cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
+6289608751887
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pangeran Diponegoro No.74, RT.2/RW.6, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430, Lantai 4 Gedung B
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Psikologi Kreatif Inovatif
ISSN : 28083849     EISSN : -     DOI : -
Innovative Creative Psychology as publication of scientific articles in the field of Psychology, both Clinical Psychology and Industrial Psychology.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021" : 10 Documents clear
Konformitas dan Kontrol Diri Perannya Terhadap Kepatuhan Pada Protokol Kesehatan Menjaga Jarak Muhammad Maulana Malik Hendrawan; Anizar Rahayu
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.156 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pelanggaran pada protokol kesehatan terutama dalam menjaga jarak yang terjadi di Indonesia, khususnya Jakarta di tahun kedua masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran konformitas dan kontrol diri terhadap kepatuhan pada protokol kesehatan dalam menjaga jarak pada individu yang berusia dewasa awal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peran konformitas yang signifikan dengan arah positif terhadap kepatuhan pada protokol kesehatan menjaga jarak, dengan nilai R sebesar 0,335 dan p = 0,000 (p < 0,005), sehingga dapat dikatakan semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi kepatuhan pada protokol kesehatan menjaga jarak dan sebaliknya. Variabel kontrol diri menunjukkan adanya peran yang signifikan dengan arah positif terhadap kepatuhan pada protokol kesehatan menjaga jarak dilihat dari nilai R sebesar 0,748 dan nilai p = 0,000 (p < 0,005), sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kontrol diri maka semakin tinggi juga kepatuhan pada protokol kesehatan menjaga jarak dan sebaliknya. Sedangkan analisis yang dilakukan terhadap variabel konformitas dan kontrol diri terhadap kepatuhan pada protokol kesehatan dalam menjaga jarak menunjukkan adanya peran yang signifikan dengan arah positif terhadap kepatuhan pada protokol kesehatan menjaga jarak dengan nilai R sebesar 0,750 dan nilai p = 0,000 (p < 0,005), sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi konformitas dan kontrol diri maka akan semakin tinggi kepatuhan pada protokol kesehatan menjaga jarak.
Kecerdasan Emosi Dan Persepsi Pola Asuh Demokratis Perannya Terhadap Kepatuhan Menjauhi Kerumunan Pada Protokol Kesehatan Anggia Sarah Febriani; Anizar Rahayu
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (959.729 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan emosi dan persepsi pola asuh demokratis berperan terhadap kepatuhan menjauhi kerumunan pada protokol kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan purposive sample sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel sebanyak 230 orang dewasa awal berusia 20-30 tahun, yang bersekolah atau bekerja di daerah sekitar Tebet. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala model likert yang terdiri dari skala kepatuhan, skala kecerdasan emosi, serta skala persepsi pola asuh demokratis. Analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan Uji Regresi Linear, dan Uji Regersi Berganda, sedangkan untuk uji komparatif menggunakan Uji Mann Whitney, dan Uji One Way Anova. Hasil uji hipotesis didapati kecerdasan emosi berperan secara signifikan dengan arah positif terhadap kepatuhan menjauhi kerumunan pada protokol kesehatan dengan nilai Bx1y: 0.335 dan nilai p: 0.000 (<0.05). Persepsi pola asuh demokratis berperan terhadap kepatuhan menjauhi kerumunan pada protokol kesehatan juga ditemukan signifikan dengan arah positif secara signifikan terhadap kepatuhan menjauhi kerumunan pada protokol kesehatan, dengan nilai Bx2y: 0.418, dan nilai p: 0.000 (p<0.05). Berikutnya uji hipotesis kecerdasan emosi dan persepsi pola asuh demokratis berperan secara signifikan dengan arah positif terhadap kepatuhan menjauhi kerumunan pada protokol kesehatan dengan nilai R: 0.430, dan nilai R2: 0.185 sehingga kontribusinya 18,5%.
Penegakan Perda Di Kabupaten Kudus : Budaya Humanis Satpol Pp Dan Pedagang Kaki Lima (PKL) Iranita Hervi Mahardayani; Dhini Rama Dhania
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (938.515 KB)

