cover
Contact Name
Aprezo Pardodi Maba
Contact Email
aprezopm@gmail.com
Phone
+6282289566677
Journal Mail Official
aprezopm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Penyu RT. 020 RW. 008 Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Published by Kuras Institute
ISSN : -     EISSN : 27752097     DOI : https://doi.org/10.51214/japamul
Jurnal Pengabdian Multidisiplin also known as JAPAMUL (Online ISSN 2775-2097) published by Kuras Institute in cooperation with Scidac Plus. JAPAMUL concerned and published articles related to the practice and processes of community service, engagement, and empowerment. Every article published is expected to provide insights and inspire activities elsewhere on related issues.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 65 Documents
Expansi Pasar Menggunakan Digital Marketing untuk Para Pelaku UMKM Makanan Khas Maninjau Nila Pratiwi; Tonny Yuwanda; Ullya Rahmi Aswin; Danny Hidayat
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.225 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i1.78

Abstract

Dampak pandemi COVID–19 telah menyentuh seluruh kalangan masyarakat, terutama pelaku usaha UMKM. Sudah saatnya pelaku usaha dan masyarakat yang terdampak perlu mengefektifkan teknologi seperti platform jual beli dan media sosial untuk bertahan pada masa pandemi ini. Tujuan pengabdian ini yaitu menumbuhkembangkan pemikiran pelaku usaha dan masyarakat untuk menggunakan digital marketing agar dapat memperluas jangakauan pasar. Metode pengabdian ini yaitu dilaksanakan secara webinar dengan melalukan pra-survey sebelum webinar dan pasca-survey setelah webinar, analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Webinar terlaksana bersama 52 peserta yang terdiri dari 43,1% pelaku usaha dan 59, 6% masyarakat yang berdomisili area danau Maninjau, Hasil pra-survey menunjukkan bahwa nilai TCR untuk penggunaan digital marketing yaitu 37,2% tergolong kurang dan nilai TCR untuk ketertarikan menggunakan digital marketing yaitu 52,2% tergolong cukup. Setelah melaksanakan webinar, dilakukan kembali pasca-survey dengan hasil yaitu TCR untuk kepemahaman materi webinar sebesar 65,2% tergolong baik, TCR untuk ketertarikan penggunaan digital marketing meningkat menjadi 77,2% tergolong baik, TCR untuk kefektifan digital marketing dalam memperluas pasar yaitu 78% tergolong baik dan 88% responden berpendapat bahwa digital marketing akan membantu penjualan UMKM dimasa pandemi ini. Berdasarkan hasil pengabdian tersebut, responden merasakan manfaat yang signifikan dalam hal penggunaan digital marketing.
Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Pelatihan Produktivitas Menciptakan Barang dan Jasa bagi Siswa Madrasah Aliyah di Purwakarta Usep Setiawan; Ade Irvi Nurul Husna
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.243 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i1.79

Abstract

Pendidikan kecakapan hidup bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai kecakapan hidup dan pola pikir serta meningkatkan keterampilan dan pengalaman dalam kegiatan produksi baik barang maupun jasa agar tumbuh keinginan berwirausaha khususnya bagi siswa Madrasah Aliyah dan masyarakat usia produktif pada umumnya. Pendidikan kecakapan hidup dilakukan dalam dua tahap dengan metode seminar dan workshop. Tahap pertama yaitu presentasi. Tahap ini berupa pemaparan mengenai pentingnya memiliki kecakapan hidup dan mengambangkan pola pikir agar terbuka lebih luas kepada para peserta. Tahap kedua yaitu produksi. Tahap kedua melibatkan partisipan dalam melakukan kegiatan pelatihan produksi berupa barang dan jasa. Hasil dari kegiatan pendidikan mengenai kecakapan hidup ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman partisipan mengenai kecakapan hidup dan pola pikir serta pengembangan keterampilan pada proses produksi. Berdasar hasil analisis dari data wawancara mengungkapkan bahwa pemahaman mengenai kecakapan hidup, pola pikir, dan keterampilan meningkat karena partisipan telah memperoleh pemahaman dan juga pengalaman secara langsung dengan melakukan kegiatan produksi.
Mesin Pemeras Rimpang dan Pemasaran Online untuk Usaha “Jamu Mbak Sri” Kadisoka, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Solikhah Retno Hidayati; Novi Maulida Ni’mah; Hasta Kuntara
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.112 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i1.82

