cover
Contact Name
Indah Slamet Budiarti
Contact Email
indahslamet77@gmail.com
Phone
+6281329361031
Journal Mail Official
pendidikanfisikafkip@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Sentani-Abepura Kampus FKIP Universitas Cenderawasih
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Papua Journal of Physics Education
ISSN : 27225852     EISSN : 2746329X     DOI : https://doi.org/10.31957/
Core Subject : Science, Education,
Papua Journal of Physics Education (PJPE) menerbitkan hasil penelitian tentang pendidikan fisika yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan pendidikan fisika, dan pembelajaran fisika.
Articles 18 Documents
BUKU AJAR FISIKA BERBASIS METAKOGNISI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL Pinandita Afriwardani; Winarti Winarti
Papua Journal of Physics Education Vol 2, No 1 (2021): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.493 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v2i1.1727

Abstract

Metakognisi dalam pembelajaran merupakan suatu proses untuk memahamkan kepada peserta didik tentang mengelola diri dalam belajar. Hal ini menjadi penting dan perlu dituangkan dalam bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah  untuk merancang bahan ajar khususnya buku ajar fisika untuk materi dinamika partikel. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan pendekatan 4D. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi, angket penilaian, angket untuk respon peserta didik, serta lembar uji keterlaksanaan. Untuk menilai kualitas buku ajar fisika berbasis metakognisi peneliti menggunakan skala likert dan penilaian respon menggunakan skala guttman. Analisis keterlaksanaan buku ajar dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menghasilkan buku ajar fisika berbasis metakognisi pada materi ajar dinamika partikel.  Adapun kualitas buku ajar fisika berdasarkan penilaian expert judgment yakni ahli materi sebesar 3.71, ahli media dengan nilai 3.77, dan penilaian oleh guru fisika denagn nilai 3.32. Nilai tersebut menunjukkan bahwa buku ajar ini dalam kategori sangat baik. Uji keterlaksanaan menunjukkan bahwa secara keseluruhan peserta didik dapat mengasah kemampuan berpikirnya sendiri dengan menggunakan buku ajar fisika berbasis metakognisi dalam proses pembelajaran di kelas. 
KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP YPK KOTARAJA JAYAPURA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019 Parlin Parlin; Virman Virman; Paulus Lasmono Sugijo
Papua Journal of Physics Education Vol 1, No 1 (2020): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.512 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v1i1.1277

Abstract

The purpose of this study were: (1) to find out an increase in students' conceptual mastery in the experimental class applying the Contextual Teaching and Learning (CTL), (2) to find out the relationship between learning with CTL to students' conceptual mastery, and (3) to find out whether there is an influence of the application of CTL to students' conceptual mastery. This research uses quantitative data. The design of this study is one group pretest-posttest design. This research was conducted at the Kotaraja Jayapura YPK Middle School. The population in this study were all students of class VIII while the samples in this study were all students of class VIII C. Samples were 31 students. The results showed that: (1) there was an increase in every concept from the results of the N-Gain test score with 0.65 on the concept of vibration; 0.67 on the transverse wave concept, and 0.68 on the longitudinal wave concept; while the average N-gain score is 0.67 and is categorized on the medium category, (2) sig. 0.084> 0.05; then Ho is rejected and Ha is accepted; meaning that there is a very low relationship between variables X and Y, and (3) there is no influence between the variables X and Y with sig. values of 0.659> 0.05; then Ho is accepted and Ha is rejected so that there is no significant effect. Based on the results of these studies indicate that the learning approach CTL can improve students' conceptual mastery.Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Vibration, Waves.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENGETAHUAN LINGKUNGAN Adeline Silaban; Muhammad Akbar
Papua Journal of Physics Education Vol 2, No 1 (2021): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.642 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v2i1.1732

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memaparkan secara apa adanya dari hasil penelitian tanpa ada yang diubah. Populasinya adalah mahasiswa pendidikan fisika dari angkatan 2018-2021. Pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random sampling, berdasarkan populasinya kelas yang terpilih angkatan 2020 yang berjumlah 22 orang. Pengambilan data menggunakan tes instrumen pada kemampuan berpikir kritis masing-masing peserta. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis  berada dalam rentang kategori sedang dengan persentase 58,19%. Hasil penelitian menunjukkan indikator kemampuan berpikir kritis kategori tinggi antara lain memberikan penjelasan sederhana dengan skor rata-rata yaitu 3,85 dan indikator kategori  rendah adalah mengatur strategi dengan skor rata-rata yaitu 1,95 dibandingkan indikator yang lainnya.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA SMA MUHAMMADIYAH JAYAPURA TAHUN AJARAN 2019/2020 Leni Yulianingsih; Bonefasius Yanwar Boy; Florentina Maria Panda
Papua Journal of Physics Education Vol 1, No 2 (2020): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.774 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v1i2.1392

