cover
Contact Name
Heronimus Maryono
Contact Email
heronimus.maryono@pmbs.ac.id
Phone
+6221-7511126
Journal Mail Official
perwira@perwiraindonesia.com
Editorial Address
Sekretariat Perwira Indonesia : Universitas Prasetiya Mulya Kampus BSD City, lt.11, Edutown Kavling Edu 1 No 1 Jl BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang - 15339. Banten - Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26555638     DOI : 10.21632/perwira
Ranah kajian PERWIRA adalah tema-tema terkini pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Visi penerbitan PERWIRA adalah menjadi acuan akademis tentang pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Misi PERWIRA meliputi: - Memberi sumbangan kajian kewirausahaan dan pengelolaan usaha. - Mengembangkan wawasan kewirausahaan dan pengelolaan usaha terkini. - Mengembangkan model pendidikan kewirausahaan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia" : 9 Documents clear
Pendidikan Kewirausahaan, Disrupsi Inovasi, dan Peluang Kewirausahaan pada Mahasiswa Universitas DR. Soetomo Surabaya Wiwiek Harwiki
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.16 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pendidikan kewirausahaan, disrupsi inovasi dan peluang kewirausahaan, serta menghasilkan model. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik analisis deskriptif eksploratif untuk mengidentifikasi bagaimana pendidikan kewirausahaan, disrupsi inovasi bisa mendorong peluang kewirausahaan. Informan terdiri atas 8 mahasiswa semester 6, telah lulus menempuh mata kuliah Kewirausahaan dan Koperasi dari 8 Fakultas berbeda (Teknik, Sastra, Ilmu Administrasi, Hukum, Kependidikan, Ilmu Komunikasi, Pertanian dan Ekonomi&Bisnis), Universitas DR. Soetomo Surabaya. Hasil penelitian membuktikan bahwa karakteristik pendidikan kewirausahaan dicerminkan oleh adanya tujuan pendidikan, sarana dan prasarana, materi pengajaran dan metode pengajaran. Karakteristik disrupsi inovasi bisa diawali dengan usaha kecil, pada posisi rendah dan pasar baru. Sedangkan karakteristik peluang kewirausahaan meliputi situasi, keyakinan dan perilaku. Model yang dihasilkan membuktikan bahwa (1) pendidikan kewirausahaan dan (2) disrupsi inovasi mendorong ke arah peluang kewirausahaan yang lebih baik.
Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Wa Ode Zusnita Muizu; Umi Kaltum; Ernie T. Sule
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.521 KB)

Abstract

Kinerja karyawan yang tinggi dapat dicapai jika setiap elemen dalam organisasi terintegrasi dengan baik dan mampu menjalankan perannya. Dalam penelitian ini, elemen mengacu pada variabel kepemimpinan. Hasil survei pendahuluan menunjukkan bahwa kinerja karyawan belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan perbankan di Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif dan survei penjelasan. Alat uji hipotesis menggunakan Structural Equation Model (SEM), sedangkan pengolahan data dilakukan dengan program LISREL 8.72 (Linier Structural Relationship). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap kinerja karyawan. Ini berarti bahwa jika implementasi kepemimpinan organisasi dan motivasi kerja lebih baik, maka pencapaian kinerja pegawai perbankan di Sulawesi Tenggara akan lebih optimal.
Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran dalam Membeli Sayur Organik di Pasar Modern Kota Medan Yudha Andriansyah Putra
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.589 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen membeli sayur organik, sejauhmana strategi bauran pemasaran mempengaruhi kepuasan konsumen membeli sayur organik, sejauh mana hubungan kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen dalam membeli sayur organik, dan bagaimana perbedaan sikap dan minat konsumen dalam membeli sayur organik di Carrefour plaza Medan fair, dan Supermarket Brastagi, Medan. Teori yang digunakan adalah teori tentang perilaku konsumen, yakni faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen. Metode penelitiannya adalah studi kasus yang didukung survey untuk mengumpulkan data mengenai faktor-faktor terkait dengan variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli sayur organik di kedua tempat penelitian. Metode analisis yang dipakai adalah Regresi linear Berganda. Dari hasil penelitian dihasilkan bahwa nilai Signifikansi dengan alpha (α) 0,10 maka nilai Sig < 0,10, dapat diartikan bahwa secara serempak variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), fasilitas (X4), pelayanan (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel pembelian sayur organik sayur organik (Y).
Kreativitas dan Inovasi Petani Selada Air Menciptakan Peluang Usaha Mie Selada Air Heny Kusdiyanti; M. Nurruddin Zanki; Andy Prasetyo Wati; Lifa Farida Panduwinata
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.903 KB)

