cover
Contact Name
Susi Herawati
Contact Email
susiherawati@iainbatusangkar.ac.id
Phone
+6282284357342
Journal Mail Official
attarbiyah@iainbatusangkar.ac.id
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No.137, Limo Kaum, Kec. Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27217
Location
Kab. tanah datar,
Sumatera barat
INDONESIA
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 27757099     EISSN : 27757498     DOI : http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v2i2
Core Subject : Education,
FOKUS: at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam ini mengkaji penelitian pendidikan islam, Literatur Review, dan library research. CAKUPAN: Kajian penelitian dalam Jurnal At-Tarbiyah: Pendidikan Islam mencakup: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Articles 30 Documents
Pengembangan Media Flowchart (Bagan Arus) Berbasis Microsoft Visio Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ketentuan Zakat Kelas VIII Di MTsN 6 Tanah Datar Putri Aulia; Susi Herawati; Asmendri Asmendri
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 (2020)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1821.683 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v1i1.2494

Abstract

AbstrakKemajuan teknologi menuntut seorang pendidik untuk menguasai berbagai media pembelajaran berbasis teknologi. Pada penelitian ini media pembelajaran flowchart digambar dengan menggunakan aplikasi Microsoft Visio dimana biasanya flowchart digambar dengan bentuk sederhana di papan tulis. Belajar menggunakan bantuan teknologi dapat membantu baik pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Fokus penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran flowchart (bagan arus) berbasis Microsoft Visio pada mata pelajaran fikih kelas VIII yang valid. Jenis penelitian ini ialah pengembangan dengan metode Plomp, dimana ada empat tahapan yakni: (1) tahap penelitian pendahuluan (preliminary research); (2) tahap prototype (prototyping stage); (3) tahap penilaian (assessment stage); (4) tahap refleksi dan dokumentasi secara sistematis (systematic reflection and documentation). Namun pada penelitian ini tidak semua tahapan dilakukan, karena ada kendala serta keterbatasan yang dihadapi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa media pembelajaran flowchart berbasis Microsoft visio yang telah dihasilkan bersifat sangat valid dengan rata-rata 84,72% . Begitu pun penilaian pada item – item yang ada pada aspek penilaian atau standar penilaian yang diperoleh dari validator yaitu berkisar 75% - 91,68%. Seperti dalam aspek materi dengan nilai 81,68%, dalam aspek tampilan media dengan nilai 87,5% dan aspek prinsip media flowchart itu sendiri dengan nilai 86,11%. Selain itu juga, dari validasi kebahasaan diperoleh skor 83,33%, validasi isi dengan skor 81,25% dan terakhir validasi kontruks dengan skor 86,11%. Hal ini dapat di kategorikan valid – sangat valid, artinya media pembelajaran flowchart berbasis Microsoft visio ini layak dipakai atau digunakan dalam mata pembelajaran pendidikan agama islam terkhususnya fikih. AbstractHigh technology development requires a teacher to master various technology-based learning media. In this study, the flowchart learning media which is usually drawn in simple way on the blackboard, was drawn using Microsoft Visio application. Learning using technology assistance can help teachers and students in the teaching and learning process. The aim of this research was to produce a valid Microsoft Visio-based flowchart learning media for class VIII students in fiqh subject. The type of the research was research and development using Plomp method with four stages, namely: (1) preliminary research stage; (2) prototype stage; (3) production stage; and (4) systematic reflection and documentation stage. However, in this study not all stages were carried out because of some limitations. The result of this research described that the Microsoft Visio-based flowchart learning media was highly valid with an average of 84.72%. The judgment from validators was 75% - 91.68% for all items. The content aspect was 87.5%,  media layout aspect was 87.5%, and media principles aspect was 86.11%. In addition, validation of language gave score 83.33%, the content validity was 81.25% and construct validity was 86.11%. These can be categorized as valid - highly valid product. It means that the Microsoft Visio-based flowchart learning media is suitable for PAI learning (islamic learning) especially fiqh subject.
Pengembangan Modul Interaktif Dengan Menggunakan Lectora Inspire 18 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Tanah Datar Nurul Wahyuni; Adripen Adripen; Susi Herawati
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 (2020)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.43 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v1i1.2496