Abstract

Usaha jamu Mbak Sri adalah usaha yang didirikan oleh Bapak Sutadi pada tahun 2004. Lokasi usaha ini di Dusun Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY. Pembuatan jamu dilakukan secara tradisional, dan pemasaran dilakukan dengan cara berjualan keliling di wilayah dekat tempat usaha. Moda transportasi yang digunakan adalah motor dan sepeda. Dalam sehari, pendapatan kotor dari penjualan jamu rata-rata Rp. 200.000,00 – Rp. 300.000,00. Usaha jamu ini memiliki 2 masalah utama. Permasalahan pertama adalah proses produksi manual sehingga higienitas produk tidak terkontrol dan produksi terbatas. Permasalahan kedua adalah pemasaran terbatas sistem penjualan masih konvensional. Solusi untuk mengatasi permasalahan yang diterapkan dalam usaha jamu Mbak Sri berupa pembuatan mesin pemeras rimpang untuk membantu proses produksi dan pemanfaatan platform penjualan online untuk memperluas pasar. Metode yang dilakukan adalah pembuatan alat, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah peningkatan kapasitas produksi melalui pembuatan mesin pemeras rimpang jamu berkecepatan rendah dan pelatihan produksi jamu higienis. Kegiatan ke-2 adalah peningkatan kapasitas pemasaran melalui kegiatan pembuatan logo, pembaharuan kemasan jamu, perbaikan fasilitas penjualan keliling, dan metode penjualan online. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat peningkatan produksi hingga 33,3%, peningkatan pendapatan hingga 39% per bulan.
Edukasi Pemahaman Covid-19 pada Pemudik dengan Status ODP (Orang Dalam Pengawasan) Di Desa Sumber Agung Kabupaten OKU Timur Arini Rosa Sinensis; Thoha Firdaus; Ari Khusuma
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.795 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i1.84

Abstract

Covid-19 merupakan virus yang telah menginfeksi manusia hampir diseluruh dunia pada awal tahun 2020. Virus ini telah masuk di Indonesia pada awal maret 2020 dan penyebarannya begitu cepat. Di Indonesia masa pandemik ini bertepatan dengan hari raya idul fitri 1441 H yang jatuh pada tanggal 23 mei 2020 oleh karena itu, pemerintah menerapkan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena dipandang efektif dalam menekan atau membatasi pergerakan orang antar wilayah dan menghentikan penyebaran covid-19 ke berbagai wilayah Indonesia. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya warga yang berstatus ODP (Orang dalam Pengawasan) tentang bahayanya virus Covid-19, menjelaskan pencegahannya dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di desa sumber agung kabupaten OKU Timur Sumsel. Sasaran pengabdian ini adalah warga OKU Timur yang mudik dari daerah berdampak Covid-19. Warga mudik tersebut telah ditandai dengan status ODP. Edukasi ini memberikan dampak terhadap bertambahnya wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang bahayanya covid-19, menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta membiasakan konsumsi madu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kegiatan ini mendapatkan respon positif oleh perangkat desa dan masyarakat sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah.
Media Permainan Ular Tangga sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Stunting di Polindes Gerung Utara Puskesmas Gerung Lombok Barat Misroh Mulianingsih; Henny Yolanda; Novita Asri Widiastuti; Hayana Hayana
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.337 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i1.88