Abstract

Banyak cara yang telah dilakukan Satpol PP agar tidak terjadi bentrokan dengan masyarakat saat melakukan penegakan perda. Salah satunya dengan menerapkan budaya humanis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara empirik sikap pedagang kaki lima terhadap penegakan perda ditinjau dari budaya humanis Satpol PP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasional. Analisis data menggunakan analisis product moment dan koding. Penelitian ini melibatkan 45 pedagang kaki lima yang berada di kecamatan Kota,Kabupaten Kudus, dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 77 % menyatakan citra Satpol PP cenderung baik. Selain itu, 60% menyatakan Satpol PP sudah melakukan penegakan perda secara humanis. Meski seluruh responden atau 100% menyatakan sikap mendukung terhadap gerakan perda secara humanis, namun yang menyatakan senang dengan adanya gerakan humanis ini sejumlah 67% dan yang merasa optimis bahwa gerakan penegakan perda secara humanis dapat berjalan lebih efektif dalam menjaga ketertiban dan keamanan daripada sebelumnya sejumlah 69%.
Pengaruh Resiliensi dan Narsisme Terhadap Kesuksesan Penyelesaian Proyek Bisnis Siswa SMK Jurusan Bisnis dan Manajemen Fakhruddin Mart; Indira Zahra
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.83 KB)

