cover
Contact Name
Yuni Arfiani
Contact Email
ipi@upstegal.ac.id
Phone
+628562584220
Journal Mail Official
psej.upstegal@gmail.com
Editorial Address
Jl Halmahera Km 01 Kota Tegal, Jawa Tengah, 52121
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
ISSN : 25286714     EISSN : 25410628     DOI : https://doi.org/10.24905/psej
Core Subject : Science, Education,
PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. The range of topics in the specific journals may include the Application of Science Learning, Research and Development of Science Education, Science Education Materials Development, the Technology and the Learning Media of Science education, the Evaluation of the Science Learning and Program.
Articles 108 Documents
Perbandingan Media Kartu Pintar dan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Materi Larutan Penyangga di SMAN 1 Alalak Novrian Dony; Mohan Taufiq Mashuri; Nuriah Nuriah
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 4 No. 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.814 KB) | DOI: 10.24905/psej.v4i2.10

Abstract

Media kartu adalah salah satu inovasi media pembelajaran yang terdiri dari berbagai jenis. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas melalui studi perbandingan antara Kartu Pintar dan Truth and Dare pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Alalak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain non equivalent group design. Teknik analisis instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pemebeda soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media Kartu Pintar dan Truth and Dare dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai postest yang menggunakan kartu pintar menghasilkan nilai yang lebih baik dari pada yang menggunakan media truth and dare. Serta terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media kartu pintar dan truth and dare dilihat dari hasil ttabel < thitung yang diperoleh ttabel 2,008 dan thitung 3,242.
Peningkatan Hasil Belajar Impuls dan Momentum dengan Pembelajaran TSTS Berbantuan Kartu Masala Rosa Herawati
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.403 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i1.100

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Impuls dan Momentum kelas X.MIPA 1.Menggunakan metode analisis diskriptif komparatif dengan model pembelajaran two stay two stray berbantuankartu masalah. Penelitian dalam dua siklus, siklus I tiga pertemuan. Akhir pertemuan diadakan evaluasi, hasilanalisis dan refleksi siklus I ada dua kompetensi masih kurang. Dilakukan siklus II terdiri dari dua pertemuan,model two stay two stray berbantuan kartu masalah dengan merubah anggota pada masing-masing kelompok.Perolehan nilai kedua kompetensi meningkat. Indikator Hukum Kekekalan Momentum siklus I : 59,4 siklusII : 90, indikator Tumbukan nilai rata-rata siklus I : 25 siklus II : 80,6. Perolehan rata-rata nilai kelompokmeningkat, siklus I : 66,43 siklus II menjadi 83,99. Keaktifan peserta didik masing-masing indikatormeningkat. Perbandingan evaluasi siklus I dan siklus II disimpulkan pembelajaran two stay two strayberbantuan kartu masalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Impuls dan Momentum kelas X.MIPA 1SMA 4 Tegal.
Peningkatan Pembelajaran Materi Pesawat Sederhana di Sekolah Dasar melalui Model Two Stay Two Stray Muhammad Taufik Hidayat; Daroni Daroni; Umi Setijowati
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.002 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i2.101