Abstract

Stunting pada anak merupakan dampak dari defisiensi nutrien selama seribu hari pertama kehidupan. Sehingga perlu dilakukan pencegahan stunting melalui pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil. Cara yang efektif dan menyenangkan dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu hamil yaitu melalui Permainan ular tangga stunting merupakan media edukasi kesehatan yang diciptakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai upaya dalam mencegah terjadinya stunting pada anak. Permasalahan yang sering terjadi tingginya angka stunting akibat dari pengetahuan ibu yang kurang mengenai stunting dan tidak tahu cara mencegahnya, sehingga dibutukan tenaga kesehatan menyampaikan informasi mengenai stunting dimasyarakat terutama di ibu hamil. Kegiatan ini dilaksanakan bersama Ibu hamil di wilayah kerja Polindes Gerung Utara pada hari rabu, 17 Maret 2021 pada jam 09.00 sampai selesai. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan Ibu hamil mengenai pencegahan stunting.Metode pengabdian masyarakat melalui permainan ular tangga.Hasil yang diperoleh adalah terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata antara pengetahuan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) melakukan permaian ular tangga.Ada kenaikan nilai rata-rata pengetahuan ibu hamil setelah bermain ular tangga sebesar 26%. Kesimpulan: permainan ular tangga sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan kepada ibu hamil mengenai stunting, karena dikemas dalam sebuah permainan yang menyenangkan.
Pendampingan Pasien GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) dalam Upaya meningkatkan Motivasi Penyembuhan Menggunakan Layanan Konseling Individual Hernisawati Hernisawati; Haikal Haikal
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.592 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i2.103

Abstract

The purpose of this study was to determine how the identification and analysis of psychotherapy on the healing of GERD (Gastrophageal Reflux Disease) patients in terms of using a personal counseling service. GERD is a symptom that usually occurs when stomach acid rises so that the mouth feels sour and bitter as well as a burning or burning sensation in the chest and gut, this condition triggers a psychological situation consisting of anxiety, panic to depression as evidenced by physical conditions, namely shortness of breath, cold sweat and if left untreated it causes the patient's condition to get worse, this proves that motivation for healing is needed. The method used in this research is qualitative research methods. The subjects in this study were GERD patients consisting of IAIMNU Metro Lampung residents. Data collection techniques used in this study were interview techniques and observation techniques. The data in this study were analyzed using qualitative descriptive analysis. Identification and psychological analysis of patients with GERD can be seen that, (a) anxiety due to the risk of disease to the body, (b) panic arising
Kolaborasi Dosen dan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fisika Mesin Carnott dan Hukum Kirchoff Wahyu Dian Laksanawati; Feli Cianda Adrin Burhendi; Ahmad Aldi; Nyai Suminten
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.314 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i2.113

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat kolaborasi antara dosen pendidikan fisika FKIP UHAMKA dengan guru fisika di SMA Bina Dharma ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fisika Mesin Carnott dan Hukum Kirchoff. Manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat yaitu terbentuknya video pembelajaran fisika berbasis tim teaching daring pada tiap – tiap sekolah dan menjadi kegiatan yang berkesinambungan. Manfaat tambahan yang didapatkan dari kegiatan ini yaitu terbentuknya tim pembuatan video pembelajaran berikutnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan pembuatan video secara bersama – sama antara dosen dan guru, kemudian melalui proses editing. Metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode tim teaching secara daring. Evaluasi kegiatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah aspek pengetahuan dan minat, berdasarkan data angket kepada siswa didapat bahwa video pembelajaran hasil kolaborasi dosen dan guru memudahlan siswa saat pembelajaran daring dengan hasil responden 93,5 %.
Pengenalan Sistem Pembelajaran Daring serta Evaluasi Pengetahuan Siswa dalam Pelajaran Bahasa Inggris Ni Made Verayanti Utami; Putu Desi Anggerina Hikmaharyanti; Dewa Gede Widiya Putra
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (824.95 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i2.114

