cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+628126705001
Journal Mail Official
tonni.budidarma@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/about/editorialTeam
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika Unika Santo Thomas (JTIUST)
ISSN : -     EISSN : 26571501     DOI : 10.54367
Core Subject : Science,
Terbit Setiap Bulan Juni dan Desember setiap Tahunnya. Jurnal ini Media publikasi untuk bidang Ilmu Komputer seperti Fuzzy Logic, Teknologi dan Jaringan, Robotika, Komputasi, Mikrokontroller, Arsitektur Komputer, Sistem Cerdas, Rekayasa Web dan Mobile, Sistem Terdistribusi, Sistem Kontrol, Data Spasial, Cloud Computing, Pengolahan Citra, Komputer Grafik, Kriptografy dan bidang Ilmu Komputer sejenis.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No. 2 : Tahun 2020" : 15 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Pada SMK Negeri 2 Medan Salman Bintang; Dadang Mulyana
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.966 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.1026

Abstract

Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif memberi pengaruh besar, karena akan memudahkan siswa untuk mengerti materi pembelajaran yang disajikan dengan menarik dan berbeda, sehingga materi pembelajaran tidak hanya berisi tulisan, dan gambar, tetapi bisa memuat suara, video, dan keterlibatan siswa dalam menggunakan media interaktif tersebut. Pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana para Siswa sulit memahami materi pelajaran disebabkan pendidik Skurang memanfaatkan media yang dapat menimbulkan daya imajinasi terhadap materi yang dipelajari. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat menampilkan animasi dan dapat memberikan umpan balik kepada siswa. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan model pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh Peneliti dan dilakukan validasi kepada ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 2.62 dan dinyatakan “sangat baik/sangat layak” dan validasi terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 2.95 dan dinyatakan “sangat baik/sangat layak”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian pertama memiliki rata-rata sebesar 2.92 dan dikategorikan “Sangat Baik” dan pengujian kedua memiliki rata-rata sebesar 2.95 dan dikategorikan “Sangat Baik”.
Implementasi Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) dalam Pemilihan Karyawan Berprestasi pada PT. Maju Express Indonesia Debi Yandra Niska; Eliza Musdalifa
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.232 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.1048

Abstract

PT. Maju Express Indonesia adalah perusahaan yang berpusat di Jakarta, tepatnya di Mangga Dua Square Blok H nomor 18-21, Jakarta Utara. Memiliki sejumlah cabang di beberapa kota besar, salah satunya di Medan, Sumatera Utara. Jumlah karyawan yang bekerja di PT. Maju Express Indonesia. Kinerja setiap individu karyawan juga berbeda-beda. PT. Maju Express Indonesia memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi setiap tahun. Proses penilaian karyawan berprestasi masih manual dan tidak efektif. Sehingga dinilai kurang optimal dan membutuhkan banyak waktu baik dalam penyusunan laporan maupun pemilihan calon karyawan dengan prestasi yang luar biasa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan Sistem Pendukung Keputusan (DSS) untuk membantu perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas dan berprestasi serta dapat mengharumkan nama perusahaan. Dalam pengambilan keputusan, DSS menggunakan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur. Salah satu model yang digunakan dalam DSS adalah MultiFactor Evaluation Process (MFEP). Dengan adanya sistem pendukung keputusan untuk menentukan karyawan berprestasi dapat memudahkan PT. Maju Express Indonesia dalam memilih karyawan berprestasi
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Kejuruan dengan Metode Weighted Product dan Weighted SUM Model Jhoanne Fredricka; Lena Elfianty
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.914 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.926

