cover
Contact Name
Dyah Palupiningtyas
Contact Email
dyahwork39@gmail.com
Phone
+6281392202747
Journal Mail Official
dyahwork39@gmail.com
Editorial Address
Alamat : Jln. Senopati Arcawinagun Purwokerto 53113 Telp (0281) 6572636 Purwokerto 53121
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan
ISSN : 28099427     EISSN : 28099893     DOI : https://doi.org/10.55606/jimek.v1i3
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan (JIMEK), ISSN: 2809-9893 online dan ISSN: 2809-9427 cetak. Jurnal JIMEK diterbitkan Amik Veteran Porwokerto, terbit setahun Tiga kali (Maret, Juli dan November) menerapkan proses peer-review dalam memilih artikel berkualitas berdasarkan penelitian ilmiah dan teoritis. JIMEK diterbitkan untuk mengembangkan dan memperkaya diskusi ilmiah bagi para sarjana dan penulis yang menaruh minat pada isu-isu sosial-budaya di Indonesia. Redaksi menerima artikel berbasis teori dan penelitian. Cakupan keilmuan Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan adalah jurnal yang memuat tentang hasil-hasil penelitian ilmu manajemen yang terdiri dari Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Bisnis Syariah serta Manajemen Kewirausahaan
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN" : 10 Documents clear
PENGARUH KREATIF, INOVASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN M. Fathrezza Imani; M. Khoirul Fikri; Almas Filzah
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.738 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.160

Abstract

Dalam menjalankan sebuah bisnis UMKM, dibutuhkan perhitungan yang akurat dan ide cemerlang sehigga tercapai hasil yang kreatif dan inovatif untuk memberikan citra atau nilai yang lebih menarik dimata konsumen. Selain unsur kreatif dan inovasi dalam berbisnis diperlukan juga strategi pemasaran yang baik agar dapat mencapai tujuan degan tepat dan dapat meningkatkan daya beli konsumen. Tujuan dari adanya riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreatif, inovasi, dan strategi pemasaran terhadap peningkatan daya beli konsumen (studi kasus UMKM Ogel-Ogel Khas Pemalang). Riset ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Ogel-ogel Pemalang. Metode penarikan sempel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS Statictic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatif berpengaruh pada daya beli konsumen dengan nilai signifikansi 0,000, inovasi berpengaruh signifikan pada daya beli konsumen sebesar 0,008, dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan pada daya beli kosumen dengan nilai sebesar 0,001. Variabel kreatif, inovasi, dan strategi pemasaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap daya beli konsumen.  
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR Fiqih Maria; Erin Soleha; Muhammad Kosim
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.818 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.178

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris motivasi belajar memediasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Data penelitian dalam penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner lalu diolah dan dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Sampel yang digunakan ialah 100 responden yang diambil dari populasi mahasiswa Manajemen Universitas Pelita Bangsa Tahun Semster II. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signfikan terhadap kemandirian belajar, motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dan variabel motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebagai variabel yang memediasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar mahasiswa.
PENANGANAN PEKERJA MANGKIR PADA FUNGSI INDUSTRIAL RELATION, BUDGETING, COMPENTATION AND BENEFIT DI PT KILANG PERTAMINA INTERNATIONAL Fathya Salsabila Adly; Izzatusholekha; Nida Handayani
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.248 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.196

Abstract

Kedisiplinan merupakan hal yang penting didalam segala hal, terutama didalam suatu organisasi ataupun dalam pekerjaan, disiplin yang tinggi akan mempercepat untuk menuju keberhasilan yang inigin dituju. Dari segalamacam tindakan yang tidak mencerminkan disiplin, salah satunya adalah mangkir. Mangkir bisa diartikan tidak datangnya seseorang ke suatu tempat yang diharuskan untuk didatangi, bisa dikatakan sebagai absen. Mangkir merupakan sebuah hal yang tidak dapat di benarkan sehingga harus mendapatkan sanksi, dalam penanganan pekerja mangkir dapat di temukan di Undang-Undang sebagai acuan bagi sektor publik maupun swasta dalam menetapkan aturannya dalam menangani pekerja yang mangkir. Di dalam tulisan ini akan membahas mengenai mangkir dan sanksi yang akan didapatkan oleh pekerja yang mangkir khusunya PT Kilang Pertamina Internasional dalam memberi penanganan kepada pekerjanya.
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DI SUBBAGIAN KEPEGAWAIAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA TANGERANG SELATAN Ulung Diah Rahmawati; Nida Handayani
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.59 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.197