Abstract

Hasil belajar materi pesawat sederhana siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tegalwangi 01Kecamatan Talang Kabupaten Tegal masih rendah. Peneliti menerapkan model pembelajaran Two StayTwo Stray (TSTS). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam duasiklus. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre test sebesar 59,78 meningkatpada hasil post test menjadi 76,55 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 44,68% menjadi80,85%. Selain itu, nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 65,9 meningkat pada siklus II menjadi 74,98dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 70,21% menjadi 89,36%. Aktivitas belajar siswa padasiklus I sebesar 73,43% meningkat pada siklus II menjadi 75,84%. Perolehan nilai performansi guru telahmencapai indikator keberhasilan dengan perolehan nilai akhir pada siklus I sebesar 73,5 meningkat padasiklus II menjadi 78,74. Penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan pembelajaran IPAmateri pesawat sederhana.
Pertumbuhan Rimpang dan Kadar Kurkumin Temulawak Melalui Pemberian Kompos Daun Jati, Air Kelapa dan Limbah Cair Ampas Tahu Kusnadi Kusnadi; Prasetya Putra Nugraha
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.352 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i2.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kompos daun jati, air kelapa, limbah cair ampas tahu terhadappertumbuhan rimpang dan kadar kurkumin temulawak. Dengan Rancangan Acak Lengkap pola faktorialdengan 3 faktorial dan 3 kali ulangan, Faktor I : Konsentrasi kompos daun jati dengan 3 level, yaitu J0 = 0%, J1 = 25 %, J2 = 50 %. Faktor II adalah pemberian air kelapa terdiri dari 3 taraf yaitu : K0 : (0 %), K1:25 % dan K2 : 50 %. Faktor III adalah pemberian, limbah cair ampas tahu terdiri dari 3 taraf yaitu : T0 : (0%), T1: 25 % dan T2 : 50 %. Perlakuan dengan menggunakan air kelapa j1k2t2 dan j2k2t2 menghasilkantinggi tumbahan temulawak yang lebih tinggi dengan hasil masing-masing adalah 37,70 cm dan 37,60 cm.Kadar kurkumin yang dihasilkan dari perlakuan j1k2t2 dan j2k2t2 masing-masing adalah 59,94 mg/100 gdan 60,26 mg/100 g. Kristina, N. N., & Syahid, S. F. (2012).Pengaruh Air Kelapa TerhadapMultiplikasi Tunas In Vitro , ProduksiRimpang, Dan KandunganXanthorrhizol Temulawak Di Lapangan.Jurnal Littri, 18(3): 125-134.Lubis, E., dkk. 2013. Pengaruh PemberianLimbah Cair Tahu dan Pupuk UreaTerhadap Pertumbuhan dan ProduksiTanaman Kedelai (Glycine maxL.(Merill). Jurnal Biologi, 18 (1), 88-95.Nasihin. Y., 2012. Teknik PeningkatanProduksi Benih Krisan dengan AplikasiPupuk Kambing. Buletin TeknikPertanian 17 (1): 22-25.Nurcholis, W., Ambarsari, L., Sari, E.K.,Darusman, L.K., 2012, CurcuminoidContents, Antioxidant and AntiInflammatory Activities of Curcumaxanthorrhiza Roxb. and Curcumadomestica Val. Promising Lines FromSukabumi of Indonesia, ProsidingSeminar Nasional Kimia Unesa, 284-292.Pratikno, H., Syekhfani, Y. Nuraini, E.Handayanto. 2002. PemanfaatanBiomassa Flora untuk MeningkatkanKetersediaan dan Serapan P pada TanahBerkapur di DAS Brantas Hulu MalangSelatan. Jurnal Biosain Vol. 2, No. 1.Edisi April 2002.Seswita, D. 2010. Penggunaan air kelapasebagai zat pengatur tumbuh padamultiplikasi tunas temulawak (Curcumaxanthorriza Roxb.) in vitro. J. Littri 16(4):135-140.Sri Atun, Nurfina A.Z, Retno A., NurestriA.M. 2011., Phytochemical study onsome Curcuma spesies from Indonesia,Penelitian Kerjasama InternasionalUNY-UM, makalah dipresentasikandalam seminar internasional ISNPC-July2011, BribaneSupriyo H, Faridah E, Atmanto WD &Figyantika A. 2012. Effect of tree standson litter biomass and carbon content inWanagama Educational andExperimental Forest, Yogyakarta,Indonesia. Dalam : Proceedings ofInternational Conference on New Perspectivesof Tropical Forest Rehabilitation for BetterForest Functions and Management.Hardiyanto EB, Solberg S, & Osaki M(Eds). Faculty of Forestry UniversitasGadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.136-139.Supriyo, H., dan Prehaten, D. 2014.Kandungan Unsur Hara Dalam DaunJati Yang Baru Jatuh Pada Tapak YangBerbeda. Jurnal Ilmu Kehutanan UGM.Volume 8 No. 2.Sutarjo.T., 2007. Teknik PelaksanaanPercobaan Kombinasi Pupuk Organikdan Pupuk NPK (15:15:15) pada BibitCengkeh. Buletin Teknik Pertanian11(1): 37-40.Syahid,S.F, dan N.N. Kristina. 2010.Aklimatisasi Temulawak hasil ZPT airkelapa alami di rumah kaca. (LaporanHasil Penelitian). Balai PenelitianTanaman Obat dan Aromatik.Yong, J. W., Ge, L., Ng, Y. F., & Tan, S. N.(2009). The chemical composition andbiological properties of coconut (Cocosnucifera L.) water. Molecules, 14(12), 5144-5164.Yuliani dan Sri Rahayu, Y. 2016. PemberianSeresah Daun Jati Dalam MeningkatkanKadar Hara Dan Sifat Fisika Tanah PadaTanah Kapur. Prosiding SeminarNasional Biologi. UNESA. ISBN: 978‐602‐0951‐11‐9.Yuniarti, Titin. 2008. Ensiklopedia TanamanObat Tradisional. Yogyakarta: MediaPressindo. Hal: 3.
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sigit Pamungkas
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.914 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i2.104

