cover
Contact Name
Jakiatin Nisa
Contact Email
sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Phone
+6221-7401925
Journal Mail Official
sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jl. Ir. H. Juanda, No. 95, Ciputat, Tangerang 15412 http://jounal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK Email: sosiodidaktika.fitk@uinjkt.ac.id
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal
ISSN : 23561386     EISSN : 24429430     DOI : 10.15408
Sosio Didaktika: Social Science Education Journal publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, master students’ theses research, and doctoral students’ dissertations research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on integrated social sciences, history, economics, sociology, geography, and other relevant social sciences.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022)" : 6 Documents clear
Implementasi Kearifan Lokal Smong dalam Pembelajaran Jenjang SMP-SMA di Kabupaten Simeulue Abdul Wahab Abdi; Mirza Desfandi; Rika Mauliza Cahyani; Ahmad Nubli Gadeng
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v9i1.24935

Abstract

Kearifan lokal smong merupakan tradisi lisan masyarakat Kabupaten Simeulue yang digunakan dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana tsunami (smong). Kearifan lokal smong perlu dijaga dan disosialisasikan kepada generasi muda salah satu caranya melaluilembaga pendidikan. Pemerintah Kabupaten Simeulue mengadakan sebuah upaya kebijakan dalam mengimplementasi materi kearifan lokal smong pada jenjang SMP-SMA untuk menerapkan dan mengintegrasikan nilai-nilai budaya kearifan lokal smong dalam pembelajaran. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kearifan lokal smong dalam pembelajaran jenjang SMP-SMA di Kabupaten Simeulue. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan penanggung jawab program di dinas pendidikan Kabupaten Simeulue. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kearifan lokal smong dalam pembelajaran yang diterapkan di sekolah jenjang SMP-SMA di Kabupaten Simeulue belum terlaksana dengan baik karena bersifat pengintegrasian materi juga tidak terdapat kegiatan yang tidak dilakukan dalam budaya sekolah terkait kearifan lokal smong dalam pembelajaran.
Pendidikan Nilai dari Karakter Sutan Syahrir Wildan Insan Fauzi; Iing Yulianti; Firizki Parawita
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v9i1.24883

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penggalian karakter tokoh bangsa yang diperuntukan untuk generasi muda yang sedang dalam proses mencari jati diri. Mereka memerlukan “contoh” yang akan dijadikan model dalam membangun kepribadiannya. Pendidikan Nilai dari tokoh tokoh bangsa tersebut memberi bantuan terhadap peserta didik agar menyadari dan mengalami nilai-nilai serta menempatkannya secara integral dalam keseluruhan hidupnya. Batasan utama masalah penelitian ini adalah “nilai-nilai apa saja yang dapat digali dari kehidupan Sutan Syahrir untuk dapat dikembangkan dalam pembelajaran sejarah[”?. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan analisis isi untuk mendapatkan gambaran mengenai karakter Sutan Syahrir. Terdapat delapan buku yang ditelaah yang menulis biografi Syahrir, antara lain karya Anwar (2011), Firdaus (2015), Indro (2009), Legge (2003), Masyhudi (1997), Mrazek (1996), Romandhon (2018), dan Santoso  (2014). Analisis kajian sejarah Sutan Syahrir memberikan gambaran mengenai pendidikan, idealisme dan kepemimpinan, sikap pemalu dan pendiam, diplomat ulung, percintaan dan hubungan sosial, perilaku kebarat-baratan dan kecintaan pada seni, konflik dengan Seokarno, serta keaktifan di organisasi.
Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Modal Sosial Peserta Didik Septiani Resmalasari
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v9i1.24934