Abstract

Pandemik covid-19 yang belum berakhir membuat pemerintah tetap menerapkan kebijakan PPKM sebagai cara untuk menekan laju penyebaran kasus covid-19. Hal tersebut membuat para pelaku UMKM perlu terhubung dengan ekosistem digital agar dapat membantu mengatasi masalah yang timbul dari penerapan PPKM. Ditengah pengaruh pandemik yang memicu penurunan omzet pelaku UMKM hasil penelitian terbaru pada 26 mei hingga 2 juni 2021 terhadap pelaku UMKM di 34 provinsi di Indonesia pada menunjukkan bahwa mereka memiliki kondisi resiliensi yang berkisar antara normal dan rendah. Pertanyaan bagaimana pengaruh resiliensi terhadap kesuksesan bisnis kami barengi dengan pertanyaan bagaimana pengaruh narsisme terhadap kesuksesan bisnis sebagai lanjutan dari hasil penelitian kami sebelumnya. Dalam hal ini kesuksesan bisnis pada skala kecil kami representasikan sebagai kesuksesan Siswa SMK Jurusan Bisnis dan Manajemen menyelesaikan proyek bisnis mereka sebagai tugas akhir mata pelajaran PKK. Data dari sampel Siswa SMK sebanyak 51 orang yang didapat kemudian diolah dengan menggunakan teknik regresi linier dengan bantuan penggunaan software IBM SPSS versi 22. Hasil nya menunjukkan bahwa resiliensi memiliki pengaruh yang signifikan, berbeda dengan narsisme yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kesuksesan bisnis. Namun demikian pengaruh keduanya tidak terlalu besar hanya 12.3%. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dalam proyek bisnis Siswa SMK Jurusan Bisnis dan Manajemen resiliensi yang dimiliki siswa memiliki pengaruh terhadap kesuksesan mereka menyelesaikan proyek bisnis dan diperlukannya faktor-faktor pendukung lain.
Hubungan antara Hardiness dan Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang Syifa Aulia Ramadhona; Rilla Sovitriana
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.655 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dan efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang, sejumlah 180 siswa dan sampel sebanyak 123 siswa. Teknik penagambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala stres akademik (15 item α = 0.855), skala hardiness (9 item α = 0,798), dan skala efikasi diri (10 item α = 0,864). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dengan stres akademik sebesar -0,461 dan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik sebesar -0,399. Selanjutnya, hasil analisis data dengan multivariate correlations menggunakan program computer SPSS (Statistical Product and Service Solution) version 25.0 for windows diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,478 dan p = 0,000 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa Ha3= “Ada hubungan antara hardiness dan efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas XI di SMA Budi Mulia Kota Tangerang” Diterima. Kontribusi hardiness dan efikasi diri dengan stres akademik dari hasil koefisien determinasi (R2) = 0,229 sebesar 22,9% sedangkan sisanya sebesar 77,1% menyangkut sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.
Hubungan Antara Rasa Syukur Dan Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Siswa Kelas Xii Ipa Sman 113 Jakarta Timur Efa Gustine; RR Dini Diah Nurhadianti
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.842 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hubungan antara rasa syukur dan dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis. Kesejahteraan psikologis adalah kombinasi dari merasa baik dan berfungsi secara efektif, individu dapat memahami dirinya sendiri dalam situasi apapun yang membuat dirinya menjadi lebih baik sehingga mencapai pemaknaan hidupnya. Rasa syukur adalah emosi positif yang terjadi dalam konteks kebersaaman dengan orang lain yang diekspresikan sebagai bentuk rasa terimakasih atas kebaikan yang diterima. Dukungan sosial adalah perasaan nyaman yang diterima individu baik secara fisik dan psikologis yang berisi perhatian, penghargaan dan bantuan yang diberikan oleh orang lain sehingga dapat membantu individu dalam mengatasi masalahnya. Subyek pada penelitian ini merupakan siswa kelas XII SMAN 113 Jakarta Timur dengan jumlah 95 dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan model skala Likert. Metode pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. analisis data menggunakan korelasi bivariate menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara rasa syukur dengan kesejahteraan psikologis dengan r = 0,661 dan p = 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis dengan r = 0,692 dan p = 0,000 < 0,05 pada siswa kelas XII SMAN 113 Jakarta Timur.
Dukungan Sosial Orang Tua dan Keyakinan Diri dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI di SMK St. Fransiskus 2 Jakarta Rilla Sovitriana; Yosephine Pricilia; Shofiyah Shofiyah
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (953.649 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada hubungan dukungan sosial orang tua dan keyakinan diri dengan motivasi berprestasi siswa kelas XI di SMK St. Fransiskus 2 Jakarta. Dalam penelitian ini menggunkan tiga variable yaitu Dukungan sosial orang tua , keyakinan diri dan motivasi berprestasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 62 siswa. Dalam pengumpulan data menggunakan skala likert dan Teknik pengambilan sampel yaitu sensus. Hasil uji validitas motivasi berprestasi sebagai berikut 28 item valid dan 2 item gugur, dukungan sosial orang tua sebagai berikut 39 item valid dan 5 item gugur sedangkan keyakinan diri sebagai berikut 23 item valid dan 1 item gugur. Hasil uji hipotesis sebagai berikut dengan hasil diperoleh nilai rx1y sebesar - 0,292 dan p = 0,021 (p < 0,05) disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah negatif antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi berprestasi dikelas XI di SMK St. Fransiskus 2 Jakarta diterima. diperoleh nilai rx2y sebesar 0,353 dan p = 0,000 (p < 0,05) terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif antara keyakinan diri dengan motivasi berprestasi dikelas XI di SMK St. Fransiskus 2 Jakarta diterima, diperoleh nilai R sebesar 0,359 dan R2 sebesar 0,129 dengan dengan p < 0,05 terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan dukungan sosial orang tua dan keyakinan diri dengan motivasi berprestasi dikelas XI di SMK St. Fransiskus 2 Jakarta diterima
Hardiness dan Stress Akademik Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XI di SMAN 40 Jakarta Rilla Sovitriana; Shofiyah Shofiyah; Ratri Avianti Kartikaningrum
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (835.188 KB)