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Gaya Kepemimpinan Demokratis pada Subbagian Kepegawaian Sekretariat Daerah Kota Tangerang Selatan ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan demokratis Kasubbag Kepegawaian serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Kasubbag. Personil dalam memimpin organisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dengan cara observasi langsung dan wawancara dengan pimpinan dan 3 (tiga) orang staf Sub Bagian Kepegawaian Sekretariat Kota Tangerang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan pada Subbagian Kepegawaian mengarah pada kepemimpinan yang demokratis. Dalam memimpin organisasi, Kepala Subbagian Kepegawaian memiliki kelebihan dan kekurangan dalam memimpin yang dipengaruhi oleh kepribadian pemimpinnya.
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Isyfa Fuhrotun
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.406 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.198

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan, dan pengaruh Good Coorporate Governance terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder bersifat kuantitatif dan sumber data diperoleh dari www.idx.co.id. Populasi yang digunakan adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019.Metode pengambilan sampel dari penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan jumlah sampel sebanyak 106. Berdasarkan metode uji asumsi klasik yang menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan memenuhi asumsi serta tidak terdapat pelanggaran, demikian uji F dan uji R menunjukkan model yang diajukan layak digunakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. GCG berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai.
PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN CITRA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK TELKOMSEL DI UNIVERSITAS PANCA MARGA Supriyono -
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.202 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.199

Abstract

Success in a company can be seen from the accuracy of the company in utilizing existing business opportunities and implementing appropriate marketing strategies to dominate the market so that the products offered can attract consumer buying interest. The purpose of this study was to determine sales promotion and product image of purchasing decisions using Telkomsel products at the Faculty of Economics, University of Panca Marga. This type of research is to use quantitative descriptive research methods. Data collection techniques used a questionnaire filled out by 30 respondents. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis technique using SPSS version 22 such as validity and realibility, t test, F test, Multicollinearity test, Normality test, Multyplelinear regression analisys. The results of the showed that partially sales promotion had a positive and significant effect on the decision to use telkomsel products, while the product image partially has a significant effect on the purchase decision and simultaneously the sales promotion and image the product has a significant effect on purchasing decisions. Keywords: Sales Promotion, Image Product,  decision to use.    Abstrak Keberhasilan dalam perusahaan dapat dilihat dari ketepatan perusahaan tersebut dalam memanfaatkan peluang bisnis yang ada dan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai untuk menguasai pasar sehingga produk yang ditawarkan  bisa menarik minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi penjualan dan citra produk terhadap keputusan pembelian menggunakan produk telkomsel di fakultas ekonomi Universitas Panca Marga. Jenis penelitian ini adalah  menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi oleh 30 responden. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis teknik statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 22 seperti uji validitas dan realibilitas, uji t, uji f, uji multikolineritas, uji heterokedastisitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk telkomsel, sedangkan secara parsial citra produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan secara simultan promosi penjualan dan citra produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.  
PENGARUH DEMOSI DAN ROTASI TERHADAP TEAMWORK KARYAWAN DI PERUSAHAAN PT. SANKYU INDONESIA INTERNATIONAL–KOS INSITE muyasaroh muyasaroh
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.553 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.203

