cover
Contact Name
Miftah Fariz Prima Putra
Contact Email
mifpputra@gmail.com
Phone
+6281333535577
Journal Mail Official
mifpputra@gmail.com
Editorial Address
Sekretariat JOP, Kantor MPOR, Gedung Pascasarjana Uncen, Kampus Abepura Jl. Raya Sentani Jayapura, Papua 99358
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Olahraga Papua
ISSN : -     EISSN : 27226182     DOI : https://doi.org/10.31957
Jurnal Olahraga Papua (JOP) biannually publishes research on various aspects of the sports and exercise sciences, including anatomy, biomechanics, performance analysis, physiology, psychology, sports medicine, sports nutrition, health, and well-being, as well as coaching and talent identification and physical education. The Journal also publishes review articles and book reviews. The Journal focuses on the human sciences including responses to technologies such as the design of sports equipment and training facilities, athlete selection and recruitment, performance analysis or modification, and stress reduction. To be considered for publication, manuscripts must original and relevant to the aforementioned topics. It is published by the Master of Sports Education and the Sports Science Faculty, the University of Cenderawasih. However, the readership for this Journal covers academics to practitioners from a range of disciplines and topics of interest. All articles published in this journal have undergone rigorous peer review, based on initial editor screening and anonymous refereeing.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022): December" : 4 Documents clear
Nasionalisme, Kebudayaan, dan Olahraga: Sebuah Perspektif Ilmu Sosial Kenius Kogoya
JURNAL OLAHRAGA PAPUA Vol 4, No 2 (2022): December
Publisher : University of Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31957/jop.v4i2.1707

Abstract

Artikel tersebut memiliki tujuan untuk mendiskusikan tentang nasionalisme, kebudayaan, dan olahraga dalam perspektif ilmu sosial. Dalam perspektif ilmu sosial, nasionalisme merupakan isu menarik sekaligus sensitif untuk dibicarakan. Dewasa ini, nasionalisme masyarakat Indonesia sedang diuji dalam mempertahankan eksistensi Indonesia sebagai negara kesatuan. Pada konteks Papua, isu nasionalisme menjadi menarik di ketengahkan karena disebut masih proses menyemai mengindonesiakan orang Papua dan belum pada tahap pertumbuhan apalagi perkembangan. Di sisi yang lain, olahraga diyakini sebagai salah satu media untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa persaudaraan dan persatuan yang mengarah pada nasionalisme. Selain itu, olahraga juga memiliki hubungan saling mempengaruhi dengan kebudayaan, karena baik olahraga maupun kebudayaan merupakan hasil karya cipta manusia.
Kemampuan Teknik Dasar Bulu Tangkis Siswa Ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Tanah Abang Heru Prayoga
JURNAL OLAHRAGA PAPUA Vol 4, No 2 (2022): December
Publisher : University of Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31957/jop.v4i2.1387

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan teknik dasar dalam permainan bulu tangkis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei. Subjek yang terlibat dalma penelitian ini yaitu siswa SMS Negeri 1 Tanah Abang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan yaitu rubrik penilaian dengan 5 standar nilai. Teknik analissi data menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterampilan teknik permainan bulu tangkis siswa ekstrakurikuler bulu tangkis SMA Negeri 1 Tanah Abang dinyatakan cukup terampil dalam bermain karena memiliki kategori teknik dengan poin 1,95.
Motivasi Pembelajaran Bolavoli Siswa SD Negeri di Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Nani Sri Narni; Nasuka Nasuka; Arif Setiawan; Rivan Saghita Pratama
JURNAL OLAHRAGA PAPUA Vol 4, No 2 (2022): December
Publisher : University of Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31957/jop.v4i2.1250

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menginvestigasi faktor pendorong motivasi pembelajaran bola voli pada siswa kelas VI sekolah dasar se-kecamatan Kedu, kabupaten Temanggung. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi data. Berdasarkan hasil analisa data melalui triagulasi data, diperoleh enam tema yang menjadi kesimpulan dari penelitian ini. Keenam tema tersebut yaitu tidak memiliki ide, tidak memiliki partner, tidak memiliki fasilitas, tidak memiliki waktu, kurang motivasi, serta lingkungan yang tidak mendukung. Bagi guru penjasorkes yang ingin meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes, bonus hasil pembelajaran yang tinggi, maka disarankan untuk memberikan ide permainan dalam pembelajaran, menyediakan partner dalam kegiatan pembelajaran, menyediakan fasilitas, peralatan dan peraturan yang dimodifikasi, menyediakan waktu untuk beraktivitas fisik dan berolahraga, serta menyediakan lingkungan yang mendukung untuk aktif berolahraga.
Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Fleksibilitas Tubuh untuk Mahasiswa Olahraga Tri Setyo Guntoro
JURNAL OLAHRAGA PAPUA Vol 4, No 2 (2022): December
Publisher : University of Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31957/jop.v4i2.2854

Abstract

Fleksibilitas merupakan salah satu komonen utama yang penting bagi setiap orang maupun atlet untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan komponen fleksibilitas masuk dalam komponen kebugaran jasmani, komponen kesehatan dan komponen motorik. Namun, fkleksbilitas sering tidak mendapatkan perhatian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terkait pembuatan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Model pembelajaran ini nantinya akan berguna bagi mahasiswa maupun pelatih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar melalui google form. Teknik analisi data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan 72% mahasiswa putri dan 65% mahasiswa putra tidak memahami pentingnya komponen fleksibilitas, 78% mahasiswa purti dan 70% mahasisw putra tidak mengetahui teknik-teknik perengangan, 100% mahasiswa putra dan putri tidak mengetahui teknik perengangan pasif, aktif dan PNF, dan 100% mahasiswa membutuhkan model latihan fleksibilitas. Berdasarkan hasil penelitian di atas perlu adanya pengembangan model pembelajaran fleksibilitas untuk mahasiswa olahraga. Model pembelajaran ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum maupun pelatih.

Page 1 of 1 | Total Record : 4