cover
Contact Name
Audi Yundayani
Contact Email
abdimas@stkipkusumanegara.ac.id
Phone
+6285777473535
Journal Mail Official
abdimas@stkipkusumanegara.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Gedung STKIP Kusuma Negara Jalan Raya Bogor KM. 24 Cijantung, Jakarta Timur 13770
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara
Published by STKIP Kusuma Negara
ISSN : -     EISSN : 2776768X     DOI : 10.37640/japd
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara is a peer-reviewed and open-access journal managed and published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara, Jakarta, half-yearly in April and October. The aims to be open access journal platform that publishes and disseminates the result of community service activity. Its focus is to publish original papers on how service was carried out in the environment and what is the result against the object, in order to inspire and benefit the wider community.
Articles 24 Documents
Pembinaan Soft Skill Keterampilan Berkomunikasi melalui Layanan Penguasaan Konten pada Remaja Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi Evi Fitriyanti; Solihatun Solihatun; Sisca Folastri
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 2 No. 1 (2022): Teknologi Pendukung Kinerja dan Peningkatan Keterampilan Masyarakat
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/japd.v2i1.1336

Abstract

Faktor penyebab para remaja binaan Rumah Literasi Al Fatih kurang dapat berkomunikasi dengan baik di lingkungannya karena kondisi orang tua dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah. Kemudian ditambah dengan kurangnya pemahaman bagaimana menanamkan nilai-nilai berkomunikasi dengan baik. Faktor tersebut menyebabkan kehidupan efektif para remaja menjadi terganggu. Oleh karena itu, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membina para remaja binaan Rumah Literasi Al Fatih agar memiliki keterampilan berkomunikasi yang lebih baik. Manfaat kegiatan pengabdian masyarakat adalah supaya para remaja dapat ditampilkan dengan optimal di dalam kehidupan sehari-harinya dan mampu mengoptimalkan keterampilan berkomunikasi. Kegiatan Abdimas ini di laksanakan selama 5 bulan sejak bulan September 2021 sampai dengan Januari 2022. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilaksanakan, terlihat adanya perubahan positif baik dalam wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap remaja di dalam menerapkan komunikasi yang positif, sehingga kegiatan ini memiliki kebermanfaatan yang merupakan hal penting dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan Abdimas yang dilakukan oleh Tim Pelaksana berhasil memenuhi sasaran dan memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya mitra Rumah Literasi Al Fatih.
Sosialisasi Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh secara Asinkron untuk Tutor Bahasa Inggris Asti Ramadhani Endah Lestari; Elyza Martiarini
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 2 No. 1 (2022): Teknologi Pendukung Kinerja dan Peningkatan Keterampilan Masyarakat
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/japd.v2i1.1120

Abstract

The program is carried out based on the situation that the English Language Course in Depok still conducts the offline meeting due to the tutor's lack of understanding about asynchronous online learning. The aim of this program is to provide socialization of google classroom for the tutors of English Course in Depok. The program focused on training the teacher on how to use google classroom application. Google classroom is one of the products developed by google in order to improve collaboration and create better communication between students and teachers The advantage of google classroom application lies on the flexibility and effectiveness of learning. After finishing the program, it is expected to all participants that they can use google classroom application in their class in order to support the distance learning during pandemic.
Pelatihan Inovasi Pembelajaran di Era Kenormalan Baru pada Guru-Guru SMK Islam Baidhaul Ahkam Sepatan Goziyah Goziyah; Agus Sulaeman; Achmad Suherman
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 1 No. 1 (2021): Pemberdayaan Kompetensi dan Keterampilan Masyarakat di Era Globalisasi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.553 KB) | DOI: 10.37640/japd.v1i1.934

