cover
Contact Name
Muhammad Alhada Fuadilah Habib
Contact Email
m.alhada@uinsatu.ac.id
Phone
+6281215079617
Journal Mail Official
sosebi@uinsatu.ac.id
Editorial Address
Gedung KH. Saifudin Zuhri Jl.Mayor Sujadi Timur No 46 Tulungagung Jawa Timur 66221 Indonesia
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI)
ISSN : -     EISSN : 28087089     DOI : 10.21274
SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam merupakan jurnal yang mewadahi publikasi hasil penelitian mahasiswa, baik skripsi, tesis, disertasi, maupun penelitian mahasiswa jenis lainnya. Ruang lingkup kajian dalam jurnal ini mencakup ilmu sosial, ekonomi, bisnis, manajemen, dan akuntansi baik konvensional maupun syariah. Selain mahasiswa, dosen, peneliti, maupun praktisi juga bisa turut serta menjadi penulis di jurnal ini jika berkolaborasi dengan mahasiswa. Jurnal ini diterbitkan secara online dan dapat diakses secara gratis oleh masyarakat luas.
Articles 35 Documents
PENERAPAN ANALISIS REGRESI BERGANDA DALAM PEMODELAN TINGKAT KELANCARAN PENGEMBALIAN PEMBIAYAAN Yunita Eka Saputri; Rendra Erdkhadifa
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.436 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v1i1.4909

Abstract

Abstrak: Penelitian ini didasarkan pada tingginya tingkat pengembalian pembiayaan pada BMT Pahlawan Tulungagung dan KSPPS Baitul Izza Sejahtera Tulungagung. Tingkat pengembalian pinjaman yang teratur akan mempengaruhi kesehatan lembaga keuangan mikro syariah. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran pengembalian pembiayaan dapat dilihat dari indikator yang digunakan: tingkat pendidikan, pendapatan perusahaan, jumlah pembiayaan, taksiran agunan dan jangka waktu pinjaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sementara jenis penelitiannya adalah hubungan pengaruh antar variabel atau disebut dengan asosiatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan menggunakan teknik incidental sampling. Data variabel yang digunakan dalam analisis terukur dengan skala Likert. Hasil pengujian menunjukkan (1) Antara variabel tingkat pendidikan, pendapatan perusahaan, jumlah pembiayaan, taksiran agunan dan jangka waktu pinjama terdapat salah satu variabel yang berpengaruh secara signifikan. (2) kelancaran pengembalian pembiayaan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan secara signifikan (3) variabel pendapatan operasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan. (4) variabel jumlah pinjaman berpengaruh signifikan (5) kelancaran pengembalian pembiayaan tidak dipengaruhi secara signifikan pada variabel taksiran agunan. (6) dan variabel periode pendanaan berpengaruh signifikan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan. Kata Kunci: jangka waktu pembiayaan; jumlah pembiayaan; kelancaran pengembalian pembiayaan; pendapatan usaha; taksiran agunan; tingkat pendidikan. Abstract: The background of this research is that the high level of smooth return of financing, in KSPPS Baitul Izza Sejahtera Tulungagung and BMT Pahlawan Tulungagung. The smooth rate of return on financing will affect the health of a sharia microfinance institution. Analysis of the factors that affect the smooth rate of return on financing can be seen from the indicators used include Education Level, Business Income, Total Financing, Collateral Estimate, and Financing Term. This study uses a quantitative approach with the type of associative research. The data used in this study are primary data obtained from distributing questionnaires using incidental sampling technique and the measurement scale used is the Likert scale, so the test results show (1) simultaneously among the variables of education level, business income, amount of financing, estimated collateral and financing period have a significant effect on the smooth return of financing. (2) the education level variable has a significant effect on the smooth return of financing. (3) the operating income variable has no significant effect on the smooth return of financing at KSPPS Baitul Izza Sejahtera Tulungagung and has a significant effect on BMT Pahlawan Tulungagung. (4) the variable amount of financing has a significant effect on the smooth return of financing. (5) the estimated collateral variable has no significant effect on the smooth return of financing. (6) the financing period variable has a significant effect on the smooth return of financing at KSPPS Baitul Izza Sejahtera Tulungagung and BMT Pahlawan Tulungagung. Keywords: The amount of financing; business income collateral estimate; education level; financing period; smooth repayment of financing.
PENGARUH MODAL INVESTASI, TEKNOLOGI YANG MEMADAI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL Galih Raka Siwi; Dianita Meirini
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.782 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v1i1.4912

