cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar No. K-2/22, Pos: 20222, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
INVENTION: Journal Research and Education Studies
ISSN : -     EISSN : 27742660     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, Educational Psychology, Curriculum Development and Learning strategies and contemporary research results in the field of education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 71 Documents
Implementasi Knowledge Management di Lembaga Pendidikan SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta Erlina Yuliyati; Amin Maghfuri
Invention: Journal Research and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.468 KB) | DOI: 10.51178/invention.v1i1.15

Abstract

Knowledge management merupakan salah satu cabang dari pengetahuan yang mulai berkembang di era modern, era dimana informasi bergerak dengan cepatnya sehingga menuntut ilmu pengetahuan juga mengalami perkembangan. Perkembangan ilmu pengetahuan, dalam ranah manajemen menawarkan solusi bagi suatu organiasi atau lembaga untuk mencapai tujuannya dengan pencapaian keunggulan yang kompetitif. Salah satu bukti dari perkembangan ilmu pengetahuan adalah lahirnya konsep knowledge management (manajemen pengetahuan). Dalam perspektif organisasi, knowledge managemen merupakan aktifitas organisasi memperoleh pengetahuan, menata, mempertahankan, menerapkan, berbagi, dan memperbaharui segala bentuk pengetahuan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep knowledge management yang dilakukan di Sekolah Islam Al-Azhar Yogyakarta. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan data bersifat deskriptif analisis  melalui studi kasus. Data diperoleh dengan wawancara dengan Wakabid Kurikulum SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan di lembaga pendidikan tersebut dilihat dari aspek pengembangan kompetensi sumber daya manusia. Berbagi pengetahuan di lembaga pendidikan Islam Al-Azhar dilakukan melalui pengetahuan tacit individu yang dibagi dengan pengalaman dalam interaksi sosial sehari-hari. Untuk membuat pengetahuan baru, dilakukan dengan mengadakan pertemuan, workshop, seminar dan sebagainya.
Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 3 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang T. Darmansah
Invention: Journal Research and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.348 KB) | DOI: 10.51178/invention.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mendeskripsikan peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 3 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, yaitu: 1) Untuk mengetahui teknik supervisi Kepada Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di di SMP Negeri 3 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, 2) Untuk mengetahui model supervisi Kepada Sekolah dalam melakukan supervisi di SMP Negeri 3 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, 3) Untuk mengetahui evaluasi supervisi yang dilaksanakan Kepada Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 3 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dekriftif, Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil temuan penelitia ini yaitu: (1) Teknik supervisi Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang dilakukan dengan cara teknik perorangan dan teknik kelompok. Teknik perorangan dilakukan dengan cara kunjungan kelas, mengadakan pengamatan, membimbing guru mengatasi problem yang dihadapi siswa. Sedangkan teknik kelompok dilakukan dengan cara mengadakan rapat dewan guru, diskusi kelompok, dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan untuk meningkatkan profesional guru; (2) Model supervisi Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang yang dilakukan adalah model supervisi klinis, dimana Kepala Sekolah melakukan suatu proses mengembangkan profesionalnya dalam kegiatan mengajar; (3) Evaluasi supervisi yang dilakukan Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang dengan cara menganalisis hasil evaluasi terhadap pelaksanaan supervisi dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan.
Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Pelayanan Administrasi di MTs Ex PGA Proyek UNIVA Medan Muhammad Rifa'i; Milka Wati Selian
Invention: Journal Research and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.05 KB) | DOI: 10.51178/invention.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi sistem informasi manajemen di MTs. Ex PGA proyek UNIVA Medan, bagaimana tahap pengelolaan sistem informasi manajemen (EMIS) di MTs. Ex PGA proyek UNIVA Medan, dan faktor pendukung dan kendala penggunaan sistem informasi manajemen (EMIS) di MTs. Ex PGA proyek UNIVA Medan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) MTs. Ex PGA proyek UNIVA Medan selalu berupaya untuk mengedepankan sistem informasi dan teknologi baik dalam pelayanan administrasi maupun proses pembelajaran, (2) tahap pengelolaan SIM yang di terapkan di MTs. Ex PGA proyek UNIVA Medan adalah proses pengumpulan data, pemrosesan, dan informasi atau output. (3) faktor yang menjadi pendukung penggunaan SIM yang berupa (EMIS) membantu pelayanan administrasi terutama dalam hal pengumpulan, pencatatan dan pengambilan data siswa tersusun rapi, akurat dan relevan. Dan kendala dalam penggunaan SIM berupa (EMIS) hanya bisa di akses di waktu tertentu saja dan terkendala di jaringan. sistem informasi manajemen menajdi salah satu faktor pendukung pelayanan admistrasi, dengan adanya sistem informasi manajemen membantu pelayanan administrasi dalam hal pengumpulan data, pencatatan dan pengambilan atau akses data siswa semuanya menjadi lebih tepat, akurat dan relevan, data yang ada menjadi lebih rapi dan tersusun sehingga ketika pengambilan atau pencarian data menjadi lebih mudah.
