cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+628126705001
Journal Mail Official
tonni.budidarma@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/about/editorialTeam
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika Unika Santo Thomas (JTIUST)
ISSN : -     EISSN : 26571501     DOI : 10.54367
Core Subject : Science,
Terbit Setiap Bulan Juni dan Desember setiap Tahunnya. Jurnal ini Media publikasi untuk bidang Ilmu Komputer seperti Fuzzy Logic, Teknologi dan Jaringan, Robotika, Komputasi, Mikrokontroller, Arsitektur Komputer, Sistem Cerdas, Rekayasa Web dan Mobile, Sistem Terdistribusi, Sistem Kontrol, Data Spasial, Cloud Computing, Pengolahan Citra, Komputer Grafik, Kriptografy dan bidang Ilmu Komputer sejenis.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2: Tahun 2018" : 12 Documents clear
Otomasi Pencampur Nutrisi Hidroponik Sistem NTF (Nutrient Film Technique) Berbasis Arduino Mega 2560 Nuris Dwi Setiawan
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.584 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.292

Abstract

Menanam dengan sistem hidroponik adalah mengganti tanah dengan menggunakan air sebagai media tanam, diperlukan sistem pengairan dan pemberian nutrisi yang tepat agar tanaman dapat berkembang dengan baik, salah satunya adalah NFT (Nutrient Film Technique) sistem ini membuat akar tanaman tersirkulasi sehingga mendapatkan cukup air, nutrisi dan oksigen, pada sistem NFT memerlukan tangki penampung sebagai tempat pencampuran nutrisi dengan air yang dialirkan ke akar tanaman, pemberian nutrisi harus dengan takaran yang tepat yang terdiri dari pencampuran pupuk dengan air. Sistem NFT merupakan sistem tanam yang baik namun membutuhkan waktu yang banyak terutama untuk mengamati stok nutrisi.[1] Sitem otomasi yang menggunakan Arduino Mega 2560 dan terintegrasi dengan berbagai sensor, sistem otomasi untuk hidroponik antara lain untuk mengatur pompa, LED grow light, sistem pemupukan dan water flow. Hasil yang akan dicapai adalah hidroponik dengan sistem NTF yang mempunyai otomasi pencampuran nutrisi.
Implementasi Watermark Pada Citra Menggunakan Metode Spread Spectrum Isninda Situmorang
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.521 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.293

Abstract

Watermaking merupakan sebuah proses penambahan kode secara permanen ke dalam citra digital. Penyisipan kode ini harus memiliki ketahanan (robustness) yang cukup baik dari berbagai manipulasi, seperti pengubahan, transformasi, kompresi, maupun enkripsi. Kode yang disisipkan juga tidak merusak citra digital sehingga citra digital terlihat seperti aslinya. Watermarking sangat diperlukan untuk melindungi karya intelektual digital seperti gambar, teks, musik, video, dan termasuk perangkat lunak. Penggandaan atas produk digital yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab semakin meraja lela tanpa ada ikatan hukum yang pasti sehingga merugikan pemegang hak cipta akan produk digital tersebut. Metode spread spectrum adalah sebuah teknik pentransmisian dengan menggunakan pseudonoise code, yang independen terhadap data informasi, sebagai modulator bentuk gelombang menyebarkan energi sinyal dalam sebuah jalur komunikasi (bandwith) yang lebih besar dari pada sinyal jalur komunikasi informasi, oleh penerima, sinyal kumpulkan kembali menggunakan replikasi psudonoise code tersinkronisasi.
Analisis Perbandingan Antara Algoritma Rijndael Dan Algoritma Twofish Dalam Penyandian Teks Izzat Shulhan
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.418 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.294

Abstract

Kemudahan pengaksesan media komunikasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tentunya akan memberikan dampak bagi keamanan informasi atau pesan yang menggunakan media komunikasi tersebut. Penyandian terhadap file diperlukan untuk meminimalisasi file yang akan dikirim atau yang disimpan agar tidak diketahui, dimanipulasi atau diambil oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, maka dibutuhkan metode yang dapat menjaga kerahasiaan suatu informasi yang salah satunya adalah kriptografi. Algoritma rijndael dan twofish sama-sama memiliki panjang kunci yang dapat digunakan, yaitu 128, 192 dan 256 bit. Algoritma rijndael memiliki putaran sebanyak 10 kali dengan panjang kunci 128 bit dan melakukan beberapa transformasi dalam proses enkripsi dan dekripsinya. Algoritma twofish menggunakan sejenis jaringan feistel, fungsi f, MDS matriks dan pseudo hadamard transform dengan putaran sebanyak 16 kali dengan panjang kunci 128 bit dalam proses enkripsi dan dekripsinya.
Perancangan Aplikasi Pengamanan Citra Berwarna dengan Algoritma RSA Pandi Barita Nauli Simangunsong; Komariah Fitri
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.489 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.295