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika materi suhu dan kalor melaluiproses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI TITL 3 SMK N 1 Warureja. Penelitian initermasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tesdan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil serapan pengetahuan setelah tindakan.Sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengumpulkan data perubahan minat dan aktivitas siswa. Hasilpenelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas dalam proses pembelajaran. Peningkatan kualitastersebut dibuktikan dengan proses pembelajaran yang makin lancar pada siklus II dan suasana kelas yangmakin kondusif.. Disiklus I tingkat aktifitas kelas dari 63,33 % meningkat menjadi 93,33 % pada siklus II.Dari hasil angket menyatakan tujuh siswa (23%) setuju disiklus I dan meningkat menjadi 27 (90%) siswamenyatakan setuju disiklus II. Di siklus I tingkatan ketuntasan belajar sebesar 43,33 % menigkat menjadi80 % di siklus II.
Kompetensi Guru IPA SMP di Kecamatan Mlati dalam Mengerjakan Soal IPA Model PISA Didik Setyowarno; Dadan Rosana; Eko Widodo; Wita Setianingsih
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.693 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i2.105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru IPA SMP se-kecamatan Mlati, SlemanYogyakarta dalam mengerjakan soal IPA model Programme Internationale for Student Assesment (PISA).Kompetensi PISA yang diujikan mencakup menjelaskan fenomena secara ilmiah dan mengevaluasi danmendesain penyelidikan ilmiah. Jenis penelitian ini adalah survei yang dilaksanakan di SMP N 2 MlatiYogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru IPA dengan jumlah 12. Jumlah subjek penelitian ditentukandengan menggunakan teknik cluster sampling yang terbagi menjadi empat wilayah yaitu bagian timur,barat, selatan, dan utara sehingga bisa mewakili secara guru-guru IPA di SMP Mlati Yogyakarta. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah butir soal IPA model PISA berjumlah lima yang telah divalidasi olehdosen ahli. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif deskriptif dengan cara mengkonversi kedalam kategori. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi guru IPA dalam mengerjakan soal IPAmodel PISA masih bervariasi. Nilai prosentasi guru IPA mampu mengerjakan soal untuk kompetensimenjelaskan fenomena secara ilmiah, mendesain penyelidikan ilmiah, dan mengevaluasi terkait denganpenyelidikan ilmiah dan masing-masing 41,67%, 25%, dan 87,5% dengan kategori masing-masing cukup(C), kurang (K), dan baik sekali (BS).
Pengintegrasian Materi Struktur Atom pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis NilaiNilai Qur’ani Banu Kisworo; Dewiantika Azizah
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.397 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i2.106

