cover
Contact Name
Anita Trisiana
Contact Email
unisriresearchfair@gmail.com
Phone
+6282133068231
Journal Mail Official
unisriresearchfair@gmail.com
Editorial Address
Sumpah Pemuda Street, No.18, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57136 - Phone 0271-853839
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Research Fair Unisri
ISSN : 25500171     EISSN : 25805819     DOI : https://doi.org/10.33061/rsfu.v6i1.6848
Journal Research Fair UNISRI is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in every field. This Journal is published for time per year at January and August. It is intended to be the journal for publishing original articles on the latest issues and trends occurring in Research Multidisipliner with the aim to advance our knowledge of theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with Multidisipliner . All submitted manuscripts will be initially reviewed by editors and are then evaluated by a minimum of two reviewers through the blind review process. This is to ensure the quality of the published manuscripts in the journal. Journal Research Fair UNISRI is research services related to every field.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 203 Documents
Analisis Persepsi Nasabah terhadap Atribut Citra Bank Solo dan Pengaruhnya Pada Kepercayaan D. Ririn Indriastuti & Ernawati
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.798 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut-atribut citra bankterdiri dari kualitas pelayanan, variasi produk, tingkat bunga, promosi, dan reputasiterhadap kepercayaan nasabah. Objek penelitian ini Bank Solo dengan menggunakansampel 100 responden yang diambil dengan teknik convenience sampling. Pengumpulandata menggunakan teknik kuesioner, teknik analisis data menggunakan analisis regresilinier berganda. Kesimpulan dari hasil pengujian setiap hipotesis menunjukkan bahwa (1)kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah, berartihipotesis 1 diterima. (2) Variasi produk berpengaruh tidak signfikan terhadapkepercayaan nasabah, berarti hipotesis 2 ditolak. (3) Tingkat bunga berpengaruhsignfikan terhadap kepercayaan nasabah, berarti hipotesis 3 diterima. (4) Promosiberpengaruh tidak signfikan terhadap kepercayaan nasabah, berarti hipotesis 4 ditolak. (5)Reputasi berpengaruh signfikan terhadap kepercayaan nasabah , berarti hipotesis 5diterima. Dari kelima aribut bank Solo yang paling berpengaruh terhadap kepercayaannasabah adalah reputasi bank, ditunjukkan dengan p value 0,018.Kata kunci : citra bank, kualitas pelayanan, variasi produk, tingkat bunga, promosi,reputasi, kepercayaan nasabah
EFEKTIFITAS PROGRAM R UNTUK MEMBANTU PENGAJAR DALAM MENGOREKSI JAWABAN SISWA PADA SOAL MATEMATIKA MATRIKS SECARA CEPAT DAN BENAR Arif Sutikno
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.461 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1540

Abstract

Latihan soal bagi siswa bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman seorangsiswa terhadap materi. Siswa dikatakan paham apabila dapat menyelesaikan soal denganproses dan jawaban yang benar. Waktu yang terbatas serta banyaknya siswa terkadangmembuat pengajar tidak sempat mengoreksi kebenaran jawaban dari siswanya. Parapengajar hanya fokus pada penjelasan materi sehingga diperlukan bantuan untuk dapatmembantu para pengajar dalam mengoreksi jawaban siswa secara cepat dan akurat. Olehkarena itu penulis melakukan penelitian dengan judul Efektifitas Program R untukMembantu Pengajar dalam Mengoreksi Jawaban Siswa pada Soal Matematika Matrikssecara Cepat dan Benar. Pada penelitian ini bertujuan untuk membantu para pengajardalam mengoreksi kebenaran jawaban siswa dengan cepat tentu dengan proses yangbenar.Target luaran yang diharapkan adalah para pengajar mampu untuk menggunakanprogram R sehingga dapat membantu mempercepat pengoreksian jawaban siswa padasoal matematika matriks. Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materimatematika matriks, selain melihat proses menjawab secara benar, kebenaran jawabanjuga sangat diperlukan. Diharapkan luaran penelitian ini dapat dipublikasikan dalamproseding maupun jurnal ilmiah sehingga memiliki hubungan positif dalam peningkatanprestasi belajar dan mengajar yang berwawasan global.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN EDMODO TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PG-PAUD UNISRI TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Oka Irmade & Paulus Widjanarko
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.945 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1541