Abstract

Abstrak: Dengan banyaknya perusahaan efek yang menerbitkan aplikasi investasi dan dapat dengan mudah diakses melalui ponsel dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat, khusunya kawula muda seperti mahasiswa untuk berinvestasi. Namun minat untuk berinvestasi dikalangan mahasiswa masih sangat rendah dengan segala kemudahan untuk berinvestasi. Seyogyanya melalui investasi kita bisa mendapatkan keuntungan tambahan sekaligus belajar mengelola keuangan. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengaruh modal investasi, teknologi yang memadai, dan motivasi terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan sampel 70 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS 26 untuk uji uji vaiditas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji berganda, dan uji regresi linier. Hasil yang diperoleh dalam peneltian ini menunjukkan bahwa 1) varibel modal investasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal, 2) variabel teknologi memadai berpengaruh signifikan terhadap mina mahasiswa berinvestasi di pasar modal, 3) variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal, 4) variabel modal investasi, teknologi yang memadai, dan motivasi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Kata Kunci: Investasi; Modal Investasi; Teknologi; Motivasi; Pasar Modal. Abstract: With so many securities companies issuing investment applications that can be easily accessed via mobile phones, it makes it is easier for the public, especially young people such as students, to invest. However, the interest in investing among students is still very low with all the conveniences to invest. It should be through an investment that we can get additional benefits while learning to manage finances. So the purpose of this study is to determine the level of influence of investment capital, adequate technology, and motivation on student interest in investing in the capital market. The research approach used in this research is quantitative, with the type of descriptive research. Sources of data used are primary data with a sample of 70 respondents. Data collection techniques through questionnaires. The data obtained were then processed using SPSS 26 to test the validity, reliability, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, multiple tests, and linear regression test. The results obtained in this study indicate that 1) the investment capital variable has a significant effect on student interest in investing in the capital market, 2) the adequate technology variable has a significant effect on students' interest in investing in the capital market, 3) the motivation variable has a significant effect on student interest in investing in the market. capital, 4) investment capital variables, adequate technology, and motivation simultaneously or jointly have a significant effect on student interest in investing in the capital market. Keywords: Investment; Investment Capital; Technology; Motivation; Capital market.
JULO-JULO DALAM KONTEKS PERTUKARAN SOSIAL Siti Rohani; Fauzi Fauzi; Rahmadsyah Putra R; Cut Rizka Al Usrah
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.73 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v1i1.4913

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pertukaran sosial dalam kegiatan Julo-Julo serta fungsi pertukaran sosial dalam ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini, yakni teori resiprositas. Dari hasil yang diperoleh Julo-Julo dalam konteks pertukaran sosial di Desa Merah Pupuk, Kecamatan Atu Lintang, Kabupaten Aceh Tengah yaitu Julo-Julo bahan-bahan pokok untuk acara pernikahan dan hajatan merupakan Julo-Julo bahan-bahan pokok yang dikumpulkan oleh ketua pengurus Julo-Julo ketika anggota Julo-Julo menggelar sebuah acara pernikahan dan hajatan. Menggunakan metode Julo-Julo bahan-bahan pokok yaitu sesuai dengan kriteria, di mana kriteria tersebut adalah anggota Julo-Julo yang paling membutuhkan yaitu untuk memenuhi kebutuhan secara materil. Bentuk pertukaran yang ada pada masyarakat yaitu resiprositas sebanding dan resiprositas umum. Fungsi pertukaran dalam Julo-Julo bagi masyarakat di Desa Merah Pupuk yaitu untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada ketika menggelar acara pernikahan dan hajatan seperti keterbatasan modal uang, keterbatasan tenaga kerja rewang (orang yang membantu) dan keterbatasan sarana dan prasarana. Kata Kunci: resiprositas; julo-julo; pertukaran sosial. Abstract: This study aims to determine the form of social exchange in Julo-Julo activities and the function of social exchange in the economy. This research was conducted using a qualitative approach with a phenomenological method. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. The theory used in this research is reciprocity theory. From the results obtained by Julo-Julo in the context of social exchange in Merah Pupuk Village, Atu Lintang District, Central Aceh Regency, namely Julo-Julo, basic ingredients for weddings and celebrations, Julo-Julo, basic ingredients collected by the chairman of the julo management. -julo when members of Julo-Julo hold a wedding and celebration. Using the Julo-Julo method, the basic ingredients are in accordance with the criteria, where the criteria are the Julo-Julo members who need the most, namely to meet material needs. The forms of exchange that exist in society are proportional reciprocity and general reciprocity. The function of exchange in Julo-Julo for the community in Merah Pupuk Village is to overcome the obstacles that exist when holding weddings and celebrations such as limited financial capital, limited rewang (people who help) and limited facilities and infrastructure. Keywords: reciprocity, julo-julo; social exchange.
PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM, ROI, TOTAL ASET, DAN DIVIDEN TERHADAP DAR PADA PERUSAHAAN PT MEDIA NUSANTARA CITRA Tbk TAHUN 2011-2019 Devi Saharani; Mega Tunjung Hapsari
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.248 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v1i1.4914