Analisis Swot dalam Membuat Keputusan dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat Ahmad Mukhlasin; Mansyur Hidayat Pasaribu
Invention: Journal Research and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.586 KB) | DOI: 10.51178/invention.v1i1.19

Abstract

Tulisan ini memuan pengenai teori analisis SWOT untuk mempertajam keputusan yang di ambil dan pengambilan kebijakan yang tepat, metode tulisan ini yaitu dengan kajian pustaka, mengambil bberapa teori yang relevan dengan judul tersebut. Analisis SWOT merupakan salah satu metode analisis situasional yang menitikberatkan pada identifikasi beberapa faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaaan, organisasi, atau lembaga. Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategis harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan, organisasi, atau lembaga tersebut dalam kondisi yang ada pada saat ini. Hal ini disebut analisis situasi. Analisis SWOT dapat pula menjadi peta, karena setelah masing-masing faktor ditemukan, kebijakan-kebijakan yang akan diambil untuk perbaikan di kemudian hari telah pula ditentukan, sehingga yang harus dilakukan lembaga pendidikan tinggal melaksanakannya dengan penuh komitmen, disiplin, dan tanggung jawa demi terwujudnya lembaga pendidikan yang berkualitas, berintegritas, dan menghasilkan siswa-siswa yang kelak menjadi sumber daya manusia yang tak hanya unggul dalam segi akademik, tapi juga moral, agama, dan sosial. Swot  terdiri dari : kekuatan (strenghtness) yaitu melihat apa saja hal-hal yang menjadi kekuatan sebagai modal yang dapat diandalkan, kelemahan (weakness) yaitu melihat hal-hal yang dipandang menjadi kelemahan sehingga membentuk prioritas untuk mengatasi kelemahan tersebut, peluang (opportunities) yaitu peluang apa saja yang mungkin dapat diraih untuk mengatasi kelemahan dan mendukung kekuatan dan tantangan atau ancaman (treaths) yaitu hal-hal yang dapat menjadi tantangan baik dilihat dari hal yang positif maupun yang negatif sehingga dapat  dijadikan sebagai pemicu meningkatkan prestasi suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang efektif dan efesien
Analisis Proses Jawaban Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 13 Medan Ria Purnama Sari
Invention: Journal Research and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.636 KB) | DOI: 10.51178/invention.v1i1.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Medan, Teknik pengumpulan data memberikan soal tes komunikasi matematis siswa untuk mengumpulkan informasi dari hasil tes, yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Medan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes yang diberikan berupa tes kemampuan matematis sebanyak 3 soal. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan menghubungkan benda nyata ke dalam ide-ide matematika. Pada penelitian ini peserta didik dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan atau tujuan dari permasalahan, 2) Kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematika dalam menyajikan ide-ide matematik secara tertulis. Pada penelitian ini peserta didik dapat menggunakan simbol-simbol matematika saat menuliskan informasi yang diperoleh dari soal dan saat menyelesaikan permasalahan, 3) Kemampuan menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematik, secara tertulis maupun dengan gambar. Pada penelitian ini peserta didik dapat menggambarkan bangun yang sesuai pada permasalahan yaitu gambar bangun ruang lingkaran, 4) Kemampuan memahami dan mengevaluasi ide-ide matematik dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari secara tertulis. Pada peneitian ini peserta didik dapat menuliskan konsep rumus yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan, dapat menggunakan langkah-langkah penyelesaian dengan baik serta dapat melakukan perhitungan dengan benar. 5) Kemampuan mengkomunikasikan kesimpulan jawaban permasalahan sehari-hari sesuai dengan pertanyaan. Pada penelitian ini peserta didik dapat menuliskan simpulan hasil penyelesaian ulang sesuai dengan tujuan dari permasalahan
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Kegiatan Pelatihan Sudirman; Mesiono
Invention: Journal Research and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2021): Maret 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.219 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah melalui kegiatan pelatihan, guru dapat meningkatkan kompetensinya dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal sesuai mata pelajarannya masing-masing. Hal tersebut dapat diketahui dari data dan informasi tentang kompetensi guru dalam mengembangkan silabus pembelajaran yang diperoleh pada setiap siklus penelitian. Masing-masing siklus penelitian melaporkan aspek: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research). Desain penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin (McNiff, 1992), yakni: adanya perencanaan (planning), tindakan (acting),observasi (observing), dan refleksi (reflecting) yang dilakukan secara bersiklus. Subjek penelitian adalah guru MTsN 2 Kabupaten Langkat di wilayah Provinsi Sumateara Utara. Jumlah guru yang mengikuti kegiatan ini adalah 14 orang. Kegiatan dilaksanakan di MTsN 2 Langkat. Hasil penelitian ini adalah Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus pertama, kegiatan pelatihan diberikan dalam bentuk pemberian informasi teoritis tentang cara menetapkan kriteria ketuntasan minimal. Hasil dari kegiatan siklus pertama masih belum dapat dikatakan berhasil, hal ini disebabkan peroleh rata-rata sekor para guru masih di bawah 50 atau kurang. Pada siklus kedua, kegiatan pelatihan ditindaklanjuti dengan memberikan bantuan praktis, dimana peneliti dan peserta secara bersama-sama menetapkan kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus kedua, hasil menetapkan kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran yang disusun oleh guru meningkat tajam, hal ini dibuktikan dengan peroleh rata-rata sekor para guru sebesar 85 atau baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal.
