cover
Contact Name
Mahfiyah
Contact Email
jurnaljebi17@gmail.com
Phone
+6282334224454
Journal Mail Official
jurnaljebi17@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tidar No.19, Kloncing, Karangrejo, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68124. (0331) 339055
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)
ISSN : 27756920     EISSN : 27759504     DOI : -
Core Subject : Economy,
Focus Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) is a peer-reviewed journal that aims to advance islamic economies in emerging markets, namely economies in emerging countries and economies in emerging areas in developed countries. Scope The scope of Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)  are but strictly limited to: Islamic Economics, Management, Business Management, Sharia Accounting, Zakat Management, Infaq, Shodaqoh and Waqf, Entrepreneurship and Islamic Business, Islamic Economic Law, Islamic Economic Thought Sharia Insurance.
Articles 19 Documents
Strategi Pengelolaan Manajemen Kampung Zakat Terpadu (Studi Kasus di Kabupaten Jember) Mahfiyah Mahfiyah
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.437 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan zakat di Kampung Zakat Terpadu Kementerian Agama Kabupaten Jember dilihat dari tiga aspek yaitu; penghimpunan, pendistribusian dan pendayagunaan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik puposive sampling dan Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwastrategi pengelolaan Kampung Zakat Terpadu Kementerian Agama Jember terbilang baik baik dari sisi pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan.  
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Salon Dan Klinik Kecantikan (Studi Kasus di Kabupaten Jember) Khittah Ashilah
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1051.369 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) menjelaskan dan menganalisis pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan konsumen Salon dan klinik kecantikan di Kota Jember; (2) menjelaskan dan menganalisispengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan konsumen Salon dan klinik kecantikan di Kota Jember; (2) menjelaskan dan menganalisispengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap ,jaminan dan empati terhadap loyalitas konsumen Salon dan Klinik kecantikan di Kota Jember; (3) menjelaskan dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen salon dan klinik kecantikan di Kota Jember. Metode analisis yang digunakan adalah metode persamaan struktural. Dan hasilanalisis menunjukkan bahwa kelima variabel dimensi kualitas layanan berpengaruhsignifikan terhadap loyalitas baik secara langsung maupun secara tak langsung melaluikepuasan konsumen. Daya tanggap merupakan variabel yang paling dominanpengaruhnya terhadap loyalitas konsumen, sedang variabel yang terendah pengaruhnyaadalah reliabilitas.
Pengaruh Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi, serta Penyerapan Tenaga Kerja terhadap Kemiskinan Kabupaten/ Kota Di Jawa Timur Alif Endy Pamuji
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.293 KB)

Abstract

Studi ini menganalisis pengaruh pendidikan, pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, serta kemiskinan di kabupaten kota provinsi jawa timur tahun 2008-2012. Provinsi jawa timur terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota. Metode analisis yang digunakan menggunakan regresi panel dan persamaan simultan dengan software eviews 8. Hasil estimasi menunjukkan pertama, pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja terserap. Kedua pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja terserap, secara bersama-sama dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di kabupaten kota provinsi jawa timur tahun 2008-2012.
Pengaruh Strategi Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Pondok Pesantren di Kota Jember) Istiadah Istiadah
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.22 KB)

