cover
Contact Name
Dwi Yanti
Contact Email
batang.litbang0804@gmail.com
Phone
+6285741995323
Journal Mail Official
batang.litbang0804@gmail.com
Editorial Address
Jl. R.A. Kartini No. 1, Batang 51215, Jawa Tengah
Location
Kab. batang,
Jawa tengah
INDONESIA
RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
ISSN : 25416561     EISSN : 25496948     DOI : https://doi.org/10.55686/ristek
Ruang Lingkup RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang adalah sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian dan issue - issue yang berkualitas dalam bidang Ekonomi, Pariwisata, Teknologi Informasi, Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan namun tak terbatas secara implisit. Semua Publikasi di Jurnal RISTEK dapat diakses secara terbuka (Open Source). RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang menerima artikel / Jurnal Ilmiah dengan Lingkup Penelitian (scope) diantaranya : Kesehatan Ekonomi Pendidikan, Kebudayaan Pariwisata Industri Kreatif Pemerintahan Sosial Koperasi dan UMKM Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kelautan, Perikanan dan Peternakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sumberdaya, Energi & Mineral Inovasi Teknologi Rekayasa Teknik Industri
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang" : 10 Documents clear
KAJIAN STRATEGIS GALANGAN KAPAL KAYU SEBAGAI EDUWISATA IKONIK KHAS KABUPATEN BATANG M Haryanto; Yohanes Anggoro Triharyanto; Ananto Aji
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.057 KB)

Abstract

Batang merupakan salah satu galangan kapal kayu terbaik dan terbesar di Indonesia. Banyak kayu perusahaan galangan kapal / galangan kapal berlokasi di Batang. Galangan kapal menyerap banyak tenaga kerja. Pelanggan kapal tidak hanya lokal, tetapi juga internasional. Itu manfaat pembuatan kapal seharusnya tidak hanya menjadi hak pembuat kapal, tukang kayu dan modal pemilik. Ini bisa menjadi manfaat untuk pendidikan dan pariwisata. Itu bisa sangat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di luar pekerja kapal. Galangan Kapal Batang merupakan salah satu potensi besar di Batang yang belum banyak dieksplorasi sebagai destinasi wisata edukasi. Jika hampir semua daerah memiliki wisata alam, maka tidak semua potensi galangan kapal dimiliki. Potensi ini dapat menjadi ciri khas keunikan wisata Batang.
MODEL PENTAHELIX DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH Raras Gistha Rosardi
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.053 KB)

Abstract

Pembangunan pariwisata mengalami dinamika dan adaptasi yang cepat. Pariwisata sebagaikatalisator pembangunan. Pertumbuhan ekonomi ini dapat berdampak pada tingkatkesejahteraan penduduk dan diharapkan mampu mengurangi masalah ekonomi seperti:pengangguran dan kriminalitas. Pariwisata memiliki trend positif secara kuantitas diIndonesia. Fenomena seperti ini seharusnya direspon positif oleh pemerintah denganmelakukan perbaikan dan peningkatan mutu dan kualitas kegiatan pariwisiata di Indonesia.Selama ini kegiatan pariwisata belum didukung sepenuhnya dengan minimalisir akses lokasike tempat wisata dan minimnya upaya konservasi alam. Pariwisata berkelanjutan mengurangidampak negatif dari kegiatan pariwisata pada lingkungan, masyarakat dan ekonomi untukmencapai secara ekologis berkelanjutan, layak secara ekonomi, serta adil secara etis dansosial. Model pengembangan pariwisata Pentahelix diharapkan mampu mewujudkanpariwisata berkelanjutan. Pentahelix jurus lima unsur yang disebut sebagai penentukesuksesan pariwisata. “Rumusnya ABCGM, Academician, Business, Community,Government, Media. Lima unsur itu harus kompak, saling support, membangun iklimpariwisata yang kondusif. Pariwisata Berkelanjutan bahwa untuk menciptakan orkestrasi danmemastikan kualitas aktivitas, fasilitas, pelayanan, dan untuk menciptakan pengalaman dannilai manfaat kepariwisataan agar memberikan keuntungan dan manfaat pada masyarakat danlingkungan. Agrowisata Perkebunan TehPT. Pagilaran memiliki peran besar dalampembangunan nasional. Model Pentahelixuntuk Pengembangan Pariwisataberkelanjutan dengan role model yaituAgrowisata Perkebunan Teh PT. Pagilaranharus memiliki kepedulian padalingkungan, kesejahteraan masyarakatlokal, dan pelestarian budaya. pengelolaanAgrowisata berpedoman pada SustainableTourism. Dalam hal social networking,PT. Pagilaran yang dimiliki oleh UGMselaku pemilik Agrowisata PerkebunanTeh tentu menjalin hubungan denganberbagai pihak yaitu Pemerintah DaerahKabupaten Batang, lembaga usaha dansekolah
IMPLEMENTASI VIRTUAL TOUR SEBAGAI MEDIA INFORMASI DESWITA PANDANSARI BERBASIS WEB Wahyu Setianto; Risqiati; Hari Agung Budijanto; Endis Erzy Purnama
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.874 KB)