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan sikap kemandirian belajarmahasiswa antara sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran melalui Edmodo, (2)untuk mengetahui seberapa efektifnya penggunaan Edmodo terhadap sikap kemandirianbelajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Dalampenelitian ini menggunakan desain pretes-postes satu kelompok (One Group Pretes PostesDesign). Sampel Penelitian dengan populasi seluruh mahasiswa PG-PAUD UNISRI tahunAkademik 2016/2017 sebanyak 30 orang. Teknik sampling yang digunakan dalampenelitian ini adalah total sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini terdiri dari observasi dan angket. Uji validitas data menggunakan validitaskonstruk. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji t, dan uji N-gain. Hasil dalampenelitian ini adalah ada perbedaan sikap kemandirian belajar mahasiswa PG-PAUDUNISRI antara sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran dengan Edmodo sesuaidari perhitungan nilai ”t” adalah sebesar – 43,081 dengan sig (2-tailed) sebesar 0,000yang nilainya kurang dari 0,05. Hasil perhitungan efektifitas menggunakan rumus N-gainyaitu sebesar 0,719 yang artinya keefektifan dari penggunaan edmodo dalam peningkatansikap kemandirian belajar pada kriteria tinggi.Kata Kunci : Sikap Kemandirian Belajar, Edmodo
ANALISIS KEBUTUHAN ANAK USIA DINI USIA 4-6 TAHUN PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER ANAK USIA DINI Feri Faila Sufa & Heri Yuli Setiawan
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.811 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis komputer pada anak usiadini di TK Surakarta, materi apa yang dapat diajarkan pada pembelajaran berbasis komputerpada anak usia 4-6 tahun dan standar kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaranberbasis komputer anak usia dini sehingga dapat menjadi sarana penunjang aspek-aspekperkembangan anak usia dini.Penelitian ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalampenelitian ini adalah anak-anak Taman kanak-kanak umur 4-6 tahun di Surakarta padasekolah yang memberikan pembelajran berbasis teknologi komputer. Teknik pengumpulandata mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan pada saatpelaksanaan pembelajaran berbasis komputer.Hasil dari penelitiana menunjukkan bahwa dalam pembelejaran berbasis komputer aspekperkembangan moral, motorik, bahasa, kognitif, seni, sosial emosi anak dapatdikembangkan. Materi pembelajaran berhubungan dengan keaksaraan atau bahasa, social,matematika dan sains.Kata Kunci : Pembelajaran berbasis Komputer, Standar Kompetensi, Anak Usia Dini
KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA SEBAGAI MEDIASI PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK DARI KEKERASAN Bedjo Sukarno
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.315 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1543

Abstract

In the social reality, the adults must protect children and respect the rights of children and women,but the incidence is often carried out against violence unexpected even doing the nearest person becausenot have the awareness to protect it. The first source of pornography, for children are collections of parentswhose shape can be movies, magazines, writing to the picture. It was, because parents are not careful instoring pornographic material, the possibility of pornographic material and then spread easily in socialmedia so that a child's access to it conducted amongst users of social media or through the site is no longera god. Healthy family is a family that is communicative, communication is not just anyone, but moredeeply exchanged through mutual listening, understanding, support to meet the needs of family members,as well as forgiveness and pardon. Interpersonal communication within the family is useful for buildinga family concern and sensitivity so that the needs of each family member are met.Key word : Violence against women and children, Social Media, Family Interpersonal Communication.
ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI CABE DAN USAHATANI PARE DI DESA KALIGAWE, KECAMATAN PEDAN, KABUPATEN KLATEN Endang Sri Sudalmi & JM. Sri Hardiatmi
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.85 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1544