Abstract

Kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 pada dunia pendidikan, mengharuskan sekolah ditutup untuk sementara waktu. Kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan disekolah, harus dilakukan belajar dari rumah melalui daring. Hal ini menyebabkan siswa menghadapi masalah baru sehingga dapat menimbulkan stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hardiness dengan stres akademik yang dialami siswa pada saat belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan instrumen skala hardiness dan skala stress akademik. Dari uji korelasi antara hardiness dengan stres akademik diperoleh hasil koefisien korelasi r = 0,871 dengan p = 0,000, p < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara hardines dengan stres akademik, hal ini menunjukan bahwa siswa dengan tingkat hardiness yang tinggi akan sukar mengalami stres akademik. Sebaliknya, jika siswa mengalami hardiness dengan yang rendah maka semakin tinggi stres akademik yang dialami siswa
Pola Komunikasi Komunitas Kicau Mania Di Jabodetabek (Studi Kasus Pada Komunitas Lovebird Jabodetabek) Ilona Vicenovie Oisina; Woro Harkandi; Meisyanti Meisyanti; Khina Djanuar
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (965.993 KB) | DOI: 10.37817/psikologikreatifinovatif.v1i1.1427

Abstract

Komunitas lovebird Jabodetabek merupakan salah satu komunitas yang rutin melakukan komunikasi dengan sesama anggota secara tatap muka dan menggunakan media mengenai perawatan lovebird dan persiapan mengikuti lomba. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pola Komunikasi Komunitas Kicau Mania Di Jabodetabek. Teori yang digunakan adalah Sintalitas kelomok, konsep penelitian tentang komunikasi kelompok, perilaku kelompok, pola komunikasi. Pendekatan penelitian kuantitatif, sifat penelitian deskriptif, metode penelitian studi kasus. Hasil mengatakan bahwa Pola komunikasi yang digunakan dalam komunitas ini menggunakan pola komunikasi primer, sekunder, linear dan sirkuler. Komunikasi linear jarang digunakan hanya saat pelatihan anggota komunitas. Menggunakan struktur komunikasi lingkaran dimana komunitas ini tidak memiliki pemimpin, semua dikategorikan menjadi anggota komunitas.
Terapi Realitas Teknik WEDP untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Warga Binaan Sosial Penyandang Tuna Daksa Jakarta Rilla Sovitriana; Rosdiana Rosdiana; Shofiyah Shofiyah
Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 (2021): Psikologi Kreatif Inovatif Vol 1 No 1 November 2021
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1237.275 KB) | DOI: 10.37817/psikologikreatifinovatif.v1i1.1428

Abstract

Panti Sosial Tuna Daksa mempunyai tugas memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial yang meliputi bimbingan fisik, mental, sosial dan pelatihan keterampilan serta resosialitas dan bimbingan lanjut bagi tuna daksa yang telah selesai masa rehabilitasinya agar mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat. Tugas ini sesuai dengan keputusan dari Kemensos No. 50/ HUK/2004, yang menyatakan bahwa Panti Sosial Tuna Daksa mempunyai tugas memberikan bimbingan, pelayanan, dan rehabilitasi bagi penyandang cacat tubuh agar mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri dan mendapatkan hasil penerapan terapi realitas dengan Teknik WEDP dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri pada kelompok warga binaan sosial penyandang tuna daksa di panti sosial Jakarta, bentuk terapi ini dilakukan secara sistematis selama 10 sesi. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental dengan teknik analisa data menggunakan pattern matching dan analisa hasil perkembangan. Subyek penelitian ini warga binaan sosial penyandang tuna daksa di panti sosial Jakarta sebanyak 5 orang. Hasil pengukuran Kepercayaan diri menggunakan Personality Test dari Peter Lauster dalam bentuk pre-test dan post-test. Hasil pre-test menunjukkan skor rata rata kelompok 81 dengan kategori kepercayaan diri rendah. Berdasarkan hasil penerapan terapi realitas dengan teknik WDEP subyek menunjukkan perilaku lebih optimis, objektif, asertif, bertanggung jawab, berpikir rasional dan realistis. Hasil ini didukung oleh hasil post-test menggunakan skala Personality Test dengan skor rata-rata kelompok 38 dengan kategori kepercayaan diri cukup tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10