Abstract

Kerja tim Karyawan dibentuk oleh manajemen perusahaan sebagai upaya untuk mengoptimalkan kinerja dan mencapai target yang telah ditentukan. Perubahan jabatan, jenis pekerjaan atau bidang tertentu, baik demosi maupun rotasi dalam suatu kerjasama tim, dilakukan untuk memberikan semangat semangat kerja, pengalaman, dan peningkatan prestasi kerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tipe kausal asosiatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari responden yaitu karyawan PT. Sankyu Indonesia Internasional-Kos Insite sebanyak 60 orang. Penelitian ini menggunakan sampel yang ditentukan dengan menggunakan metode sampling jenuh atau seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa demosi dan rotasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kerjasama tim karyawan di PT. Sankyu Indonesia Internasional-Kos Insite sebesar 88,1%. dan sisanya 11,9% dipengaruhi oleh faktor lain.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG Radian Wisamana
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.872 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.204

Abstract

Perkembangan Industri di Jawa Tengah sudah semakin tinggi dari tahun ke tahun. Komoditi unggulan dari provinsi ini merupakan kayu untuk mebeul, tekstil, plastik, elektronika dan lain sebagainya. Potensi wilayah yang demikian besar tadi haruslah didukung menggunakan sarana & prasarana transportasi yang memadai jika ingin berkembang, salah satu fasilitas yang terdapat pada kota Semarang, terletak pada lokasi strategis pada tengah-tengah pulau Jawa, menaruh layanan jasa peti kemas yang handal, aman, terintegrasi antar moda, dan didukung menggunakan penggunaan teknologi informasi yg terbaru dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan penggunaan jasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang pada dimensi Penampilan Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiveness). Berdasarkan hasil regresi linier berganda membuktikan bahwa variabel fisik (X1), kehandalan (X2), dan ketanggapan (X3) masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) yaitu kepuasan konsumen Terminal Peti Kemas Semarang. Kata kunci : Fisik, Kehandalan, Ketanggapan dan Kepuasan Konsumen
ANALISIS ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA UMKM WUNI WOOD TAHUN 2019 Deasy Femayona Devi
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.745 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.206

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran anggaran biaya produksi sebagai alat perencanaan dan pengendalian biaya produksi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Wuni Wood Tahun 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan menggunakan metode analisis varians serta dengan teknik analisis efisiensi biaya produksi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa anggaran biaya produksi sudah berperan sebagai alat perencanaan dan pengendalian biaya produksi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Wuni Wood Tahun 2019. Dikarenakan dalam perencanaan penyusunan anggaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Wuni Wood sudah sesuai dengan teori yaitu menggunakan prosedur Buttom Up dan pada analisis varians meskipun mengalami selisih merugikan (Unfavorable Variance) dengan presentase 0,69% atau sebesar Rp 1.616.000. Selisih penyimpangan biaya produksi tahun 2019 <5% sehingga masih dianggap dalam posisi wajar, sedangkan didalam analisis efisiensi biaya produksi tingkat efisiensi biaya produksi sebesar 100,69% termasuk kedalam kriteria tidak efisien.
IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT PERTAMINA (PERSERO) Windi Dwi Pratiwi; Izzatusholekha
Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : JURNAL ILMU MANAJEMEN, EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Amik Veteran Porwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.417 KB) | DOI: 10.55606/jimek.v2i1.208

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki luas wilayah yang luas dan memiliki potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia yang melimpah. Hal ini dikarenakan jumlah masyarakat Indonesia yang begitu banyak. Namun sayangnya, potensi sumber daya yang melimpah ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh negara. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia, diperlukan kerjasama antara pemerintah dan lembaga swasta. PT Pertamina menerapkan CSR (Corporate Social Responsibility) dengan melakukan berbagai program untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengimplementasian yang dilakukan dengan program yang diambil dari hasil keputusan rapat kerja dan pengajuan program dari luar perusahaan, lalu beberapa proses selanjutnya sampai eksekusi program dan laporan pelaksanaan. Dan ada 4 pilar yang menjadi program utama yaitu, program Pertamina Sehati, Pertamina Cerdas, Pertamina Berdikari hingga Pertamina Hijau. Program-program yang dilakukan ini tentunya memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat maupun perusahaan. Selain itu pula juga berkontribusi dalam keberlangsungan ekonomi yang berkelanjutan ataupun pembangunan berkelanjutan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10