cover
Contact Name
Heronimus Maryono
Contact Email
heronimus.maryono@pmbs.ac.id
Phone
+6221-7511126
Journal Mail Official
perwira@perwiraindonesia.com
Editorial Address
Sekretariat Perwira Indonesia : Universitas Prasetiya Mulya Kampus BSD City, lt.11, Edutown Kavling Edu 1 No 1 Jl BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang - 15339. Banten - Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26555638     DOI : 10.21632/perwira
Ranah kajian PERWIRA adalah tema-tema terkini pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Visi penerbitan PERWIRA adalah menjadi acuan akademis tentang pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Misi PERWIRA meliputi: - Memberi sumbangan kajian kewirausahaan dan pengelolaan usaha. - Mengembangkan wawasan kewirausahaan dan pengelolaan usaha terkini. - Mengembangkan model pendidikan kewirausahaan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia" : 5 Documents clear
Faktor yang Mempengaruhi Niat Membeli Rumah di Jabodetabek Menurut Teori Model Perilaku Pembeli Abdullah Aljufri; Alyshia Amalia Meidhani; Hans Adriel; Ricardo Wijaya Limas
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 4 No 1 (2021): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1385.946 KB)

Abstract

Pengembang perumahan di Jabodetabek seringkali menyediakan rumah hanya berdasarkan faktor ekonomi masyarakat sekitar tanpa mempelajari minat dan preferensi dari pelanggan, sehingga seringkali terjadi ketidakpuasan tersembunyi dari para pembeli rumah karena para pengembang tidak dapat menyediakan sebuah rumah yang menjawab kebutuhan tersembunyi mereka. Diperlukan sebuah pemahaman yang baik terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli rumah sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak baik pengembang maupun pembeli. Riset ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam membeli rumah. Konsep persepsi terdiri atas atribut-atribut yang melekat pada sebuah rumah seperti; fitur didalam rumah, luas ruang hidup, jarak / aksesibilitas, dan lingkungan. Hasil dari konsep tersebut mengarahkan ke sebuah intensi untuk membeli rumah. Selain itu, terdapat beberapa variabel lain yang dimasukkan ke dalam riset ini yaitu takhayul-nomor dan hantu, nama developer, dan pendanaan. Tujuan dari riset ini adalah untuk menguji atribut-atribut rumah apa saja yang berpengaruh terhadap munculnya intensi membeli rumah. Berdasarkan dari 212 responden dewasa yang telah bekerja memiliki sebuah temuan yang menyatakan bahwa fitur rumah, pendanaan, aksesibilitas, lingkungan, ruang hidup, kredibilitas developer memiliki hubungan positif dengan intensi pembelian rumah sedangkan aspek takhayul tidak mempengaruhi intensi seseorang dalam membeli rumah.
Pembentukan E-Loyalty dengan Framework Kepercayaan - Multidimensi pada E-Commerce di Indonesia Arby Y. Yasin; Henry Yoga Wirawan; Muhammad Fahima Hanifa; Novi Bernadeta; Srimiaty Burman
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 4 No 1 (2021): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1480.243 KB)