Abstract

Era kebiasaan baru dalam dunia pendidikan menjadi tantangan bagi pelaku pendidikan. Dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 sangat luas dan bersifat multi dimensi. Kegiatan belajar mengajar yang bisanya dilaksanakan secara tatap muka secara langsung, dimana pendidik dan peserta didik hadir secara fisik di ruang-ruang kelas dan tempat-tempat belajar, kini digantikan dengan kegiatan pembelajaran melalui media elektronik (e-learning) baik secara singkron ataupun secara nir-sinkron. Metode pembelajaran jarak jauh atau BDR masa pandemi Covid-19 di tahun pelajaran 2020/2021 harus dilakukan. Guru dan murid harus siap melaksanakan pembelajaran daring. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran harus memperoleh pelatihan-pelatihan agar pembeljaran daring menarik dan tidak jenuh. Pelatihan yang diberikan pada guru SMK Islam Baidahaul Ahkam berupa penguatan motivasi, metode pembelajaran daring, dan memberikan beberapa alternatif laman resmi baik untuk digunakan oleh pendidik (guru), peserta didik maupun orangtua peserta didik dalam pembelajaran daring.
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris di Era Globalisasi kepada Para Pemuda Karang Taruna di RW 05 Desa Karang Asem Barat–Citeureup Kabupaten Bogor Bejo Sutrisno; Suhendar Suhendar; Mohamad Mansur; Budiarto Budiarto; Mukhlasul Fasikh
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 1 No. 1 (2021): Pemberdayaan Kompetensi dan Keterampilan Masyarakat di Era Globalisasi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.387 KB) | DOI: 10.37640/japd.v1i1.936

Abstract

The objectives of this study are (1) to train participants in good and correct English communication both grammatically and in correctly choosing the right words and (2) to train fluency in English communication to understand the skills in each component which consists of listening exercises, the use of proper and correct language structures in writing, reading comprehension, and speaking proficiency. The method used is a communicative approach method that trains students to understand the skills in each training component which consists of speaking, writing, reading and listening skills. The results of this activity showed that the training participants experienced positive changes in terms of fluency, understanding, use of language structures and vocabulary.
Pelatihan Strategi Menulis Proposal Hibah Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Agus Supriyadi
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 1 No. 1 (2021): Pemberdayaan Kompetensi dan Keterampilan Masyarakat di Era Globalisasi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.999 KB) | DOI: 10.37640/japd.v1i1.937

Abstract

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka memberi hak bak belajar tiga semester kepada mahasiswa untuk memilih materi dan perguruan tinggi yang diminati. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan pelatihan strategi menulis proposl hibah yang baik. Pengabdian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Metode pengabdian yaitu ceramah atau paparan singkat dan diskusi atau tanya jawab mendalam. Hasil yang dicapai adalah terpenuhinya pemahaman cara menulis proposal hibah yang baik.
Program Eco-Pesantren Sebagai Model Pendidikan Lingkungan Hidup Sri Rahayu Pudjiastuti; Herinto Sidik Iriansyah; Yuliwati Yuliwati
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 1 No. 1 (2021): Pemberdayaan Kompetensi dan Keterampilan Masyarakat di Era Globalisasi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.883 KB) | DOI: 10.37640/japd.v1i1.942

