
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.014 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3514

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata secara bersama-sama terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. 2) Pengaruh Kemampuan Bernalar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. 3) Pengaruh Kemampuan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi adalah siswa kelas VIII MTs Assubkiyah dan MTs Nurul Ikhlas di Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi dengan besar sampel sebanyak 80 siswa, dengan teknik random proporsioanal. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu disajikan dalam bentuk tes kepada subjek penelitian, meliputi tes kemampuan bernalar, tes penguasaan kosakata, dan tes kemampuan menulis karangan Argumentasi. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah.  Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fh = 69,186. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan bernalar terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan th = 8,128. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,002 < 0,05 dan th = 3,180.Kata Kunci: Kemampuan Bernalar, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menulis Karangan
Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku Sarce Sarah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.668 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3515

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku Siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Karawang dengan sampel sebanyak 74 siswa, dengan teknik random proporsional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Bahasa Indonesia bentuk pilihan ganda  dengan option sebanyak 45 soal yang telah diuji homogenitasnya dengan besar sig. 0,282 > 0,05 dan F 1.324. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh  yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal tersebut dibuktikan dengan  sig = 0,001; sig < 0,05  dan Fhitung = 13,782. 2) Terdapat pengaruh  yang signifikan kecerdasan intelektual hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal tersebut dibuktikan dengan sig = 0,001; sig < 0,05 dan Fhitung23,602. 3)Tidak terdapat pengaruh interaksi  model pembelajaran dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal ini terbukti dengan hasil  tabel uji interaksi diperoleh sig = 0,617; sig > 0,05 dan  Fhitung = 0,254. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia baku di tingkat SMA. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku
Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Surtinah Surtinah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.146 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3517

Abstract

Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh kebiasaan membaca dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama/ parsial terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Jakarta Selatan, sebanyak 60 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu kebiasaan membaca dan kecerdasan interpersonal serta satu variabel terikat, yaitu kemampuan menulis cerita pendek. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner serta tes tertulis untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya menggunakan teknik korelasi dan regresi linier berganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data sebelum uji regresi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 44,586; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,870; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,013 < 0,05 dan thitung = 2,578. Hal ini berarti bahwa untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa guru perlu mengoptimalkan kebiasaan membaca dan kecerdasan interpersonal siswa.  Kata Kunci : Kebiasaan membaca, kecerdasan interpersonal,  cerita pendek
Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Sri Anisa
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.161 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v1i01.3518

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh minat dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil prestasi belajar Bahasa Indonesia.2) Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. 3) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Swasta di Kabupaten Indramayu. Responden penelitian siswa berjumlah 78 Siswa. Penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi. Sampel diambil dengan teknik multistage random sampling. Hasil penelitian : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 15,247.2)Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 3,733. 3)Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,015 < 0,05 dan th = 2,498. Kata kunci: Pengaruh minat dan motivasi belajar siswa, prestasi belajar, Bahasa Indonesia.

Page 1 of 13 | Total Record : 121