Abstract

DESWITA Pandansari merupakan salah satu Desa Wisata yang terletak di Kabupaten Batang,berbagai kegiatan wisata pun tersedia disana namun dalam penyampaian informasinya hanyasebatas foto dan video kegiatan melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram belummencakup tata letak wilayah yang mampu menggambarkan keadaan lokasi di DESWITAPandansari. Kurangnya media penyampaian informasi tersebut menjadi kendala bagi orangawam yang ingin mengetahui letaknya. Melihat kebutuhan hal tersebut dibutuhkan virtualtour yang berbasis web. Dalam pengembangan sistem ini digunakan metode MDLC(Multimedia Development Life Cycle), teknik pengujian menggunakan pengujian GUI(Graphical User Interface) dan pengujian UAT (User Acceptance Test). Dari hasil pengujianGUI bahwa virtual tour yang telah dibuat sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan dandari hasil pengujian UAT bahwa virtual tour sudah dapat memberikan gambaran kondisi sertatata letak lokasi dengan panorama 360º dan informasi yang lebih jelas
HUBUNGAN RESPONSE TIME PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT ( IGD ) RSUD BATANG Isrofah; Anik Indriono; Teguh Setiyarso
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.425 KB)

Abstract

Pelayanan yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan didalam pelayananIGD. Kepuasan pasien menurut model kebutuhan adalah suatu keadaan dimana kebutuhan,keinginan dan harapan pasien dapat dipenuhi melalui produk atau jasa yang dikonsumsi.Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubunganresponse time pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD)RSUD Batang. Kemudian secara khusus mempunyai tiga tujuan yaitu untukmengidentifikasi response time pelayanan, mengidentifikasi tingkat kepuasan pasien danmenganalisa hubungan response time pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien diInstalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Batang.Penelitian inimenggunakan desain penelitian observasional korelasional. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi padapenelitian ini adalah rata – rata kunjungan pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUDBatang dalam 6 bulan terakhir sejak bulan April sampai dengan September 2019. Jumlahsampel penelitian sebanyak 93 responden. Berdasarkan hasil analisadengan menggunakan uji statistik Chi Square dengan program SPSS versi 24 didapatkannilai signifikansi (Asymp. Sig) = 0,027 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yangberarti ada hubungan antara response time pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien diIGD RSUD Batang Response time pelayanan di IGD RSUD Batang dengankategori baik sebanyak 90 responden (96,8%), sedangkan pada kategori kurang baiksebanyak 3 responden (3,2%). Tingkat kepuasan pasien di IGD RSUD Batangmenunjukkan sebanyak 28 responden (30,1%) kurang puas, 39 responden (41,9%) puasdan sebanyak 26 responden (28,0%) sangat puas.
PENERAPAN KONSEP KARANG KITRI SEBAGAI LANGKAH DALAM MEWUJUDKAN PEMERATAAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI MENUJU KABUPATEN BATANG MANDIRI M Syamsul Rizall; Kusroh Lailiyah; Kharisma Nawang Sigit
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.68 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep penerapan karang kitri sebagai langkahdalam mewujudkan pemerintah dan pertumbuhan ekonomi menuju batang mandiri.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah studi pustaka. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa konsep karang kitri ini pada dasarnya serupa dengankonsep perencanaan pembangunan kota modern yang terintegrasi, yang pada prinsipnyamemaksimalkan potensi yang ada di sekitar yang dapat digunakan untuk memenuhikebutuhan keluarga, atau masyarakat di sekitar wilayah, melakukan pemerataan ekonomidan meningkatkan kesejahteraan. Dengan adanya support data yang valid, antara sumbersumber apa saja yanga ada, berapa jumlah pastinya (supply), berapa jumlah yang akanmenggunakan (demand), dapat dijadikan sebuah landasan bagi perencanaan dalam menatadan mengelola sumber daya yang ada di kabupaten Batang.
MARZIPANO TOOL UNTUK MEMBANGUN VIRTUAL TOUR DESTINASI WISATA DI KABUPATEN BATANG (STUDY KASUS: BANDAR ECOPARK) Eko Budi Susanto; Mohammad Reza Maulana; Sattriedi Wahyu Binabar
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.623 KB)