Abstract

Kriptografi adalah teknik yang digunakan untuk pengamanan sebuah pesan (message) yang bersifat rahasia. Implementasi Kriptografi banyak berkembang dalam pemanfaatannya dalam bidang komputer. Prisnsip kerja dari kriptografi adalah mengubah pesan yang bersifat asli yang disebut dengan (plainteks) menjadi pesan yang tidak dapat sama sekali dimengerti oleh pihak lain yang disebut dengan (cipherteks ) yang artinya pesan cipherteks adalah pesan yang tidak dapat dipahami oleh pihak yang tidak berkepentingan . Proses kerja tersebut merupakan proses enkripsi dan proses deskripsi. Algoritma asimetri adalah teknik yang digunakan oleh algoritma RSA, proses enkripsi dan deskripsi memiliki kunci yang tidak sama, kunci untuk enkripsi tidak akan pernah sama dengan kunci yang digunakan untuk mendeskripsi. Kunci puplik akan berguna saat dilakukan enkripsi sedangkan untuk proses deskripsi yang digunakan adalah kunci privat. Algoritma RSA yang dikenal dengan model kunci public. Teknik pengerjaan algoritma RSA sering dikenal dengan teknik pembangkit kunci acak, enkripsi dan deskripsi.
Pengaruh Sikap Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Di Yayasan Perguruan Nasional Medicom Dinaria br Sembiring
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.301 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.296

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen di Yayasan Perguruan Nasional Medicom Medan. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang terdiri dari variabel terikat yaitu Kinerja Dosen (Y), sedangkan variabel bebas yaitu Sikap Kerja (X1) dan Motivasi Kerja (X2). Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian survei dengan teknik analisis statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Dosen di YPN Medicom Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observ asi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi kelasik, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa : (1) pengaruh sikap kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen di YPN Medicom Medan kuat dan positif dengan koefesien korelasi (R) = 0,975 dan koefesien determinasi (Rsquare) sebesar = 0,951. Hal ini berarti bahwa Kinerja Pegawai (Y) dipengaruhi sebesar 97,5 % oleh sikap kerja dan motivasi kerja; (2) Secara Parsial (t-test), sikap kerja dan motivasi kerja dapat mempengaruhi secara signifikan peningkatan kinerja dosen di YPN Medicom Medan; (3) secara F test, sikap kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama mempengaruhi kinerja dosen pada YPN Medicom secara positif dan signifikan
Sistem Informasi Akademik Kurikulum 2013 Pada SMA RK Swasta Delimurni Bandar Baru Berbasis Web Emerson P. Malau; Dedi Kristian Halawa
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.318 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.298

Abstract

Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan. SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru Pada saat ini sekolah tersebut telah mengubah kurikulum pendidikannya dari KTSP menjadi Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum dilakukan semenjak Tahun Ajaran 2013/2014. KTSP adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang teknis penilaiannya akan menghasilkan satu nilai dari seluruh komponen penilaian yang terdiri dari penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kurikulum tersebut juga memberikan hak pada sekolah-sekolah untuk mengembangkan kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. Sedangkan kurikulum 2013, teknis penilaiannya menghasilkan tiga jenis nilai yaitu nilai pengetahuan, nilai keterampilan, dan nilai sikap. Dengan adanya permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah sistem informasi untuk menanganinya. Sistem informasi ini nantinya akan mengolah semua data guru, siswa, kehadiran, dan nilai di SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru yang sebelumnya hanya dicatat secara manual. Selain itu sistem ini akan membuat rapot dan ledger setiap akhir semesternya.
IMPLEMENTASI KODE QR PENGIRIMAN KARTU HASIL STUDI MAHASISWA Matra Prima; Parasian DP Silitonga
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.156 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.299