Abstract

Salah satu keputusan perusahaan yang penting dalam persaingan strategi produk adalah kegiatan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu apakah terdapat pengaruh antara Harga (X1), Kualitas Layanan (X2) dan Kepuasan (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Pengambikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling sejumlah 93 orang konsumen AMDK Al Qodiri dari populasi 1.318 orang di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri (ASHRI) dan Pondok Pesantren Darus Sholah Jember. Analisis yang digunakan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 18. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian adalah positif signifikan, dengan Koefisien Standardize pengaruh langsung sebesar 0,187. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian adalah positif signifikan, dengan Koefisien Standardize pengaruh langsung sebesar 0,345. Pengaruh Kepuasan terhadap keputusan pembelian adalah positif signifikan, dengan Koefisien Standardize pengaruh langsung sebesar 0,461.
Analisis Faktor-faktor Kualitas Layanan yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Niko Busana Jember Bastomi Dani Umbara
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 1 (2021): Maret
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.14 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serentak kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada Niko Busana. Penelitian ini merupakan model penelitian survei, mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Unit sebagai obyek analisis dalam penelitian ini adalah pembeli pada Nico Busana di Kab Jember. Kelima variabel bebas ternyata secara parsial berpengaruh sangat signifikan terhadap faktor 6 (keputusan membeli) di Nico Busana Jember. Kelima variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan membeli di Nico Busana Jember adalah faktor 2 (reliability) yang ditunjukkan oleh koefisien beta terbesar yaitu 0,510, sehingga hipotesis ketiga dinyatakan ditolak.
Dampak Covid-19 terhadap Tingkat Inflasi (Kelompok Pengeluaran Makanan, Minuman, Tembakau dan Kesehatan Periode 2010-2020) Rizkya Lutfi Amalin; Maya Panorama
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.028 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemic covid-19 terhadap tingkat inflasi pada kelompok pengeluaran makanan, minuman, tembakau dan kesehatan 2010 2020.Melihat dampak pandemic covid-19 tidak hanya mengganggu kondisi kesehatan manusia namun juga mengganggu kesehatan ekonomi dunia.Tingginya tingkat pengangguran sebagai dampak dari pemutusan hubungan kerja, pembatasan ruang gerak yang menyebabkan tersendatnya roda perekonomian, turunnya pendapatan masyarakat, permintaan yang tidak stabil, hingga tingginya bahan pangan.Kondisi ini menyebabkan tingginya tingkat inflasi dan terjadinya instabilitas ekonomi dalam kurun waktu yang tidak dapat dipastikan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dampak covid-19 menunjukkan tingkat inflasi pada 2020 sebesar 1,68%. Penurunan inflasi pada 2020 masih termasuk kategori jenis inflasi ringan (inflasi dibawah 10% per tahun), yaitu inflasi yang masih belum begitu mengganggu keadaan ekonomi.
Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar dan Bagi Hasil terhadap Pembiayaan dengan Dana Pihak Ketiga Sebagai Variabel Intervening Dewi Fitria Lestari; Taufikur Rahman
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.594 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilis pengaruh inflasi, nilai tukar serta bagi hasil terhadap Pembiayaan dengan dana pihak ketiga sebagai Variabel Intervening pada bank umum Syariah di Indonesia periode 2016-201. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode analisis asosiatif, dengan data sekunder berupa data panel dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 12 Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode 2016- 2020. Data yang peroleh kemudian diolah dengan alat analisis Eviews10. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji deskriptif, uji stasioner, uji regresi, uji asumsi klasik, uji analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan inflasi tidak berpenaruh terhadap pembiayan. Nilai tukar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan. Bagi hasil tidak berpengaruh terhadap pembiayaan. Dana pihak ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan. Dana pihak ketiga dapat memediasi pengaruh infilasi terhadap pembiayaan. Dana pihak ketiga dapat memediasi pengaruh nilai tukar terhadap pembiayaan. Dana pihak ketiga tidak dapat memediasi pengaruh bagi hasil terhadap pembiayaan.
Optimalisasi dan Aktualisasi Manajemen Jaringan Pemasaran Industri Makanan pada Pasar Global (Studi pada Perusahaan Mitra Tani 27 Jember) Bastomi Dani Umbara
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.384 KB)

Abstract

Salah satu strategi pemasaran agar produk dapat berhasil dipasarkan adalah membangun sebuah jaringan bisnis. Jaringan bisa diartikan sebagai proses membangun hubungan, serta memperluas relasi jaringan pengusaha, melalui serangkaian kontak jangka panjang antara individu atau organisasi. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan metode kualitatif dengan metode fenomenologi. Berdasarkan objek yang dipilih peneliti, penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan. Sebagai alat analisis, peneliti menggunakan teori-teori dari literatur yang mendukung judul makalah ini dan yang terkait dengannya. Hasil penelitian ini adalah Dalam mendistribusikan produknya PT. Mitratani diawali dengan proses produksi sampai dengan proses pemasaran edamame yang melibatkan banyak pihak. Dengan kerjasama antar mitra bisnis, edamame berhasil dipasarkan pada pasar lokal dan internasional. Jaringan yang terlibat dalam proses produksi yaitu semua tenaga kerja PT. Mitratani yang terlibat pada proses penyediaan bahan baku, proses budidaya edamame, proses pengolahan edamame di pabrik. Jaringan yang terlibat dalam proses pemasaran adalah semua pihak ataupun lembaga yang terkait dalam proses pemasaran produk PT. Mitratani, seperti distributor, dan pedagang pengecer (retail).
Efektifitas Nelayan Kecamatan Puger dalam Peningkatan Produktivitas Penangkapan Ikan Perspektif Ekonomi Islam Ach Faqih faqih; Eeng Juli Efrianto; Istiadah
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.237 KB)