Abstract

Adanya kemunduran terhadap nilai-nilai, norma didalam kehidupan masyarakat hingga pada generasi muda seperti mabuk-mabukan, perkelahian ketika ada acara music, mabuk-mabukan, pencurian, begal dan kejahatan lain di masyarakat. Dalam generasi muda khususnya dikalangan siswa di sekolah seperti tawuran, nakoba, bully, pergaulan bebas, tidak menghormati guru, tidak disiplin, dan lain-lain. Tujuan penelitian adalah mengethaui konstribusi lingkungan sekolah terhadap perkembangan modal sosial peserta didik. Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan adalah angket kepada responden. Adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap modal sosial siswa SMPN di kabupaten Pandeglang. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap modal sosial adalah 0,05 %. Dengan tingkat signifikansinya dilihat dari table lebih kecil dari 0,05 sehingga lingkungan sekolah signifikan terhadap modal sosial.
Analisis Faktor-Faktor Penghambat Siswa dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran IPS di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Siswa Kelas IX SMP Paramarta) Khoirotunnisa Khoirotunnisa; Anissa Windarti
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v9i1.24933

Abstract

Dalam setiap proses belajar baik melalui sistem pembelajaran offline maupun online seperti di masa pandemi covid-19 saat ini terdapat berbagai faktor yang memengaruhi proses belajar yang dapat menjadi penghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat siswa kelas IX SMP Paramarta dalam menjalani pembelajaran online di mata pelajaran IPS selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IX A. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses pembelajaran online mata pelajaran IPS dilaksanakan sesuai dengan prosedur pembelajaran yang telah ditetapkan sekolah. Adapun faktor-faktor yang menghambat siswa dalam belajar mata pelajaran IPS berasal dari faktor eksternal dan faktor internal. Hambatan utama berasal dari faktor eksternal, yaitu faktor sekolah, factor keluarga, serta sarana dan prasarana terutama jaringan internet yang sering kali tidak stabil atau buruk. Kemudian, selain hambatan utama yang berasal dari faktor eksternal, siswa juga merasakan hambatan yang berasal dari faktor internal, yaitu kurangnya rasa keinginan dari dalam diri siswa untuk belajar. Oleh karena itu, siswa jadi mudah merasa jenuh dan lelah.
Eksperimen Snowball Throwing Pada Materi Usaha Makro dan Mikro Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Yoan Nur Fajri; Sri Hapsari
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v9i1.24931

Abstract

Guru perlu mengembangkan metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk aktif, terampil, kreatif dan inovatif. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut yakni metode kooperatif tipe snowball throwing karena metode pembelajaran ini berpusat pada siswa. Snowball throwing sebagai salah satu tipe metode pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang diadopsi pertama kali dengan menggabungkan permainan fisik dengan diskusi. Snowball throwing melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari siswa lain dalam bentuk bola salju yang terbuat dari kertas. Dalam prakteknya, siswa dapat mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat dalam sebuah pemikiran dengan kreativitas yang dimilikinya maupun kelompok. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan dengan menggunakan snowball throwing dan konvensional. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMK dengan menggunakan eksperimen, yakni adanya pemberian treatment berupa penggunaan snowball throwing pada pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pemberian tes pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pelajaran Geografi Kelas X IPS2 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Nur As-Sholihat) Rizkiyah Nur Hidayah; Jakiatin Nisa; Nurochim Nurochim
Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, UIN (State Islamic University) Syarif Hidayatul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/sd.v9i1.24932

Abstract

Rizkia Nur Hidayah (11160150000016), Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pelajaran Geografi Kelas X IPS2 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Nur As-Sholihat). Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman belajar geografi siswa kelas X IPS2 Madrasah Aliyah Nur As-Sholihat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, yaitu berdasarkan atas pertimbangan tertentu sesuai dengan keinginan peneliti dan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran Geografi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes dan angket, tes terdiri dari pretest dan posttest sebanyak 10 (sepuluh) soal yang mengukur pemahaman, tes sudah tervalidasi dan telah diuji konstruk oleh ahli menggunakan SPSS Versi 24.0. Data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan rata-rata N-gain skor kelas eksperimen sebesar 95,02% dan untuk rata-rata N-gain skor kelas kontrol sebesar 56,05%. Selain itu hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada posttest diperoleh nilai thitung adalah 4.975 dan nilai ttabel adalah 2.003, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian metode Teams Games Tournament dapat direkomendasikan untuk diterapkan pada pembelajaran Geografi, karena dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6