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berfokus pada permasalahan pengambilan kebijakan utang perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk yang meliputi kebijakan dividen, profitabilitas, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan PT Media Nusantara Citra Tbk tahun 2011-2019. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepemilikan saham dan total aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap DAR. Sedangkan variabel ROI dan dividen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap DAR. Sementara, secara simultan variabel kepemilikan saham, ROI, total aset, dan dividen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap DAR pada PT Media Nusantara Citra Tbk Tahun 2011-2019. Kata Kunci: Kepemilikan Saham; Total Aset; ROI; Dividen; DAR. Abstract: This research focuses on the problem of PT Media Nusantara Citra Tbk debt policy-making which includes dividend policy, profitability, ownership structure, and company SIZE. This research uses a quantitative approach with an associative research type. Data collection methods using a library and documentation study methods. Sampling techniques using a purposive sampling method. The data used is secondary data obtained from PT Media Nusantara Citra quarterly financial report for 2011-2019. This study used multiple linear regression analysis with SPSS. The results showed that partially variable shareholding and total assets had a positive and significant effect on DAR. Meanwhile, variable ROI and dividends have a negative and significant effect on DAR. Meanwhile, simultaneously variable shareholding, ROI, total asset, and dividend have a significant influence on DAR at PT Media Nusantara Citra Tbk The year 2011-2019. Keywords: Shareholding; Total Assets; ROI; Dividend; DAR.
ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DAN PROVINSI JAWA TENGAH PADA TAHUN 2019-2020 Tiyas Drastiana; Risdiana Himmati
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.335 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v1i1.4915