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan adanya sistem ini, permasalahan yang di hadapi dapat di selesaikan, seperti penentuan pemilihan sekolah kejuruan terbaik. Ada beberapa metode yang dapat di gunakan dalam membangun suatu SPK seperti Metode Weighted Product dan Weighted Sum Model. Metode Weighted Product (WP) menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus di pangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Metode Weighted Sum Model (WSM) merupakan penjumlahan dari perkalian rating atribut dengan bobot atribut. WP dan WSM merupakan metode yang sederhana, dimana penggunaannya mudah untuk di pahami, seperti dalam SPK penentuan sekolah kejuruan terbaik di kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode WP dan WSM. Dalam penentuan kualitas sekolah, ada beberapa kriteria yang menjadi dasar pengambilan keputusan antara lain biaya sekolah, lingkungan sekolah, jumlah program kejuruan, kegiatan ekstrakurikuler dan fasilitas sekolah. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah hasil pilihan pengguna dengan nilai kriteria yang di tentukan sendiri oleh pengguna, dan hasilnya akan diurutkan dari nilai yang tertinggi hingga terendah, sehingga pengguna lebih mudah dalam mengambil keputusan dengan melihat hasil perangkingan tersebut
Sistem Informasi Geografis Objek Wisata Kabupaten Timor Tengah Selatan Berbasis Web Adriana Haky Taboy; Sisilia D. B. Mau; Alfry Aristo J. SinlaE
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.801 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.937

Abstract

Kabupaten Timor Tengah selatan(TTS) merupakan kabupaten yang sangat dikenal karena memiliki daerah wisata yang banyak pada setiap kecamatan bahkan sampai desa-desa yang ada di Kabupaten TTS. Sistem informasi yang menyajikan informasi daerah-daerah wisata TTS telah banyak dibuat. Namun hanya menampilkan gambar dan namanya saja yang disajikan dalam bentuk peta kovensional, media iklan surat kabar juga yang belum menyajikan petunjuk langsung ke lokasi wisata yang dituju.Sistem Informasi yang ada masih memiliki kekurangan yaitu wisatawan tidak mendapatkan petunjuk langsung tantang lokasi wisata yang dituju. Oleh kerena itu dibutuhkan teknologi yang dapat menyajikan infromasi objek wisata yaitu Sistem informasi geografis (SIG) Seperti halnya dengan informasi yang memberi penjelasan dalam informasi wisata harus meliputi data dan gambar yang nyata dan benar. Sehingga para wisatawan yang ingin bepergian ke Kabupaten TTS tetapi masih belum tahu lokasi atau tempat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dapat mengetahuinya. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis menggunakan pendekatan pada model pemetaan digital berupa SIG dengan berbasis Web memanfaatkan google maps sebagai peta digital. Aplikasi akan dikembangkan dengan program PHP, dan database MySQL sebagai penyimpanan data. Sistem informasi Geografis (SIG) objek wisata alam ini memiliki dua program yaitu program admin untuk mengelola data wisata berbasis web dan program user untuk menampilkan objek wisata berbasis web. Sistem informasi geografis ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kecepatan kepada masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai Objek Wisata Alam di TTS.
Penerapan Algoritma Minimax Terhadap Permainan Tic-Tac-Toe Dengan Menggunakan Artificial Intelligence Arvin Christopher; Daniel Daniel; Ellen Pratama; Lukman Hakim
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.225 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.941

Abstract

Kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang dibuat dengan menggunakan algoritma tertentu, sehingga sistem tersebut seolah-olah dapat bekerja seperti manusia. Algoritma Minimax adalah sebuah algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar dapat memperkecil kemungkinan kehilangan nilai maksimal, yang akan meminimalkan kemungkinan kekalahan dan memaksimalkan kemungkinan kemenangan. Adapun game sederhana yang digunakan untuk menerapkan algoritma Minimax yaitu Tic-Tac-Toe. Game Tic-Tac-Toe ini menerapkan kecerdasan buatan dengan menggunakan algoritma Minimax, dimana komputer dapat menentukan langkah terbaik yang harus diambil. Game Tic-Tac-Toe ini dibuat dengan berbasis website dan papan permainan Tic-Tac-Toe sebesar 3 x 3, permainan akan berakhir jika pemain satu (manusia) kalah dan pemain dua (komputer) menang atau permainan seri.
Sistem Informasi Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Pada LPPM Universitas Dhyana Pura Menggunakan Symfony Framework I Made Dwi Ardiada; I Nyoman Bernadus; Gerson Feoh
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.809 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.942