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meninjau sejauh mana perkembangan siswa dan pengajar di SDN 5 Manukaya dalam penggunaan aplikasi pembelajaran daring, serta mendampingi para siswa dan pengajar dalam penggunaan aplikasi tersebut. Permasalahan yang dihadapi selama masa observasi di SDN 5 Manukaya, Tampaksiring, Gianyar adalah siswa belum memahami betul sistem atau fitur aplikasi pembelajaran daring yang digunakan oleh pengajar yaitu Google Classroom. Selain itu, siswa juga belum paham cara penggunaan fitur-fitur pada Laptop dalam pembelajaran daring khususnya dalam penggunaan Microsoft Word, sehingga hal ini mempengaruhi pemahaman siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Adapun program yang telah dilaksanakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengenalan fitur-fitur pada aplikasi pembelajaran daring Google Classroom, pengenalan fitur dan cara pengoperasian software Microsoft Word yang mendukung pembelajaran daring, serta evaluasi pengetahuan siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan dengan menerapkan sistem pendekatan, yaitu dengan langsung berinteraksi dengan siswa dan menggunakan media pembelajaran daring dalam melakukan pengenalan fitur-fitur aplikasi pembelajaran daring. Hasil dari kegiatan ini menjadikan masyarakat, dalam hal ini pengajar dan siswa, bisa lebih memahami penggunaan fitur-fitur aplikasi Google Classroom dan Microsoft Word yang mendukung kelancaran pembelajaran daring khususnya mata pelajaran bahasa Inggris.
Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar di Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin Rusdy A Sirodj; Bonita Hirza; Yetty Hastiana; Ervina Mukharomah; Rytha Petrossky
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1142.391 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i2.136

Abstract

Distance learning activities are the only encouragement for elementary school teachers to make interesting strategies in the learning process, the use of learning media is one of the teachers in order to be able to create interesting activities and so that students are expected to be able to follow the learning process carefully without complaints, because good learning using learning media. The purpose of this activity is a form of community service in the form of assisting learning media using the Canva application. The method of activity carried out is service learning with the subject of the activity, namely inviting all elementary school teachers in Makati Jaya, to take advantage of the Canva application. The Canva application is a platform that can be accessed by anyone using a smartphone or using a computer browser. This assistance provides an overview for teachers to take advantage of free applications that can be used to create interesting and not monotonous learning media by utilizing these applications.
Pemberdayaan Siswa Sekolah Menengah Atas dan Sederajat Sebagai Konselor Sebaya Melalui Media Wayang Profesi Aprezo Pardodi Maba; Evi Kartika Chandra; Muh. Ngali Zainal Makmun; Kushendar Kushendar; Anugrah Intan Cahyani; Siti Roudhotul Jannah; Bety Dwi Pratiwi
Jurnal Pengabdian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Publisher : Kuras Institute & Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.257 KB) | DOI: 10.51214/japamul.v1i2.141

Abstract

Konselor sebaya merupakan salah satu pihak yang menarik untuk dikaji karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih banyak mencari bantuan dari sumber informal seperti teman dan keluarga dibandingkan dengan sumber formal seperti konselor atau guru bimbingan dan konseling. Layanan konselor sebaya akan meningkatkan penggunaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberdayakan siswa sekolah menengah atas atau sederajat agar dapat membentuk komunitas konselor sebaya setelah diberikan dampingan penguasaan keterampilan konseling. Pengabdi menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dan membagi tahapan pengabdian ini menjadi tiga, yakni 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, dan 3) tahap akhir. Pengabdi menilai siswa memiliki potensi untuk memberikan bantuan kepada sebayanya. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa siswa sekolah menengah atas atau sederajat telah mampu membentuk komunitas konselor sebaya setelah diberikan dampingan. Komunitas ini perlu dimonitor agar keberlangsungannya dapat terjaga. Sehingga pihak-pihak yang telibat seperti guru, siswa, dan ahli bimbingan dan konseling perlu untuk terus meninjau keberlangsungan komunitas ini.