Abstract

Dalam Islam, Kerja produktif bukan saja dianjurkan, tetapi dijadikan sebagaikan kewajiban religius. Oleh karena itu kerja, milik setiap orang, dan hasilnya menjadi hak milik pribadi yang dihormati dan dilindungi karena terkait dengan kebutuhan, kepentingan atau kemaslahatan umum. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research), yaitu penelitian yang menitikberatkan pada kualitas data. Penelitian kualitatif mengkaji perspektif partisipan dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut pandang partisipan. Produktivitas nelayan di Kecamatan Puger Kabupaten Jember hanya mengunakan jaring dan menambah jumlah hari untuk melaut, hal ini menunjukan bahwa nelayan tidak berdiam diri terhadap kerjanya. Selain itu cara nelayan dalam menjaga kesegaran ikan dengan mengunakan es tanpa bahan kimia lain yang akan merugikan manusia merupakan bukti nelayan mematuhi aturan syariat islam dalam berproduksi.
Kontroversi Hak Ijbar Wali terhadap Mempelai Wanita dalam Pernikahan dan Dampaknya terhadap Ekonomi Keluarga Ahmad Zubadul Afiq Afiq
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.137 KB)

Abstract

Salah satu maksud disyari’atkan pernikahan dalam agama Islam oleh Allah adalah untuk menjaga agama karena pernikahan merupakan salah satu usaha untuk memelihara kemuliaan keturunan serta menjadi kunci ketentraman dalam keluarga. Agar tercapai pernikahan Sakînah, Mawadah wa Rahmah yang penuh barakah kiranya perlu dilandasi dengan cinta kasih sayang di antara keduanya. Jika kemaslahatan ini tidak terpelihara maka akan menimbulkan kerusakan.  Fiqih madzhab hanafiah dan fiqih madzhab syafiiah  memiliki pemahaman berbeda mengenai hak ijbar wali. Bukan hanya perbedaan pendapat di masing-masing ulama, namun juga prakteknya di Indonesia. faktor yang mempengaruhi perbedaan pandangan  Fiqih Madzhab Hanafîah  Fiqih Madzhab Syafi’iah mengenai hak ijbar diantaranya adalah: adanya ta’arud dalam qiyas, perbedaan dalam pemahaman dalalah  lafazd dan faktor sosial budaya. istidlal Fiqih Madzhab Hanafîah tentang hak ijbar: (1).Al-Qur’an (2).Lafadz الْأَيِّمُ  bermakna perempuan perawan atau janda yang tidak mempunyai suami (3)pema’naan secara majazi pada lafdz (الْبِكْر) (4). menganalogikan nikah dengan jual beli (5). menggunakan ‘urf penduduk Kufah. Sedangkan istidlal Fiqih Syafi’iah (1) Al-Qur’an (2)  menggunakan mafhum Mukhalafah hadits:الْأَيِّمُ أَحَقُّ بِنَفْسِهَا مِنْ وَلِيِّهَا. (3) hadits yang diriwayatkan oleh ibn abbas (أَنَّ جَارِيَةً بِكْرًا) adalah pernikahan yang tidak sekufu’. (4) : tindakan Abû  Bakar yang menikahkan putrinya (‘Âisyah) yang masih berumur enam atau tujuh tahun, dengan Nabi. KHI selaku hukum perkawianan Islam Indonesian dalam hal hak ijbar wali berpegangan pada pendapat fiqih madzhab Hanafîah. Pada pasangan pernikahan secara  ijbar, yang pastinya masih di bawah umur otomatis pendidikannya belum maksimal. Keterbatasan pendidikan pada akhirnya membatasi akses lapangan pekerjaan bagi mereka. Ini yang menyebabkan kondisi ekonomi pasangan yang menikah dini sulit untuk ditingkatkan.

Page 1 of 2 | Total Record : 19