Abstract

Kabupaten Batang memiliki potensi wisata alam yang bagus jika dikembangkanatau dikelola dengan baik, namun dalam pengelolaannya masih memiliki beberapakendala, salah satu diantaranya adalah media untuk mengenalkan obyek wisata kepadamasyarakat. Pada penelitiannya sebelumnya telah dikembangkan media pengenalan obyekwisata di Kabupaten Batang berupa aplikasi virtual tour dengan menggunakan perangkatlunak Easypano Tourwever. Easypano Tourwever merupakan perangkat lunak panornama360 yang berlisensi atau berbayar, sehingga dalam penerapannya membutuhkan biaya yangcukup banyak. Tentunya hal ini akan menjadikan beban biaya bagi pengelolanya. Padapenelitian ini akan dikembangkan media alternatif berupa virtual tour untuk melakukanpromosi pariwisata dengan menggunakan marzipano tool yang bebas lisensi. Hasil daripengujian yang telah dilakukan yaitu: aplikasi dapat menghubungkan link atau navigasi,dapat menampilkan titik atau spot obyek yang dipilih. Selain itu, aplikasi dapat berjalan disemua platform, tampilan bersifat responsif dapat diakses melalui smartphone
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS DI KABUPATEN BATANG Agus Ilyas; Hari Agung Budijanto; Tri Agus Setiawan; Eny Jumiati
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.423 KB)

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu yaitu yang sesuai dengan standar profesi dan standarprosedur operasional merupakan kondisi yang sangat diharapkan oleh masyarakat. Selainitu masyarakat juga berharap untuk memperoleh layanan kesehatan yang efektif dan efisiensehingga pasien terhindar dari kerugian fisik maupun materi. Beberapa permasalahan dimasyarakat yang banyak dijumpai terkait dengan pelayanan kesehatan adalah sepertikesulitan dalam mengakses informasi mengenai fasilitas layanan yang ada sampai masalahtidak lengkapnya data lokasi rumah sakit maupun puskesmas terdekat, sehingga pasienmemerlukan waktu untuk mencari lokasi fasilitas kesehatan terdekat. Penelitian yangdilakukan bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang selama iniditemukan dengan cara mengembangkan Sistem Informasi Geografis (SIG) FasilitasKesehatan khususnya Rumah Sakit dan Puskesmas Kabupaten Batang berbasis TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai sarana manajemen pelayanan kesehatanyang bertujuan untuk meningkatkan akses, efisiensi, efektivitas, serta kualitas pengolahandata fasilitas layanan kesehatan yang tersedia.
PEMODELAN PROSES ELISITASI KEBUTUHAN DENGAN TEKNIK USE CASE (STUDI KASUS : PEMBANGUNAN APLIKASI E - MARKETPLACE PERTANIAN PADA PEMERINTAH KABUPATEN BATANG) Prastuti Sulistyorini; Christian Yullianto Rusli; Wahyu Setianto
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.372 KB)