Abstract

LPPM adalah salah satu lembaga atau biro yang ada di Universitas Dhyana Pura yang memiliki beberapa kegiatan yang meliputi pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Pihak LPPM masih belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi informasi sehingga menimbulkan beberapa permasalah. Permasalahan tersebut antara lain proses permohonan yang masih dilakukan secara manual, tidak adanya histori permohonan, dan tidak adanya proses penilaian. Aplikasi pengelolaan HKI ini dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Aplikasi ini dibuat menggunakan Symfony Framework. Symfony Framework salah satu kerangka yang terbaik untuk tingkat perusahaan yang kompleks aplikasi, dan untuk dengan cepat dan efisien memperkaya sistem informasi lembaga. Dengan Demikian Pemohon dapat melakukan permohonan dimanapun dan kapanpun. Adanya histori permohonan untuk proses pemantauan.
Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit pada Ayam Pedaging Menggunakan Metode Forward Chaining Brigita Ivana Seno; Sisilia D. Bakka Mau; Emerensiana Ngaga
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.216 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.943

Abstract

Sistem pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang terdiri dari pengetahuan dan pengalaman dari banyak pakar yang dimasukkan ke dalam suatu basis pengetahuan. Sistem pakar dapat membantu seseorang untuk menyelesaikan persoalan tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari banyak jenis unggas yang dipelihara oleh masyarakat seperti ayam pedaging. Ayam pedaging banyak dipelihara karena populasinya yang cukup banyak dibandingkan dengan hewan lain. Oleh karena itu penyakit yang menyertainya juga semakin banyak, mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang bisa menular ke manusia seperti penyakit flu burung ( Avian Influenza ). Kurangnya akan pengetahuan penyakit ayam dari para peternak membuat tingkat kesembuhan bagi ayam sangatlah menurun, maka diperlukan seorang pakar penyakit ayam yaitu dokter hewan. Namun dilihat dari keuangan dan waktu dari pakar, para peternak belum tentu dapat memakai seorang pakar. Dalam hal ini maka dibutuhkan sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat mendiagnosa penyakit pada ayam pedaging. Hal tersebut yang menjadi indikator utama dilakukannya penelitian ini. Aplikasi sistem pakar yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat membantu para peternak dalam mengenali jenis penyakit yang di derita oleh ayam dan cara penanggulangannya.
Penerapan Convolutional Neural Network untuk Handwriting Recognition pada Aplikasi Belajar Aritmatika Dasar Berbasis Web Jayaku Briliantio; Nico Santosa; Garvin Ardian; Lukman Hakim
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (882.214 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.945

Abstract

Aritmatika merupakan cabang ilmu matematika yang berhubungan dengan angka, pengukuran, dan komputasi numerik seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Mengajar aritmatika memiliki tantangan tersendiri bagi pengajar. Pada umumnya pengajaran aritmatika bersifat satu arah, sehingga bersifat monoton dan kemampuan dalam mengingat materi menjadi rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat dan penyerapan materi yang disampaikan adalah dengan menulis. Pada penelitian ini dirancang suatu aplikasi berbasis web belajar aritmatika dengan menulis. Untuk mengenali tulisan digital berupa angka dan operator aritmatika dibutuhkan handwriting recognition system. Convolutional Neural Network (CNN) dapat melakukan pengenalan tulisan tangan dengan tepat, baik yang bersifat off-line maupun online. Dataset diperlukan dalam training model CNN untuk mampu mengenal tulisan. Bobot yang diperoleh dari hasil training model CNN akan diintegrasikan dengan aplikasi. Melalui penelitian ini, dapat diketahui bahwa CNN memiliki tingkat akurasi yang baik dalam mengenali dan mengklasifikasikan tulisan tangan. Tingkat akurasi dari CNN dalam mengenal tulisan tangan yang diperoleh dari hasil pengujian adalah 95.36%.
Implementasi Samba Server untuk Sharing Data Center pada Lab Komputer Universitas Muhammadiyah Metro Danang Prabowo; Arif Hidayat; Ismail Puji Saputra
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (870.292 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.949