Pengembangan Media Teks Percakapan Dengan Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 066668 Medan Johor Putri Ramadhanti Siregar, Samsul Bahri
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.056 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran teks percakapan bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 066668 Medan Johor. Menguji keefektifan media pembelajaran teks percakapan bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 066668 Medan Johor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam uji coba adalah siswa kelas V SDN 066668 Johor yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan subjek uji coba dilakukan secara acak dengan memilih salah satu kelas dengan kemampuan heterogen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan lembar angket/kuesioner, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai sebesar 202.590. Dengan frekuensi (dk) sebesar 28 – 1 = 27 pada taraf signifikansi 5% diperoleh = 1,571. Oleh karena itu > pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis alternative ( ) diterima,dan pada T-test diperoleh nilai Sig adalah sebesar 0,000 yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menggunakan media pembelajaran teks percakapan dengan gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SDN 066668 Medan Johor, yang beralamatkan Jl. Eka Sekolah, Gedung Johor, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Hasil analisis di atas yang menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran teks percakapan dengan gambar sejalan dengan hasil observasi yang dilakukan, selain itu Cronbach's Alpha di peroleh 0,788 yang dimana Cronbach's Alpha > 0,7.
Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Pada Materi Operasi Hitung Pada Kelas II SD Negeri 102050 Tanjung Beringin Dede Hartati, Hidayat
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.857 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan media pembelajaran matematika menggunakan powerpoint pada materi operasi hitung dapat diterapkan di SD Negeri 102050 Tanjung Beringin. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan (R&D) versi Eddie yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap analisis, b) tahap desain, c) tahap pengembangan, d) tahap validasi, e) tahap evaluasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket . Angket ditunjukkan kepada validator materi dan validator media. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran powerpoint diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 44 dengan persentase sebesar 87,7% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 40 dengan persentase sebesar 80,8% termasuk dalam kriteria “Layak”.
Pengembangan Media Animasi Pada Pembelajaran Penjumlahan Dari Dua Bilangan Cacah Kelas II SD Swasta Cahaya Bunda Sei Rampah Ruri Gusmiarni, Hidayat
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.11 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan media animasi pada pembelajaran dari dua bilangan cacah dapat diterapkan di SD Swasta Cahaya Bunda Sei Rampah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan (R&D) versi Eddie yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap analisis, b) tahap desain, c) tahap pengembangan, d) tahap validasi, e) tahap evaluasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket . Angket ditunjukkan kepada validator materi dan validator media. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media animasi diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 44 dengan persentase sebesar 88,7% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 41 dengan persentase sebesar 81,3% termasuk dalam kriteria “Layak”.
Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dikelas V SD Negeri 101884 Limau Manis Dalam Pembelajaran Daring Wardah Hanna, Samsul Bahri
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.584 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meneliti hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada materi sumpah pemuda 1928 dikelas VSDNegeri 101884 Limau Manis dalampembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian terhadap fakta-fakta yang ada pada saat sekarang dengan memusatkan diri pada pemecahan masalah yang ada dan memaparkan seperti apa yang terjadi yakni menjelaskan atau menggambarkan sebagaimana keterangan yang diperoleh dan dipercaya. Adapun hasil penelitian antara lain. Hanya 8 siswa dari 10 siswa yang nilainya mencapai KKM. Masih ada siswa yang belum paham materi yang diberikan guru walaupun sudah menggunakan alat bantu seperti media audio visual. Terdapat siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dikarenakan sulitnya siswa mengakses jaringan internet. Guru kadang hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan materinya terlebih dahulu.