Abstract

Judul penelitian adalah analisis perbandingan biaya dan pendapatan usahatani cabedan usahatani pare di Desa Kaligawe, Kecamatan Pedan. Kabupaten Klaten. Tujuan daripenelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui besarnya biaya dan pendapatan usahatani cabedan usahatani pare, (2) Untuk mengetahui manakah yang lebih menguntungkan usahatanicabe atau usahatani pare.Metode penelitian yang digunakan adalah : deskriptif yang memusatkan pada pemecahanmasalah sekarang. Pemilihan Desa Kaligawe dilaksanakan secara sengaja, karenakebanyakan penduduknya bermatapencaharian sebagai petani sayuran. Penelitian inidilakukan terhadap petani pemilik penggarap. Dalam penelitian ini untuk mengalisismenggunakan uji t - test untuk mengetahui besarnya pendapatan usahatani cabe danpendapat usahatani pare.Hasil penelitian yang diperoleh : (1)Rata-rata biaya yang dikeluarkan petani untukusahatani cabe sebesar Rp 17.551.645, 66 per hektar. Rata-rata biaya yang dikeluarkanpetani untuk usahatani pare sebesar Rp 11.981.771,71 per hektar, (2) Rata-rata pendapatanyang diperoleh petani untuk usahatani cabe sebesar Rp 38.379.866,95 per hektar. Rata-ratapendapatan yang diperoleh petani untuk usahatani pare sebesar Rp 22.430.868,35 perhektar, (3) Dari uji t – test diketahui bahwa t hitung ( 1,9980 ) > t tabel ( 0,0328 ). Iniberarti Hi diterima, (4) dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendpaatn petanicabe > dari pendapatan usahatani pare atau usahatani cabe lebih menguntungkan dari padausahatani pare.Kata kunci : Perbandingan, biaya, pendapatan usahatani.
PENGARUH MACAM PUPUK KANDANG DAN SUMBER STEK BATANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) Kharis Triyono & Saiful Bahri
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.956 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1545

Abstract

Penelitian telah dilaksanakan di Desa Wonorejo Kec. Gondangrejo Karanganyar mulaibulan Agustus sampai denga bulan Desember 2016. Penelitian menggunakan rancangan dasarRancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor perlakuan dan 3 ulangan. Faktorpertama adalah sumber stek batang (S), dengan 3 macam yaitu Stek batang bagian atas, Stekbatang bagian tengah dan Stek batang bagian bawah. Faktor kedua adalah macam jenis pupukkandang (K), yang terdiri dari 3 macam yaitu: Pupuk kandang kotoran sapi, kotoran kambing dankotoran ayam. Dari kedua faktor tersebut dikombinasikan sehingga diperoleh 9 kombinasiperlakuan ,hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis ragam dengan taraf nyata 5%, sedangkan analisis selanjutnya untuk mengetahui perlakuan-perlakuan yang berbedadigunakan uji Duncan pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan macam pupukkandang dan sumber stek batang tidak berpengaruh terhadap parameter pertumbuhan tanamanubi kayu yaitu meliputi : tinggi tunas, jumlah daun, diameter tunas, jumlah akar, berat segartunas dan berat kering tunas. Perlakuan macam pupuk kandang dan sumber stek batangberpengaruh terhadap parameter pertumbuhan tanaman ubi kayu yaitu jumlah akar. Padaperlakuan setek batang tengah dan pupuk kandang sapi adalah yang terbaik karena menghasilkantinggi tunas 183,5cm, jumlah daun 81,3 helai, diameter tunas 2.1 cm, berat segar tunas 1.69 kgdan berat kering tunas 309.06Kata kunci : Pupuk Kandang, Sumber Setek, dan Pertumbuhan Ubi Kayu.
PELAKSANAAN CITIZEN DIPLOMACY SEBAGAI UPAYA PENGUATAN IDENTITAS BANGSA di ERA ASEAN COMMUNITY Setyasih Harini & Halifa Haqqi
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.778 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1546