Abstract

Abstrak: Kinerja keuangan merupakan suatu tingkat pencapaian dari hasil kerja dalam bidang keuangan atas pelbagai aktivitas yang telah dilakukan. Maka dari itu Pemerintah Daerah perlu melakukan analisis keuangan dengan menggunakan rasio kemandirian, rasio efektifitas, rasio efisiensi, dan rasio pertumbuhan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kinerja keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif melalui data sekunder dari laporan realisasi APBD Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah periode 2019-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemandirian pada Pemerintah Provinsi Jatim dan Provinsi Jateng dari periode 2019-2020 masih dalam kategori rendah sekali. (2) Rasio efektifitas pada Pemerintah Provinsi Jatim dan Provinsi Jateng periode 2019-2020 masih dalam kategori tidak efektif. (3) Tingkat efisiensi pada Pemerintah Provinsi Jatim dan Provinsi Jateng periode 2019-2020 masuk dalam kategori sangat efisien. (4) tingkat pertumbuhan Pemerintah Provinsi Jatim dan Provinsi Jateng tahun 2019-2020 cenderung fluktuatif. Kata Kunci: rasio kemandirian; rasio efektifitas; rasio efisiensi; rasio pertumbuhan: kinerja keuangan. Abstract: Financial performance is a level of achievement of the results of work in the financial sector for various activities that have been carried out. Therefore, the Regional Government must conduct a financial analysis using the independence ratio, effectiveness ratio, efficiency ratio, and growth ratio. The purpose of this study was to determine the financial performance of the Provincial Government of East Java and Central Java Province. The analysis technique in this study is descriptive quantitative using secondary data, namely from the Realization Report of the Regional Revenue and Expenditure Budget (APBD) of East Java Province and Central Java Province in 2019-2020. The results of this study indicate that (1) The ratio of independence in the Provincial Government of East Java and Central Java Province from 2019-2020 is still in the very low category. (2) The effectiveness ratio in the Provincial Government of East Java and Central Java Province in 2019-2020 is still in the ineffective category. (3) The efficiency ratio in the Provincial Government of East Java and Central Java Province in 2019-2020 is in the very efficient category. (4) The growth ratio of the Provincial Governments of East Java and Central Java Province in 2019-2020 tends to fluctuate. Keywords: independence ratio; effectiveness ratio; efficiency ratio; growth ratio; financial performance.
PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, SIKAP, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN Anggrilia Mega Saputri; Novi Khoiriawati
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.522 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v1i1.4917

Abstract

Abstrak: Pajak bumi dan bangunan atau PBB merupakan salah satu sumber penghasilan negara, yang sangat berguna untuk menyokong pembangunan sarana dan prasarana umum,dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun tingkat kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak bumi dan bangunan masih tergolong rendah, hal ini dipengaruhi karena kurangnya pengetahuan terhadap pajak dan didukung kurangnya sikap dan kesadaran masayarakat sebagai wajib pajak. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengenali akibat kurangnya pengetahuan tentang pajak, sikap, serta kesadaran masyarakat terhadap kepatuhan wajib pajak untuk membayar pajak bumi dan bangunan di Kelurahan Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian deskriptif. Adapun data yang digunakan yaitu sumber data primer dengan sampel peneltiain sebanyak 86 responden. Sedangkan untuk teknik pengambilan data yaitu dengan menyebar kuesioner. Untuk teknik pengolahan data menggunakan SPSS 26 untuk uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastistas, uji autokorelasi, dan uji regresi linier berganda (uji-t dan uji-F). Hasil penelitian menyimpukan bahwa pengetahuan pajak, sikap, serta kesadaran masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan masyarakat saat membayar pajak bumi dan bangunan di Kelurahan Bence. Kata Kunci: Pajak Bumi dan Bangunan; Pengetahuan Pajak; Sikap; Kesadaran Wajib Pajak; Kepatuhan Wajib Pajak. Abstract: Land and building tax or PBB is one of the sources of state income, which is very useful to support the development of public facilities and infrastructure, to improve people's welfare. However, the level of public compliance to pay land and building taxes is still relatively low, this is influenced by a lack of knowledge of taxes and supported by a lack of attitude and awareness of the community as taxpayers. So the purpose of this study is to identify the consequences of lack of tax knowledge, attitudes, and public awareness of taxpayer compliance to pay land and building taxes in Bence Village, Garum District, Blitar Regency. This research uses a quantitative approach with a descriptive research model. The data used are primary data sources with a sample of 86 respondents. As for the data collection technique, namely by distributing questionnaires. For data processing techniques using SPSS 26 for validity, reliability, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, and multiple linear regression test (t-test and F-test). The results of the study conclude that tax knowledge, attitudes, and public awareness have a positive and significant impact on community compliance when paying land and building taxes in Bence Village. Keywords: Land and Building Tax; Tax Knowledge; Attitude; Taxpayer Awareness; Taxpayer Compliance.
ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 Fristica Emiliani; Sabilla Rizqiana; Ryan Suhandito; Navira Nuraini Muchibbah; Risna Nurmahfidhoh; Muhammad Alhada Fuadilah Habib
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.273 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v1i1.4929