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui adanya (1) hubungan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan generik sains peserta didik pada pokok bahasan momentum dan impuls, dan (2) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains peserta didik pada pokok bahasan momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental designs, jenisnya yaitu one-group posttest-only design. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Jayapura tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPA yang berjumlah 85 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan menggunakan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA 3 yang berjumlah 23 peserta didik. Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan generik sains peserta didik, yang dapat dilihat dari hasil analisis korelasi dengan signifikansi sebesar 0,000. Besar koefisien korelasi yaitu 0,937, diinterpretasikan dalam tingkat hubungan sehingga kedua variabel memiliki hubungan yang sangat kuat, dan (2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains peserta didik, yang dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier sederhana dengan signifikansi sebesar 0,000. Sumbangan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains sebesar 87,8% dan sisanya 12,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) Maura Trynovita Sakliressy; Triwiyono Triwiyono; Florentina Maria Panda
Papua Journal of Physics Education Vol 2, No 1 (2021): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.779 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v2i1.1728

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran adalah ketika peserta didik memiliki kemampuan memahami suatu konsep secara ilmiah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan penguasaan konsep antara peserta didik yang diajarkan dengan model PBL dan model kooperatif tipe STAD pada materi tekanan zat cair. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi experimental. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Jayapura dengan sampel yang digunakan adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model PBL dan VIII F sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil peningkatan penguasaan konsep menunjukkan nilai n-gain seluruh konsep pada kelas eksperimen sebesar  0,72 yang tergolong kategori penguasaan konsep tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,61 tergolong kategori hasil belajar sedang. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model PBL dan peserta didik yang diajarkan dengan model kooperatif tipe STAD yang ditunjukkan nilai signifikasi ???? < 0,05 yaitu sebesar 0,000, untuk seluruh konsep yaitu konsep tekanan hidrostatis, konsep Hukum Archimedes, dan konsep Hukum Pascal.
REPRESENTASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR Edy Purwanto; Winarti Winarti
Papua Journal of Physics Education Vol 1, No 1 (2020): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.084 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v1i1.1279

Abstract

Physics learning is not just about working on mathematical equations. It is more important to understand the concepts. The initial conception owned will greatly affect misconceptions. This study aimed to determine the description of misconceptions on the temperature and heat concepts of students at MAN 4 Bantul, Yogyakarta. This research used quantitative descriptive. This study was done using two techniques, namely test and non-test techniques. Test technique was done using three tier type diagnostic questions instrument. This research was conducted at MAN 4 Bantul Yogyakarta with a total sample of 38 students who had participated in the learning of temperature and heat material. The diagnostic instruments used for this study were contained of 20 questions. Before the questions were used, the test validity and reliability were first analyzed. Analysis of the data was done to categorize the category of students' conceptual understanding on the material of temperature and heat. Students' answers from each item of diagnostic tests were categorized into several categories of answers. The results of this study indicated that there were 5.26% of students who understood the concept, 55.26% of students experienced misconceptions, 31.59% of students held a lack of knowledge, and 7.89% of students were picking error answers. There were several obtained findings that became students' misconceptions of the material temperature and heat, including the concept of temperature and the concept of expansion.Keywords: Misconception, temperature and heat concepts.
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PjBL-STEM UNTUK MEREDUKSI PERBEDAAN PENALARAN ILMIAH DAN PERFORMANCE ARGUMENTASI Viyanti Viyanti; Agus Suyatna; Haza Kurnia Dinatikan; Indah Slamet Budiarti
Papua Journal of Physics Education Vol 1, No 2 (2020): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.036 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v1i2.1393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan LKPD berbasis PjBL-STEM yang mampu mereduksi perbedaan penalaran ilmiah dan performance berargumentasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi, angket dan analisis dokumen. Hasil pengumpulan data menunjukkan: (1) bahan ajar yang tersedia berupa ringkasan materi dan kumpulan soal, (2) permasalahan yang termuat dalam LKPD belum mengakomodasi gaya belajar dan pengetahuan awal siswa, serta (3) kurang melatih kemampuan penalaran ilmiah dan performance berargumentasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, peneliti merekomendasikan perlu dikembangkan LKPD yang mampu mereduksi perbedaan penalaran ilmiah dan performance berargumentasi siswa untuk mempermudah guru dalam mengakomodasi gaya belajar dan pengetahuan awal siswa yang beragam.ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PjBL-STEM UNTUK MEREDUKSI PERBEDAAN PENALARAN ILMIAH DAN PERFORMANCE ARGUMENTASI
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI HUKUM NEWTON PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA UNIVERSITAS CENDERAWASIH TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Ahmad Teguh Hervianto; Triwiyono Triwiyono; Albert Lumbu
Papua Journal of Physics Education Vol 1, No 1 (2020): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.283 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v1i1.1274

