cover
Contact Name
David S. Latupeirissa
Contact Email
latupeirissadavid1@gmail.com
Phone
+6285253291717
Journal Mail Official
latupeirissadavid1@gmail.com
Editorial Address
Politeknik Negeri Kupang, Jln Adisucipto Penfui, P O Box 139 Kupang.
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Bisman : Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : 24772801     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.32511/bisman.
Jurnal Bisnis dan Manajemen adalah Jurnal yang mempublikasi hasil penelitian di bidang Bisnis & Manajemen. Tulisan yang dipublikasi hanya tulisan yang telah melewati proses peer-review.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 02 (2020): Desember" : 7 Documents clear
PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI Nasar, Asbi
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 02 (2020): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.534 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menguji dan menganalisis pengaruh pemberdayaan dan pengembangan karir terhadap kepuasan kerja dan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai perusahaan (2) menguji dan menganalisis pengembangan karir terhadap kinerja pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Semarang (3) Menganalisis pemberdayaan kepuasan kerja yang mempengaruhi mediasi dan kepuasan (4) Pengembangan karir kerja yang mempengaruhi mediasi kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah 495 Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pemberdayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Semarang. Pengembangan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, dan Pemberdayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Selanjutnya, pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai , serta kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Namun, kepuasan Kerja tidak berpengaruh mediasi terhadap kinerja Perusahaan, dan kepuasan Kerja tidak mempengaruhi mediasi terhadap kinerja pegawai.
Kaitan Antara Kualitas Layanan, Komitmen dan Loyalitas Konsumen pada Pusat Perbelanjaan Flobamora Mall Kupang Samadara, Pieter D.; Fanggidae, Jappy P.
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 02 (2020): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.093 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variabel antara serta pengaruh langsung dari komitmen terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian dilakukan di Flobamora Mall, Kupang dengan mengambil para pengunjung sebagai responden. Alat analisa yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur) dengan bantuan software SPSS AMOS 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung, kualitas Layanan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan jika melalui Komitmen sebagai perantara sebagai mediator.
DAMPAK IKLAN TELEVISI TERHADAP ANAK DAN PERILAKU PEMBELIAN ORANG TUA DI KOTA KUPANG Sukartha, P. Dyan; Fanggidae, Jappy P.
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 02 (2020): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.799 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada perbedaan dalam beberapa kelompok responden berkaitan dengan persepsi mereka tentang dampak iklan televisi anak dan perilaku pembelian orang tua. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, digunakan alat analisa One-Way Anova dengan bantuan software SPSS 23. Responden yang diharapkan untuk menjawab instrument penelitian ini adalah 30 (tiga puluh) orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa lamanya jam menonton televisi bagi anak, dalam hal ini adalah di bawah 2 jam per hari dan di atas 2 jam per hari, mempengaruhi aspek afektif dan perilaku anak namun tidak mempengaruhi aspek kognitif dari sang anak.
Dampak Literasi Keuangan terhadap Kelebihan Berhutang di Kalangan Pekerja Tetap di Kota Kupang Tuati, Nonce F.
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 02 (2020): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.217 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada hubungan antara literasi keuangan dengan kelebihan berhutang di kalangan pekerja tetap di Kota Kupang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, digunakan alat analisa mediasi dengan bantuan software SPSS 23 dan Process Model 4. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 118 orang. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa baik secara langsung maupun tidak langsung, literasi keuangan berpengaruh negatif terhadap kelebihan berhutang. Hasil penelitian juga menemukan adanya peran mediasi dari kontrol diri.
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DAIHATSU SIRION Ndoen, Gresela; Nazaruddin, Hamzah; Djami, Reisanty M.
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 02 (2020): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.441 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil daihatsu Sirion. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung PT. Prima Parama Mobilindo Daihatsu Kota Kupang, yang menggunakan mobil Daihatsu Sirion. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang merupakan pengunjung sekaligus pengguna Mobil Daihatsu Sirion dengan menggunakan teknik aksidental sampling. Hasil dari penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y = 8,836 + 0,584 X, yang berarti ada hubungan positif yaitu, semakin besar kualitas suatu produk, maka semakin tinggi keputusan pembelian terhadap produk tersebut. Berdasarkan hasil analisis, maka r square value sebesar 0,586 yang berarti variabel kualitas produk mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 58,6% sisanya sebesar 41,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Untuk menciptakan keputusan pembelian, pihak perusahaan harus ekstra kerja keras dalam menciptakan inovasi pada produknya terutama dalam hal kenyamanan dalam berkendara, dengan tujuan utnuk menciptakan kualitas produk yang berkualitas dan juga sesuai harapan masyarakat khususnya masyarakat Kota Kupang
ANALISIS BREAK EVEN POINT PADA UD. DIU JAYA KOTA KUPANG Loden, Mexsi; Maria, Maria; Noach, Roberth M.
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 02 (2020): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.28 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besarnya produksi dan penerimaan pada UD. Diu Jaya Kota Kupang dalam keadaan mencapai Break Even Point dan keuntungan UD. Diu Jaya Kota Kupang apabila terjadi perubahan harga jual produk , biaya produksi dan jumlah produksi. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pelaksanaan berupa studi kasus. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja yaitu UD. Diu Jaya Kota Kupang. Metode analisis yang digunakan adalah perhitungan Break Even Point dalam Unit dan Rupiah. Dari hasil penelitian diketahui bahwa produksi dan penerimaan UD. Diu Jaya Kota Kupang dalam keadaan mencapai Break Even Point adalah 105 unit dan Rp. 31.502.079 untuk tahun 2016, 95 unit dan Rp. 38.062.243 untuk tahun 2017, dan 66 unit dan Rp. 32.949.335. Dari hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa UD. Diu Jaya Kota Kupang dapat melamapui Break Even Point, sehingga mampu menutup semua biaya yang dikeluarkan dan memperoleh keuntungan.
PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP IMPULSIVE BUYING PRODUK TOILETER Irfandri, Irfandri; Sahetapy, Stela; Setyorini, Tuty
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 5 No 02 (2020): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.046 KB) | DOI: 10.32511/bisman.v2i2.56

Abstract

Dewasa ini perkembangan bisnis ritel di Indonesia sudah semakin pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai jenis pasar modern. Dengan adanya fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan belanja menyebabkan terjadinya pembelian secara berlebihan sebagai akibat adanya pembelian tak terencana (impulsive buying) oleh para konsumen. Impulsive buying ini juga terjadi pada konsumen Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu persepsi harga (X) dan impulsive buying (Y). Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh persepsi harga terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden di Dutalia Supermarket Oesapa Kupang yang telah melakukan pembelian dengan menggunakan incidental sampling. Untuk analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 25 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi sederhana, uji korelasi, uji determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai sebesar 2,412 dengan sig 0,023. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang. Besarnya koefisien determinasi (r square) sebesar 0,172. Hal ini menunjukan bahwa variable impulsive buying dipengaruhi oleh variable persepsi harga sebesar 17,2%, sedangkan sisanya sebesar 82,8% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying produk toileter pada Dutalia Supermarket Oesapa Kupang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7