Abstract

AbstrakPenelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan modul interaktif berbasis multimedia   dengan   menggunakan   Lectora   Inspire   18   pada   mata   pelajaran   Sejarah Kebudayaan  Islam.  Proses  belajar  mengajar  yang  dapat  mendorong  motivasi  dan  minat peserta didik adalah salah satu keunggulan pembelajaran dengan berkonsep multimedia. Merode penelitian yang akan digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Analisis kebutuhan dimulai dengan mewawancarai guru dan peserta didik, menganalisis RPP, menganalisis silabus, serta menganalisis bahan ajar yang digunakan oleh guru. Pengembangan modul interaktif dengan menggunakan Lectora Inspire 18 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mengacu pada  hasil  analisis  kebutuhan  yang  telah  dilakukan.  Berdasarkan  hasil  validasi  dan praktikalitas  menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dapat dikategorikan valid dan sangat praktis.AbstractThe research was intended to develop multimedia-based interactive modules using a Lectora Inspire 18 on History of Islamic Culture (Sejarah Kebudayaan Islam) subject. Tteaching process that can drive learners’ motivation and interest is one of the advantages of multimedia concept. This research was development research (R & D) using 4-D development model. The need analysis began with interviewing teachers and kearners, analyzing RPP (lesson plan), analyzing syllabus, and analyzing the teaching materials used by teachers. The development of interactive module using a Lectora Inspire 18 on the subject referred to the results of need analysis. The developed product can be categorized valid and highly practical based on validation and practicality process.
Pengembangan Media Murottal Animasi Dalam Pembelajaran Tajwid: Upaya Peningkatan Semangat Santri TPA Darunnizam di Masa Pandemi Covid-19 Feni Mardika
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 (2020)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.393 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v1i1.2539

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media murattal animasi dalam pembelajaran tajwid di TPA Darunnizam di Jorong Kapuah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengikuti prosedur yang terdiri dari: 1) define dengan melakukan wawancara dengan guru TPA untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan siswa,2) design menyiapkan prototipe media murattal animasi serta aplikasi yang  digunakan, serta 3)  develop  melakukan  uji  valiadasi  dan  kelayakan  produk. Berdasarkan hasil validasi dan kelayakan   media murottal animasi yang sudah dirancang terbukti layak digunakan dalam pembelajaran tajwid di TPA Darunnizam hal ini terbukti dari hasil validasi berada pada kategori valid.. Dengan kata lain, media murottal animasi layak menjadi media pembelajaran tajwid bagi santri TPA khususnya TPA Darunnizam dan hasil validasi media murottal animasi berada pada kategori sangat valid. AbstractThis research aims to develop an animation murottal media in learning tajwid at TPA Darunnizam in Jorong Kapuah. The method used was research and development (R & D). The development procedure consisted of three phases: define, design, and develop. At define phase, the  researcher conducted interviews with Qur’an educational teachers. At design phase, the researcher constructed the prototype of the murottal media. Last, at develop phase, the researcher conducted validation test to determine the worthiness of the products. Based on the results received, animation murottal media has proved worthy to be used in learning tajwid  at TPA Darunnizam as  the results of validation was perfectly valid based on validators’ judgments. In other words,  animation murottal media deserves to be a tajwid learning media for the students especially at TPA Darunnizam.
Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis Discovery Learning untuk Mata Pelajaran PAI Kelas VII Semester II Eliwatis Eliwatis; M. Yasri; David David
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 (2020)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.627 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v1i1.2541

Abstract

AbstrakTindakan atau keberadaan discovery learning menekankan kepada penemuan peserta didik. Kombinasi buka ajar berbasis discovery learning akan mampu mengarahkan peserta didik untuk lebih mandiri dan kreatif dalam mencari data dan fakta berkaitan dengan pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menghasikan buku ajar berbasis discovery learning yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (penelitian pengembangan). Disain penelitian menggunakan model 4D yang hanya mengambil 3 langkah dari 4 langkah tahapan pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Alat pengumpul data adalah wawancara, lembar validasi dan lembar  observasi.  Data  dianalisis  menggunakan  metode  kuantitatif  dengan  perhitungan indeks Aiken v yang nilainya berkisar antara 0-1. Hasil validasi buku ajar PAI berbasis discovery learning untuk kelas VII semester II memperoleh rata-rata 0,709 dengan kategori valid, dan hasil uji praktikalitasnya memperoleh rata-rata 0,784 dengan kategori praktis. Sedangkan rata-rata pendapat peserta didik sebesar 0,845 dengan kategori sangat praktis. Penerapan buku ajar ini akan menimbulkan kreativitas peserta didik dalam menemukan fakta dan data sendiri, di bawah tuntunan pendidik.AbstractDiscovery learning technique emphasizes on discoveries by learners. The discovery learning based textbook enable students to be more independent and creative in finding data and facts related to learning. The aim of this research was to produce a valid and practical discovery learning based textbook. This was research and development (R & D reasearch). The research design used 4D model which took 3 of 4 stages of development, namely define, design, and develop. The instruments used were interview guidance, validation sheets and observation sheets. Data were analyzed using quantitative methods by calculating the Aiken V index whose values ranged from 0-1. The validation results of discovery learning based PAI textbooks for class VII semester II students described that the average was 0.709 in the valid category, and the results of the practicality test obtained an average of 0.784 in the practical category. While the average opinion of students was 0.845 in the very practical category. The application of this textbook will lead to the creativity of students in finding facts and data themselves, under the guidance of teachers.  
Teknik Pelaksanaan Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 Putri Rezeki
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 (2020)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.501 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v1i1.2533