Abstract

A research has been carried out on the identification of Newton's Law misconceptions in FKIP UNCEN physics education students. This study aims to describe the extent of students' misconceptions on the subject of Newton's Law. This study uses a qualitative method with a diagnostic test design that is equipped with a Certainty of Response Index (CRI) model and interviews. The data source was chosen by purposive sampling. In this study, the data source was physics semester VI FKIP UNCEN students. The focus of this research is (1) identifying misconceptions that occur in physics education students at Cenderawasih University on the topic of Newton's Law. (2) describe the percentage of misconceptions of physics education students at Cenderawasih University on the topic of Newton's Law. The results showed that 35.7% of students experienced misconceptions. Students who experienced misconceptions in Newton's First Law concept were (46.7%), in Newton's Second Law concept (33.3%), and in Newton's third Law concepts (20.0%). From the results of the interview it can be concluded that the main source of the cause of the misconception comes from the students themselves.Keywords: Misconception, Newton's Law, CRI.
EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS INQUIRY LESSON UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK Puspo Rohmi
Papua Journal of Physics Education Vol 2, No 1 (2021): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.256 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v2i1.1729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis tahapan inquiry lesson untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMP pada materi Suhu dan Kalor dalam konteks tema Global Warming. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel 33 peserta didik SMP kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes literasi sains, lembar observasi kegiatan pembelajaran, transkripsi rekaman video pelaksanaan pembelajaran, dan angket respons peserta didik. Data dianalisis dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil perhitungan gain ternormalisasiuntuk data pretest dan posttest sebesar 0.36 dan termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan taraf kepercayaan 95% (α=0.05) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil perhitungan effect size sebesar 1,73 dan termasuk kategori pengaruh yang besar. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis tahapan inquiry lesson dapat meningkatkan literasi sains dan merupakan variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada pembelajaran tema Global Warming.
PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 JAYAPURA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG Nofriana Tajo; Auldry F. Walukow Fransje Walukow; Florentina Maria Panda
Papua Journal of Physics Education Vol 1, No 1 (2020): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)
Publisher : Papua Journal of Physics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.051 KB) | DOI: 10.31957/pjpe.v1i1.1281

Abstract

The aim of this research was to determine the increase, the relationship, and the influence of learning using (Problem Based Learning) PBL models based on experimental method on student learning outcomes. This research was carried out using quantitative approach with experimental research methods. Pre-experimental design was done using one-group pretest-posttest design. The study was conducted in SMP Negeri 11 Jayapura in academic year 2018/1019. The population were 227 students of class VIII. The research samples were VIII G consisted of 30 students. The analysis technique used is N-Gain analysis. Based on research results, it is obtained that there is an increase in learning outcomes indicated by the obtained score which was 0.76. It was included in the high category. Asymp Value. Sig. (2-tailed) = 0,000 <0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a relationship between PBL models based on experimental method on student learning outcomes. Pearson Correlation value = 0.769 is interpreted to have a strong relationship. The value of R Square = 0.591 means that the influence of the PBL model based on the experimental method on learning outcomes was 59.1%. The sig. value = 0.00 <0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is an influence of PBL model based on experimental method on learning outcomes.Keywords: PBL model, experimental method, learning outcomes.

Page 1 of 2 | Total Record : 18