Abstract

The Regional international relation recently has been the other trend onglobal politic. ASEAN as a regional organization couldn’t apart from challengeof global politic-economy. One effort to face globalization by the increasingparticipation of public through citizen diplomacy. Coomunication technologycould wider opportunities of citizen to make relation with another. Relationship ofculture among citizen of many countries could support diplomacy of govenment. Italso strengthen national identity. Question research: how did implementation ofcitizen diplomacy could strengthen national identity in ASEAN Community?Purpose of this research to explain implementation of citizen diplomacy couldstrengthen national identity in ASEAN Community. As a qualitative research, datawas collected from literature. Data analysis with data reduction, data display andverification. Object research about implementation of citizen diplomacyof culturecould strengthen national identity in ASEAN Community. Result of this researchthat implementation of citizen diplomacy of culture could support governmentdiplomacy and strengthen national identity in ASEAN Community.Key words: citizen diplomacy, culture, ASEAN Community
Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Dengan Teknik “FIVE E” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwawasan Global Pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun 2016 Oktiana Handini & Soewalni Soekirno
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.899 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1547

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian bertujuan untukmengetahui Untuk menerapkan model pembelajaran kolaborasi dengan teknik “FIVEE”meningkatkan kemampuan berwawasan global pada mahasiswa PGSD FKIPUnversitas Slamet Riyadi Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah melalui siklus I dansiklus II menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaborasi teknik E Five sangatmempengaruhi upaya peningkatan kemampuan berwawasan global mahasiswa PGSDFKIP Unversitas Slamet Riyadi Surakarta . Peningkatan kemampuan berwawasan globalnampak signifikan sebesar 11,50%. Nilai rata –rata pada siklus I sebesar 78.50 kemudiansetelah dilakukan refleksi maka terlihat nilai rata-rata sebesar 89.00 pada siklus II.Penerapan model pembelajaran kolaborasi teknik Five E meliputi Engage(melibatkan),Explore (mengeksplorasi), Explain, (menjelaskan) Extend (mengembangkan) danEvaluate (mengevaluasi) materi “Pentingnya Kesadaran Pendidikan BerwawasanGlobal” terbukti meningkatkan kemampuan Berwawasan Global mahasiswa prodi PGSDFKIP UNISRI 2016 dapat peningkatan mahasiswa menjadi memiliki keberanian dalamterlibat aktif, berpikir tingkat tinggi, berpikir kritis, mengembangkan wawasan yangholistik dengan berpikir kreatif, kritis danmengevaluasi wawasan pengetahuannya sesuaimateri tentang “Pentingnya Kesadaran Pendidikan Berwawasan Global”Kata Kunci : Model Pembelajaran Kolaborasi Teknik Five E, Berwawasan Global
ANALISIS PERBEDAAN WEDANGAN TRADISIONAL DAN MODERN DILIHAT DARI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN MD Rahadhini & Lamidi
RESEARCH FAIR UNISRI Vol. 1 No. 1 (2017): RESEARCH FAIR UNISRI
Publisher : Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.189 KB) | DOI: 10.33061/rsfu.v1i1.1548

Abstract

Warung wedangan termasuk dalam kategori sektor perekonomian informal yangspesifik bagi Kota Solo. Dalam perkembangannya warung wedangan atau HIK (HidanganIstimewa Kampung) mengalami kemajuan yang pesat. Dalam penelitian ini, konsep wedangantradisional dibandingkan dengan wedangan modern. Penelitian ini menggunakan survei, untukmenganalisis perbedaan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen wedangan tradisional danmodern, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Populasipenelitian adalah konsumen wedangan tradisional (Pak Amir) dan wedangan modern (LawangDjoendjing). Dengan menggunakan convenience sampling, ditentukan sampel sebanyak 100responden (50 konsumen wedangan tradisional dan 50 konsumen wedangan modern). Temuanpenelitian mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasankonsumen pada wedangan tradisional dan modern, hipotesis 1 terbukti. Penelitian jugamenunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kualitas pelayanan, hipotesis 2terbukti, dan ada perbedaan yang signifikan pada kepuasan konsumen, hipotesis 3 terbukti.Kesimpulan penelitian bahwa dalam meningkatkan kualitas pelayanan, hendaknya wedangantradisional dan modern mempertahankan kualitas pelayanan melalui pelayanan konsumen yangramah dan cepat tanggap, lebih cepat dan lebih akurat dalam merespon pesanan; memeliharakebersihan ruangan dan layout tempat yang baik, melengkapi koneksi wifi dan live musicmembuat suasana lebih menyenangkan dan membuat konsumen merasa nyaman.Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, wedangan tradisional dan modern

Page 1 of 21 | Total Record : 203