Abstract

AbstrakPenelitian ini  membahas terkait  teknik  pelaksanaan evaluasi pendidikan agama Islam berbasis online masa pandemi covid-19 di SMAN 1 pariangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana teknik pelaksanaan evaluasi pembelajaran   PAI secara online masa pandemi covid-19 yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini akan dipaparkan secara sebenarnya yang terjadi di lapangan.  Subjek penelitian  ini dilakukan kepada guru PAI di SMAN 1 Pariangan. teknik  analisis data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi kepada guru bidang studi PAI dalam pembelajaran secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pelaksanaan evaluasi pendidikan agama Islam berbasis online masa pandemi covid-19 di SMAN 1 Pariangan   terlaksana   dengan   baik   yang   mencakup   aspek   kognitif,   afektif   dan psikomotor dalam  pembelajaran PAI.AbstrackThis research was about the implementation of online-based evaluation techniques of PAI learning in pandemic covid-19 era at SMAN 1 Pariangan. The aim was to analyze the implementation of online-based evaluating techniques for PAI learning during the  pandemic era including cognitive, affective and psychomotor aspects. The research method used was descriptive qualitative research. This research described what actually happened in the field. The subject of this reseaarch were PAI teachers at SMAN 1 Pariangan. Instrumentsfe used to collect the data were interview guidance and field observation. The result showed that online-based evaluation techniques in PAI learning during the covid-19 pandemic at SMAN 1 Pariangan were implemented well which included cognitive, affective and psychomotor aspects.
Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Nurul Fajri; Mirsal Mirsal
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.314 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v2i1.3289

Abstract

Implementasi penguatan pendidikan karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar masih kurangnya peran dari tokoh masyarakat, seperti alim ulama, niniak mamak, cadiak pandai, dan  tokoh masyarakat dalam penanaman penerapan pendidikan karakter terhadap peserta didik. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang penguatan pendidikan karakter Implementasi penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Fokus penelitian ini untuk mengetahui Implementasi penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Penelitian ini bersumber dari kuisioner yang disebarkan kepada informan. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah dasar diimplementasikan ke dalam mutan pembelajaran, proses penanaman nilai-nilai karakter siswa dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Implementasi penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar direalisasikan melalui penguatan pendidikan karakter berbasis sekolah, budaya sekolah, dan berbasis masyarakat.  
Efektivitas Kelompok Kerja Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Sekolah Dasar Asnelly Ilyas; Zulmardi Zulmardi
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.386 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v2i1.3321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kronstribusi Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD di Kecamatan Lika Kaum Batusangkar. Penelitian bersifat diskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah peserta yang aktif dalam mengikuti program kegiatan KKG yang berjumlah 15 orang minimal kehadirannya 75 % dari total kehadiran keseluruhan. Sementara sebagai data sekundernya adalah kepala sekolah dari peserta yang  aktif. Teknik  pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKG PAI SD Lima Kaum Batusangkar memberikan konstribusi positif dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI. Konstribusi positif kelembagaan  KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI karena ada factor penentu keberhasilan tersebut yakni semangat dan motivasi, aktifitas dan kedisiplinan kehadiran mengikuti program dan pengembangan diri. Efektifitas pelaksanaan program KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru dilakukan dengan cara kegiatan tersebut berorientasi kepada latihan mengajar, kelengkapan sarana dan prasarana serta adanya pengawasan. 
Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Wondershare Filmora Eliwatis Eliwatis; Sabarullah Sabarullah
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.606 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v2i1.3319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur validitas dan praktikalitas produk video pembelajaran yang menggunakan aplikasi wondershare filmora pada materi Iman Kepada Rasul Allah mata pelajaran PAI SMP kelas VIII. Metodologi penelitian ini adalah metode pengembangan atau research and development yang terdiri dari 3 tahap yaitu: define (pendefenisian), tahap design (perancangan) dan tahap development (pengembangan). Berdasarkan hasil penelitian diketahui persentase validitas dari produk pengembangan ini adalah 94,4%. Rata-rata untuk aspek isi sebesar 94,4% dengan kategori sangat valid, aspek kelayakan penyajian sebesar 97,2 % dengan kategori sangat valid, aspek kelengkapan video pembelajaran sebesar 99,1% dengan kategori sangat valid, aspek kesesuaian dengan materi sebesar 98,4% dengan kategori sangat valid, dan aspek kelayakan bahasa sebesar 93,7% dengan kategori sangat valid. Dari aspek praktikalitas produk, diketahui bahwa video yang dihasilkan sangat menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran, baik digunakan secara mandiri maupun berkelompok. Hal ini dapat diketahui berdasarkan persentase angket respon peserta didik sebesar 94,72% dengan kategori sangat praktis, yang berarti bahwa produk telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Pelaksanaan Pembelajaran Alqur’an di Lembaga Pendidikan Qur’an Masjid Nurul Iman Silvia Susrizal; Rike Paslawati
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.182 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v2i1.2880