Abstract

Abstrak: UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan usaha (bisnis) yang umumnya dilakukan oleh masyarakat dalam skala rumah tangga. UMKM di Indonesia memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, karena UMKM dapat membantu Indonesia ketika mengalami krisis ekonomi tahun 1998. Pandemi covid-19 yang dimulai dari tahun 2020 hingga 2021 ini, menjadi penyebab UMKM di berbagai daerah mengalami penurunan pendapatan. Pada masa pandemi covid-19 beberapa pengusaha UMKM yang mengalami penurunan penghasilan antara lain seperti pelaku bisnis pariwisata, transportasi atau pun kuliner. Pelaku UMKM pada masa pandemi covid-19 dapat memaksimalkan penjualannya menggunakan media online dan para pelanggan dapat menilai produk yang dibeli dengan cara memberikan bintang untuk meningkatkan penjualan agar dikenal masyarakat secara luas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat melalui UMKM yang tepat pada masa pandemi yaitu dengan mengembangkan produk melalui e-commerce, mempromosikan produk dengan pemasaran digital, mempertahankan Customer Relationship Marketing (CRM), dan memperbaiki kualitas dan pelayanan produk maupun jasa. Kata Kunci: Pemberdayaan UMKM; Pandemi Covid-19; UMKM Pada Masa Pandemi. Abstract: MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) are businesses (businesses) that are generally carried out by the community on a household scale. MSME in Indonesia have a significant role in improving the community's economy, because MSME can help Indonesia when it experienced the economic crisis in 1998. The COVID-19 pandemic, which started from 2020 to 2021, has caused MSME in various regions to experience a decline in income. During the COVID-19 pandemic, several MSME entrepreneurs experienced a decline in their income, such as tourism, transportation or culinary businesses. MSME actors during the COVID-19 pandemic can maximize their sales using online media and customers can assess the products purchased by giving stars to increase sales so that they are widely known to the public. This study uses descriptive qualitative research methods with data collection techniques literature study. The results of this study indicate that the right strategy for community empowerment through MSME during the pandemic is to develop products through e-commerce, promote products with digital marketing, maintain Customer Relationship Marketing (CRM), and improve the quality and service of products and services. Keywords: MSME Empowerment; Covid-19 Pandemic; MSMEs During a Pandemic.
PENGARUH BEBAN KERJA DAN GAJI TERHADAP KINERJA PT CIOMAS ADISATWA LAMPUNG SELATAN Rani Puspita Sari; Welia Citra; Vicky F Sanjaya
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.128 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v2i1.5063

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak dari adanya beban kerja dan gaji terhadap kinerja karyawan pada PT Ciomas Adisatwa Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan 30 responden yang dikumpulkan dari karyawan PT Ciomas Adisatwa Lampung Selatan dengan teknik analisis data menggunakan PLS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel beban kerja dan gaji terbukti memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, PT Ciomas Adisatwa Lampung Selatan harus menjadikan beban kerja dan gaji sebagai salah satu tolak ukur utama dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Kata Kunci: Beban Kerja; Gaji; Kinerja Abstract: This study aims to determine the impact of workload and salary on employee performance at PT Ciomas Adisatwa South Lampung. In this study using quantitative research methods, with 30 respondents collected from employees of PT Ciomas Adisatwa Lampung Selatan with data analysis techniques using PLS. The results obtained from this study are that the workload and salary variables have been shown to have a significant influence, therefore PT Ciomas Adisatwa Lampung Selatan must make workload and salary as one of the main benchmarks in improving company performance. Keywords: Workload; Salary; Performan
FAKTOR-FAKTOR PETERNAK MUSLIM MEMILIH PINJAMAN KE LEMBAGA KEUANGAN KONVENSIONAL Nurul Hidayati; Refki Rusyadi
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.844 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v2i1.5343