Abstract

Bisnis startup merupakan model bisnis yang sudah tidak asing di masyarakat Indonesia. Dengan persaingan ketat di pasar e-commerce, Aplikasi / Website ZXC dengan program Flash Sale "Shake shake" di tahun 2018 mendapatkan antusiasme di masyarakat. Antusiasme ini menunjukan loyalitas pelanggan dalam memilih e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas informasi dan perlindungan keamanan sebagai faktor utama hubungan antara tingkat kepercayaan dengan loyalitas konsumen terhadap e-commerce yang digunakan, serta melihat hubungan antara berbagai macam dimensi kepercayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dan sampling, dengan 330 orang responden, dengan menanyakan beberapa aspek dan memberikan penilaian skala 1-7 yang akan dianalisis menggunakan multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan tingkat dimensi kepercayaan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap e-commerce, dimana reputasi toko merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam memilih e-commerce sebagai tempat bertransaksi online.
Ketergantungan Media Sosial dan Efeknya pada Perilaku Masyarakat terhadap Iklan di Instagram Akbarilman Satinputra; Nala Akhmad Kencana
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 4 No 1 (2021): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.406 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi efek kebiasaan dan persepsi kemudahan penggunaan pada ketergantungan psikologis pada Instagram dan untuk mengeksplorasi hubungan antara ketergantungan dan sikap pengguna instagram terhadap iklan di Instagram. Empat faktor dalam penggunaan Instagram yakni konsep, kebiasaan, persepsi kemudahan penggunaan Instagram, ketergantungan psikologis, yang dianalisa diidentifikasi mempengaruhi perilaku pelanggan terhadap Iklan yang ada di Instagram. Kuesioner dengan metode kuantitatif diadopsi dan diadaptasi dari studi sebelumnya. Kuesioner diberikan kepada masyarakat di Jabodetabek. Sebanyak 309 kuesioner yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier untuk menguji efek kebiasaan dan persepsi kemudahan penggunaan pada ketergantungan psikologis pada Instagram dan untuk mengeksplorasi hubungan antara ketergantungan dan sikap pengguna Instagram terhadap iklan di Instagram. Terdapat hubungan antara persepsi penggunaan Instagram, dengan kebiasaan pengguna sebagaimana kebiasaan penggunaan Instagram berhubungan dengan ketergantungan psikologis pengguna terhadap aplikasi Instagram. Persepsi penggunaan Instagram tidak berhubungan dan tidak signifikan terhadap ketergantungan psikologis pengguna Instagram. Ketergantungan psikologis dan persepsi penggunaan instragram memunculkan hubungan yang signifikan dan positif terhadap sikap iklan di Instagram. Kami menyimpulkan bahwa persepsi penggunaan aplikasi instagram berpengaruh positif signifikan terhadap kebiasaan pengguna Instagram dalam penggunaan aplikasinya. Selain itu, kebiasaan menggunakan Instagram, persepsi penggunaan, dan ketergantungan psikologis berpengaruh secara positif signifikan pada sikap terhadap iklan di Instagram.
Pengaruh Advertising Credibility dan Word of Mouth Terhadap Trust dan Purchase Intention Layanan Coffee on The Bus Po. Tirto Agung Fika Andari
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 4 No 1 (2021): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.447 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh advertising credibility dan word of mouth yang dapat membentuk trust dan purchase intention pada layanan coffee on the bus perusahaan otobus Tirto Agung. Objek penelitian ini adalah layanan baru dari PO Tirto Agung yaitu coffee on the bus. Layanan coffee on the bus ini merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh perusahaan otobus untuk merespon dampak dari bencana pandemi covid-19 yang mengakibatkan perusahaan persewaan bus pariwisata tidak bisa melayani masyarakat untuk berwisata. Sehingga mengharuskan perusahaan untuk tetap bertahan agar tetap dapat melayani konsumen untuk melakukan perjalanan wisata di masa pandemi. Perusahaan otobus bekerja sama dengan coffee shop yang ada di Indonesia, karena coffee shop di Indonesia merupakan bisnis yang sedang tren saat ini. Selain itu negara Indonesia merupakan peringkat 6 konsumsi kopi terbesar di dunia. Penelitian ini menggunakan uji PLS SEM dengan jumlah responden sebanyak 248 responden. Pada penelitian ini dibuktikan bahwa advertising credibility dan word of mouth berpengaruh positif terhadap trust, trust berpengaruh positif terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat yang belum pernah menggunakan layanan coffee on the bus PO Tirto Agung namun mengetahui layanan coffee on the bus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh informasi layanan coffee on the bus dari perusahaan melalui iklan yang kredibel dan informasi yang didapatkan dari luar perusahaan yakni word of mouth dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen sehingga mendorong untuk memiliki niat pembelian pada layanan coffee on the bus.
Rancangan Layanan Kedai Kopi dengan Dimensi Service Quality dan Importance Performance Analysis di Masa Pandemi Covid-19 Dynoviar Nirbita Muhammad; Febriana Wurjaningrum
PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol 4 No 1 (2021): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Publisher : Perkumpulan Pendidik Kewirausahaan Indonesia (Perwira Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.581 KB)

Abstract

Turunnya pendapatan akibat COVID-19 serta anjuran protokol kesehatan dari pemerintah membuat pelaku bisnis mencari cara yang efektif untuk dapat melayani secara maksimal dengan segala keterbatasan pada masa pandemi. Dimensi Service Quality dan metode Importance Performance Analysis (IPA) dapat membantu pelaku bisnis menemukan atribut yang dapat diperbaiki berdasarkan nilai kinerja dan nilai kepentingan. Peneliti membuat 22 pertanyaan seputar kualitas layanan di masa pandemi berdasarkan studi pustaka. Terdapat 65 partisipan yang diambil dari pelanggan kedai selama pandemi COVID-19. Menurut hasil IPA, usulan perbaikan dapat diterapkan pada dimensi Servqual yang masuk ke dalam Kuadran I (Prioritas Utama). Di dalamnya antara lain terdapat atribut protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, ruang duduk yang nyaman dan memadai, serta ruang duduk yang bersih dan rapi. In-depth interview kemudian dilakukan dengan manajer dan pemilik Kedai Kopi Berbaur untuk menemukan usulan perbaikan. Usulan perbaikan yang dihasilkan antara lain adalah penempelan informasi physical distancing, perluasan tempat di masa sewa selanjutnya, dan melakukan pengawasan berkala terhadap kinerja kebersihan tempat. Hasil penelitian ini menambah bukti empiris dan referensi mengenai praktik yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dalam bisnis kedai kopi pada masa pandemi COVID-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 5