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membangun program eco- pesantren, sebagai salah satu bentuk pendidikan lingkungan hidup berbasis pondok pesantren. Metode pelaksanaan untuk pencapaian target program eco-pesantren adalah: pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan. Pelaksanan program dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: (1) pengenalan program eco-pesantren dan persiapan pelaksanaan program; (2) penyuluhan dan pelatihan; (3) praktek ramah lingkungan oleh warga pondok pesantren; dan (4) pelaksanaan evaluasi program. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa: tingkat pemahaman tentang pengelolaan sanitasi berkategori baik, dimana tingkat pemahaman meningkat dengan skor 78 (sedang), sedangkan untuk aspek pengelolaan sampah juga memiliki skor 75 (sedang). Pemahaman tentang pengelolaan lingkungan pondok pesantren dengan skor 70 (sedang) artinya peserta pelatihan sudah memahami beberapa cara-cara mengelola taman,  menjaga kebersihan toilet, kebersihan selokan, dan mengelola sarana lain yang ada di pondok pesantren. Kesimpulan kegiatan ini adalah: (1) program pengabdian kepada masyarakat dapat dilaksanakan dan direspon dengan baik oleh warga pondok pesantren Nurul Huda, Kampung Rumbut, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis Depok; (2) program pengabdian kepada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi warga pondok pesantren, dan institusi pelaksana karena dapat menjadi media transfer ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pelestarian lingkungan hidup di Pondok Pesantren Nurul Huda untuk menuju eco-pesantren.
Pemberdayaan Pemulung melalui Limbah Kardus Purwani Puji Utami; Niken Vioreza; Arbiana Putri
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 1 No. 1 (2021): Pemberdayaan Kompetensi dan Keterampilan Masyarakat di Era Globalisasi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.63 KB) | DOI: 10.37640/japd.v1i1.944

Abstract

Pandemi virus Corona-19 menyebabkan kesulitan ekonomi. Kondisi ini juga dialami ribuan pemulung di Bantar Gebang, Kota Bekasi. Harga sampah terus menurun selama pandemi. Padahal, selain bisa dijual ke pabrik daur ulang, limbah plastik dan kardus juga dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan dengan nilai jual yang tinggi. Pengoptimalan usaha mikro limbah melalui pemberdayaan pemulung, dilakukan melalui jejaring Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al Falah Sumur Batu dengan menyediakan layanan pendidikan gratis bagi para pemulung. Pelatihan keterampilan yang diberikan adalah pembuatan produk berbahan limbah. Untuk menghasilkan produk bernilai jual, pelatihan keterampilan diarahkan pada kualitas dan branding produk, diantaranya: (1) pelatihan desain produk, (2) pelatihan pembuatan produk, (3) branding kemasan produk, dan (4) pelatihan pemasaran online berbasis e-commerce, yang sangat sesuai dengan promosi produk di masa pandemi Covid-19. Pelatihan kewirausahaan ini memiliki tujuan sosial dan berbasis pada kegiatan sosial. Oleh sebab itu, pemulung juga diberikan penyuluhan motivasi kewirausahaan dan pelatihan keterampilan manajerial kewirausahaan. Selain itu dilakukan pendampingan kepada pemulung, agar upaya menumbuhkembangkan kegiatan usaha mikro pada para pemulung dapat terwujud dan berjalan dengan baik. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah: (1) terbentuknya usaha mikro yang mampu memberikan penghasilan tambahan kepada pemulung, dan (2) terciptanya produk barang hasil produksi pemulung yang layak dipasarkan.
Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru PAUD: Menjadi Guru Profesional Wahyuni Nadar; Yatha Yuni; Lutfi Hardiyanto
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 1 No. 1 (2021): Pemberdayaan Kompetensi dan Keterampilan Masyarakat di Era Globalisasi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.767 KB) | DOI: 10.37640/japd.v1i1.945