Abstract

Permasalahan yang dilihat dalam penelitian ini adalah bahwa LPQ Nurul Iman memiliki kelebihan atau keistimewaan dibanding dengan LPQ yang lain di Kecamatan Lima Kaum dimana LPQ Nurul Iman berhasil melahirkan santri dan qori yang mahir dalam mempelajari Al Quran serta menjadi juara di setiap perlombaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al Quran di Lembaga Pendidikan Quran Mesjid Nurul Iman Simpang Kiambang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan ini mendapatkan hasil bahwa: 1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di Lembaga Pendidikan Quran Mesjid Nurul Iman Simpang Kiambang yaitu  persiapan yang tidak tertulis, guru mempersiapkan dalam bentuk pemahaman saja, 2) Pelaksanaan pembelajaran Al Quran guru menggunakan dua cara dalam menyampaikan materi pembelajaran, Pertama, guru menjelaskan materi pembelajaran secara bersama- sama. Kedua, guru menjelaskan materi secara khusus yaitu langsung mengajari santri dengan berhadapan langsung satu persatu dengan guru. Metode yang digunakan adalah metode iqra, tartil, tilawati dan metode tajwid. Strategi pembelajaran Al Quran di LPQ ini yang digunakan yaitu strategi coopertive learning, ekpositori, dan inquiri. 3) Evaluasi pembelajaran Al Quran yang dilakukan oleh guru di Lembaga Pendidikan Quran yaitu: tes lisan, tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan santrimembacaAl Quran.  
Rahmah El- Yunusiyyah (Inspirator Pendidikan Bagi Kaum Hawa) Salmi Wati; Eliwatis Eliwatis
at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Batusangkar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.552 KB) | DOI: 10.31958/atjpi.v2i1.3338

Abstract

Rahmah el-Yunusiyah adalah seorang tokoh pembaharuan pendidikan bagi kaum perempuan yang telah mendirikan sekolah khusus bagi perempuan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi di kota Padang Panjang Sumatera Barat.  Sekolah ini didirikan karena beliau sangat menyadari betapa besar peran perempuan yaitu sebagai tiang Negara yang memiliki andil besar dalam menentukan masa depan sebuah bangsa. Hal ini disebabkan perempuan akan menjadi seorang ibu yang merupakan madrasah al uula bagi anak-anaknya kelak. Maka kontribusinya dalam memperjuangkan dan mewujudkan pendidikan bagi perempuan tidak ternantahkan lagi. Hal ini terbukti dengan gelar Syaikhah yang beliau terima dari Universitas al-Azhar Cairo. Keberhasilan Rahmah dalam mengelola Perguruan Diniyyah Puteri ini menarik perhatian Rektor Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir, yang 1955 mengadakan kunjungan khusus ke perguruan ini. Ia mengadopsi sistem pendidikan Diniyyah Puteri ini untuk diterapkan di Universitas Al-Azhar, yang saat itu, belum memiliki lembaga pendidikan khusus untuk perempuan. Tidak lama setelah itu berdirilah Kulliyat al-Banat, sebagai bagian dari Universitas al-Azhar Cairo 

Page 1 of 3 | Total Record : 30