Abstract

Petani selada tidak mengenal musim, sehingga dituntut makin berkembang dalam usahanya dari waktu ke waktu. Sementara itu beberapa masalah dijumpai, antara lain petani menjual hasil panen dengan harga murah, kurangnya pengetahuan tentang perkembangan selada air dan pemanfaatan hasil panen. Dengan demikian, dibutuhkan peran serta masyarakat bersama pemerintah membantu para petani dalam pelatihan-pelatihan kewirausahaan profesional. Salah satunya tentang peningkatan manfaat ladang. Dalam mengelola ladang para petani harus memilih model pendekatan yang tepat sehingga dapat dicapai tujuan utama keberadaan tempat ladang sebagai tempat pemberdayan petani selada air.
Kemitraan Strategis dalam Pengembangan SDM Industri Wisata Halal Berbasis Pengembangan Kurikulum Kepariwisataan di Provinsi Jawa Barat Imas Soemaryani
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.823 KB)

Abstract

Masih rendahnya kunjungan wisatawan asing ke Provinsi Jawa Barat disinyalir karena pemerintah belum mengoptimalkan semua peluang yang ada, salah satunya adalah program wisata halal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan focus group discussion, mulai dari pengumpulan data awal, pengumpulan data sekunder dan pendalaman serta verifikasi data lapangan, sedangkan metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis desktiptif. Hasil studi menyimpulkan bahwa integrasi kemitraan antar pemerintah dan akademisi yang nyata adalah menyiapkan lembaga lembaga pendidikan yang mampu mendukung pengembangan pariwista, dan lembaga pendidikian itu sendiri mengaplikasikannya dengan menyusun berbagai kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar; masyarakat dan aktivitas usaha kepariwisataan yang mampu melihat serta mengambil peluang pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri.
Penerapan Discovery Learning untuk Menanamkan Karakter Kewirausahaan Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Ritel Maisaroh Maisaroh
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.098 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah pengembangan metode pembelajaran melalui tindakan kelas. Mata kuliah yang diampu adalah Manajemen Ritel, dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Metode discovery learning dalam penelitian ini kemudian dijabarkan dalam penggunaan teknik pembelajaran yang mengintegrasikan tiga teknik sekaligus, yaitu magang industri, bedah kasus, dan diskusi kelompok. Berdasarkan hasil capaian dan keluaran proses pembelajaran, dapat disimpulkan metode ini memberikan dampak positif dalam membangun karakter kewirausahaan mahasiswa. Di sisi lain, produktifitas dosen juga tergambar dalam capaian keluaran berupa ketersedian RPS, RPP magang, handout, serta SOP magang. Selain itu, ada peningkatan kinerja dosen berdasarkan penilaian mahasiswa. Ini mencerminkan bahwa metode discovery learning memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran, baik bagi mahasiswa maupun dosen.
Peningkatan Taraf Hidup Melalui Produksi Pupuk di Pondok Pesantren Mahad Nurul Haromain Jawa Timur Marsudi Lestariningsih; Hening Widi Oetomo; Muhyi Muhyi
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.822 KB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur sekitar 3,4 % pertahun tidak mampu mengatasi persoalan pengangguran, karena jumlah angkatan kerja terus bertambah setiap tahun. Dampaknya terasa pada pondok pesantren yang berada di Jawa Timur, yang berakibat lulusannya sulit untuk mendapatkan pekerjaan, karena dari segi iptek dan keterampilannya belum memadai. Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STIESA), atas permintaan dari pihak pondok pesantren, membantu menyelesaikan masalah limbah peternakan dan sampah yang ada di lingkungan pondok pesantren dengan memanfaatkannya. Cara yang diusulkan dan dipraktikkan adalah mengolah limbah dan sampah tersebut menjadi produk pupuk dengan teknologi tepat guna.
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Distribusi, dan Citra Merek pada Kepuasan Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Quelle di Kota Cilegon Annisa Nurul; Alugoro Mulyowahyudi
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.547 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, distribusi, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Quelle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Survei dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 105 pelanggan end user AMDK Quelle sebagai sampel responden. Ada lima variabel yang digunakan, yaitu kualitas produk, persepsi harga, distribusi, dan citra merek sebagai variabel bebas dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda menggunakan uji t pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, persepsi harga, distribusi, dan citra merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial, kualitas produk, persepsi harga, distribusi, dan citra merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang berpengaruh paling besar terhadap kepuasan pelanggan adalah persepsi harga, diikuti dengan kualitas produk, dan distribusi. Sementara citra merek memiliki pengaruh paling kecil terhadap kepuasan pelanggan.
Meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Analisis SWOT Mutia Arda
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 2 No 1 (2019): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.645 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari berbagai alternative strategi yang tepat dalam pemasaran melalui berbagai pertimbangan diantaranya STP (Segmenting, Targeting dan Positioning), bauran pemasaran 4 P (Product, Price, Place, Promotion) dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) dalam hal ini adalah produk Batik Medan. Teknik analisa data yang digunakan adalah Matriks Faktor Strategi Internal (IFAS), Matriks Faktor Strategi Eksternal (EFAS) dan Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengrajin Batik Medan berada dalam situasi yang sangat baik karena ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang yang menguntungkan. Untuk itu dapat digunakan alternatif strategi 1 yakni pengembangan (strategi agresif).

Page 1 of 1 | Total Record : 9