Abstract

Hasil wawancara dengan guru kimia di salah satu sekolah MAN di kota Cirebon pada tanggal 10 September2017 menunjukkan data bahwa pembelajaran kimia khususnya pada materi struktur atom belummenerapkan pembelajaran berbasis qur’ani. Fakta tersebut menggambarkan rendahnya penerapan nilai –nilai islami di sekolah yang berada dalam lingkungan Departemen Agama melalui Al-Qur’an. Padahal jikakita tinjau lebih dalam materi struktur atom banyak mengungkap banyak sekali gejala alam yang dijelaskandalam Al-qur’an. Tujuan dalam penelitian ini yaitu memberikan masukan mengenai materi kimia padastruktur atom yang terintegrasi Al-qur’an. Penelitian dilakukan dengan menganalisis materi struktur atomyang berkaitan dengan penjelasan yang terdapat pada terjemahan Al-qur’an dan Al-Hadits. Metodepenelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 15 ayat Al-qur’an terintegrasi dengan materistruktur atom. (2). Materi Struktur Atom menggunakan model pengintegrasian nested dengan memasukkanayat – ayat qur’ani dan perhitungan numerik baik jumlah ayat, no surat, maupun no juz dalam setiap subbab materi kimia.
Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital Misbah Misbah; Wahyu Aji Pratama; Sri Hartini; Dewi Dewantara
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.244 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i2.107

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media e-learning berbasisschoology. Tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) validitas media, (2) kepraktisanmedia, dan (3) efektivitas media. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) model ADDIE.Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasilbelajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media diperoleh skor 3,94 berkategori valid, (2)kepraktisan media diperoleh skor 3,77 berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas media diperoleh skor0,41 berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan e-learning berbasis schoology padamateri impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital layak digunakan pada pembelajaran.
Penerapan Metode Pembelajaran Kocok Sumpit untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Getaran dan Gelombang Rizal Rizal
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.794 KB) | DOI: 10.24905/psej.v3i2.108

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)melalui penggunaan Metode Pembelajaran kocok sumpit pada siswa kelas VIII C MTs Negeri 2 Tegalsemester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian mengunakan metode analisis deskriptif dandilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2018. Populasi penelitian ini adalah semuasiswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan adalah kelasVIII C. Sampel diberi perlakuan dengan metode pembelajaran kocok sumpit. Data dikumpulkan denganmetode tes untuk prestasi belajar, keaktifan persepsi dan kesan siswa dengan metode angket. Pada siklus Isiswa yang berhasil mencapai KKM ada 17 siswa (44,73 %) sedangkan pada siklus II siswa yang lulusKKM ada 27 siswa (71,5 %). Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metodekocok sumpit dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018 yangditandai dengan adanya siswa yang lulus KKM sebanyak 27 siswa (92,85 %), ini berarti tingkatkeberhasilannya lebih dari 70%.
Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Microsoft Sway untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Muflikatun Muflikatun; Santoso Santoso; Erik Aditia Ismaya
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol. 6 No. 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.015 KB) | DOI: 10.24905/psej.v6i2.109

Abstract

Literasi Sains merupakan kunci sukses dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi dalam menyikapi tantangan di era digital.Namun kemampuan literasi sains siswa Indonesia berada di bawah skor rata-rata Internasional,Pembelajaran lebih bersifat hafalan dan teoritis daripada keterampilan proses, guru lebih nyaman menggunakan bahan ajar konvensional sehingga penggunaan bahan ajar digital kurang maksimal, minat baca siswa rendah, pemanfaatan smartphonekurang tepat pada siswa, keterbatasan guru dalam mengauasai teknologi digital (IT), sehingga mendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar digital berbasis Micrososft Sway.Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, angket, tes, dan doukumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Reseaech and Development (R&D).Hasil akhir penelitian ini ialah bahan ajar digital berbasis Microsft Sway berupa tautan (link)danbuku panduan penggunaan bahan ajar.Berdasarkan uji gain, uji normalisasi, uji homogenitas uji hipotesis,respon siswa dan wawancara guru, bahan ajar yang dikembangkan efektif meningkatkan literasi sains siswa Sekolah Dasar.

Page 1 of 11 | Total Record : 108