Abstract

Elisitasi kebutuhan menjadi penyebab utama potensi kegagalan pembangunanperangkat lunak. Sektor pertanian menjadi sektor yang dominan dalam menopangperekonomian masyarakat Kabupaten Batang. Permasalahan yang sering muncul adalahpersoalan distribusi produk hasil pertanian. Kelompok petani tidak diuntungkan karenarantai distribusi penjualan produk pertanian yang panjang. Untuk mengatasi permasalahantersebut, e-marketplace dapat dijadikan sebagai alternatif bagi petani untuk menjual hasilpertaniannya secara online. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memodelkanproses elisitasi kebutuhan dengan teknik use case, sebagai langkah awal untukpembangunan aplikasi e-marketplace.Tahapan penelitian yang digunakan yaitu melakukan studi pustaka, mengumpulkandata dan informasi dengan wawancara dan observasi, melakukan analisis kebutuhan, danmemodelkan elisitasi kebutuhan, tools pemodelan yang digunakan adalah teknik use case.Hasil penelitian berupa model elisitasi kebutuhan fungsional dan elisitasi kebutuhan nonfungsional yang digambarkan dengan diagram use case. Pemodelan elisitasi kebutuhanteknik use case ini dapat terus dikembangkan untuk tahapan perancangan danpembangunan atau coding dari e-marketplace pertanian.
PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT UNTUK KEPOLISIAN DENGAN STUDY KASUS DI POLRES BATANG Mosses Aidjili; Wim Hapsoro; Hari Agung Budijanto
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.651 KB)

Abstract

Kepolisian adalah sebuah institusi Negara yang memberikan pelayanan kepadamasyarakat luas agar keberadaannya dapat memberikan rasa aman dan tentram di dalamkehidupan masyarakat khusunya di Indonesia, pelayanan yang di berikan kepadamasyarakat yaitu dengan memberikan sarana pengaduan yang sering dilakukan dimasyarakat berupa kehilangan surat-surat berharga atau juga kejadian tindak pidanaatau pelanggaran moral yang tidak menyenangkan.Pelayanan yang dibangun untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan masyarakatdengan melihat kebutuhan kebutuhan yang sangat di perlukan dalam memperlancar kerjadari pelayanan itu sendiri berupa pembuatan dan laporan surat ijin, surat keterangantanda kehilangan barang, surat laporan pemeriksaan, surat tentang kejahatan danpelanggaran dan surat hasil penyelidikan.Pemanfaatan hasil rancangan aplikasi ini masih harus terus di ujikan agar mendapat hasilyang lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan ke pada masyarakat dengan menambahmenu-menu baru yang menjadi kebutuhan institusi kedepannya sehingga pelayanan dapatlebih maksimal dan masyarakat serta institusi dapat lebih merasakan kemudahan dalampelayanan kepada masyarakat.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINIER DENGAN METODE PROBLEM BASE LEARNING DI LABORATORIUM TEENZANIA PADA KELAS X SMK NEGERI 1 BATANG Anie Kartika
RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang Vol 4 No 2 (2020): RISTEK :Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang
Publisher : Bapelitbang Kabupaten Batang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.597 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah metode Problem BaseLearning di Laboratorium Teenzania dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa padamateri Program Linier kelas X SMK Negeri 1 Batang, dan (2) Apakah metode ProblemBase Learning di Laboratorium Teenzania dapat meningkatkan hasil belajar matematikapada materi Program Linier siswa kelas X SMK Negeri 1 Batang.Pelaksanaan penelitian dilakukan dua kali tindakan (dua siklus) dengan subyekpenelitian siswa kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Batang. Setiap siklus tindakan meliputirencana/persiapan, pelaksanaan tindakan dan refleksi (pemantauan dan evaluasi),pengumpulan data awal melalui tes ulangan harian sebelum dilaksanakan penelitian,sedangkan teknik pengumpulan data penelitian melalui hasil ulangan harian siswa danpengamatan aktivitas belajar siswa.Hasil penelitian rata-rata ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 18,18%dari siklus I ke siklus II, aktivitas siswa dalam pembelajaran materi Program Linier jugamengalami peningkatan sebesar 6,39% dari siklus I ke siklus II.Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Base Learning diLaboratorium Teenzania dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswakelas X SMK Negeri 1 Batang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10