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena kecondongan peternak muslim di Desa Sumberjo yang justru enggan bahkan jarang melakukan transaksi dengan lembaga keuangan syariah guna mengurus permodalan usaha atau kebutuhan menabung. Idealnya para peternak muslim tadi memanfaatkan lembaga keuangan syariah sebagai wujud implementasi laku muamalah yang lebih aman dan sah. Faktanya lembaga keuangan konven lebih diminati oleh mayoritas peternak tadi. Pemilihan lembaga keuangan tentunya dilatarbelakangi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku peternak dalam mengambil keputusan untuk memilih pinjaman ke lembaga keuangan. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peternak muslim memilih ke lembaga keuangan konvensional?, 2) Bagaimana sudut pandang peternak muslim terhadap lembaga keuangan syariah? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah peternak di Desa Sumberjo, di mana metode pengumpulan data yang digunanakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peternak memilih lembaga keuangan konvensional dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi adalah keinginan untuk mendapatkan modal tambahan dan kenyamanan terhadap lembaga keuangan konvensional yang menggunakan sistem jemput bola. Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi adalah saran dari sesama peternak dan tenaga pemasar lembaga keungan konvensional yang menggunakan teknik jemput bola. Kata Kunci: Peternak; Lembaga Keuangan. Abstract: This research is motivated by the phenomenon of the skewness of Muslim farmers in Sumberjo Village who are so reluctant to even rarely make transactions with Islamic financial institutions to take care of business capital or saving needs. Ideally, muslim farmers use Islamic financial institutions as a form of implementation of muamalah practices that are more secure and legitimate. In fact, the convention's financial institutions are more in demand by the majority of breeders earlier. The selection of financial institutions is certainly motivated by factors that affect the behavior of breeders in making decisions to choose loans to financial institutions. The focus of this study is: 1) What factors influence Muslim breeders choosing to conventional financial institutions? 2) What is the point of view of Muslim farmers towards Islamic financial institutions? This research is a field study that is qualitative descriptive. The primary data source in this study is a breeder in Sumberjo Village where the data collection method used is an oservation, interview method and documentation. Breeders choose conventional financial institutions influenced by two factors, namely internal factors and external factors. An internal factor that influences is the desire to get additional capital and convenience towards conventional financial institutions that use ball pick-up systems. As for external factors that affect is the advice of fellow breeders and marketers of conventional financial institutions who use ball pick-up techniques. Keywords: Breeder; Institutions.
DOMINASI BRAND MINDED DAN MULTI-BRAND LOYALTY DALAM PEMBELIAN PRODUK DENGAN LUXURY BRAND Dhiya'u Shidiqy; Rendi Setiawan
Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI) Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.733 KB) | DOI: 10.21274/sosebi.v2i1.5352

Abstract

Abstrak: The purpose of this study was to determine the dominance of the influence of brand minded and multi-brand loyalty on product purchasing decisions with luxury brands. The population in this study are young entrepreneurs who are members of the Indonesian Young Entrepreneurs Association (HIPMI) Tulungagung. The sample measurement guidelines use the saturated sample technique with a sample of 53 people. The research instrument for data collection in this study used a questionnaire with a Likert scale with data analysis techniques in this study, including descriptive statistical techniques, inferential statistical analysis with classical assumption tests, as well as hypothesis testing with F test and t test with SPSS 23 application. Results The t-test in this study shows that brand mindedness has a positive and significant effect on purchasing decisions for products with luxury brands. Meanwhile, multi-brand loyalty has no effect on respondents' interest in their decision to purchase products with luxury brands. The results of the F test in the study prove that simultaneously brand minded and multi-brand loyalty have an influence on product purchasing decisions with luxury brands. Kata Kunci: brand minded; multi-brand loyalty; luxury brand Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dominasi pengaruh brand minded dan multi-brand loyalty terhadap keputusan pembelian produk dengan luxury brand. Populasi pada penelitian ini adalah para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tulungagung. Pedoman pengukuran sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel sejumlah 53 orang. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert dengan teknik analisis data pada penelitian ini antara lain dengan teknik statistik deskiptif, analisis statistik inferensial dengan uji asumsi klasik, serta pengujian hipotesis dengan uji F dan uji t dengan aplikasi SPSS 23. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan bahwa brand minded berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk dengan luxury brand. Sedangkan multi-brand loyalty terbukti tidak berpengaruh terhadap minat responden dalam keputusannya melakukan pembelian produk dengan luxury brand. Hasil uji F pada penelitian membuktikan bahwa bahwa secara simultan brand minded dan multi-brand loyalty memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk dengan luxury brand. Keywords: brand minded; multi-brand loyalty; luxury brand

Page 1 of 4 | Total Record : 35