Abstract

Kompetensi profesional merupakan satu kompetensi pendidik yang harus dimiliki  guru PAUD. Menyusun perencanaan pembelajaran merupakan bagian dari kompetensi profesional. Perencanaan pembelajaran dimulai dari program semester, rencana perencanaan pembelajaran mingguan (RPPM) dan rencana perencanaan pembelajaran harian (RPPH). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang harus  diperhatikan oleh tenaga pendidik khususnya pada pendidik anak usia dini. Dalam memberikan sebuah kegiatan pembelajaran yang baik kepada para peserta didik, harus dibuat RPPH. RPPH ini memiliki berbagai macam peran penting dalam sebuah kegiatan pembelajaran, diantaranya dapat mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran karena di dalam RPPH terdapat tujuan, metode, dan media yang akan digunakan ketika kegiatan belajar berlangsung. Selain itu, RPPH juga dapat menjadi sebuah acuan dalam evaluasi pembelajaran agar pendidik mampu terus berinovasi dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Pada kegiatan pengabdian masyarakat (PkM) berupa pelatihan diikuti oleh guru-guru PAUD di Desa Ciadeg Cigombong. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Adapun tim dosen yang melaksanakan kegiatan PkM berjumlah 8 orang yang kesemuanya merupakan dosen lintas prodi di STKIP Kusuma Negara. Hasil pelatihan menunjukan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta latihan melalui pretes dan postes secara lisan, dan dilihat dari hasil evaluasi membuat perangkat administrasi pembelajaran meliputi program semester, RPPM, dan RPPH.
Pembinaan Pendidikan Karakter Cerdas melalui Format Kelompok (PKC-KO) untuk Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar di SMK Tecma Ciambar Evi Fitriyanti; Solihatun Solihatun; Sisca Folastri
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 1 No. 2 (2021): Penguatan Keterampilan dan Karakter untuk Mendukung Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.773 KB) | DOI: 10.37640/japd.v1i2.1003

Abstract

PKC-KO merupakan kegiatan kelompok yang mengahayati dan mengamalkan nilai- nilai karakter cerdas dalam wujud perilaku dan kehidupan pada umumnya. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu Guru Bimbingan Konseling (BK) untuk dapat meguasai teknik pelayanan konseling melalui PKC-KO dan juga memberikan pendampingan dengan memberikan pembinaan berupa penguatan dan pengoptimalan karakter cerdas melalui karakter akademik yang positif di dalam diri Siswa agar mampu secara mandiri melakukan problem solving atas permasalahan kesulitan belajar yang dirasakan. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui metode klasikal yang dikombinasikan dengan ceramah dan Tanya jawab. Sasaran dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ( ABDIMAS) ini adalah Guru BK dan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tecma Ciambar sebagai mitra kegiatan. Hasil kegiatan menunjukan adanya perubahan baik dalam wawasan, pengtahuan, keterampilan, nilai, dan sikap Guru BK di dalam menguasai teknik pelayanan konseling melalui PKC-KO, dan teratasinya permasalahan kesulitan belajar yang di alami oleh siswa di SMK Tecma Ciambar sehingga kegiatan ini memiliki kebermanfaatan yang merupakan hal penting dalam kegiatan pengabdian.
Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA Usmeldi Usmeldi; Risda Amini
Jurnal Abdimas Prakasa Dakara Vol. 1 No. 2 (2021): Penguatan Keterampilan dan Karakter untuk Mendukung Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.695 KB) | DOI: 10.37640/japd.v1i2.1010

Abstract

Practicum is the most important part of learning science because science is based on physical symptoms in everyday life. Each topic of science learning should be taught through practicum or demonstration conducted in the laboratory. In public schools, generally, there are many study groups, making it difficult for teachers to schedule practicum activities. Integrated Instrument Components (KIT) is one solution to the limitations of tools in the laboratory. The practicum KIT is a set of practicum tools that are packaged in such a way in a box containing practicum tools. The results of the initial survey at partner schools show that: (1) Teachers have difficulty using the science practicum KIT. (2) Laboratory and KIT for science practicum are available at school. (3) Teachers have difficulty in developing student worksheets (LKPD). (4) The use of science laboratories is still lacking because science teachers' areas of expertise are physics education and biology education. The purpose of the community partnership program (PKM) activity is to improve the ability of science teachers to use the practical KIT and develop practicum-based LKPD in accordance with the tools available in the science kit. The method of carrying out activities is the method of lecture, discussion, demonstration, and practice. The activity data collection instruments are in the form of questionnaires, observation sheets, and LKPD assessment sheets. The results of the PKM activity show that the skills of the trainees using the science practicum KIT are in a good category. The ability to develop LKPD is included in the good category. The resulting LKPD is in a good category.

Page 1 of 3 | Total Record : 24