Abstract

Perkembangan QR Code (Quick Response Code), merupakan gambar dua dimensi yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data. QR Code biasa digunakan untuk menyimpan data berupa teks, baik itu numerik, alfanumerik, maupun kode biner. QR Code banyak digunakan untuk keperluan komersil, khususnya di Jepang, biasanya berisi link url ke alamat tertentu atau sekedar teks berisi iklan, promosi, dan lain-lain. Perkembsngsn lainnya adalah teknologi internet dalam layanan SMTP Server yang tersedia secara gratis. Pada pembahasan kali ini penulis akan membuat sebuah program yang dapat membuat informasi KHS disimpan dalam bentuk QR Code dan selanjutnya QR Code KHS tersebut dikirim ke alamat E-Mail masing masing mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unika Santo Thomas. Penulis telah membuat sebuah program dengan menggunakan bahasa pemograman C# yang mampu menghasilkan QR Code yang memuat informasi KHS dari seorang mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unika Santo Thomas dan selanjutnya dikirimkan ke alamat E-Mail melalui pemanfaatan SMTP Server.
Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android Dengan Metode Fisher-Yates Abdul Rajagukguk; Desinta Purba
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.482 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.300

Abstract

Berlalu lintas merupakan proses perjalanan atau perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Dalam kehidupan nyata tertib berlalu lintas nampaknya belum tercermin di dalam pribadi masyarakat Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari tingkat kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang masih saja terjadi. Kurangnya pengetahuan tentang ketentuan pidana dan arti rambu lalu lintas menjadi pemicu utama terjadinya kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Hal itu membuat peneliti merancang dan membuat sebuah aplikasi pembelajaran sebagai sarana pengenalan rambu lalu lintas berbasis Android. Android (Smartphone) adalah alat yang sangat sering dibawa kemanapun kita beraktifitas dan smartphone sangat membantu dalam menyelesaikan banyak tugas harian yang ada, fasilitas didalamnya pun dapat kita fungsikan sebagai media penyampaian pesan dan pembelajaran. Game adalah salah satu media penyampaian pesan yang cukup baik karena bukan hanya mendapatkan pembelajaran, namun bisa mendapatkan kesenangan saat memainkannya. Dalam pemodelannya aplikasi ini menggunakan metode UML berupa use case diagram, class diagram dan sequence. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi rambu lalu lintas berbasis Android. Dengan adanya aplikasi pembelajan tentang Rambu-rambu Lalu Lintas diharapkan masyarakat dapat mempelajari Rambu-rambu Lalu Lintas dengan baik.
PENERAPAN MODUS PENGALAMATAN DAN OPERASI ARITMATIKA PADA MIKROPROSESOR INTEL 8088/8086 Ardi Panjaitan; Masdiana Sagala
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.437 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.301

Abstract

Mikroprosessor merupakan salah satu bagian penting dalam mesin komputer dimana instruksi-instruksi dieksekusi. Dalam pembelajaran ilmu komputer, komunikasi dan cara kerja antar komponen dalam mikroprosessor merupakan bagian yang penting. Salah satu topik utamanya adalah pengalamatan register dan proses aritmatika yang terjadi dalam mikroprosessor, dan dapat diajarkan dengan bantuan simulasi. Jika ada suatu aplikasi yang dapat memberikan suatu simulasi mengenai pengalamatan register dan proses aritmatika dalam mikroprosessor, tentu akan lebih mudah untuk memahami cara kerja mikroprosesor.
IMPLEMENTASI PENUKARAN UANG RUPIAH DENGAN MENGGUNAKAN ALGORTIMA GREEDY Pujiati Br. Sitepu; Andy Paul Harianja
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 3 No 2: Tahun 2018
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.177 KB) | DOI: 10.17605/jti.v3i2.302

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin mempermudah setiap penggunanya dalam mengakses maupun mempercepat pekerjaan dengan sistem Aplikasi yang diciptakan. Aplikasi inilah memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan mudah. Terutama sistem untuk penukaran uang menjadi pecahan melalui proses optimasi. Pada penelitian ini dibangun suatu sistem penerapan algoritma greedy untuk penukaran uang rupiah. Aplikasi yang dihasilkan memberikan kemudahan dalam penukaran uang rupiah menjadi pecahan. Khususnya dapat mempermudah pekerjaan dalam dunia perbankan untuk menukarkan uang nasabahnya dengan mengambil hasil yang paling optimal.

Page 1 of 2 | Total Record : 12