Abstract

Dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan Laboratorium Komputer UM metro telah memiliki dukungan jaringan Teknologi Informasi, Selain itu bahkan sudah menerapkan teknologi internet dan intranet baik di tingkat kampus pusat maupun kampus cabang. Meski demikian, inisiatif pengembangan fasilitas infrastruktur baru selalu dituntut dalam mengembangkan system TI-nya baik di kampus pusat maupun kampus cabang dengan 3 lokasi tempat yang berbeda. Perlunya pengembangan datacenter pada lab Komputer UM Metro yang difungsikan sebagai wadah untuk berbagi data dari server Lab Komputer. Data-data yang bisa dishare misalkan master-master aplikasi installer, aplikasi paket repository, master ISO system operasi, dan dapat dijadikan sarana untuk transfe file dari pengguna ke Server. Penelitian ini menghasilkan Samba Server Untuk Sharing Data Center Pada Lab Komputer Universitas Muhammadiyah Metro. PC Samba Server dapat memfasilitasi dan menjembatani pengguna untuk menyediakan file/ data sharing center yang aman agar terhindar dari virus mengingat manajemennya menggunakan OS Linux Ubuntu. Samba Server dapat diterapkan menggunakan authentikasi yang terdaftar (dengan kata lain hanya user yang terdaftar yang diijinkan masuk ke dalam data center tersebut dan mengakses semua data yang disediakan).
Pemilihan Mie Terlaris Pada Toko Aisyah Dengan Metode VIKOR ( VIÅ¡ekriterijumsko KOmpromisno Rangiranje ) Dody Erlangga; Indah Ayu Wijayanti; Nurahman Nurahman
Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas Vol 5 No. 2 : Tahun 2020
Publisher : LPPM UNIKA Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.826 KB) | DOI: 10.17605/jtiust.v5i2.950

Abstract

Penentuan mie terlaris pada Toko Aisyah merupakan sesuatu yang penting dilakukan, karena dengan menentukan jenis produk mie apa saja yang terlaris, Toko Aisyah dapat memprediksi mie apa yang harus dipasarkan lebih banyak. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan mie terlaris adalah dengan menerapkan sistem pendukung keputusan. Dengan langkah itu pemilik toko dapat menentukan mie terlaris dengan hasil yang tepat dan akurat dalam penentuan mie terlaris. Ada beberapa kriteria yang diterapkan dan terdapat beberapa alternatif pilihan yang dapat dipilih dalam memilih mie terlaris. Analisis data menerapkan metode VIÅ¡ekriterijumsko KOmpromisno Rangiranje (VIKOR), yang memungkinkan perhitungan dengan multi kriteria yang ditentukan pemilik toko. Laporan penjualan pada bulan Oktober didapatkan kriteria yang akan digunakan untuk menentukan mie terlaris yaitu harga, jenis mie, isi mie, dan minat pelanggan. Didapatkan juga alternatif yang menjadi pilihan yaitu Mie Sedap Goreng, Mie Sedap Kuah Rasa Soto, Indomie Ayam Geprek, Indomie Soto Banjar, Sarimie isi 2 Ayam Kecap. Dari hasil perhitungan didapatkan Harga sebesar 0,2, Jenis Mie sebesar 0,3, Isi Mie 0,1, dan Minat Pelanggan 0,4. Setelah dilakukan perhitungan maka didapatkan hasil yang paling kecil yaitu jenis produk Mie Sedap Goreng sebesar 0.

Page 1 of 2 | Total Record : 15